Contoh Template Job Deskripsi Insurance Agent

template job deskripsi insurance agent

Silakan gunakan template Job Deskripsi Insurance Agent ini untuk memasang lowongan pekerjaan untuk mendapatkan kandidat yang anda cari. Anda dapat menyesuaikan template berikut ini sesuai dengan kualifikasi yang anda butuhkan.

Apa itu Insurance Agent

Insurance Agent atau Agen Asuransi merupakan seseorang atau badan hukum yang bertugas untuk menawarkan asuransi kepada calon nasabah potensial yang berminat untuk mendapatkan perlindungan dari penyakit ataupun kecelakaan yang mengancam jiwa.

Template Job Deskripsi Insurance Agent

Kami mencari seorang Insurance Agent untuk membuka peluang bisnis baru dengan menghubungi customer potensial. Kamu akan menjual, menawarkan, dan menegosiasikan paket asuransi yang sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan anda.

Tujuan utama anda adalah membangun hubungan positif yang kuat dengan calon customer untuk memastikan pertumbuhan bisnis dan meningkatkan reputasi perusahaan kami

Tanggung Jawab seorang Insurance Agent

Berikut ini merupakan tugas dan tanggung jawab seorang Insurance Agent:

  • Mengembangkan strategi marketing dan mempromosikan semua jenis kontrak asuransi yang baru, dan menyarankan customer untuk melakukan penambahan atau penggantian kontrak asuransi yang sudah berlaku kepada customer
  • Mengembangkan hubungan produktif untuk menciptakan kumpulan calon client potensial dari berbagai sumber seperti networking, cold calling, referal, dan sebagainya
  • Mengevaluasi finansial dan status kebutuhan customer dan mengajukan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria dari customer tersebut
  • Memberikan strategi manajemen resiko yang sesuai dengan profil resiko dari pelanggan
  • Melaporkan kemajuan bulanan atau dalam jangka triwulan kepada stakeholder terkait
  • Memelihara sistem pembukuan, laporan, dan pencatatan
  • Mengawasi claim asuransi untuk memastikan keputusan bersama
  • Mengakuisisi pelanggan dan mencapai objektif pertumbuhan revenue
  • Terus mengupdate pengetahuan tentang pekerjaan dan mempelajari produk serta layanan baru perusahaan
  • Memenuhi semua persyaratan kebijakan yang dibutuhkan

Syarat dan Kualifikasi

Berikut ini merupakan syarat dan kualifikasi seorang Insurance Agent:

  • Memiliki pengalaman sebagai Insurance Agent atau pengalaman lain yang relevan
  • Familiar dengan semua jenis asuransi (kendaraan, kebakaran, hidup, properti, medis, dan lain sebagainya)
  • Pengetahuan dasar komputer dan kemampuan analisis statistik
  • Kemampuan untuk bekerja dengan target
  • Dapat mendemonstrasikan kemampuan untuk berkomunikasi, mempresentasikan, mempengaruhi, dan menjual dengan efektif
  • Berpengalaman dalam memberikan solusiyang berfokus kepada client dalam rangka mengembangkan hubungan jangka panjang
  • Minimal pendidikan SMA/S1

Jenis-jenis Insurance Agent

Berikut merupakan jenis-jenis dari Insurance Agent. Anda dapat memilih ataupun menyesuaikan kedua posisi ini sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Umumnya ada dua jenis dari Insurance Agent, yang pertama adalah Captive Agent, yang biasanya merepresentasikan satu perusahaan asuransi secara spesifik. Yang kedua adalah Independent Insurance Agent, yang bekerja secara independen, dan biasanya merepresentasikan lebih dari satu perusahaan asuransi.

Perbedaan Insurance Agent dengan Insurance Broker

Mungkin anda pernah mendengar Istilah Insurance Broker, berikut ini kami juga akan menjelaskan sedikit mengenai Insurance Broker untuk membantu anda mendapatkan gambaran mengenai posisi ini, dan apa perbedannya dengan Insurance Agent.

Insurance Broker, atau Broker Asuransi merupakan seseorang yang bekerja untuk mencarikan asuransi yang tepat untuk seorang client. Perbedaan terbesar seorang Insurance Agent dengan Insurance Broker adalah seorang Insurance Broker lebih berorientasi pada client, dan Insurance Agent adalah sebaliknya. Selain itu seorang Insurance Broker hanya akan mengantarkan client pada asuransi yang tepat, transaksi lanjutan hingga closing deals akan diserahkan kepada Insurance Agent.

Gaji seorang Insurance Agent

Jika anda membutuhkan referensi gaji untuk seorang insurance agent, kami menyediakan beberapa yang dapat anda gunakan. Menurut Indeed, rata-rata gaji seorang Insurance Agent di Indonesia adalah 9,236,741 Rupiah. Untuk wilayah Jakarta, gaji seorang Insurance Agent rata-ratanya adalah 9,236,741.

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa yang dilakukan oleh seorang Insurance Agent?

Seorang Insurance Agent atau agen membantu perusahaan asuransi mendapatkan bisnis baru dengan cara mengontak customer potensial dan menjual satu atau lebih jenis polis asuransi.

Mereka akan menjelaskan berbagai plan kepada calon customer dan membimbing mereka untuk memilih polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Seorang Insurance Agent dapat bekerja di dalam sebuah perusahaan, atau menjadi seorang broker independen.

Apa saja tugas dan tanggung jawab seorang Insurance Agent

Insurance Agent bertugas untuk memberikan berbagai macam layanan kepada client untuk membantu customer/client memenuhi kebutuhan yang selalu berubah. Mereka menjalankan tugas seperti menghasilkan leads, dan melakukan follow up customer potensial, menjadwalkan pertemuan dengan client, dan memasarkan produk-produk perusahaan.

Seperti apa seorang Insurance Agent yang baik

seorang Insurance Agent yang baik selalu memprioritaskan kebutuhan pelanggannya dan memiliki pengetahuan yang luas terhadap berbagai macam kebijakan.
Selain itu mereka juga harus dapat diandalkan, dapat dipercaya, dan memiliki rasa kepercayaan diri yang diwujudkan lewat kemampuan komunikasi yang efektif. Insurance Agent yang baik juga harus terus belajar untuk tetap up to date dengan berbagai macam tren pasar.

Dengan siapa saja seorang Insurance Agent bekerja?

Insurance Agent bekerja dengan client untuk memberikan perlindungan asuransi yang dibutuhkan. Selain itu mereka juga dapat bekerja bersama dengan broker asuransi lainnya.

Apa perbedaan Insurance Agent dengan Insurance Broker?

Seorang Insurance Agent berorientasi pada perusahaan asuransi, sedangkan Insurance Broker lebih berorientasi pada client. Insurance Broker hanya akan membantu client menemukan asuransi yang tepat, transaksi berikutnya akan dilanjutkan oleh Insurance Agent.

Kami menyediakan berbagai contoh template lowongan kerja lain yang dapat Anda akses di sini

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian