Ingin Merekrut Kasir? Pertimbangkan Contoh Pertanyaan Interview Berikut ini!

contoh pertanyaan interview kasir

Baik dalam UMKM maupun perusahaan yang sudah mapan, peran kasir sangat penting bagi kelangsungan suatu bisnis, terutama bisnis retail, karena selain menjadi garda terdepan dalam berurusan dengan pelanggan, kasir juga berhubungan dekat dengan uang. Karena itu pastikan Anda tidak sembarangan memilih kandidat untuk mengisi posisi ini.

Untuk itu Anda perlu menanyakan pertanyaan yang tepat untuk menggali lebih dalam mengenai calon kandidat Anda, baik kepribadian, kemampuan, dan profesionalitas.

Kami menyediakan contoh pertanyaan interview kasir yang dapat Anda gunakan sebagai referensi pertanyaan interview untuk mengenali kandidat Anda lebih baik lagi, sehingga pada akhirnya Anda akan mendapatkan orang berkualitas untuk mengisi posisi ini.

Apa itu Kasir?

Sebelum ke contoh pertanyaan interview, ada baiknya Anda memahami apa itu kasir terlebih dahulu. Kasir adalah orang yang bertugas untuk melayani pembayaran pelanggan baik tunai maupun non tunai, uang tersebut kemudian akan dimasukan atau ditransfer ke dalam mesin kasir.

Sebagai bagian dari Frontline yang berurusan langsung dengan pelanggan, pastikan Anda merekrut kandidat yang ramah, berorientasi kepada pelanggan, dan dapat berbicara serta memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik.

Kenali Tugas dan Tanggung Jawab Kasir

Tanggung jawab kasir termasuk menangani transaksi tunai dengan pelanggan, memindai barang, menerima pembayaran, mencetak dan memberikan struk belanja, memberikan uang kembalian, menerima dan menukarkan kupon, voucher, dan tiket diskon pelanggan dengan barang-barang sesuai dengan ketentuan.

Pengalaman kerja sebagai kasir tidak terlalu dibutuhkan, apabila Anda dapat meluangkan waktu untuk melatih dan membiarkan mereka belajar. Namun ada baiknya Anda mempertimbangkan pengalaman kandidat dalam berurusan dengan pelanggan sebelumnya.

Gunakan pertanyaan interview ini untuk mendalami apa yang tidak tertulis di CV kandidat Anda. Apakah kandidat Anda terorganisir? Dapat diandalkan? Bisakah mereka berpikir secara mandiri?

Jika mereka tidak dapat menyelesaikan situasi sendiri, apakah mereka akan meminta bantuan? Seberapa baik mereka bekerja dengan dalam tim?

Terakhir, posisi ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat repetitif, pastikan Anda mengetahui seberapa besar motivasi kandidat Anda, dan bagaimana kandidat Anda mempertahankan motivasinya.

Contoh Pertanyaan Interview Kasir

  • Apakah Anda memiliki pengalaman dalam berhadapan dengan pelanggan? Dapatkah Anda menceritakannya?
  • Jelaskan pengalaman Anda dalam berurusan dengan uang tunai
  • Pekerjaan ini sangatlah repetitif. Bagaimana Anda mempertahankan motivasi Anda?
  • Tolong ceritakan tugas dan tanggung jawab sehari-hari Anda pada pekerjaan sebelumnya
  • Beritahu kami saat-saat ketika Anda membuat saran yang dapat menghemat waktu, uang, dan meningkatkan pendapatan.
  • Apa yang akan Anda lakukan jika Anda menyadari bahwa Anda akan sangat terlambat untuk shift Anda?
  • Bagaimana Anda akan menghadapi rekan kerja yang tidak melakukan bagian pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan?
  • Apa yang akan Anda lakukan jika Anda mengalami hari yang cukup senggang di tempat kerja? Bagaimana Anda akan menghabiskan waktu Anda?
  • Tolong jelaskan saat-saat ketika Anda mengalami perselisihan dengan supervisor Anda. Bagaimana Anda menyelesaikan situasi tersebut?
  • Seorang pelanggan mencoba untuk menggabungkan dua penawaran atau promo yang tidak dapat digabungkan. Bagaimana Anda menanganinya?
  • Pelanggan ingin mengembalikan barang untuk pengembalian dana. Prosedur apa yang Anda ikuti?
  • Seorang pelanggan memiliki pertanyaan, tetapi Anda tidak tahu jawabannya. Apa yang akan Anda lakukan?
  • Jelaskan saat-saat ketika Anda melakukan suatu hal semaksimal mungkin, bahkan lebih dari biasanya, demi memberikan layanan pelanggan yang terbaik

Demikian contoh pertanyaan interview kasir. Kami juga menyediakan Contoh Template Job Deskripsi Kasir yang mungkin dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima beres! rekrut hingga penggajian