Mengenal Sales Executive: Tanggung Jawab, Syarat dan Jenjang Karirnya

Penjelasan Tentang Apa Itu Sales Executive

Sales executive memiliki posisi yang penting dalam sebuah perusahaan. Posisi ini tidak hanya dituntut menjadi penghubung antara pihak perusahaan dengan calon konsumennya saja, melainkan juga bertanggung jawab terhadap strategi sales secara keseluruhan.

Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa sales executive ini merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap strategi penjualan atas perusahaan secara keseluruhan. Dalam perannya tersebut, posisi dari sales executive ini dituntut untuk dapat mengembangkan strategi yang bisa dijalankan bersama dengan sales lain. Baca juga tentang skill yang harus dimiliki sales executive.

Penjelasan Tentang Apa Itu Sales Executif
Penjelasan Tentang Apa Itu Sales Executive

Secara umum, posisi sales executive  ini memberikan kemungkinan terhadap sales untuk bisa menjaga hubungan baik dengan pembeli bertaraf besar. Pekerjaan ini juga menuntut sales untuk melakukan serangkaian perjalanan dinas, yang membuatnya bertemu dengan klien demi mencapai target penjualan yang sudah ditentukan.

Apa itu Sales Executive?

Pengertian Sales Executive adalah seorang profesional yang memiliki tugas untuk menetapkan target penjualan untuk sebuah perusashaan dan bekerja untuk mencapai tujuan tersebut dengan dibantu oleh sales manager dan sales associate. Pekerjaan mengacu pada mengatur strategi untuk menemukan prospek pelanggan baru, sales lead, dan mengkonversinya menjadi pengguna atau pelanggan.

Sales executive merupakan posisi yang cukup umum ada dalam sebuah perusahaan.  Pekerjaan yang harus dilakukan oleh posisi ini meliputi pengawasan terhadap flow penjualan dalam sebuah perusahaan. Bersama dengan team, sales executive akan menciptakan dan mengembangkan target penjualan untuk kebutuhan produk maupun layanan perusahaan.

Jenis-Jenis Sales Executive dalam Perusahaan

Dikarenakan perannya yang cukup penting dalam sebuah perusahaan, tentunya tidak akan ada perusahaan yang tidak memiliki sales executive. Namun, tentunya setiap industri akan memiliki penyebutan nama yang berbeda-beda terhadap sales executive ini. Sebagai contoh adalah penyebutan sales executive di dunia advertising sebagai account executive.

Sementara di perusahaan asuransi sendiri, sales executive ini sering disebut dengan finansial advisor. Berikut ini adalah beberapa jenis sales yang ada dalam sebuah perusahaan.

1. Eksekutif Relasional 

Ini adalah tipe sales executive yang menjaga hubungan dengan pelanggan sehingga keuntungan perusahaan dapat dimaksimalkan dan lebih banyak penjualan dapat dihasilkan. 

Tenaga penjual ini  berfokus untuk membangun hubungan dengan berbagai prospek dan pelanggan. Tugas mereka untuk membantu meningkatkan volume penjualan produk atau layanan tertentu. 

2. Konsultan Eksekutif      

Mereka memberikan konsultasi dan percaya pada filosofi ‘ win-win solution ‘ setelah mendapatkan pelanggan konsultasi puas sementara di sisi lain, konsultan penjualan memperoleh keuntungan melalui penjualan produk tertentu. Sales executive ini juga bekerja sebagai personal selling dan juga bekerja untuk meraih kepercayaan pelanggan.

3. Industry Salesperson

Eksekutif penjualan jenis ini memfasilitasi penjualan bisnis ke bisnis yang membantu atau membantu dalam produksi barang dan jasa lain, tenaga penjualan tersebut memiliki pengetahuan teknis produk dan pengetahuan industri yang baik. 

Pada tipe ini, industri memproduksi bahan baku atau barang setengah jadi untuk unit bisnis atau manufaktur berikutnya karena unit jenis ini membantu memindahkan barang setengah jadi menjadi barang jadi.

4. Missionary Salesperson

Tenaga penjual ini memiliki misi untuk membangun pelanggan baru dengan menargetkan wilayah penjualan baru. Karena itu, mereka disebut sebagai pemburu. Membangun pelanggan baru adalah tugas yang sangat sulit, tetapi seorang eksekutif penjualan misionaris bekerja untuk membangun pelanggan dan mengubahnya menjadi wilayah penjualan, sehingga itulah alasannya dikenal sebagai pemburu.

5. Sales Executive

Posisi ini umumnya ada di perusahaan yang bergerak di bidang start up. Mereka memiliki tugas untuk melakukan pengawasan penjualan. Dalam satu tim, mereka menciptakan dan mengembangkan target penjualan produk atau layanan di perusahaan. 

Dalam perannya ini, sales executive juga dituntut untuk memberikan pengarahan, memantau adanya kemajuan yang terjadi, serta menerima laporan dari sales representative di bawahnya. Setelah itu, laporan tersebut pun akan digunakan untuk kebutuhan analisis sebagai data penjualan dan anggaran oleh sales executive.

6. Financial Advisor 

Selanjutnya, dalam dunia asuransi, financial advisor sama halnya dengan sales executive. Mereka memiliki tugas untuk memberikan saran pada klien, baik perorangan maupun perusahaan. Pada beberapa perusahaan. profesi ini bertugas untuk membantu klien menemukn rencana keuangan mereka. 

7. Account Executive

Account executive sangat umum dalam perusahaan kreatif yang mana membutuhkan pemahaman yang mendalam akan produk dan layanan yang ditawarkan. Posisi ini juga mengharuskan pelakunya untuk memiliki kemampuan dalam menjembatani perusahaan dengan konsumen atau klien.

Pada umumnya, seorang account executive memiliki tugas untuk mengatur terjadinya pertemuan antara anggota perusahaan dengan konsumen. Tidak hanya itu, seorang account executive juga diwajibkan untuk menyusun arahan dan anggaran belanja perusahaan.

Jika belum memiliki klien, maka account executive juga bertugas untuk mencari bisnis yang baru sehingga dimungkinkan untuk di prospek.

8. Finansial Advisor

Dalam dunia asuransi, posisi financial advisor ini setara dengan posisi sales executif. Posisi  ini memiliki tugas untuk memberikan saran kepada klien, baik secara perorangan maupun perusahaan. Saran yang diberikan berupa informasi tentang rekening tabungan, investasi, rencana pensiun, hingga asuransi.

Di beberapa perusahaan, posisi financial advisor ini memiliki tanggung jawab dalam membantu konsumen untuk menjalankan proses penyusunan rencana keuangan. Selain itu, financial advisor diwajibkan untuk menyediakan konsultasi asuransi sekaligus perencanaan investasi.

Tugas Sales Executive

Pekerjaan Sales Executive
Pekerjaan Sales Executive

Pada umumnya, seorang sales executive akan memiliki sebuah peran dalam menjadi perantara antara pihak perusahaan dengan pembeli. Dari peran tersebut, ada tugas dan tanggung jawab yang diberikan untuk menjalankan  negosiasi terhadap adanya pemesanan, negosiasi harga, hingga proses pengiriman barang.

Tanggung jawab Sales Executive secara umum

Seorang sales executive secara umum memiliki tanggung jawab sebagai berikut:

  • Melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi kemungkinan penjualan dan mengevaluasi kebutuhan pelanggan
  • Secara aktif mencari peluang penjualan baru melalui panggilan, networking, dan media sosial
  • Menyiapkan pertemuan dengan klien potensial dan mendengarkan keinginan dan keresahan mereka

Namun secara khusus, pekerjaan dari sales executive ini cukup berbeda pada setiap perusahaannya. Ada dua jenis perusahaan, yang pertama adalah business to business atau yang sering disebut dengan B2B.

Sementara yang kedua adalah business to consumer atau yang disebut dengan B2C. Perbedaan antara B2B dengan B2C inilah yang nantinya akan memisahkan antara tanggung jawab dan pekerjaan yang harus dijalankan.

Sales Executive – B2B

Pada umumnya, sales executive B2B ini memiliki tanggung jawab yang cukup rumit dalam pekerjaannya. Posisi ini dituntut untuk memastikan barang hingga layanan yang ditawarkan oleh team dan nantinya akan dibeli. Selain itu, team ini juga harus bisa dalam membuat keputusan.

Sales jenis ini pada umumnya hanya akan menawarkan layanan, dan bukan berupa barang atau produk. Nah, salah satu bisnis yang memiliki cukup banyak sales jenis ini adalah bisnis konsultan atau firma yang mana memberikan penawaran berupa jasa atau layanan tertentu lain.

Sales Executive B2C

Untuk posisi ini lebih mengacu kepada penjualan yang menyasar klien perorangan, dan bukannya perusahaan besar. Contohnya adalah seperti pada posisi pimpinan tenaga penjualan. Secara umum, sales executive B2C memiliki pengetahuan lebih terhadap pasar dan calon klien.

Secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa sales executive memiliki tugas sebagai berikut:

  • Melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi kemungkinan penjualan dan mengevaluasi kebutuhan pelanggan
  • Secara aktif mencari peluang penjualan baru melalui panggilan, jaringan, dan media sosial
  • Atur pertemuan dengan klien potensial dan dengarkan keinginan dan kekhawatiran mereka
  • Mempersiapkan dan menyampaikan presentasi yang sesuai tentang produk dan layanan
  • Buat ulasan dan laporan yang sering dengan data penjualan dan keuangan
  • Memastikan ketersediaan stok untuk penjualan dan demonstrasi produk
  • Berpartisipasi atas nama perusahaan dalam pameran atau konferensi
  • Negosiasikan sampai kesepakatan dan tangani keluhan atau keberatan
  • Berkolaborasi dengan anggota tim untuk mencapai hasil yang lebih baik
  • Kumpulkan feedback dari pelanggan atau prospek dan bagikan dengan tim internal

Persyaratan yang diperlukan untuk menjadi Sales Executive

Pada umumnya, sales executive memiliki pekerjaan yang tidak mewajibkan adanya kualifikasi terkait pendidikan tertentu. Hal ini dikarenakan posisi ini bisa dijalankan oleh siapa saja, yang terpenting adalah memiliki kemampuan interpersonal yang baik.

Berikut ini beberapa kualifikasi seorang sales exxecutive

  • Berpengalaman yang terbukti sebagai Sales executive atau peran yang relevan
  • Kemahiran dalam bahasa Inggris
  • Pengetahuan yang sangat baik tentang MS Office
  • Pengalaman langsung dengan perangkat lunak CRM merupakan nilai tambah
  • Pemahaman menyeluruh tentang teknik pemasaran dan negosiasi
  • Cepat belajar dan semangat untuk penjualan
  • Motivasi diri dengan pendekatan berbasis hasil
  • Kecakapan dalam menyampaikan presentasi yang menarik
  • Pendidikan minimal SMA/SMK

Namun, dengan adanya perkembangan industri membuat posisi ini cenderung mulai mengerucut. Dalam beberapa jenis perusahaan, tentu memiliki syarat berstandar minimal yang harus dipenuhi.

Persyaratan tersebut mulai dari mahasiswa dengan lulusan jurusan bisnis serta manajemen, hingga yang sudah berpengalaman sebagai sales representative lebih dari 3 tahun lamanya. Tidak lupa juga dicantumkan persyaratan pendukung lainnya seperti memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing.

Skill yang perlu dimiliki seorang sales executive

Selain dari kualifikasi yang sudah disebutkan tersebut, berikut ini akan dijelaskan beberapa skill atau syarat yang harus dikuasai untuk bisa menjadi sales executive yang baik.

Memiliki Product Knowledge yang Bagus

Kinerja seorang sales bisa ditentukan dari pengetahuannya akan produk yang sedang dijual atau ditawarkan. Pengetahuan produk yang dimaksud diantaranya adalah bagaimana produk tersebut bekerja, paket apa saja yang ditawarkan, hingga keuntungan apa yang bisa Anda dapatkan jika membeli atau menggunakan produk tersebut.

Lantas, apa jadinya jika seorang sales tidak memiliki pengetahuan akan produk yang sedang ditawarkan tersebut? Jika hal tersebut terjadi, maka pihak perusahaan pun akan memberikan pelatihan dasar terkait dengan produk maupun layanan serta bisnis bagi sales representative dan executive.

Analisis Prospek Penjualan

Jika dilihat dari artinya, prospek dilambangkan sebagai sebuah perusahaan yang bisa dijadikan sebagai target penjualan. Seorang sales executive disini harus mampu membaca maupun menerjemahkan data, memahami kondisi pasar, dan bisa melihat pola pemasaran dengan baik. Jika dilihat dari kemampuan yang dimiliki, tentunya Anda sudah bisa menganalisa prospek penjualannya.

Mendapatkan dan Mempertahankan Konsumen

Untuk bisa berada di posisi seperti saat ini, tentunya sangat penting untuk memiliki kemampuan dalam mengakuisisi dan melakukan retensi. Akuisisi disini dilakukan untuk menjaga jalannya sistem penjualan, sedangkan untuk retensi sendiri diharuskan ada demi terciptanya proses pembelian yang berjalan secara rutin.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan pelayanan after sales namanya atau yang sering disebut dengan bonus kepada para pembeli. Hal ini dilakukan untuk membuat pembeli bersedia secara rutin membeli atau menggunakan produk yang Anda jual.

Sementara itu, hal ini juga bisa dijadikan sebagai sebuah peluang yang sangat baik untuk bisa menjalankan bisnis tersebut dalam jangka waktu yang panjang dengan melakukan kerjasama bersama perusahaan lain.

Selain itu, skill yang sudah disebutkan tersebut juga sangat penting untuk bisa membuat pembeli tidak beralih membeli produk di perusahaan lain. Pasalnya, ketika Anda sudah mulai kehilangan pembeli, maka Anda pun juga akan cukup sulit dalam mendapatkan calon pembeli baru.

Jenjang Karir Sales Executive 

Eksekutif penjualan memiliki banyak potensi pertumbuhan karir. Banyak eksekutif penjualan berkinerja tinggi akhirnya diberikan promosi jabatan. Mereka bisa memimpin tim penjualan dan atau seluruh departemen penjualan sebagai Manajer. Penjualan berhubungan langsung dengan pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan, sehingga kinerja yang sangat baik di bidang ini tidak luput dari perhatian. Banyak General Manager dan CEO memiliki latar belakang penjualan. Pengetahuan mendalam mereka tentang produk dan klien perusahaan membuat mereka sangat memenuhi syarat untuk membuat keputusan bisnis terbesar di perusahaan.Nah, kalau Anda ingin tahu jenjang karir Sales Executive, simak tingkatannya berikut ini!

  • Tingkat junior (pengalaman 1-3 tahun)

Junior Sales Executive

  • Tingkat menengah (pengalaman 4-8 tahun)

Senior Sales Executive

Sales Manager

Product Manager

Regional Manager

  • Tingkat senior (8 tahun atau lebih)

VP For Sales

General Manager

Chief Executive Officer

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjadi Sales Executive

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjadi Sales Executive
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjadi Sales Executive

Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi seorang sales executive, tentunya Anda juga harus memahami beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan. Hal ini dilakukan mengingat semakin pesatnya persaingan yang terjadi diantara dunia sales.

Tahukah Anda bahwa jika Anda gagal dalam mendapatkan pembeli baru tidak akan hanya membuat Anda memperkecil keuntungan penjualan saja, melainkan juga bisa memperkuat posisi sang kompetitor. Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum terjun menjadi sales executive.

Persaingan Industri

Perlu Anda ketahui, bahwa industri sales sangat dibebani oleh yang namanya target. Sebagai akibatnya, pekerjaan sales ini akan terasa begitu berat dijalankan. Secara umum bahkan pekerjaan ini seringkali dibuat menjadi begitu kompetitif oleh beberapa manajemen perusahaan.

Lingkungan Kerja Dinamis

Kondisi pekerjaan di dunia industri sales executive bisa sangat bervariasi dan dinamis. Semua itu akan dipengaruhi oleh target pasar dan pembelinya. Pasalnya, perubahan yang terjadi di pasar bisa kapan saja, dan Anda pun dituntut cerdas dalam menanggapi perubahan yang terjadi tersebut.

Dengan perubahan ini tentunya bisa membuat Anda bertemu banyak orang dari segala latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu, Anda juga harus pandai untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Didominasi Laki-Laki

Perlu Anda ketahui, bahwa dunia sales akan selalu didominasi dengan pekerja laki-laki. Namun, untuk perempuan tentunya dunia sales ini akan sangat menantang. Pasalnya, potensi perempuan untuk mendapatkan konsumen lebih besar 11 persen jika dibandingkan dengan laki-laki.

Jenjang Karir

Untuk jenjang karir dari pekerjaan sales executive ini cukuplah menjanjikan. Pasalnya, semakin banyak pengalam dan skill yang dimiliki maka akan semakin dipercaya untuk melakukan beberapa hal yang dianggap cukup penting.

Seperti halnya bertanggung jawab atas klien besar, bertanggung jawab atas produk utama dari sebuah perusahaan, serta melatih dan menjadi seorang mentor bagi sales executive junior. Dan dari posisi tersebut pun tidak menutup kemungkinan bahwa Anda masih akan bisa naik jabatan sebagai sales manager.

Sales manager ini akan ditugaskan untuk bertanggung jawab dalam melakukan supervisi terhadap sebuah team sales. Kenaikan jabatan ini tentunya tidak dilakukan dengan asal dan tanpa adanya pertimbangan, karena pengetahuan dan pengalaman Andalah yang akan dijadikan sebagai patokan apakah Anda layak atau tidak untuk naik jabatan.

Dan inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait dengan sales executive dalam sebuah perusahaan. Jika Anda tertarik, maka Anda pun bisa melamarkan diri pada sebuah perusahaan yang memang sedang membutuhkan bagian sales tersebut.

Setelah Anda memahami semua penjelasan diatas diharapkan bahwa Anda bisa menjadi seorang sales executive yang baik dan bisa bekerja sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku di perusahaan termaksud.

Tentunya semua pekerjaan memiliki risiko yang pastinya berbeda-beda, tergantung dengan posisi yang diambil, dan salah satunya adalah sales executive ini. Bekerjalah dengan baik dan sesuaikan dengan kemampuan Anda. 

Pertanyaan Seputar Sales Executive

  1. Apa yang dilakukan Sales Executive?

    Seorang Sales Executive memastikan bahwa semua kebutuhan bisnis untuk menghasilkan keuntungan terpenuhi. Mereka menjalankan departemen yang menawarkan barang dan jasa, seperti toko ritel, untuk membantu perusahaan mendapatkan keuntungan melalui penjualan. Tugas mereka lebih fokus pada manajemen daripada membeli & menjual karena ini tentang menyiapkan segalanya dengan benar – tidak harus berurusan langsung dengan konsumen.

  2. Apa saja tugas dan tanggung jawab Sales Executive?

    Tugas dan tanggung jawab Sales Executive sangat penting bagi perusahaan mana pun yang ingin mewujudkan tujuan penjualan. Seorang Eksekutif Penjualan bertugas untuk menganalisis laporan dan survei pelanggan; menyiapkan anggaran dan prakiraan untuk tahun atau kuartal mendatang, dan menentukan harga barang yang dijual. Mereka juga dapat menetapkan cakupan wilayah.

  3. Apa ciri-ciri seorang sales executive yang baik dan sukses?

    Ciri-ciri Sales Executive yang baik adalah berempati tinggi, fokus, optimisme, dan rasa tanggung jawab. Yang paling penting adalah empati, karena diperlukan untuk mengidentifikasi dengan pelanggan dan membantu dengan tantangan yang ingin mereka pecahkan.

  4. Dengan siapa Sales Executive bekerja?

    Seorang Sales Executive bekerja dengan berbagai karyawan internal seperti Sales Manager atau Sales Associate. Mereka dapat melapor kepada Vice President of Sales atau Senior Director of Sales tergantung pada struktur perusahaan.

Sedang membutuhkan tenaga Sales profesional? MyRobin siap membantu anda, Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Kembangkan bisnis bersama MyRobin, anda bisa lebih fokus memikirkan inti bisnis anda, soal pekerja kami bantu sediakan. MyRobin menyediakan tenaga kerja berkualitas & profesional sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian