Ingin Kerja Merantau? Berikut Adalah 9 Hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan

Kerja Merantau

Pindah kerja seringkali mempengaruhi kehidupan pribadi kamu dan bisa jadi mengharuskan kamu dan keluarga pindah ke lingkungan, kota baru, atau bahkan negara yang baru. Mempelajari apa yang harus dilakukan saat pindah kerja untuk karir kamu dapat menyederhanakan proses kepindahan, melakukan riset dan berpikir jauh ke depan dapat membantu kamu mendapatkan pengalaman yang lebih positif. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengapa kamu mungkin ingin pindah dan membantu kamu bersiap-siap untuk petualangan kamu sendiri.

Mengapa kamu mau kerja merantau?

Pewawancara sering bertanya tentang pendapat kamu tentang relokasi saat melamar posisi baru. Mungkin juga, sebuah perusahaan memindahkan kantor pusatnya ke kota baru. Ini adalah keputusan kamu, apakah kamu akan pindah bersama perusahaan atau mencari pekerjaan baru di daerah kamu.

Pindah kerja terkadang memberikan keuntungan tambahan. Misalnya, jika perusahaan tempat kamu bekerja memilih untuk pindah, mungkin karena mereka melihat lebih banyak potensi untuk berkembang. Tambahan pendapatan perusahaan dapat menghasilkan lebih banyak uang untuk kenaikan gaji atau tunjangan perusahaan lainnya. Perusahaan kamu juga dapat membiayai kamu untuk pindah kerja.

9 faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum merantau kerja

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan apakah merantau kerja adalah hal yang tepat untuk kamu, karena ini adalah keputusan penting bagi kehidupan pribadi dan profesional kamu. Berikut ini enam faktor yang perlu dipikirkan saat merantau kerja demi karir kamu, antara lain:

Kesempatan untuk mengembangkan karir

Saat merantau kerja, kamu ingin memastikan bahwa relokasi tersebut bermanfaat bagi pertumbuhan karir kamu. Pindah mungkin sepadan jika peluang tersebut memberikan pertumbuhan yang cepat atau potensi untuk maju dalam waktu dekat. Pertumbuhan karir bisa datang dengan kenaikan gaji yang substansial, bonus penandatanganan, atau akses ke lebih banyak koneksi.

merantau kerja dapat mendorong kamu maju dalam karir kamu, baik di dalam perusahaan kamu saat ini maupun peluang potensial di masa depan. Ini semua adalah alasan yang sangat baik untuk mempertimbangkan pindah kerja. Sebaliknya, jika perpindahan karir hanya bersifat lateral tanpa perubahan posisi atau gaji, kamu mungkin tidak perlu mempertimbangkan untuk pindah.

Pertumbuhan dan kepuasan pribadi

Meskipun pindah untuk memajukan karir atau menerima gaji yang lebih besar adalah hal yang penting, kamu ingin memastikan bahwa kamu menerima kepuasan dan pertumbuhan pribadi dari relokasi tersebut. Mengalami pertumbuhan pribadi dan kebahagiaan dalam karier kamu sangat penting untuk kesuksesan dan kesejahteraan jangka panjang. Relokasi untuk mengejar peluang karir yang memungkinkan kamu untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kamu mungkin merupakan alasan yang cukup untuk pindah kerja. Faktor-faktor yang memberikan kepuasan pribadi berbeda-beda untuk setiap individu, jadi memahami apa yang penting bagi kamu adalah kunci untuk memutuskan pindah kerja. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • perusahaan memiliki fokus yang kuat pada keseimbangan kehidupan kerja bagi karyawannya
  • perusahaan mendorong keterlibatan dan kesukarelaan dalam komunitas
  • karyawan yang ada saat ini memiliki hubungan yang solid dengan rekan kerja dan manajer mereka
  • karyawan yang ada merasa dihargai atas kontribusinya di tempat kerja

Lokasi

Lokasi pekerjaan juga merupakan faktor yang perlu kamu pertimbangkan saat memutuskan untuk kerja merantau. Lokasi pekerjaan dapat membantu dalam pengembangan karir kamu, karena banyak profesi memiliki pusat di kota atau wilayah tertentu. 

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan terkait lokasi adalah seberapa jauh jarak kamu dengan keluarga, teman, dan orang yang kamu cintai. kamu juga perlu mempertimbangkan fasilitas, seperti fasilitas perawatan kesehatan, sekolah atau institusi akademis untuk pembelajaran berkelanjutan atau pendidikan bagi anak-anak, dan aspek-aspek lain yang berkontribusi pada kualitas hidup kamu. Faktor lain yang terkait dengan lokasi termasuk waktu tempuh, biaya hidup, elemen sosial, dan ketersediaan perumahan.

Gaji dan tunjangan

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum merantau kerja adalah gaji dan tunjangan yang ditawarkan oleh pemberi kerja. Kenaikan gaji dapat menjadi insentif untuk mengambil posisi di lokasi baru. Meskipun kenaikan gaji dapat menjadi keuntungan secara keseluruhan, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya hidup di daerah baru.

Sebagai contoh, kenaikan gaji minimal di lokasi dengan biaya hidup yang jauh lebih rendah dapat mempengaruhi kualitas hidup kamu secara positif. Hal lain yang perlu dipikirkan adalah tunjangan yang ditawarkan. Jika calon pemberi kerja kamu menawarkan tunjangan yang lebih baik, seperti program pensiun, perawatan kesehatan yang diperpanjang, ini dapat memberikan rasa aman dan ketenangan bagi kamu dan keluarga kamu.

Biaya pindah

Biaya pindah adalah faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk merantau kerja. Meskipun perusahaan tidak bertanggung jawab untuk membayar biaya relokasi, banyak perusahaan yang membantu karyawannya untuk menetap di lokasi baru sebagai keuntungan tambahan. Misalnya, perusahaan dapat membayar layanan pindahan resmi untuk mengangkut barang-barang rumah tangga kamu ke kota baru atau membayar tempat tinggal sementara sementara kamu mencari rumah permanen.

Setiap pemberi kerja berbeda, jadi sangat penting untuk menanyakan tentang pertanggungan biaya relokasi sebagai bagian dari proses negosiasi kamu. Jika pemberi kerja kamu saat ini atau calon pemberi kerja kamu belum menanggapi pertanyaan kamu tentang biaya pindahan, kamu juga dapat menghubungi departemen human resources untuk menanyakan tentang bantuan pindahan. Biaya pindahan bisa sangat besar, jadi dengan mengetahui biaya-biaya tersebut dapat membantu kamu mengambil keputusan.

Pengaruh terhadap hubungan

Ketika memutuskan untuk merantau, pertimbangkan bagaimana hal itu mempengaruhi hubungan pribadi kamu. Meskipun merantau dapat menjadi hal yang menyenangkan dan menawarkan peluang baru, hal ini juga mempengaruhi orang-orang dalam hidup kamu. kamu perlu mempertimbangkan hubungan-hubungan ini saat membuat keputusan:

Partner atau pasangan

Jika kamu memiliki hubungan yang berkomitmen, kamu perlu menyertakan mereka dalam keputusan kamu untuk pindah kerja. Berikut ini beberapa pertanyaan yang bisa kamu pertimbangkan untuk ditanyakan atau didiskusikan:

  • Dapatkah pasangan kamu pindah bersama kamu, dan apakah mereka bersedia?
  • Jika mereka pindah bersama kamu, apakah kepindahan tersebut mendukung karir dan pertumbuhan pribadi mereka?
  • Apakah mereka senang pindah demi karir kamu?
  • Apakah lokasi baru sesuai dengan gaya hidup kamu berdua?

Sangat penting untuk mempertimbangkan keinginan dan perasaan pasanganmu saat memutuskan untuk merantau. Jika mereka dengan senang hati mendukung keputusan kamu, merantau dapat menjadi perjalanan yang menyenangkan.

Anak-anak

Jika kamu memiliki anak, mempertimbangkan usia dan kepribadian mereka dapat membantu memutuskan apa yang terbaik untuk keluarga. Selain itu, kamu juga perlu memikirkan bagaimana reaksi mereka terhadap perubahan yang signifikan, seperti pindah sekolah, meninggalkan teman lama, dan tinggal di lingkungan baru. Pindah selama masa transisi alami dapat membantu membuat perubahan lebih mudah bagi mereka untuk beradaptasi.

Misalnya, pindah selama liburan kenaikan kelas bisa jadi lebih mudah daripada selama tahun ajaran berlangsung. Contoh lainnya adalah pindah selama masa transisi dari sekolah dasar ke sekolah menengah, ketika perubahan signifikan secara alami terjadi pada anak-anak, seperti pindah ke sekolah baru atau memasuki kegiatan ekstrakurikuler baru. kamu juga dapat mencari cara agar anak kamu dapat mempertahankan hubungan yang telah mereka bangun dengan teman-temannya untuk mendorong hubungan yang berkelanjutan setelah pindah.

Keluarga besar

Pertimbangkan bagaimana kepindahan mempengaruhi keluarga besar kamu. Misalnya, apakah kamu merawat anggota keluarga yang sudah lanjut usia atau mengandalkan kerabat untuk membantu mengasuh anak? Tergantung pada situasi pribadi kamu, hal ini mungkin merupakan masalah yang perlu kamu pertimbangkan. Selain itu, pikirkan juga bagaimana kepindahan kamu dapat memengaruhi hubungan yang kamu miliki dengan anggota keluarga. Misalnya, jika bergabung dengan makan malam keluarga mingguan sangat penting bagi kamu, pindah ke kota lain di luar negeri mungkin tidak akan memberikan kontribusi pada kebahagiaan kamu secara keseluruhan. Sebaliknya, jika bertemu keluarga di hari libur sudah cukup, pindah untuk bekerja mungkin sesuai dengan gaya hidup kamu.

Persahabatan

Memiliki pertemanan pribadi adalah komponen penting bagi kesehatan dan kesejahteraan kamu. Jika merantau kerja membuat kamu harus meninggalkan teman-teman, pertimbangkan bagaimana kamu dapat mempertahankan hubungan ini meskipun terpisah jarak. Misalnya, menjadwalkan panggilan telepon video atau perjalanan sesekali dapat membantu kamu merasa lebih terhubung. kamu juga perlu mencari tahu kegiatan atau komunitas apa yang bisa kamu ikuti di lokasi baru kamu. Hal ini dapat membantu kamu mendapatkan teman baru dan membuat relokasi kamu lebih menyenangkan.

Jelajahi budaya lokal

Jika kamu bekerja di luar negeri, cobalah untuk menjelajahi budaya lokal setempat. Cobalah mencari daftar acara sosial dan budaya untuk kegiatan lokal yang menyenangkan untuk dihadiri. Perhatikan juga forum-forum seperti media sosial dan artikel berita yang menyebutkan kejadian budaya setempat. Pertimbangkan untuk mengunjungi kolega kamu tentang pengalaman yang mungkin terjadi seperti tempat baru untuk dilihat dan makanan untuk dicicipi, dan cobalah untuk tetap fleksibel saat kamu menemukan hal-hal baru.

Antisipasi perbedaan bahasa

Tergantung ke mana kamu akan pergi, kamu mungkin berbicara dalam bahasa yang berbeda dengan orang-orang di negara tujuan kamu. Cobalah untuk mempelajari bahasa tersebut sebanyak yang kamu bisa sebelumnya. kamu dapat memilih untuk fokus pada kata-kata dan frasa praktis yang akan membantu kamu bernavigasi di kota kamu, mengakses fasilitas umum, dan bekerja secara efektif di tempat kerja.

Tetaplah bersikap positif

kamu mungkin akan mengalami tantangan saat mencari pekerjaan di kota atau negara lain, saat kamu pindah dan saat kamu merasa nyaman dengan posisi baru kamu. Tetap berpandangan positif dapat membantu membuat tantangan-tantangan ini menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dihadapi. kamu mungkin juga akan lebih mudah mencari solusi kreatif untuk menghadapi tantangan jika kamu mempertahankan sikap positif.

Opsi alternatif yang perlu dipertimbangkan

Saat menerima tawaran pekerjaan, mungkin ada kemungkinan yang tidak kamu sadari kecuali jika kamu menanyakannya. Terkadang, pindah ke kota atau wilayah baru mungkin merupakan satu-satunya pilihan yang tersedia. Dalam situasi lain, perusahaan mungkin memiliki solusi lain yang lebih sesuai dengan keadaan kamu. Berikut adalah beberapa opsi yang bisa kamu tanyakan:

Masa percobaan

Jika manajer perekrutan tertarik untuk mengajak kamu bergabung dengan tim, kamu dapat bertanya tentang menerima posisi tersebut untuk masa percobaan. Hal ini memberi kamu kesempatan untuk merasakan tugas dan tanggung jawab posisi tersebut. Ini juga memungkinkan kamu untuk belajar tentang perusahaan dan apakah kamu ingin berkomitmen dan pindah ke pekerjaan tersebut secara permanen.

Lokasi lain

Jika sebuah perusahaan menawarkan posisi di lokasi yang tidak kamu minati, mungkin ada baiknya kamu menanyakan apakah kamu bisa mengerjakan pekerjaan tersebut dari lokasi lain. Sebagai contoh, jika sebuah organisasi memiliki kantor di seluruh negeri, mungkin ada kemungkinan untuk bekerja di kota lain dari yang mereka tawarkan. Hal ini bisa menghemat biaya relokasi bagi kamu dan perusahaan.

Bekerja secara remote

Pilihan ketiga, selain relokasi, adalah bekerja secara remote. Semakin banyak perusahaan yang menawarkan ini sebagai pilihan yang layak daripada bepergian ke lokasi fisik untuk menyelesaikan pekerjaan kamu. Menanyakan apakah pekerjaan jarak jauh tersedia dapat menyelamatkan kamu dari keharusan pindah sekaligus memungkinkan kamu untuk bekerja dari mana pun kamu tinggal.

merantau untuk pekerjaan baru bisa jadi sangat melelahkan. Dengan menelusuri setiap pertimbangan yang disebutkan di atas, kamu akan dapat mengambil keputusan yang jelas, sekaligus membuat prosesnya lebih lancar dan bermanfaat. Ingin tahu informasi menarik lainnya seputar bisnis, karir, dan HRD? Yuk, kunjungi langsung blog MyRobin sekarang juga!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!