Apa Itu Staff Gudang? Tugas, Syarat dan Berapa Kisaran Gajinya

Mengenal apa itu Staff Gudang?

Apa Itu Staff Gudang dan Tugasnya – Perusahaan industri atau penyedia jasa logistik pasti akan memiliki gudang yang membutuhkan para pekerja di dalamnya. Salah satunya ialah Staff Gudang yang turut memiliki peranan dalam perusahaan tersebut. Lantas apa itu yang dimaksud dengan Staff Gudang atau Staff Warehouse dan juga tugas apa saja yang dilakukan?

Staff Gudang ini biasanya memiliki pekerjaan yang jauh lebih mudah, tapi membutuhkan fisik yang prima, sehat, dan kuat untuk menjalankannya. Selain itu, biasanya beberapa perusahaan akan menerima pekerja untuk pergudangan dengan syarat mau bekerja keras dengan giat dan tentunya loyalitas, serta memiliki rasa tanggung jawab. Sebab, pekerjaan yang berkaitan dengan pergudangan membutuhkan orang dengan karakter tersebut.

Anda yang memiliki peluang untuk bekerjad di suatu perusahaan dengan bagian Staff Gudang, maka persiapkan riwayat hidup yang memberikan sudut pandang seperyti kriteria yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Oleh karenanya, riwayat hidup (Curiculum Vitae) memang disesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki, dan juga memenuhi standar yang telah ditetapkan suatu perusahaan agar diterima menjadi Staff Gudang.

Beberapa perusahaan yang membutuhkan Pegawai Gudang juga bisanya membutuhkan persyaratan Ijazah terakhir minimal SMA atau SMK sederajat, dengan usia minimal yang ditetapkan. Laki-laki atau perempuan juga bisa menjadi Karyawan Gudang dengan posisinya masing-masing, karena menjadi pegawai yang berurusan dengan pergudangan akan memiliki ragam tugas yang bisa dikerjakan berdasarkan porsinya.

Fisik yang prima atau dalam keadaan yang sehat menjadi hal yang paling diutamakan untuk menjadi Pegawai Gudang. Sebab, setiap harinya akan diberikan target yang harus dapat dicapai sebagai perusahaan logistik. Inilah mengapa setiap Staff Warehouse wajib dalam keadaan yang sehat. Apalagi jika logistik yang dimaksud berkaitan dengan produksi makanan, maka seluruh karyawannya wajib memenuhi standar kesehatan dan kebersihan.

Baca juga: Jenis-jenis pekerjaan di Warehouse

Terkadang ada yang bertanya-tanya apa itu Staff Gudang?  Danapakah menjadi seorang Pegawai Gudang terjamin keselamatan? Terjaminnya keselamatan dari karyawan yang dipekerjakan di gudang logistik sudah pasti menjadi hal yang diperhatikan oleh perusahaan. Pergudangan logistik yag berkaitan dengan bahan ringan dan berat akan memberikan pakaian yang sesuai.

Di mana seragam yang diberikan kepada setiap Staff Gudangakan disesuaikan dengan pekerjaan yang diberikan, mengingat keamanan dan kebersihan yang diterapkan sesuai standar. Pekerjaan di gudang akan membutuhkan tenaga yang prima, karena setiap tugasnya dilakukan dengan target yang telah ditetapkan perusahaan setiap harinya dalam menyediakan logistik sesuai permintaan pasar.

Mengenal apa itu Staff Gudang?

Mengenal apa itu Staff Gudang?
Mengenal apa itu Staff Gudang?

Pengertian itu Staff Gudang adalah pegawai tetap, kontrak, atau justru harian perusahaan yang berkaitan dengan penyediaan barang atau logistik memang akan memiliki beberapa jenis Karyawan Gudang, dengan porsi tugasnya masing-masing. Pegawai Gudang harian merupakan sosok yang bekerja berdasarkan planning dan dibayar berdasarkan hari di mana terdapat planning untuk menyediakan setiap pesanan sesuai target.

Tugas dan Tanggung Jawab Staff Gudang

Singkatnya seorang staff gudang akan melakukan tanggung jawab sebagai berikut:

  • Mempersiapkan dan menyelesaikan pesanan gudang untuk pengiriman atau pengambilan sesuai jadwal
  • Menerima dan memproses stok produk gudang
  • Melakukan kontrol inventaris gudang dan menjaga standar kualitas tetap tinggi untuk audit

Tugas Staf Gudang

Apa saja tugas staff gudang?
Apa saja tugas staff gudang?

Berikut ini tugas staff gudang secara umum:

  • Menyiapkan dan menyelesaikan order untuk pengiriman atau pengambilan sesuai jadwal (load, pack, wrap, label, ship)
  • Menerima dan memproses stok produk gudang (pick, unload, label, store)
  • Mengontrol inventaris dan mempertahankan standar kualitas yang tinggi untuk audit
  • Menjaga lingkungan kerja yang bersih dan aman serta mengoptimalkan pemanfaatan ruang penyimpanan
  • Melengkapi Buku harian masuk ke inventaris
  • Melaporkan setiap adanya ketidaksesuaian stok
  • Berkomunikasi dan bekerja sama dengan atasan serta rekan kerja
  • Mengoperasikan dan memelihara kendaraan dan peralatan gudang secara preventif
  • Mengikuti standar kualitas layanan dan mematuhi prosedur, aturan, dan regulasi

Berikut ini penjelasan lebih lengkap terkait apa saja tugas seorang staf gudang.

Staff Gudang Memiliki Tanggung Jawab untuk Bongkar Muat Barang

Perusahaan logistik yang menjadi penyedia dan penyalur suatu produk berupa barang, maka tidak dapat lepas kaitannya dengan kegiatan bongkar muat barang. Hal ini menjadi satu kesatuan tugas dari Staff Gudang untuk memeriksa bongkar muat suatu barang.

Mulai dari melakukan pengawasan hingga pencatatan setiap bongkar muat suatu barang. Pencatatan yang dilakukan biassanya meliputi jumlah, nama dan jenis barang, pengirim dan penerima.

Pada tugas ini, biasanya hanya dilakukan oleh pegawai tetap gudang yang telah ditunjuk untuk melakukan pengawasan setiap melakukan bongkar muat barang. Sehingga, tanggung jawab yang diemban cukup berat, dan semua alur pengiriman dan penerimaan barang harus berdasarkan pengawasan yang dilakukan olehnya. Tidak heran, staff gudang bekerja menggunakan  target.

Sebab, pengiriman barang tentu harus sesuai dengan jumlah pesanan yang diterima dan disanggupi berdasarkan kesepakatan perusahaan dengan klien. Bongkar muat barang di gudang logistik juga biasanya dilakukan saat menerima barang dasar untuk kemudian diolah ke pabrik. Sehingga, setiap jenis bahan dasar ini harus memiliki kesesuaian jumlah yang dibutuhkan pabrik untukmelakukan pengolahan.

Staff Gudang Turut Menandatangani Surat dari Penerimaan Barang

Hal ini pun dilakukan oleh Pegawai Gudang yang tetap atau disebut sebagai Staff Gudang, di mana setiap surat yang masuk terkait penerimaan barang harus mendapatkan tanda tangan dari berbagai pihak, termasuk Staff Gudang yang telah memiliki tanggung jawab terhadap alur keluar dan masuknya suatu barang di gudang tempatnya bekerja. Anda yang akan menjadi seorang Staff Gudang tetap harus memahami surat menyurat.

Staff Gudang yang merupakan pegawai tetap, memang tidak hanya membutuhkan fisik yang kuat, tapi juga memiliki latar belakang pendidikan yang mendukung. Anda juga harus memahami surat yang legal dan ilegal agar tidak terjebak di dalam kasus penipuan atau penggelapan yang terkadang dapat menjerat Staff Gudang, karena tidak mengerti surat yang ditandatangani.

Staff Gudang Melakukan Pengecekan Kualitas dan Kuantitas Barang di Gudang

Tugas selanjutnya yang juga dilakukan oleh seorang dengan posisi sebagai seorang staff di Gudang adalah melakukan pengecekan terhadap kualitas dan kuantitas barang. Baik itu yang masih berupa bahan dasar, siap produksi, dikemas, atau pun barang yang akan dikirimkan ke tempat klien. Pada tugas yang satu ini dilakukan oleh seluruh Pegawai Gudang yang sesuai dengan posisinya masing-masing, sebagai karyawan tetap, part time atau harian.

Staff Gudang tetap bertugas melakukan pengecekan kualitas dan kuantitas barang? Biasanya para Staff Gudang yang telah menjadi pegawai tetap akan memiliki posisi sebagai pengawas, dan para Pegawai Gudang harian dan kontrak yang akan melakukan pengecekan terhadap kualitas dan kuantitas barang yang hendak diproduksi, dikemas, dan juga dikirimkan kepada klien.

Kualitas dan kuantitas suatu barang menjadi hal yang paling pokok di dalam sebuah Perusahaan Logistik, karena barang yang diproduksi harus sesuai dengan permintaan dari klien dan memenuhi standar perusahaan. Apabila suatu barang yang hendak diproduksi atau setelah diproduksi tidak lulus uji kelayakan, maka akan dipisahkan, dan memasuki tahap yang berikutnya lagi.

Staff Gudang Bertugas Melakukan Persiapan Pengiriman dan Penyimpanan Barang

Tugas yang satu ini berkaitan dengan tugas dari Pegawai Gudang sebelumnhya, di mana setiap posisi akan saling berkaitan satu sama lain dalam Perusahaan Logistik. Barang-barang yang hendak diproduksi dan telah memenuhi standar kualitas serta kuantitasnya, maka akan segera dilakukan produksinya di pabrik. Sehingga setiap Staff Gudang akan memiliki tugasnya masing-masing sesuai dengan posisi yang telah ditentukan perusahaan.

Apakah Staff gudang bertugas mengirimkan dan menyimpan barang di gudang? Mereka merupakan pegawai yang terbagi lagi posisinya di dalam praktiknya saat di gudang. Keseluruhan kegiatan dalam produksi barang, mulai dari persiapan bahan dasar yang layak, produksi barang, pengemasan, dan uji kelayakan bbarang, lalu pengiriman, dan melakukan pengangkutan.

Para Pegawai Gudang yang tetap melakukan kegiatan yang berkaitang dengan pengawasan dan tanggung jawab terhadap seluruh kegiatan di gudang. Kelayakan dan jumlah barang yang menjadi target harisan pun menjadi tanggung jawabnya. Sementara, para Pegawai Gudang yang kontrak atau harian akan melakukan pekerjaan berat yang sifatnya menggunakan tenaga atau fisik untuk mencapai target yang dibutuhkan oleh Perusahaan Logistik tersebut.

Staff Gudang Wajib Membuat Laporan Terhadap Aktivitas Barang di Gudang

Staff Gudang atau Warehouse Staff juga bertugas membuat laporan terhadap aktivitas barang di gudang. Hal itu biasanya dilakukan oleh Pegawai Gudang yang memiliki status sebagai karyawan tetap. Setiap produksi suatu barang akan disesuaikan dengan permintaan klien, dan ini membutuhkan sebuah kinerja dari seorang Staff Warehouse.

Berkaitan dengan pengecekan kualitas dan kuantitas barang, di sini juga Staff Gudang memiliki tugas untuk mencatat dan membuat laporan terhadap aktivitas barang di gudang. Mulai dari jumlah barang yang berhasil diproduksi, jumlah barang yang rusak, dan jumlah barang yang dikirimkan. Semuanya harus dicatat secara terperinci sesuai dengan standar laporan yang ditetapkan suatu Perusahaan Logistik.

Selain itu, seperti laporan pada umumnya, Anda yang memiliki posisi sebagai apa itu Staff Gudang (Staff Warehouse/ Pegawai Gudang/ Karyawan Gudang) yangtetap akan diminta membuat laporan, baik itu harian, mingguan, bulanan, dan juga tahunan. Bahakn barang yang dikembalikan oleh pihak klien juga harus masuk di dalam laporan. Sebab, tidak jarang terjadi pihak klien melakukan reture terhadap barang yang dirasa tidak sesuai.

Staff Gudang Menjalin Koordinasi dengan Divisi Lain dan juga Klien

Itulah mengapa Staff Gudang memiliki tanggung jawab yang begitu besar dan dilimpahkan kepada pegawai tetap yang langsung digaji oleh Perusahaan Logistik, bukan dari Pegawai Gudang kontrak dan juga harian. Staff Gudang dituntun untuk dapat melakukan koordinasi dengan divisi yang lain dan juga klien dalam mempersiapkan setiap jumlah produk barang yang telah dipesan.

Seorang warehouse staff harus memiliki hubungan yang baik dalam menjalin koordinasi dengan divisi lain dalam Perusahaan Logistik. Sebab, seperti yang telah disebutkan bahwa setiap posisi di dlaam gudang akan memiliki keterkaitan satu sama lain untuk keberlangsungan suatu produksi barang. Tidak hanya koordinasi satu divisi saja, tapi juga Staff Gudang harus mampu menjalin koordinasi dengan divisi yang lain agar semakin lancar produksi.

Staff Gudang yang melakukan koordinasi dengan klien? Ini menjadi hal yang tidak kalah pentingnya, karena keberlangsungan produksi akan terpengaruh apabila melakukan hubungan yang baik dengan klien, mulai dari menjaga kualitas dan kuantitas barang, dan pengiriman pesanan klien secara tepat jumlah dan waktu yang telah disepakati.

Persyaratan dan Kualifikasi Staf Gudang

  • Memiliki SIM yang Valid
  • Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat
  • Berpengalaman bekerja di warehouse
  • Memiliki fisik dan stamina yang fit
  • Memiliki manajemen waktu dan skill organisasi yang bagus
  • Memiliki komunikasi yang bagus
  • Memiliki kemampuan dalam pemecahan masalah
  • Bisa mengoperasikan komputer
  • Menguasai aplikasi pergudangan atau minimal microsoft office
  • Memiliki sertifikasi tentang kemampuan mengoperasikan mesin di gudang

Rata-rata Gaji seorang Staf Gudang

Seorang staf warehouse akan mendapatkan gaji di kisaran 3.000.000 hingga 5.500.000 per bulan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor yakni UMR setempat, besar kecilnya perusahaan bekerja, hingga masa pengabdian, dll.
Tentunya angka di atas hanya untuk pekerja atau karyawan tetap (PKWTT). Berbeda halnya dengan pekerja paruh waktu atau event, yang biasanya digaji dengan perhitungan harian
Selain gaji pokok, staf gudang biasanya juga akan mendapatkan uang lembur jika ada pekerjaan tambahan. Selain itu, di banyak perusahaan pekerja gudang akan mendapatkan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja, makan siang, hingga transportasi. Semua hal tersebut juga dipengaruhi oleh tipe gudang dimana mereka bekerja.

Demikian pembahasan tentang Apa Itu Staff Gudang? Tugas, Syarat dan Berapa Kisaran Gajinya dibahas secara lengkap. Jika anda tertarik bekerja sebagai staf gudang, di app.myrobin.id banyak menyediakan lowongan kerja untuk pekerja kerah biru. Daftar dan mulai dapatkan penghasilan sekarang juga.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!