10 Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Ditanyakan HRD

Pertanyaan Interview Kerja

Pada fase penyaringan awal dari proses perekrutan, seorang HRD Profesional (biasanya perekrut atau HR Generalist) akan mengajukan serangkaian pertanyaan interview kerja kepada kandidat. Tujuan dari pertanyaan-pertanyaan ini adalah untuk mengukur keterampilan dasar dan minat kandidat untuk peran tersebut. Kemudian untuk mengklarifikasi berbagai poin tentang aplikasi dan resume mereka.

Disini, kami sudah menyiapkan daftar pertanyaan wawancara HRD terbaik beserta jawabannya yang bisa digunakan sebagai referensi.

Apa Saja 10 Pertanyaan Interview Kerja HRD Terbaik?

Pertanyaan Interview Kerja
Pertanyaan Interview Kerja

Mengapa Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan di posisi ini?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengevaluasi minat kandidat terhadap posisi tersebut. Apakah mereka benar-benar termotivasi untuk bekerja disini atau hanya melamar secara massal ke setiap iklan pekerjaan. Para kandidat harus menunjukkan bahwa lamaran kerja yang diajukan merupakan hal yang benar-benar mereka lakukan.

Contoh jawaban:

Saya telah mengikuti perkembangan perusahaan Anda akhir-akhir ini dan saya tahu Anda memiliki tim pengembangan software yang hebat. Saya mulai berpikir bahwa lingkungan perusahaan ini sepertinya cocok dan baik untuk saya. Terutama untuk menerapkan hasil dari magang dan ilmu yang saya peroleh selama di bangku perkuliahan. Jadi, saya memeriksa lowongan pekerjaan di perusahaan ini secara teratur dan ketika saya melihat iklan pekerjaan ini, saya pikir sudah waktunya untuk mencoba bekerja disini. Saya memiliki pengalaman dalam pengembangan web. Saya juga sangat tertarik dengan proyek yang Anda sebutkan di iklan lowongan kerja. Bahkan, salah satu proyek tersebut menjadi bagian dari subjek tesis saya. Saya benar-benar berpikir saya cocok untuk pekerjaan itu dan dapat berkembang lebih banyak lagi di tempat kerja Anda.

Pengalaman apa yang Anda miliki dan sesuai dengan pekerjaan ini?

Dengan pertanyaan ini, perekrut dapat menilai apakah kandidat benar-benar memahami persyaratan dari pekerjaan. Kemudian, apakah mereka mampu berpikir bahwa mereka bisa melakukan pekerjaan tersebut. Seorang kandidat profesional akan memberikan penjelasan yang mudah dimengerti sebelum mereka mengetahui informasi terkait lowongan pekerjaan.

Contoh jawaban:

Di dalam iklan lowongan kerja, Anda menyebutkan bahwa sedang mencari seseorang yang berbakat dalam bidang marketing. Kebetulan saya pernah menjadi rekan penjualan di toko lokal tempat tinggal saya selama 3 tahun. Selama itu, saya mulai belajar untuk membantu para pelanggan dan memberikan solusi kepada mereka. Selain itu, saya merupakan orang yang bekerja keras dan cocok berada di bidang penjualan atau marketing ini.

Ceritakan pengalaman Anda terkait bidang yang dipilih

Walaupun mirip dengan pertanyaan sebelumnya, namun disini lebih menekankan kepada aspek paling penting dalam posisi pekerjaan. Contohnya, apabila ada perusahaan yang sedang mencari seorang copywriter, maka dipastikan perusahaan akan bertanya terkait pengalaman dan contoh tulisan yang pernah dibuat.

Contoh jawaban:

Saat saya menjadi seorang copywriter di perusahaan A, saya menulis banyak salinan terkait marketing. Saya memiliki tanggungjawab untuk menulis dan menjawab email kepada pelanggan, dan lainnya. Tak hanya itu, saya juga menulis caption di media sosial, serta menulis artikel di blog perusahaan.

Apa yang paling Anda sukai dari deskripsi pekerjaan?

Pertanyaan ini bisa dibilang menjadi suatu pertanyaan terbaik dalam wawancara HRD yang bisa Anda tanyakan. Sebab, isi dari pertanyaan ini adalah terkait tugas dan tanggung jawab yang akan para kandidat itu miliki. Sehingga, Anda bisa menilai seberapa jauh para kandidat bisa memahami pekerjaan yang dipilihnya tersebut.

Contoh jawaban:

Pertama, deskripsi pekerjaan itu sendiri ditulis dengan sangat baik dan memberi saya ide bagus tentang apa tugas disini. Kedua, saya sangat menyukai bahwa peran akuntansi ini melibatkan kerjasama dengan orang lain. Saya menyukai bidang akuntansi, tetapi saya tidak ingin duduk di terus hanya untuk mencatat angka-angka saja. Saya ingin memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai bagian dari tim, dimana kita dapat bertukar pendapat dan pengetahuan tentang metode akuntansi baru dan mengatur perusahaan departemen akuntansi dengan cara terbaik.

Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan saat ini? atau Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan sebelumnya?

Kandidat terbaik akan menyebutkan alasan bagus untuk pindah dari pekerjaan mereka sebelumnya. Ketika mereka menyatakan kepindahan karena pemilik perusahaannya memiliki kesan negatif, maka hal ini cukup berbahaya juga.

Meskipun beberapa kandidat seringkali memberikan jawaban jujur, dimana atasan mereka memang bersalah dan membuatnya mesti pindah dari pekerjaan saat ini. Dalam wawancara HRD, sikap merupakan suatu hal penting yang mesti Anda ketahui.

Misalnya, mungkin bisa diterima juga, jika seorang kandidat menyebutkan bahwa mereka meninggalkan pekerjaan mereka sebelumnya karena atasan mereka tidak membayar gaji dengan adil. Namun, masalahnya akan beda lagi jika para kandidat sudah mengomel, lalu memberikan alasan yang menjurus ke pencemaran nama baik.

Contoh jawaban:

Saya sangat menyukai pekerjaan dan tim saya sebelumnya. Saja bekerja mulai dari awal sampai menjadi ketua di dalam tim marketing. Namun, saya pikir waktu saya di perusahaan ini telah mencapai batasnya, sebab saya sebenarnya adalah orang yang melatih orang lain sementara saya sendiri tidak belajar apa-apa lagi. Padahal, bagi saya belajar itu sangat penting dan akhirnya saya ingin mencoba pekerjaan baru yang lebih menantang dan mampu membuat saya berkembang lebih baik.

Apa yang anda ketahui tentang produk/jasa perusahaan kami?

Tujuan dari jenis pertanyaan HRD ini sudah pasti jelas, yaitu pihak HRD  ingin memastikan bahwa kandidat telah meneliti perusahaan dan memahami apa yang mereka lamar. Dalam hal ini, para kandidat tidak perlu menunjukan banyak pengetahuan terkait perusahaan dan produk. Tetapi, kandidat mesti mengetahui informasi yang bisa dicari secara online dengan mudah. Tentu saja, jika mereka telah menggunakan produk/layanan perusahaan atau mereka mengenal seseorang yang bekerja di sana, hal ini akan menjadi sebuah poin tambahan.

Contoh jawaban:

Saya mengetahui bahwa perusahaan ini memproduksi mesin serta peralatan pabrik. Sebenarnya, saya menggunakan merek Anda ketika saya bekerja di perusahaan A beberapa tahun yang lalu. Saya sangat terkesan dengan kualitas dan ketahanan peralatan tersebut. Saya juga melihat perusahaan Anda baru saja membuka cabang manufaktur baru, hal menjadi pertanda baik untuk kemajuan perusahaan ini.

Ceritakan tentang beberapa bagian ini di resume Anda

Pertanyaan ini menjadi salah satu dari beberapa pertanyaan wawancara HRD yang sangat umum. Bisa jadi pertanyaan ini berfokus pada sesuatu yang “tidak biasa” atau menarik dalam resume kandidat.

Misalnya, pekerjaan yang hanya berlangsung beberapa bulan atau yang tampaknya tidak terkait dengan latar belakang kandidat, atau kesenjangan langsung dalam riwayat pekerjaan kandidat. Tujuan dari pertanyaan wawancara HRD ini adalah untuk mengklarifikasi poin-poin tersebut dan memastikan tidak ada hal aneh nantinya.

Contoh jawaban:

Ketika saya menyelesaikan kuliah, saya mulai bekerja di suatu perusahaan selama 6 tahun. Kemudian, saya memutuskan untuk beristirahat dan menjadi sukarelawan. Hal ini saya lakukan untuk menjernihkan pikiran dan mencoba membantu banyak orang sambil mendapatkan ilmu baru (seperti kemampuan komunikasi dan organisasi).

Jelaskan tempat kerja di mana Anda akan merasa paling bahagia dan produktif

Pertanyaan ini bisa juga Anda ajukan, seperti “Apa yang bisa kami lakukan untuk membuat Anda bahagia jika Anda bekerja disini?” atau “Apa yang Anda sukai dari pekerjaan Anda saat ini yang ingin ditemukan pada posisi kerja di sini?” Jawaban ini berisi pendapat kandidat, sehingga manajer perekrutan tidak bisa memberikan penilaian benar maupun salah. Semuanya tergantung kepada setiap kandidat apakah cocok untuk masing-masing perusahaan atau tidak.

Contoh jawaban:

Saya menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan kerjasama tim dan peraturan yang disiplin. Saya juga selalu berdiskusi dengan banyak teman. Namun, saya ingin memiliki waktu yang fleksibel untuk mulai bekerja selama beberapa waktu. Saya sangat menyukai bahwa aturan disini sangat fleksibel dan tidak membatasi. Misalnya, aturan saat menggunakan pakaian untuk bertemu pelanggan maupun klien.

Berapa gaji yang Anda inginkan?

Pertanyaan HRD yang sama dengan ini berkaitan dengan berbagai aspek “teknis” pekerjaan, seperti kesediaan untuk bepergian atau pindah, atau kemampuan untuk mengikuti jadwal shift. Pihak HRD akan menggunakan pertanyaan ini untuk memastikan mereka tidak berbicara dengan kandidat yang memiliki ekspektasi gaji yang terlalu tinggi (atau yang umumnya tidak dapat memenuhi tuntutan pekerjaan).

Kandidat tidak boleh diminta untuk membocorkan riwayat gaji atau gaji mereka saat ini. Sebab, hal ini bisa dibilang sebagai tindakan ilegal di beberapa perusahaan negara tertentu.

Contoh jawaban:

Saya telah melakukan penelitian tentang gaji rata-rata untuk jenis pekerjaan ini di daerah saya dan mulai berpikir bahwa saya berharap pekerjaan ini dapat membayar gaji dengan kisaran X sampai Y. Tetapi, hal ini masih bisa didiskusikan. Namun,  jika menurut Anda saya cocok untuk bekerja disini. Apakah Anda dapat memberitahukan berapa kisaran gaji yang diberikan?

Apakah ada pertanyaan?

Terlepas dari tahap dalam proses perekrutan, kandidat harus selalu memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan sendiri. Jadi, mereka dapat mengetahui apakah pekerjaan yang dilamarnya ini bisa cocok atau tidak.

Alasan lain HRD menggunakan pertanyaan ini adalah untuk mengetahui apakah kandidat benar-benar tertarik untuk mengetahui lebih banyak terkait posisi tersebut. Mereka harus mengajukan pertanyaan cerdas tentang perusahaan, dan bagusnya lagi pertanyaan terkait posisi pekerjaan itu sendiri.

Contoh jawaban:

Bisakah Anda memberitahu saya terkait langkah selanjutnya dalam proses perekrutan? Saya juga membaca sebuah wawancara online dimana CEO perusahaan ini mengatakan bahwa perusahaan ini menggunakan teknologi pengenalan suara. Saya tertarik hal tersebut, dan apakah posisi ini melibatkan pekerjaan pada jenis proyek tersebut?

Itulah beberapa pertanyaan dan jawaban dari wawancara HRD. Silakan gunakan sebagai referensi dan dapatkan para kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!