Cara Menjadi Telemarketer yang Sukses

Telemarketer

Pada dasarnya seorang telemarketer adalah seseorang profesional yang menggunakan telemarketing untuk terhubung dengan prospek pelanggan. Mereka bertanggung jawab untuk berbicara dengan calon pelanggan di telepon untuk menjual produk atau layanan dan bahkan meminta donasi. Tugas mereka termasuk melacak daftar kontak pelanggan, menjelaskan manfaat produk dan memberikan solusi terbaik untuk pelanggan.

Apa yang dilakukan seorang telemarketer?

Telemarketer, juga dikenal sebagai sales representative, mempromosikan dan menjual produk atau layanan melalui telepon atau komunikasi jarak jauh lainnya. Mereka biasanya bekerja di call center atau bekerja lepas untuk perusahaan call center pihak ketiga.

Tugas dan Tanggung jawab telemarketer juga meliputi:

  • Menjawab pertanyaan klien tentang produk atau layanan
  • Mengkomunikasikan pertanyaan, kekhawatiran, atau masalah kepada staf pengawas
  • Memelihara catatan akun pelanggan
  • Menghubungi pelanggan potensial dan pelanggan saat ini untuk mempromosikan produk atau layanan
  • Menjadwalkan janji temu dengan calon klien
  • Melatih telemarketer lain bila perlu

Berapa Gaji Telemarketer?

Gaji tahunan rata-rata seorang telemarketer bervariasi menurut lokasi dan pengalaman. Telemarketer berpengalaman yang berhasil menjual barang dagangan berharga tinggi dapat berekspektasi untuk mendapatkan pendapatan yang lebih dari rekan-rekan mereka. Telemarketer terkadang menerima pembayaran komisi berbasis kinerja yang merupakan persentase dari penjualan atau gaji tetap. Besaran gaji telemarketer di Indonesia yaitu berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 6.700.000

Apa saja persyaratan telemarketer?

Memperoleh posisi sebagai telemarketer membutuhkan persyaratan tertentu. Berikut ini persyaratan untuk menjadi seorang telemarketer:

Pendidikan

Pendidikan yang dibutuhkan untuk menjadi telemarketer tergantung pada perusahaan tempat anda berencana untuk bekerja. Banyak perusahaan mempekerjakan telemarketer yang memiliki setidaknya ijazah SMA atau sederajat. Perusahaan lain hanya mempekerjakan orang yang telah mendapatkan gelar sarjana. 

Karena anda diminta untuk mendengarkan pelanggan dengan cermat dan berbicara secara persuasif, mereka yang mengambil kelas komunikasi, pidato, dan drama sangat berguna. Kelas penjualan dan bisnis, serta sosiologi dan psikologi, juga berharga. 

Pelatihan

Jika anda ingin mempersiapkan karir di bidang telemarketing, anda dapat mengikuti kursus pelatihan bisnis, penjualan, dan komunikasi. Perusahaan juga menawarkan program pelatihan formal untuk karyawan baru, di mana telemarketer senior mengajari mereka berbagai strategi penjualan.

Sertifikasi

anda juga bisa mendapatkan sertifikasi untuk menunjukkan kualifikasi anda kepada pemberi kerja saat ini dan di masa depan. Di Indonesia sudah banyak pelatihan untuk mendapatkan sertifikat di bidang sales. Berikut ini beberapa contoh sertifikasi yang ada di Indonesia

  • Pelatihan dan Sertifikasi Sales Operation yang diadakan oleh BNSP
  • Sertifikasi Sales Equity oleh LSPPM

*catatan: di atas adalah sekedar contoh bukan bersifat rekomendasi, jika anda tertarik untuk mengikuti sebuah sertifikasi pastikan dan pelajari secara mendalam tentang materi, latar belakang, rekam jejak, dll. Sekalipun itu sertifikasi resmi dari pemerintah. Bila perlu konsultasikan kepada rekan kerja atau atasan anda terkait sertifikasi yang akan anda ambil.

Skill

Jika anda tertarik untuk menjadi telemarketer, anda harus dapat berkomunikasi melalui telepon dan memiliki keterampilan komputer tingkat menengah agar tetap teratur dan memberikan informasi kepada calon klien. Keterampilan lain yang harus dimiliki dan dikembangkan meliputi:

  • Keterampilan mendengarkan: anda harus mendengarkan dengan cermat untuk memastikan anda memahami pelanggan untuk membantu mereka.
  • Sabar: anda juga harus sopan dan sabar, terutama saat berbicara dengan pelanggan yang tidak puas. 
  • Keterampilan pelayanan pelanggan: Menjawab pertanyaan dan membantu menyelesaikan masalah atau keluhan kemungkinan akan membantu perusahaan anda mempertahankan pelanggannya.
  • Keterampilan pemecahan masalah: Dapat menemukan solusi untuk masalah pelanggan untuk meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan. 
  • Keterampilan interpersonal: Keterampilan ini melibatkan kemampuan untuk menciptakan interaksi positif dengan klien dan telemarketer lainnya. 
  • Kemampuan multitasking:  Dengan keterampilan ini, anda dapat melakukan banyak tugas sekaligus, seperti memeriksa email, membuat catatan, dan berbicara di telepon secara bersamaan.  

Lingkungan kerja telemarketer

Telemarketer biasanya bekerja di call center, tetapi beberapa bekerja dari kantor pusat. Mereka biasanya bekerja dalam tim, biasanya di ruang telepon khusus. Tergantung dimana pelanggan mereka tinggal, telemarketer bekerja pada siang atau malam hari, dan pekerjaannya mungkin tidak banyak bergerak, terutama jika terbatas pada panggilan telepon. Karena kebisingan di latar belakang, beberapa perusahaan meminta telemarketer mereka bekerja di luar rumah, menjadikannya peluang kerja yang ideal bagi pekerja lepas. 

Bagaimana menjadi telemarketer

Untuk menjadi telemarketer yang sukses, anda harus tahu bagaimana berkomunikasi secara efisien dan efektif dengan klien potensial. Berikut adalah langkah-langkah untuk menjadi telemarketer:

1. Tentukan jenis telemarketing yang diminati.

Beberapa orang tertarik dengan penggalangan dana amal, sementara yang lain tertarik untuk melakukan jajak pendapat atau survei. Penting untuk memilih jenis telemarketing yang menurut anda menarik, karena calon klien mungkin menanggapi antusiasme anda dan menjawab dengan lebih baik promosi penjualan anda.

2. Cari tahu apakah anda bisa bekerja sebagai telemarketer rumahan.

anda dapat memperoleh panggilan penjualan yang menghasilkan uang dari rumah atas nama klien anda. Namun, anda memerlukan pengalaman dalam industri telemarketing dan teknologi yang tepat untuk memastikan anda dapat memberikan layanan yang efisien namun hemat biaya.

3. Cari pekerjaan telemarketing.

Temukan pekerjaan telemarketing yang cocok untuk anda. Pilih perusahaan yang telah menjalankan bisnis selama beberapa tahun dan memiliki reputasi yang baik. Cari lowongan kerja telemarketer yang sesuai dengan nilai-nilai pribadi anda.

Contoh deskripsi pekerjaan telemarketer

Perusahaan kontraktor umum kami sedang mencari telemarketer yang dapat bekerja di tim penjualan luar kami. Kandidat yang ideal untuk posisi ini adalah nyaman berbicara di telepon dengan beberapa orang setiap hari untuk mendiskusikan proyek perbaikan rumah dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan kontrak umum. Kami mencari individu yang optimis dan termotivasi yang terinspirasi oleh gagasan cek komisi. anda diminta untuk menghasilkan setidaknya lima prospek per hari dan melakukan panggilan tindak lanjut bila diperlukan untuk menutup penjualan. Kami mencari telemarketer berpengalaman, tetapi kami dapat mempertimbangkan individu dengan pengalaman penjualan internal. Baca selengkapnya di artikel contoh template job deskripsi telemarketer

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana cara menjadi telemarketer termasuk apa saja tugas dan tanggungjawabnya serta persyaratannya. Menjadi telemarketer juga bisa dilakukan dari rumah cocok untuk anda yang ingin bekerja secara freelance.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!