logo myrobin

Manfaat Gabung Komunitas Untuk Pengembangan Karir

Manfaat Gabung Komunitas untuk Karir

Anda sudah tahu belum manfaat gabung komunitas untuk pengembangan karir yang lebih baik? Sayangnya, tidak banyak yang menyadari hal tersebut. Anda harus tahu jika di dalam sebuah komunitas terdapat beberapa professional dengan background tertentu.

Anda bisa belajar dari mereka baik itu pengalamannya atau pengetahuan yang selama ini dipelajari. Bahkan, masih cukup banyak orang yang enggan untuk bergabung ke komunitas selama menjalani karir profesionalnya.

Fakta selanjutnya adalah faktor yang berpengaruh besar pada kesuksesan karir seseorang adalah komunitas. Selama ikut komunitas, lama kelamaan akan mempengaruhi pola pikir selama perjalanan karir Anda.

Komunitas juga akan membantu Anda untuk lebih mudah mengeksplorasi potensi diri sampai menemukan peluang karir yang lebih luas. Oleh sebab itu, sangat penting bagi seseorang untuk ikut komunitas sebagai langkah pengembangan karir.

Apa Itu Komunitas?

Sebelum mengulas lebih mendalam tentang manfaat gabung komunitas, ada informasi lain yang perlu diketahui. Bisa jadi ada diantara Anda yang belum tahu apa itu komunitas. Jadi komunitas adalah sejumlah orang yang membentuk kelompok.

Bisa juga semacam grup sosial yang dibuat berdasarkan kesepakatan atau kesamaan di bidang tertentu. Misalnya seperti minat, hobi, kesamaan wilayah, dan lain sebagainya. Lalu apa hubungannya dengan pengembangan karir?

Komunitas akan jadi wadah yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah relasi pertemanan, tempat berbagi dan berkumpul bersama orang-orang yang punya hobi, visi, hingga profesi yang sama.

Dalam hal ini yang perlu digaris bawahi adalah kesamaan profesi. Sehingga, apabila Anda bergabung ke komunitas yang di dalamnya beranggotakan orang-orang dengan jenis profesi yang sama dengan Anda, banyak manfaat untuk diri Anda sendiri.

Manfaat Gabung Komunitas Untuk Pengembangan Karir

Manfaat Gabung Komunitas
Manfaat Gabung Komunitas

Dengan bergabung dengan komunitas satu profesi dengan Anda, maka bukan tidak mungkin banyak hal yang bisa Anda dapatkan. Di bawah ini akan dijelaskan tentang apa saja manfaat setelah Anda bergabung dengan komunitas terutama untuk pengembangan karir:

Melatih Skill Komunikasi

Tadi sudah sedikit disinggung jika dalam komunitas, Anda akan menemukan banyak orang-orang yang punya kesamaan dengan Anda. Entah itu hobi, profesi, visi, dan lainnya. Tentu jika punya kesamaan seperti ini akan lebih mudah Anda berkomunikasi dengan mereka.

Sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk berinteraksi dengan mereka. Oleh karena begitu mudah berinteraksi, secara tidak langsung akan melatih skill komunikasi Anda. Anda kemungkinan besar akan semakin terbiasa berbicara dengan banyak orang.

Baca juga :   Wajib Anda Ketahui, Hak Karyawan Outsourcing

Beberapa skill lain yang dapat terasah lainnya seperti kemampuan berdiskusi, menyampaikan pendapat dan lainnya. Bahkan, Anda juga lama-lama terbiasa bercerita ringan seperti seputar hobi atau informasi terkini dengan banyak orang.

Bagi yang terbiasa sulit berkomunikasi atau introvert, Anda tidak boleh mengabaikan untuk bergabung dengan komunitas. Hal ini akan menunjang dalam pengembangan karir Anda sendiri.  

Memperluas Koneksi Profesional

Gabung dengan komunitas juga akan membuka peluang Anda untuk memperluas jaringan atau koneksi professional. Artinya, selama bergabung di komunitas nantinya Anda akan berkenalan dengan orang-orang tertentu.

Mereka bisa bantu Anda untuk mengakses hal-hal yang sebelumnya mungkin belum pernah bisa dijangkau oleh Anda. Hal ini sebenarnya juga pernah diungkapkan oleh Jonathan Long dalam bukunya “Entrepreneur”.

Salah satu kutipan di sana menyebutkan jika bergabung dengan komunitas maka akan banyak kemungkinan bisa berkenalan dengan orang-orang yang bisa membantu demi pengembangan bisnis.

Pasalnya, Anda bisa menjangkau akses-akses tertentu yang dimiliki oleh setiap orang di dalam komunitas tersebut. Sehingga, tidak menutup kemungkinan Anda juga dapat mengembangkan karir melalui komunitas sesuai minat yang dipilih.

Banyak Mendapatkan Saran dan Nasihat

Selama bergabung di komunitas, pasti juga banyak saran dan nasihat yang Anda peroleh. Walaupun Anda sudah termasuk kalangan professional, tentu ada satu 2 hal yang tidak pernah Anda tahu atau jangkau sebelumnya.

Supaya tidak salah dalam mengambil langkah atau justru menambah pengalaman baru, aneka nasihat dan saran penting bagi Anda. Siapa yang bisa memberikan saran dan nasihat tersebut? Tentu saja para anggota komunitas.

Anggota dalam komunitas mau yang pemula maupun sudah lama setidaknya punya pengalaman. Mereka tidak akan ragu untuk membaginya dengan anggota lain termasuk Anda. Jangan ragu untuk menerima saran dan nasihat dari mereka.

Bagaimana pun juga, ini sangat bisa Anda gunakan sebagai paduan saat mengambil langkah ke depan. Proses pengembangan karir itu cukup panjang. Akan banyak sekali halangan melintang baru bisa mencapai kesuksesan.  

Sebagai Wadah Berbagi Ilmu Dan Pengalaman

Manfaat gabung komunitas lainnya adalah Anda dapat menjadikannya wadah berbagi ilmu serta pengalaman. Dalam komunitas, silahkan Anda sharing skill dan pengalaman Anda untuk anggota lain.

Begitu juga sebaliknya, anggota lain juga boleh melakukan hal yang pada Anda. Dari sini saja sudah terlihat bahwa dengan bergabung ke komunitas, Anda dan para anggota di dalamnya bisa saling belajar.

Selain itu sama-sama menciptakan lingkungan positif. Dengan belajar bersama, dengan orang-orang yang satu visi dan kesamaan hobi pasti akan lebih menyenangkan. Semua ilmu juga lebih cepat terserap.

Apabila lingkungan sudah mendukung, bukan tidak mungkin Anda terus punya semangat untuk mengembangkan karir yang lebih luas. Jalan yang Anda tempuh akan lebih mudah dan kesuksesan pun akan dekat di hadapan mata.

Baca juga :   Sales Manager: Tugas, Skill, Peran, Tipsnya

Sarana Berkolaborasi

Komunitas merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang punya kesamaan pada hal tertentu. Sehingga, Anda dapat berkolaborasi tentang apa saja yang diminati. Misalnya, Anda dari kalangan pebisnis maka anggota komunitas pun bisa diajak berkolaborasi.

Anda dan anggota lain dapat bersama-sama mendirikan bisnis baru. Bisa juga apabila Anda adalah seorang profesional di bidang seni melukis. Anda ajak saja anggota komunitas seni untuk membuat pameran.

Hal seperti itu tentu akan lebih mudah dikerjakan. Lagipula bekerja dengan orang lain akan membuat segalanya jadi makin menyenangkan. Bahkan, dari berkolaborasi Anda akan mendapatkan passive income diluar penghasilan sehari-hari.

Bisa Mendapatkan Perspektif Yang Baru

Gabung dengan komunitas juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan perspektif baru. Tentu saja perspektif tersebut Anda peroleh dari para anggota. Bisa seputar masalah karir, bisnis, hingga pengembangan diri.

Anda harus ingat, walaupun punya kesamaan hobi atau profesi, anggota masing-masing komunitas pasti punya perbedaan pemikiran. Oleh sebab itu, komunitas bisa jadi wadah saling berbagai pemikiran tersebut.

Mungkin Anda selama ini terpaku pada pemikiran tertentu. Ketika sudah masuk komunitas dan berkomunikasi dengan para anggota bisa jadi langsung mengubah perspektif Anda tersebut.

Poin penting dari perspektif tersebut dapat diambil. Semua demi perkembangan karir Anda sendiri di masa depan. Dengan begitu, bukan tidak mungkin perjalanan karir Anda lebih mudah mendekati kesuksesan.

Bisa Belajar Bernegosiasi

Rata-rata komunitas itu sifatnya berupa diskusi terbuka. Dari diskusi tersebut Anda dapat sekaligus memberikan gagasan yang selama ini Anda punya. Demi tercapainya tujuan komunitas itu sendiri.

Contohnya saja komunitas Anda punya acara penggalangan dana untuk korban bencana. Anda sebagai bagian dari komunitas bisa ikut andil dalam mengutarakan pendapat dan ide demi mencari jalan tengah.

Bagaimana konsep penggalangan dana diadakan? Kapan dilakukan, siapa yang berpartisipasi, dan masih banyak lagi. Semakin sering Anda berdiskusi seperti ini, kemampuan bernegosiasi Anda pun kian terasah.

Selain itu, contoh lain juga bisa seperti saat komunitas butuh dana untuk acara tertentu. Kemampuan bernegosiasi Anda akan diuji saat mencari sponsor. Jangan salah kemampuan bernegosiasi ini juga diperlukan untuk pengembangan karir.

Membuka Wawasan Lebih Luas

Dalam komunitas memang berkumpul orang-orang yang punya banyak kesamaan. Bukan hanya hobi, prefesi, tapi juga visi yang sama. Tapi, setiap orang pasti berasal dari latar belakang yang berbeda bukan?

Dari orang-orang dengan banyak latar belakang tersebut, Anda bisa dapat banyak insight atau pengetahuan baru. Bahkan, yang tidak perlu Anda ketahui sebelumnya dan tentunya bermanfaat untuk pengembangan karir.

Contohnya saja Anda ikut komunitas pesepeda. Semua orang tentu suka bersepeda, tapi tidak mungkin dari latar belakang yang sama bukan? Beberapa ada yang golongan pebisnis, karyawan, atau bahkan masih mahasiswa.

Jika kebetulan Anda adalah seorang pebisnis, coba perbanyak komunikasi dengan anggota komunitas yang punya latar belakang yang sama. Anda mungkin akan dapat banyak wawasan dari mereka soal bisnis.

Baca juga :   Mengenal Apa Itu Sales Analyst dan Kualifikasinya

Sangat beruntung jika seandainya nanti Anda diajak membuka bisnis bersama dengan pembagian keuntungan rata. Tidak diajak buka bisnis bersama pun tak masalah. Wawasan dan pengetahuan dari mereka sudah lebih dari cukup untuk bekal mengembangkan karir.

Menambah Poin Plus di CV dan Portofolio

Setelah lulus dari Pendidikan, umumnya Anda pasti akan mencoba melamar pekerjaan bukan? Meskipun tidak semua begitu, karena tidak sedikit juga yang akhirnya ingin buka bisnis sendiri.

Khusus bagi yang ingin coba bekerja di instansi tertentu setelah lulus, penting sekali untuk bergabung di komunitas. Pasalnya, ketika Anda mencoba memasukkan lamaran pastinya menyertakan CV bukan?

Semakin menarik CV yang Anda miliki, bisa jadi tambahan pertimbangan perusahaan untuk memilih Anda sebagai karyawan. Lalu apa hubungannya dengan ikut komunitas? Dengan mengikuti salah satu komunitas, akan ada semacam dorongan.

Seperti melakukan suatu project, mengadakan pameran, pertunjukan, dan lain-lain. Hal-hal tersebut bisa Anda cantumkan pada CV sehingga Anda terlihat makin professional. Jadi, akan makin memantapkan Anda untuk masuk dunia kerja yang sesungguhnya.

Relasi Jadi Makin Luas

Manfaat gabung komunitas terutama untuk pengembangan karir lainnya adalah relasi jadi makin luas. Selama bergabung dengan komunitas, Anda mungkin akan memulai interaksi kecil.

Tapi jangan salah, lama-lama akan terjalin suatu relasi yang makin luas. Sebab, anggota komunitas pasti tidak sedikit. Banyaknya relasi tersebut bisa jadi jalan buat Anda untuk semakin mendekati peluang karir.

Artinya, saat bergabung dalam suatu komunitas, jangan pernah ragu untuk berkenal dengan para anggota lain. Siapa tahu mereka adalah pembuka jalan buat karir Anda menuju kesuksesan dari ilmu yang mereka bagi.

Akses Luas ke Berbagai Resource

Manfaat gabung komunitas lainnya adalah Anda bisa dapat akses luas ke berbagai resource. Dengan begitu, akan membuka kesempatan untuk peningkatan kualitas diri. Misalnya Anda adalah seorang pebisnis.

Dalam hal ini tentunya Anda disarankan untuk bergabung di komunitas pengusaha. Dengan bergabung di komunitas tersebut, Anda akan dapat banyak kemudahan akses seperti pendanaan/permodalan sampai rekanan seperti vendor.

Demikian tadi apa saja manfaat gabung komunitas untuk pengembangan karir. Meskipun posisinya Anda sudah professional, tidak ada salahnya bergabung pada suatu komunitas. Banyak manfaat yang dapat diambil seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Di app.myrobin.id anda bisa mendapatkan semua manfaat di atas, terlebih lagi anda bisa membuat CV secara gratis yang bisa anda gunakan langsung untuk melamar kerja. Di platform ini anda juga bisa melamar kerja di perusahaan startup atau perusahaan besar di Indonesia. Tunggu apalagi yuk gabung sekarang dan dapatkan banyak manfaat untuk pengembangan karir anda.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Logo MyRobin

Selamat Datang di MyRobin.id

job-search (2)

Ingin Melamar Kerja?

Dapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat yang Anda miliki

Saya ingin melamar kerja
Saya ingin mencari kerja
Saya ingin merekrut pekerja
Saya ingin merekrut pekerja