Mengenal Law of Attraction dan Cara Menerapkannya dalam Karir

mengenal apa itu law of attraction

Salah satu cara untuk menggapai kesuksesan dalam karir adalah dengan menerapkan law of attraction. Sesuai namanya, law of attraction merupakan konsep hukum tarik-menarik yang didasarkan pada prinsip, pikiran, kata-kata, maupun perasaan dalam kehidupan kita. Jadi, bisa dibilang jika Anda selalu mempunyai pola pikir yang positif, maka nantinya akan datang hal-hal baik di kehidupan Anda. Sebaliknya, jika Anda terus menerus berpikiran negatif, maka hal-hal kurang baik akan menghampiri Anda. Lalu, bagaimana cara menerapkan law of attraction ini dalam karir? Yuk, temukan jawabannya dalam penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Law of Attraction?

Okey, sebelum mengetahui cara menerapkan law of attraction dalam kehidupan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu law of attraction. Jadi, law of attraction adalah suatu konsep hukum tarik-menarik yang meminta agar manusia selalu berpikir positif dalam segala aspek. Law of attraction ini juga dapat diartikan sebagai hukum fisika yang menyatakan bahwa energi positif maupun negatif dalam pikiran akan menarik energi dari luar untuk ikut masuk ke dalam pikiran.

Singkatnya, law of attraction ini merupakan usaha untuk berpikir positif. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika Anda selalu berpikir positif, maka Anda akan mendapatkan energi positif. Sebaliknya, jika Anda berpikir negatif, tentu Anda akan mendapatkan energi negatif.  

Konsep law of attraction sebenarnya sudah ada sejak abad ke-19 melalui buku yang berjudul “The Secret Doctrine” oleh Helena Petrovna Blavatsky, namun baru dikenal oleh banyak orang sejak buku dan film dokumenter “The Secret” dirilis pada tahun 2006 silam. Menurut Rhonda Byrne, salah satu orang yang mempopulerkan mengatakan bahwa law of attraction sejalan dengan hukum alam “like attract like”. Dimana, hukum ini menyatakan bahwa ada kecenderungan suatu hal akan menarik hal lainnya yang mempunyai kesamaan dengannya. Begitu pula ketika memikirkan suatu hal, maka Anda akan menarik pikiran-pikiran lainnya yang serupa. 

Dalam buku “The Secret” yang ditulis oleh Rhonda Byrne, dijelaskan bahwa setiap orang mempunyai kekuatan untuk menciptakan realitasnya masing-masing melalui kekuatan pikiran. Nah, dari sinilah kemudian mulai banyak orang-orang yang mengenal hukum ketertarikan. Mulai dari artis-artis populer seperti Will Smith dan Oprah Winfrey pun ikut mempromosikan buku ini, bahkan sempat trending di sosial media seperti TikTok.

Prinsip Law of Attraction

Perlu Anda ketahui, ada tiga prinsip utama yang membentuk law of attraction atau hukum ketertarikan ini, diantaranya yaitu:

Like attracts like 

Prinsip pertama yang membentuk law of attraction adalah like attracts like atau tarik menarik. Jadi, hukum ini menunjukkan bahwa hal yang serupa di dunia ini akan saling menarik satu sama lain. Misalnya saja ketika seseorang yang memilih pasangan hidup, pasti mereka akan menyukai dan menghabiskan waktunya dengan orang yang sepemikiran atau sefrekuensi dengan dirinya. Atau ketika Anda mengikuti kegiatan-kegiatan positif seperti volunteer dan seminar, maka akan berdampak positif pada pikiran, sikap, dan kemampuan. 

Nature abhors a vacuum

Alam semesta tidak menyukai adanya kekosongan, sebab law of attraction membentuk gaya tarik-menarik antara alam semesta dan pikiran manusia. Akibatnya, pikiran Anda akan selalu memiliki ruang untuk berpikir. Maka dari itu, Anda harus memilah pikiran mana yang layak untuk dikonsumsi dan mana yang tidak. Tujuannya adalah agar Anda tidak terlalu banyak memikirkan semua hal, apa lagi yang tidak ada manfaatnya bagi kehidupan.

The present is always perfect

Hukum ketertarikan mengatakan bahwa akan selalu ada hal yang bisa manusia lakukan untuk lebih menikmati hidup di hari ini. Maksudnya, Anda harus mengeluarkan seluruh energi yang Anda miliki untuk hidup di masa kini, bukan masa depan ataupun masa lalu. Jangan menghabiskan waktu dan energi Anda untuk memikirkan hal-hal yang tidak pasti atau bahkan sudah terjadi. Anda hanya perlu fokus pada apa yang sedang terjadi dan bisa Anda selesaikan saat ini. 

Cara Menerapkan Law of Attraction dalam Karir

Sebagai pekerja, Anda sangat perlu untuk menerapkan law of attraction ini. Dengan selalu berpikiran positif terhadap pekerjaan, Anda akan memperoleh hasil yang maksimal. Tidak hanya itu saja, jika Anda memberikan energi positif di sekitar Anda, maka anggota tim dan lingkungan kerja pun menjadi positif terhadap Anda. Misalnya, Anda selalu menyebarkan happy virus dan memberikan motivasi kepada mereka, maka mereka pun juga akan ikut menjadi semangat untuk bekerja dan bersosialisasi dengan Anda. Lalu, bagaimana cara menerapkan hukum ketertarikan ini?

Cari tahu apa yang Anda suka

Setiap orang pasti mempunyai hal-hal yang mereka sukai dan tidak sukai. Nah, cobalah untuk kenali lebih dalam diri Anda dan ketahui apa saja yang Anda sukai. Misalnya, membaca buku, berinteraksi dengan orang lain, memasak, dan sebagainya. Dengan mengetahui apa yang Anda sukai, maka Anda dapat menghindari segala hal yang kurang Anda sukai atau yang dapat mengganggu kegiatan favorit Anda. 

Cara ini bisa menjadi solusi bagi Anda untuk menjalani hidup sesuai dengan keinginan Anda. Pola pikir yang positif pun akan terus tumbuh dalam diri Anda, sehingga berdampak pada apa yang Anda lakukan. Alhasil, seberat apapun rintangan yang Anda lewati, Anda tetap bisa menghadapinya dengan tenang. 

Visualisasikan ide

Ketika Anda mempunyai tujuan hidup, cobalah untuk memvisualisasikannya dalam bentuk gambar yang bisa Anda lihat kapanpun dan dimanapun. Misalnya, ingin bekerja di Italia agar bisa mendapatkan work-life balance, maka Anda bisa memasang wallpaper tentang negara Italia atau quote motivasi di laptop dan hp. Hal ini bisa membantu Anda untuk selalu bersemangat dan termotivasi setiap saat. 

Tulis sebuah jurnal

Jika Anda adalah tipe orang yang suka menulis, mungkin Anda bisa mencoba menggunakan metode menulis jurnal harian. Anda bisa menuliskan tujuan hidup, hal-hal yang Anda sukai, dan semua impian dalam jurnal secara rutin. Anda juga boleh membaca kembali isi dari jurnal tersebut sebagai bentuk motivasi dan pengingat diri. Kebiasaan menulis jurnal ini dapat mendorong pikiran Anda untuk merealisasikan apa yang sudah Anda tulis dalam jurnal.

Bangun kepercayaan diri

Setelah mengetahui tujuan hidup atau hal-hal yang Anda sukai, selanjutnya kembangkan rasa percaya diri untuk melakukannya. Anda harus percaya bahwa diri Anda mampu menggapainya dan yakin hal tersebut dapat membantu kehidupan Anda di masa depan. Misalnya, Anda mempunyai hobi memasak, maka lakukanlah dengan serius. Bagikan resep dan cara membuat suatu masakan kepada orang lain di sosial media, berikan informasi penting atau hacks seputar dunia masak, atau jika mungkin jadikan hobi tersebut sebagai pekerjaan. Dengan cara ini, Anda akan lebih sukses dalam karir yang Anda jalani.

Lakukan kegiatan positif

Bersambung dari poin sebelumnya, untuk menerapkan law of attraction dalam karir, Anda bisa melatih diri dengan kegiatan positif yang masih berkaitan dengan passion setiap hari. Misalnya, Anda mempunyai passion sebagai penulis, maka Anda bisa berlatih menulis dengan topik apapun yang Anda inginkan. Anda juga bisa mencoba gaya penulisan yang berbeda, mulai dari narasi, deskripsi, hingga argumentasi. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kegiatan positif lainnya seperti berbicara kepada diri sendiri dengan kata-kata positif. Meskipun belum terbiasa, namun seiring berjalannya waktu hal tersebut akan jauh lebih mudah dilakukan, sehingga Anda dapat terhindar dari pola pikir negatif.

Ambil tindakan

Jika segala hal yang telah Anda pikirkan dan rencanakan, maka berikutnya Anda harus langsung mengambil tindakan. Rencana atau impian sebagus apapun tidak akan bisa tercapai kalau tidak ada usaha sama sekali. Jika Anda masih bingung harus melangkah dari mana, coba untuk memulainya dari hal-hal kecil. Kemudian, kembangkan tindakan terebut hingga mencapai tujuan.

Percaya pada proses

Saat sedang berusaha memperjuangkan atau mewujudkan karir impian, tentu terkadang muncul rasa ingin menyerah dan bosan. Tidak perlu khawatir, hal seperti ini wajar saja terjadi di setiap orang. Jika Anda dalam fase seperti ini, cobalah untuk istirahat sejenak, berikan kesempatan pikiran dan tubuh Anda rehat, dan mulai bayangkan jika Anda berhasil sukses di masa mendatang. Dengan demikian, Anda dapat kembali semangat dan termotivasi untuk berjuang demi menggapai impian yang diinginkan. Memang sebuah proses terkadang tidak bisa diprediksi berapa lama, namun dengan keyakinan Anda, pasti proses akan terasa lebih mudah dan cepat.

Terus fokus

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah teruslah fokus mengejar karir impian dan kesuksesan Anda. Jangan menyerah dan tergiur oleh hal-hal yang dapat memberikan kesenangan sementara. Jika Anda mulai lelah, ambil jeda sejenak, kemudian lanjutkan kembali apa yang Anda perjuangkan. Semakin fokus Anda pada tujuan, maka akan semakin mudah Anda menghadapi segala rintangan yang ada. 

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai law of attraction yang sempat menjadi topik hangat di sosial media. Ingin tahu informasi lainnya seputar karir? Yuk, kunjungi langsung blog MyRobin sekarang juga!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!