5 Contoh Struktur Organisasi Lengkap dengan Pengertian, dan Cara Menyusunnya

Contoh Struktur Organisasi

Contoh struktur organisasi dapat Anda temukan di hampir semua website perusahaan besar dan bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuat versi bisnis Anda sendiri. 

Struktur organisasi berperan penting dalam memastikan bisnis bisa berjalan optimal dan membantu karyawan mengetahui peran serta memperjelas alur kerja.

Simak artikel di bawah ini untuk tahu jenis-jenis struktur yang ada, contoh dan cara membuat struktur organisasi yang efektif dan efisien sesuai bisnis Anda.

Mengenal struktur organisasi

Struktur organisasi adalah sistem atau bagan yang digunakan untuk menjelaskan hierarki atau tingkatan di perusahaan maupun organisasi. 

Menurut Investopedia, struktur organisasi ialah sistem yang memaparkan bagaimana kegiatan tertentu diarahkan demi tercapainya tujuan organisasi. 

Kegiatan ini meliputi aturan, peran, dan tanggung jawab masing-masing karyawan di dalam perusahaan. Struktur organisasi penting bagi perkumpulan formal agar fokus berkembang.

Diantaranya untuk menunjukkan jabatan, alur, hubungan pekerjaan, tugas, dan membantu karyawan mengetahui kemana ia harus mencari bantuan terkait pekerjaan tertentu. 

Contoh struktur organisasi paling umum, ditampilkan dalam bentuk bagan vertikal dan horizontal. Simak pembahasan berikut ini untuk tahu jenis-jenisnya. 

Jenis struktur organisasi

Ada banyak struktur organisasi bisnis yang bisa diterapkan pada perusahaan Anda. Namun, paling umum adalah jenis fungsional dan hirarki karena sederhana dan mudah dipahami.

Namun, dua tipe di atas tidak cocok jika diaplikasikan pada perusahaan tertentu, sehingga coba pertimbangkan menggunakan jenis berikut untuk mengemas struktur organisasi. 

1. Fungsional

Struktur organisasi yang dibuat dengan mengurutkan jabatan atau posisi tertinggi ke terendah. 

Misalnya di mulai dengan CEO berada di atas, sedangkan karyawan staff biasa berada di paling bawah. 

Tipe struktur organisasi ini menempatkan karyawan berdasarkan keahlian tertentu dan fungsi mereka di perusahaan. 

Kelebihan yang didapat dengan menerapkan fungsional organization structure yaitu  

  • membantu karyawan fokus pada perannya,
  • meningkatkan spesialisasi di perusahaan,
  • membantu tim jadi lebih mandiri, dan 
  • struktur mudah dikembangkan di perusahaan ukuran berapapun.

Sementara kekurangannya adalah menghambat komunikasi antar departemen dan berisiko menyebabkan strategi untuk pengembangan perusahaan jadi tidak fokus. 

Contoh struktur organisasi document tipe fungsional kerap diaplikasikan pada perusahaan berskala kecil, tetapi tak menutup kemungkinan digunakan di organisasi menengah.

2. Hierarki struktur

Contoh struktur organisasi word paling mudah dijumpai adalah tipe hierarki. Sama dengan fungsional, Anda mengurutkan jabatan dengan tanggung jawab tertinggi di atas. 

Kemudian menempatkan posisi dengan tanggung jawab terendah di bawah. Setiap staff juga memiliki minimal satu pengawas. 

Keuntungan menerapkan struktur tipe ini adalah lebih jelas memaparkan tingkat otoritas dan tanggung jawab serta mendorong karyawan untuk bekerja optimal untuk mendapatkan promosi jabatan lebih tinggi. 

Di samping itu, tipe ini memudahkan karyawan berkomunikasi dengan orang yang tepat untuk membahas mengenai penyelesaian tugas dan kolaborasi.

Walaupun umum digunakan, tetapi ada kekurangan yang harus diperhatikan. 

Bagan hierarki dinilai menghambat adanya inovasi dan menyebabkan karyawan level bawah kurang terlibat dalam penyampaian ide ke perusahaan.

3. Divisional organization structure

Salah satu jenis struktur organisasi yang mengelompokkan karyawan berdasarkan kesamaan produk, layanan, pasar maupun geografisnya. 

Tipe ini cenderung diterapkan pada bisnis skala menengah hingga besar. Nantinya, perusahaan akan membagi divisi menjadi beberapa bagian kecil untuk memudahkan pengelolaan. 

4. Flat organization structure

Flat organization structure merupakan contoh struktur organisasi sederhana yang biasa diterapkan pada bisnis startup atau perusahaan kecil. 

Ini karena pengawasan di tiap divisi jadi lebih minim dan banyak karyawan yang ikut terlibat dalam penyampaian ide maupun pengambilan keputusan. 

Pengelompokkan dilakukan dengan menempatkan jabatan tertinggi di atas, kemudian posisi lainnya ditulis sejajar. 

5. Matrix organization structure

Pembuatan struktur organisasi matriks cocok bagi bisnis proyek dan perusahaan skala besar. Setiap karyawan akan memegang dua tanggung jawab sekaligus dan harus melapor ke pengawas berbeda. 

Meskipun proyek atau tugas jadi lebih jelas dan dinilai lebih efisien untuk diselesaikan. Namun, ini bisa menimbulkan kebingungan karena tampilan strukturnya rumit. 

Contoh Struktur Organisasi 

Sebagai contoh mari perhatikan struktur organisasi tipe divisi yang digunakan salah satu perusahaan asuransi di Indonesia. 

5 Contoh Struktur Organisasi Lengkap dengan Pengertian, dan Cara Menyusunnya | MyRobin

Di dalam bagan terdiri dari beberapa jabatan mulai dari presiden direktur berada di posisi tertinggi dan diisi berbagai departemen di bagian bawah. 

Tiap departemen masih menaungi divisi lainnya seperti bagian keuangan terdiri dari tim aktuaris, pengawas keuangan, hingga pengembangan produk. 

Melalui struktur seperti ini tiap pegawai jadi tahu harus pergi ke mana untuk mencari bantuan karena memiliki pengawas atau di-supervisi oleh manajemen atas. 

Contoh struktur organisasi perusahaan 

Apakah Anda sudah paham bagaimana menyusun struktur organisasi di bisnis maupun perusahaan sendiri? Kalau belum tetap tenang, simak deretan contoh di bawah ini untuk jadi referensi. 

1. Contoh struktur organisasi fungsional 

5 Contoh Struktur Organisasi Lengkap dengan Pengertian, dan Cara Menyusunnya | MyRobin

Melalui struktur organisasi di atas pengusaha dapat melihat departemen dan tim di dalam divisi tersebut. Jenis struktur tersebut bisa diterapkan pada small bisnis yang baru dirintis. 

2. Contoh struktur organisasi matriks

5 Contoh Struktur Organisasi Lengkap dengan Pengertian, dan Cara Menyusunnya | MyRobin

Source: web suplemen,ut.ac.id

Berdasarkan gambar di atas, setiap karyawan memegang tanggung jawab lebih dari satu dan harus melaporkan pekerjaan ke atasan berbeda. 

Kelebihan yang ditawarkan struktur organisasi tipe matriks adalah memudahkan supervisor menentukan individu yang cocok dan kompeten untuk menyelesaikan proyek. 

Namun, struktur matriks berisiko menyebabkan perpecahan antar manajer departemen apabila karyawan tidak menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan dari salah satu pihak. 

3. Contoh struktur organisasi produk

5 Contoh Struktur Organisasi Lengkap dengan Pengertian, dan Cara Menyusunnya | MyRobin

Contoh struktur organisasi produk digunakan untuk membantu perusahaan menentukan posisi dan peran yang dibutuhkan untuk mengembangkan produk. Tipe berikut ini dipisahkan oleh lini produk jadi bukan antar departemen. 

4. Contoh struktur organisasi perusahaan kecil

5 Contoh Struktur Organisasi Lengkap dengan Pengertian, dan Cara Menyusunnya | MyRobin

Perusahaan kecil biasanya memiliki karyawan di bawah 100, sehingga Anda bisa membuat struktur organisasi flat sederhana dengan tampilan yang mudah dipahami. 

Bagan di atas hanya terdiri dari empat departemen atau tim saja, sebab perusahaan belum membutuhkan divisi lain. Namun, Anda bisa menambahkan seiring perkembangan bisnis nantinya. 

5. Contoh struktur organisasi beserta tugasnya

Penyusunan struktur organisasi lengkap dengan tugas tiap pekerja tidak jauh berbeda dengan tipe fungsional. Anda hanya perlu menambahkan tugas karyawan di divisi tersebut. 

5 Contoh Struktur Organisasi Lengkap dengan Pengertian, dan Cara Menyusunnya | MyRobin

Pentingnya membuat struktur organisasi 

Struktur organisasi adalah sistem yang berguna untuk membuat alur pekerjaan dan tanggung jawab perusahaan jadi lebih jelas, sehingga meningkatkan fokus dan efisiensi bagi bisnis menjalankan operasionalnya. 

Struktur organisasi memberikan sejumlah manfaat yakni:

  • Menjelaskan alur kerja, peran, posisi serta tanggung jawab masing-masing karyawan.
  • Sebagai panduan untuk mengerjakan tugas sehari-hari, seperti interaksi maupun pelaporan karyawan.
  • Membantu karyawan menemukan solusi dengan bertanya dengan orang yang tepat di divisinya. 
  • Mendorong pekerja untuk tampil optimal untuk bisa naik jabatan pada struktur hierarki.

Dilansir dari SHRM, struktur organisasi yang tidak terarah bisa mengakibatkan masalah yang berdampak pada produktivitas dan operasional perusahaan diantaranya

  1. Terjadi kesenjangan struktural dalam peran di perusahaan.
  2. Menyebabkan disorganisasi.
  3. Menimbulkan masalah apabila karyawan di tingkat bawah ikut mengatasi masalah yang bukan spesialisasinya.
  4. Salah menempatkan posisi pada bagan organisasi berisiko pada hilangnya fokus perusahaan dalam mencapai tujuan.

Jadi dalam membuat struktur organisasi ada hal yang harus diperhatikan yaitu jabatan dan posisi harus jelas dan wajib ada ada peran atau tanggung jawab untuk tiap karyawan. 

Cara membuat struktur organisasi yang benar

Setelah melihat dan memahami contoh struktur organisasi berbagai tipe, kini saatnya menyusun struktur organisasi bisnis Anda. 

Berikut cara merancang struktur organisasi yang efektif dan efisien merangkum dari beberapa sumber terpercaya. 

  1. Tentukan jenis struktur organisasi yang ingin digunakan sesuai dengan perusahaan.
  2. Memaparkan rencana pengelompokkan yang ingin Anda buat dengan jelas.
  3. Mulai membuat struktur organisasi tanpa memasukkan nama.
  4. Bagikan tanggung jawab sesuai dengan departemen yang ada di perusahaan.
  5. Gunakan perangkat lunak untuk memudahkan penyusunan.
  6. Tulis karyawan kompeten untuk mengisi posisi tertinggi di dalam bagan departemen.
  7. Lakukan perubahan berkala agar struktur tetap selaras dengan tujuan bisnis. 

Cara membuat struktur organisasi di Word

Penyusunan struktur organisasi bisa Anda buat menggunakan Word. Tahap pertama siapkan dahulu nama dan strukturnya atau menuliskan langsung mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

  1. Buka aplikasi MS. Word lalu pilih blank document.
  2. Pada tab insert atau sisipkan, klik SmartArt
  3. Tentukan model bagan yang ingin Anda buat, misalkan hierarchy lalu oke. 
  4. Masukkan nama maupun jabatan di dalam box.
  5. Lakukan hal yang sama pada box hingga terisi semua dan tekan selesai. 
  6. Struktur organisasi telah siap dan dapat Anda cetak. 

Nah, itulah deretan contoh struktur organisasi untuk bisnis. Silakan modifikasi dan sesuaikan dengan banyak departemen hingga pekerja di perusahaan Anda. 

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian