New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

10 Tips Melakukan Presentasi Dengan Bahasa Inggris

Tips Melakukan Presentasi Dengan Bahasa Inggris

Memberikan presentasi selalu menantang. Harus berdiri di depan rekan-rekan kerja kamu dan berbagi pengetahuan dengan cara yang informatif dan persuasif bukanlah hal yang mudah. Kamu mungkin merasa gugup dan tidak yakin bahwa kamu bisa menampilkan yang terbaik.

Namun, hal ini akan menjadi lebih sulit jika kamu mempresentasikan dalam bahasa asing. Sebagai non-native speaker bahasa Inggris, terkadang kamu mungkin diharapkan untuk menyampaikan presentasi dalam bahasa Inggris. Hal ini dapat terjadi jika kamu bekerja di perusahaan internasional, atau sering bepergian untuk keperluan bisnis.

Kamu mungkin merasa khawatir tentang hal ini, bagaimanapun juga memesan kopi atau melakukan percakapan santai dalam bahasa Inggris sangat berbeda dengan memberikan presentasi yang lengkap. Mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai.

Jangan khawatir! Dengan petunjuk dan tips praktis ini, kamu akan merasa lebih percaya diri untuk memberikan presentasi dalam bahasa Inggris, apa pun topiknya.

Pentingnya Bahasa Inggris

Mempelajari bahasa baru bisa menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan di segala usia. Banyak orang belajar bahasa baru karena berbagai alasan, seperti traveling atau bekerja, dan manfaatnya sangat besar, apapun alasannya.

Mempelajari bahasa asing dapat meningkatkan pengetahuan tentang kebudayaan dan membantu kamu merasa lebih percaya diri saat traveling.  Selain itu, belajar bahasa kedua juga dapat mengembangkan kemampuan otak.  Studi menunjukan jika orang yang menguasai lebih dari satu bahasa memiliki kapasitas memori yang lebih baik, kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis, konsentrasi yang lebih baik, kemampuan melakukan multitasking, serta kemampuan mendengar yang lebih baik. 

Kedengarannya bagus, bukan? Jadi, sekarang kamu sudah tahu bahwa belajar bahasa adalah ide yang bagus, mengapa belajar bahasa Inggris itu penting?

Bahasa Inggris adalah Bahasa Komunikasi Internasional

Banyak orang di seluruh dunia menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan orang dari negara lain. Sekitar 1,75 miliar orang di seluruh dunia bisa berbicara bahasa Inggris, sehingga membuatnya menjadi bahasa yang sangat penting untuk dipelajari. Bahkan, satu dari setiap empat orang di dunia bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik. Oleh karena itu, jika Anda ingin berbicara dengan orang dari negara lain, bahasa Inggris dapat menjadi bahasa yang paling umum digunakan sebagai media berkomunikasi.

Bahasa Inggris memberikan kemudahan dalam mengakses ke lebih banyak hiburan dan Internet

Saat ini, bahasa Inggris digunakan dalam banyak film, acara TV, buku, dan musik yang diproduksi di seluruh dunia. Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu tidak perlu lagi bergantung pada terjemahan atau subtitle untuk memahami konten tersebut. Selain itu, mengakses berbagai jenis media dalam bahasa Inggris akan membantu meningkatkan kemampuan mendengar dan membaca bahasa Inggris kamu.

Bahasa Inggris juga menjadi bahasa internet yang dominan. Diperkirakan sekitar 565 juta orang menggunakan internet setiap hari, dan lebih dari separuh situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, mempelajari bahasa Inggris memberikan akses ke sebagian besar konten internet yang tidak tersedia dalam bahasa lain. Baik untuk tujuan hiburan maupun profesional, memahami bahasa Inggris akan memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang secara online dan menggunakan lebih banyak sumber daya dalam bahasa Inggris.

Traveling menjadi lebih mudah dengan pengetahuan bahasa Inggris yang baik

Mempelajari bahasa Inggris akan memudahkan kamu dalam bepergian ke mana saja. Bahkan, pengumuman bandara, jadwal kereta api, informasi darurat, dan rambu-rambu jalan seringkali tersedia dalam bahasa Inggris, termasuk di negara-negara yang menggunakan alfabet yang berbeda. Dalam perjalanan ke negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris, kamu pasti akan menemukan seseorang yang mengerti setidaknya sedikit bahasa Inggris. Tak hanya itu, memahami bahasa Inggris juga dapat membantumu untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang ketika kamu berada di negara asing.

Bahasa Inggris dapat membuat kamu terlihat ‘lebih pintar’

Belajar bahasa baru tidak hanya akan meningkatkan kemampuan komunikasi, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi otak dan kemampuan kognitif, karena proses belajar bahasa baru akan melibatkan latihan fisik dan mental yang terus menerus. Terbukti bahwa bilingualisme dapat menjaga otak tetap kuat dan sehat hingga usia tua, dan mendukung kemampuan konsentrasi dan memori.

Belajar bahasa asing juga dapat meningkatkan kepribadian dan memperkuat rasa percaya diri. Mampu berbicara lebih dari satu bahasa dapat membuka pintu untuk mengeksplorasi budaya dan pemikiran yang berbeda, sehingga meningkatkan keterbukaan pikiran dan toleransi terhadap perbedaan. Dalam kata lain, belajar bahasa asing dapat membuat otak lebih kuat dan lebih fleksibel, serta membantu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Tips melakukan presentasi menggunakan bahasa inggris

Memberikan presentasi profesional dalam bahasa Inggris menjadi tugas yang sangat mencemaskan jika kamu bukan penutur asli. Namun, ada beberapa aturan presentasi yang tidak terkait dengan bahasa. Berikut ini adalah tips terbaik kami untuk membantu kamu memberikan presentasi yang baik:

Memeriksa pemahaman

Hal yang paling penting saat memberikan presentasi dalam bahasa Inggris atau bahasa kedua lainnya adalah menggunakan bahasa yang kamu pahami dengan baik dan memastikan bahwa bahasa yang kamu gunakan dapat dipahami oleh orang lain. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari penggunaan bahasa yang terlalu rumit meskipun kamu merasa percaya diri dengan bahasa tersebut.

Pikirkan tentang audiens kamu

Ketika kamu bersiap untuk memberikan presentasi dalam bahasa Inggris, penting untuk mempertimbangkan siapa audiens kamu. Kamu mungkin akan memberikan presentasi kepada native speaker bahasa Inggris, non-native speaker, atau campuran keduanya. Kamu mungkin berbicara dalam bahasa Inggris kepada pembicara lain yang bukan native speaker.

Saat memberikan presentasi, hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena hal ini akan menunjukkan seberapa dasar atau kompleksnya penggunaan bahasa kamu. Meskipun kamu adalah pembicara bahasa Inggris yang berpengalaman dan percaya diri, kamu juga harus mempertimbangkan orang-orang yang kamu hadapi, dan memastikan bahwa mereka akan memahami apa yang kamu sampaikan.

Mempersiapkan diri

Ketika kamu harus melakukan presentasi dalam bahasa Inggris, persiapannya harus lebih matang dibandingkan presentasi dalam bahasa lainnya. Selain menyiapkan alat bantu visual, kamu juga perlu berlatih dengan serius, misalnya dengan berlatih di depan cermin. Pastikan kamu memiliki pemahaman yang jelas tentang struktur presentasi, mulai dari awal, tengah, dan akhir, serta tahu persis apa yang akan kamu sampaikan.

Selain itu, cobalah untuk memikirkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dari audiens, dan persiapkan cara yang tepat untuk menjawabnya dalam bahasa Inggris. Dengan berlatih dan mengalami lebih banyak presentasi, kamu akan semakin percaya diri dalam berbicara dalam bahasa Inggris.

Berlatihlah dengan orang lain

Meskipun kamu biasanya berlatih sendiri, cobalah untuk mempraktikkan presentasi bahasa Inggris kamu dengan orang lain. Jika kamu bisa melakukannya dengan penutur bahasa kedua atau non-native speaker lainnya, kamu dapat mengukur seberapa jelas dan mudah dipahaminya presentasimu oleh orang lain.

Dengan mempraktikkan presentasimu dengan native dan non-native speaker bahasa Inggris, kamu dapat mengetahui apakah kamu sudah berada di jalur yang benar.

Gunakan bahasa tubuh dengan hati-hati!

Bahasa tubuh adalah bagian penting untuk menjaga presentasi kamu tetap hidup dan menarik. Tersenyum dan memberi isyarat dapat menarik perhatian audiens dan membuat mereka tetap tertarik. Namun perlu diingat bahwa tidak semua gerak tubuh memiliki arti yang sama dalam budaya yang berbeda.

Tergantung di belahan dunia mana kamu melakukan presentasi, kamu mungkin ingin memikirkan jenis bahasa tubuh apa yang dapat dipahami oleh audiens. Beberapa isyarat bersifat universal, namun ada juga yang tidak! Jika ragu, tanyakanlah kepada orang-orang sekitar, atau lakukan riset online.

Buatlah sesederhana mungkin

Jika kamu tidak terlalu percaya diri dengan kemampuan berbahasa Inggris kamu, jangan memilih bahasa yang paling puitis yang bisa kamu temukan. Menjaga agar tetap sederhana bisa sangat efektif, terutama saat kamu mempresentasikan konsep bisnis. Kamu tidak perlu membuat bahasa yang kamu gunakan terdengar indah, yang penting bisa dimengerti oleh orang-orang di sekitarmu.

Demikian pula, buatlah daftar poin-poin utama dari pembicaraan kamu dan jangan menyimpang terlalu jauh dari poin-poin tersebut. Hal ini dapat membantu kamu untuk tetap berada pada sasaran, dan membuat kamu merasa lebih positif tentang penggunaan kata-kata kamu. Jika kamu juga memastikan bahwa “cerita” presentasi kamu sederhana, ini dapat membuat pengalaman yang jauh lebih jelas dan mudah bagi kamu dan audiens kamu.

Mengartikulasikan dengan hati-hati

Artikulasi sangat penting dalam presentasi, terlepas dari siapa yang menjadi audiensmu. Meskipun kamu menggunakan bahasa yang sederhana dan menjaga agar presentasimu mudah dipahami, pastikan kamu tidak terburu-buru dalam penyampaiannya.

Berlatih dapat membantumu berbicara lebih lambat dan jelas, serta menggunakan jeda untuk memungkinkan audiens menyerap apa yang kamu katakan. Ini sangat penting ketika berbicara dengan pengguna bahasa Inggris non-penutur asli, yang mungkin membutuhkan waktu ekstra untuk memahami presentasimu.

Selain itu, berhenti sejenak saat berbicara dapat membantumu memikirkan dengan lebih jelas apa yang ingin kamu katakan selanjutnya.

Memberikan ringkasan

Saat memberikan presentasi dalam bahasa Inggris, penting untuk memiliki rencana yang jelas untuk setiap bagian presentasi, termasuk awal, tengah, dan akhir. Cara yang efektif untuk memastikan bahwa setiap bagian telah dipahami adalah dengan memberikan rangkuman singkat di akhir setiap bagian. Hal ini juga membantu kamu memiliki titik akhir yang jelas sebelum beralih ke bagian informasi berikutnya.

Jika memungkinkan, memberikan rangkuman sebelum memulai presentasi juga bisa menjadi ide yang baik. Dengan begitu, audiens kamu akan memiliki gambaran tentang apa yang akan disampaikan dan dapat mempersiapkan pertanyaan sebelumnya. Hal ini akan membantu mereka memahami kamu dengan lebih baik dan memberikan harapan mengenai hal-hal yang mungkin mereka tanyakan atau ingin mereka ketahui lebih lanjut.

Gunakan gambar yang jelas

Jika grafik dan gambar merupakan bagian penting dari presentasi kamu, pastikan untuk memeriksa dan mengecek ulang apakah gambar tersebut jelas dan mudah dimengerti. Gambar-gambar tersebut juga harus dalam bahasa Inggris, dan kamu harus dapat menghubungkannya dengan presentasi kamu dengan mudah.

Latihlah hal ini, dan gunakanlah sebagai bagian dari pembicaraan kamu dan sebagai bagian dari rangkuman kamu sebagai jangkar presentasi kamu. Bahasa dan gambar yang digunakan juga dapat berfungsi sebagai petunjuk jika kamu kehilangan arah saat presentasi.

Tetap menghadap ke depan

Sama pentingnya dengan bahasa tubuh, kamu juga harus menjaga agar wajahmu tetap terlihat jelas. Jika kamu berbicara dalam bahasa kedua, akan lebih mudah bagi kamu untuk dimengerti jika audiens dapat melihat bentuk mulutmu, dan mengukur ekspresimu.

Hal ini juga membantu kamu merasa percaya diri dan terhubung dengan audiens – dan memungkinkan kamu untuk melihat bagaimana mereka merespons kamu, dan apakah mereka memahami apa yang dikatakan. Mungkin kamu akan tergoda untuk berpaling jika kamu merasa gugup, tetapi cobalah untuk meminimalkan hal ini agar semua orang tetap terlibat.

Frasa yang berguna untuk presentasi dalam bahasa Inggris

Memberikan presentasi dalam bahasa Inggris bisa menjadi sebuah tantangan berat bagi non-native speaker. Ada begitu banyak aspek yang perlu dipertimbangkan, mulai dari mempersiapkan materi hingga berlatih cara penyampaian yang efektif.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki beberapa frasa yang berguna untuk membantu struktur dan penghubung yang efektif dalam presentasi kamu. Berikut adalah frasa yang berguna untuk presentasi dalam bahasa Inggris untuk struktur dan penghubung yang efektif.

Pengenalan

  • Welcome to my presentation, everyone, and good morning or afternoon. I’d like to start off by saying thank you to everyone for coming today.
  • Today’s topic is……, as you can see on the screen.
  • This morning/afternoon, I’m going to look at the latest developments in…..
  • Let me begin by just describing my own background.

Struktur presentasi

  • I’ll concentrate on three main topics throughout my talk.
  • The format of this presentation is as follows.
  • The following headings offer different perspectives on the topic.
  • The following fields can be used to categorize this area.

Pengaturan waktu

  • It will take about X minutes to cover these issues.

Selebaran

  • Does everyone have a copy of my report or a handout?
  • At the conclusion of my presentation, I will provide copies of the slides.
  • Anyone interested in the PowerPoint presentation can receive it via email.
  • Don’t worry about taking notes; I’ve prepared a handout with all the pertinent facts for you.

Pertanyaan

  • If you have any questions, do not hesitate to ask.
  • If you don’t mind, I’d like to leave questions until the end of my talk/there will be an opportunity for a Q&A session at the end…

Mengurutkan frasa

  • My first point is about…
  • Now, let me give you a general summary of…
  • I’ll then concentrate on….before we think about….
  • I’ll then go on to emphasize what I consider to be the important elements of.
  • I’d like to talk about the issue of…..
  • Finally, I’d want to briefly bring up the subject of.

Menghighlight informasi

  • I want to provide some context for the scenario.
  • I want to go into greater detail on the effects of.
  • I’d like to offer more specific suggestions in this area.
  • Please consider the relevance of this particular figure.
  • No matter how you look at it, the global trend is obvious.

Kesimpulan

  • Just some closing words from a well-known scientist, politician, or author.
  • Let’s go out there and make opportunities for…!

Apakah kamu sudah merasa siap untuk memberikan presentasi yang hebat dalam bahasa Inggris? Ingatlah saran penting ini, dan jangan takut untuk meminta bantuan rekan kerja kamu untuk mendapatkan sedikit bantuan ekstra dalam mempersiapkan diri! Yang terpenting, lakukanlah! Kamu mungkin akan terkejut dengan rasa percaya diri yang kamu rasakan setelah menyampaikan presentasi yang luar biasa.

Ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu? Yuk kunjungi MyRobin Academy. Disana terdapat banyak kursus singkat, termasuk bahasa inggris yang dapat meningkatkan skill set untuk pengembangan karir kamu loh! Tunggu apa lagi?! Kunjungi sekarang!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cara Menjadi Telemarketer yang Sukses

Untuk menjadi telemarketer yang sukses, anda harus tahu bagaimana berkomunikasi secara efisien dan efektif dengan klien potensial. Berikut adalah langkah-langkah untuk menjadi telemarketer:

Cepat kerja, banyak untungnya pula!

id_IDID