5 Perbedaan CV ATS dan CV Kreatif

Perbedaan CV ATS dan CV Kreatif

Anda mau melamar pekerjaan? Sebelum melamar pekerjaan, Anda perlu mengetahui perbedaan CV ATS dan CV kreatif. Pada dasarnya keduanya sama-sama berisi data diri pelamar, yang membedakan adalah format dari dua tipe CV tersebut.  Lalu apa saja perbedaannya? Simak penjelasan di bawah ini. 

Apa itu CV ATS Friendly?

CV ATS Friendly adalah salah satu format CV profesional yang bisa dibaca oleh sistem bernama Applicant Tracking System (ATS).  Sistem ini sangat memudahkan para recruiter untuk melakukan screening CV. 

Menurut Society for Human Management, sistem  ATS pertama kali digunakan pada tahun 1990, ini saat revolusi industri. 

Awalnya banyak perusahaan besar menggunakan sistem ATS untuk menyeleksi pelamar yang jumlahnya sangat besar. Sistem ini bisa mengidentifikasi kandidat yang dicari perusahaan, melalui kata kunci yang dimasukan perusahaan.

Saat ini masih banyak perusahaan yang memanfaatkan sistem ATS untuk menyeleksi kandidat atau pelamar perusahaan. Misalnya, perusahaan bonafid yang diincar banyak peminat. 

Cara Kerja Sistem ATS

Kalau Anda masih bingung bagaimana cara kerja sistem ATS, tentu sistem ini kerjanya sangat cepat. Sistem ini bisa memberi peringkat semua CV yang masuk ke perusahaan, sesuai dengan keyword yang ditentukan perusahaan. Misalnya, sebuah agency digital sedang membuka lowongan staf administrasi, perusahaan bisa menuliskan beberapa keyword ini, pengalaman minimal 2 tahun, mengerti excel, memiliki kemampuan bahasa Inggris. 

Sistem ATS akan membaca, pelamar yang memiliki kategori tersebut. Semakin sesuai dengan keyword perusahaan, kesempatan Anda lolos screening jauh lebih besar.

Baca juga: Cara Membuat CV ATS Friendly Terbaik dan Lengkap

Apa itu CV Kreatif? 

CV kreatif adalah lamaran kerja yang unik dan tentunya juga kreatif. CV ini menggunakan font, warna, dan desain yang bervariasi. Sehingga, CV Kreatif memiliki tampilan visual yang lebih menarik. Biasanya CV ini dicari oleh perusahaan yang membutuhkan kreativitas pelamar. 

Dalam CV kreatif juga menyertakan grafik dan bagan yang memiliki skema warna yang menarik perhatian pembaca. 

Kriteria CV Kreatif 

Setelah memiliki gambaran tentang CV kreatif, Anda mungkin masih bingung, bagaimana cara membuatnya. Berikut beberapa tips untuk membuat CV Kreatif. 

1. Menggunakan Font dan Warna yang Unik 

Salah satu tujuan dari CV kreatif untuk menunjukan kreativitas Anda di hadapan recruiter. Misalnya, memilih  warna hijau atau oranye daripada warna hijau neon. Dalam CV kreatif Anda bisa memadukan 3 jenis font dalam satu CV. 

2. Desain Unik

Biasanya, CV kreatif dibuat dengan desain yang unik. Untuk membuatnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi desain grafis yang Anda kuasai. 

3. Orientasi Visual 

Saat membuat CV kreatif, Anda perlu memperhatikan warna, desain, maupun warna dalam CV. Ini karena, tujuan dari CV in untuk menarik perhatian recruiter secara langsung. 

4. Ditujukan untuk Industri Kreatif

Mungkin Anda akan bertanya, posisi apa saja yang menggunakan CV kreatif? Anda bisa menggunakan CV ini untuk melamar pekerjaan di bidang kreatif, misalnya content writer, copywriter, graphic designer, animator, dan masih banyak lagi. 

Perbedaan CV ATS dan CV Kreatif 

Setelah mengetahui pengertian dari CV ATS dan CV kreatif, selanjutnya Anda perlu memahami perbedaan dari keduanya. Apa saja? Simak penjelasan ini. 

1. Template dan Desain CV 

Perbedaan pertama kedua CV ini ada apa template. CV ATS diseleksi oleh sistem, dan hanya untuk melamar perusahaan profesional. Karena itu, CV ATS menggunakan background sederhana, hitam putih.  Sedangkan, background CV kreatif lebih luwes, bisa menggunakan warna-warna atau motif yang menggambarkan kreativitas kandidatnya. Perlu Anda ketahui, biasanya CV kreatif menggunakan warna mencolok atau unik untuk mendapat perhatian dari recruiter. Berbeda halnya dengan CV ATS Friendly, yang lebih sederhana dan mengutamakan kenyamanan pembaca. 

2. Pemilihan Keyword 

Saat Anda menggunakan CV kreatif, Anda perlu mengutamakan tingkat estetik CV daripada keyword yang digunakan. Ini karena, beberapa recruiter menilai daya dari CV. Berbeda halnya dengan CV ATS friendly, Anda tidak perlu memusingkan keunikan CV Anda, hanya perlu memperhatikan keyword atau kualifikasi yang digunakan perusahan. Kuncinya, semakin relevan keyword yang Anda gunakan. semakin mudah Anda lolos ke tahap berikutnya. 

3 . Pemilihan Bahasa

Bahasa yang digunakan kedua CV ini berbeda. CV ATS biasanya lebih mudah mendeteksi bahasa Inggris. Sementara, dalam menulis CV kreatif, bahasa yang Anda gunakan lebih bebas.

4. Format Penulisan 

Dalam CV ATS, sistem tidak bisa mendeteksi font yang beragam. Anda bisa menggunakan jenis font formal, seperti Times New Roman, Helvetica, atau Arial. Kalau CV kreatif, Anda bisa menggunakan font yang menarik, dan yang tidak berlebihan.

5. Waktu Penggunaan

Selanjutnya, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kedua CV ini? Saat Anda melamar di perusahaan besar, Anda bisa menggunakan CV ATS Friendly, kalau Anda akan melamar di perusahaan kreatif Anda bisa menggunakan CV kreatif. 

Tabel Perbedaan CV ATS Friendly dan Kreatif 

CV ATSCV Kreatif
Tampilan SederhanaTampilan Kreatif
Ditujukan untuk Sistem ATSDitujukan untuk Memikat Recruiter
Untuk Melamar di Perusahaan Besar/ KorporatUntuk Melamar di Perusahaan Kreatif
Warna Hitam PutihMenggunakan berbagai Paduan Warna
Menggunakan 1 Font FormalBisa Menggunakan 3 Jenis Font 
Tabel Perbedaan CV ATS Friendly dan Kreatif 

CV ATS atau CV Kreatif? 

Berdasarkan perbedaan di atas, Anda dapat menggunakan CV ATS dan kreatif sesuai kepentingan. Keduanya sama-sama baik untuk Anda gunakan. Saat Anda melamar di perusahaan korporat, atau perusahaan populer, Anda bisa menggunakan CV ATS. Besar kemungkinan recruiter perusahaan mengandalkan sistem ATS untuk menyeleksi kandidat yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Sehingga hindari menggunakan CV kreatif untuk melamar di perusahaan besar. 

Setelah mengetahui perbedaan CV ATS dan kreatif, Anda bisa segera mengirimkan lamaran anda ke perusahaan yang Anda tuju. Bila Anda masih mencari lowongan pekerjaan, Anda bisa menemukan berbagai lowongan kerja di MyRobin. Anda juga bisa bergabung grup komunitas untuk mendapat info terkait pekerjaan. Tunggu apa lagi? Yuk, gabung sekarang juga, dan temukan info lowongan kerja terbaru di MyRobin.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!