Semua Yang Perlu Diketahui Oleh Manajer SDM Dan Perekrut Untuk Membuat Halaman Karir Yang Efektif

Membuat Halaman Karir Yang Efektif

Dalam membuat halaman karir yang efektif adalah yang mampu menampilkan keseluruhan brand perusahaan Anda. Sekaligus dapat menarik minat para pencari kerja untuk melamar di sana. Berikut beberapa penjelasan tentang bagaimana membangun sebuah portal atau situs halaman karir yang menarik.

Membuat Halaman Karir Yang Efektif
Membuat Halaman Karir Yang Efektif

Daftar Isi

Mengapa Anda Harus Punya Situs Halaman Karir?

Apa Itu Halaman Karir?

Halaman karir adalah salah satu halaman di website atau situs perusahaan yang dibuat untuk menampilkan informasi lowongan kerja. Para kandidat pencari kerja akan langsung menuju halaman karir untuk mempelajari tentang perusahaan yang dimaksud serta kehidupan kerja di sana. Halaman karir terbaik bersifat dinamis, yaitu menampilkan foto, video, dan testimoni dari karyawan.

Mereka juga mencantumkan ajakan untuk mencoba melamar di perusahaan tersebut. Mendorong para pencari kerja supaya tertarik dengan tawaran lowongan pekerjaan yang tersedia.

Supaya dapat menarik perhatian para kandidat, halaman karir yang Anda buat harus mencakup hal-hal berikut yaitu:

  • Posisi lowongan kerja
  • Lingkungan kerja
  • Tim Anda
  • Nilai perusahaan

Bagaimana Contoh Halaman Karir Yang Baik?

Di sini, kami mengumpulkan daftar 10 halaman karir terbaik yang kami temukan secara online, yang dapat menjadi inspirasi saat Anda membangun portal karir Anda sendiri:

  • Adidas
  • BambooHR
  • Carrot Creative
  • Evernote
  • HelpScout
  • HireVue
  • InVision
  • King
  • Onfido
  • Telepathy

Baca terus dan perhatikan halaman karir situs-situs tersebut. Anda akan menemukan elemen apa saja yang membuatnya terlihat efektif dan menarik.

Contoh halaman karir
Contoh halaman karir

Mengapa Anda Harus Membuat Halaman Karir Pada Website Perusahaan?

Halaman karir adalah alat branding terbaik dan paling efektif. Halaman karir terbaik akan memenuhi kebutuhan perekrutan Anda, menunjukkan budaya perusahaan, sekaligus menari kandidat yang tertarik untuk bekerja di perusahaan Anda. Baca juga artikel tentang Rekrutmen Bursa Kerja: Panduan Perencanaan Untuk Pemberi Kerja.

Berikut adalah empat karakteristik umum halaman karir yang sukses:

1. Mampu Menarik Perhatian Orang

Untuk menarik kandidat potensial ke halaman karir Anda, hindari penggunaan keyword dan aplikasikan optimasi mesin pencari. Sehingga, peluang halaman karir Anda akan terlihat atau setidaknya muncul pada hasil pencarian cukup tinggi. Selain itu, silahkan promosikan halaman karir Anda pada media sosial, atau bagian lain di website perusahaan Anda.

2. Melibatkan Pengunjung

Rata-rata orang hanya membaca singkat untuk bacaan-bacaan online. Untuk menarik minat pengunjung dan membuat mereka bertahan di website Anda. aplikasikan judul yang memikat. Sertakan juga visualisasi yang mumpuni termasuk gambar maupun video.

3. Meyakinkan Kandidat Yang Memenuhi Syarat

Para pencari kerja akan mengevaluasi Anda melalui halaman karir perusahaan. Adanya penjelasan tentang manfaat, peluang pembelajaran, pengembangan, cerita kisah karyawan juga mampu memberikan kesan pertama terbaik.

Ulas secara detail bagaimana suasana kerja di perusahaan Anda. Sehingga kandidat bisa membayangkan sendiri rasanya bekerja bersama Anda di perusahaan tersebut.

4. Mengubah Pengunjung Menjadi Pelamar

Pada halaman karir Anda, pengunjung hanya perlu satu kali klik jika ingin mencoba melamar. Buat sebuah menu yang terlihat menonjol. Misalnya tombol “Lamar” atau “lihat lowongan pekerjaan”. Pastikan menu tersebut ada pada tempat yang mudah terlihat.

Jangan lupa pilih kalimat dalam iklan lowongan pekerjaan Anda yang mencerminkan budaya perusahaan. Dengan begitu, akan lebih mudah menarik perhatian orang untuk melamar posisi yang Anda butuhkan.

Berapa Persen Kemungkinan Kandidat Mengunjungi Halaman Karir?

Sebesar 64% pencari kerja tidak hanya sekedar mengunjungi halaman karir dengan tujuan mencari lowongan. Mereka bahkan menganggapnya sebagai sumber daya yang berharga selama proses pencarian kerja. Ketika sampai pada halaman karir suatu perusahaan rata-rata mereka akan mencari:

  • Daftar pekerjaan
  • Nilai-nilai perusahaan
  • Testimoni para karyawan
  • Produk Dan Layanan
  • Alasan mengapa karyawan bekerja di sana
  • Alasan mengapa karyawan memilih untuk menetap di perusahaan tersebut

Mengoptimalkan halaman karir Anda sehingga dapat diakses lewat ponsel juga cukup penting. Sekitar 39% pencari kerja saat ini, diketahui lebih suka membuka halaman karir perusahaan via telepon selular mereka.

Apa Yang Dicari Oleh Kandidat Pada Halaman Karir?

Para kandidat yang mengunjungi situs halaman karir Anda ingin mencari inspirasi untuk melamar salah satu lowongan pekerjaan Anda. Mereka butuh cara untuk bisa memvisualisasikan diri ketika bekerja untuk perusahaan Anda.

Kandidat menelusuri halaman karier Anda untuk mempelajari bisnis, budaya perusahaan, dan posisi yang sedang Anda tawarkan. Halaman karir yang Anda buat harus mampu menjawab beberapa pertanyaan berikut, karena pada umumnya sering dipertanyakan oleh para kandidat:

  • Peluang Kerja Apa Yang Anda Miliki
  • Apa manfaat yang Anda tawarkan?
  • Seperti apa tampilan kantor Anda?
  • Siapa karyawan Anda saat ini?
  • Bagaimana perasaan karyawan Anda saat ini tentang bekerja di perusahaan Anda?
  • Bagaimana cara melamar posisi lowongan kerja?
  • Mengapa saya harus bekerja di sini?

Cara Mendesain Halaman Karir

Apa Yang Harus Anda Sertakan Dalam Halaman Karir?

Kami melihat halaman karir HireVue untuk membantu Anda memahami apa yang harus disertakan saat membangun halaman karir yaitu:

Lowongan Pekerjaan

Adanya daftar terbaru semua lowongan pekerjaan di perusahaan Anda saat ini akan membantu kandidat menemukan posisi terbaik untuk mereka. Atur navigasi menjadi makin mudah. Kategorikan posisi berdasarkan departemen atau lokasi. Selain itu, bisa ditambahkan menu seperti “lihat semua pekerjaan” untuk lebih menyederhanakan navigasi.

Contohnya seperti situs Hirevue yang memudahkan pencari kerja melihat lowongan yang tersedia. Pasalnya sudah dibedakan berdasarkan departemen.

Keistimewaan Dan Manfaat

Paket tunjangan dan manfaat yang Anda tawarkan dapat membuat atau justru menghancurkan pertimbangan kandidat tentang perusahaan Anda. Program pelatihan dan jam kerja yang fleksibel, misalnya dapat mendorong beberapa orang untuk melamar.

Sorotan Karyawan

Dari kutipan satu baris hingga keseluruhan video, suara karyawan punya dampak yang cukup besar. Kandidat mungkin akan langsung ingin merasakan bagaimana jika bekerja di perusahaan Anda, setelah melihat beberapa sorotan karyawan tersebut.

Situs HireVue betul-betul mencantumkan peristiwa besar yang terjadi di perusahaan. Begitu juga semua pencapaian yang berhasil diraih melalui blognya. Kandidat juga melihat beberapa komentar dari akun yang masih bertaut dengan blog tersebut.

Tombol “Apply”

Pastikan tombol “apply” pada halaman karir Anda terlihat lebih menonjol. Dengan begitu, calon pelamar akan lebih mudah menyertakan resume mereka pada perusahaan untuk kemudian bisa dipertimbangkan. Semakin pendek formulir lamaran Anda, semakin besar kemungkinan kandidat akan segera melengkapinya.

Detail Tentang Lokasi Perusahaan

Jika Anda memiliki kantor di beberapa lokasi atau jika Anda adalah perusahaan berbasis web, kandidat mungkin bingung tentang di mana mereka akan bekerja jika ternyata diterima. Perjelas kembali di mana posisi perusahaan berada. Bila perlu sertakan juga gambar kantor Anda supaya makin jelas.

Hal ini terlihat jelas pada situs halaman karir HireVue, di mana setiap iklan lowongan pekerjaan akan dimulai dengan lokasi untuk posisi tertentu. Sehingga tidak akan membuat pencari kerja terlalu sulit menentukan apakah dirinya sesuai atau tidak.

Seberapa Penting Desain Dalam Halaman Karir Anda?

Desain halaman karir tentu saja sangat penting. Halaman karir menjadi penghubung utama antara perusahaan dan kandidat terbaik. Sementara tampilan halaman karir Anda dapat mempengaruhi persepsi kandidat tentang perusahaan Anda.

Misalnya, halaman karir yang didesain dengan baik dengan menyertakan portofolio tim. Ini bisa menandakan bahwa perusahaan Anda sangat menghargai karyawan. Bisa diartikan juga bila Anda sangat peduli untuk mempromosikan lingkungan kerja yang sehat.

Selain itu, desain halaman karir yang menarik pun bisa meningkatkan pengalaman para kandidat. Kandidat bisa dengan mudah mengakses halaman karir Anda karena punya sistem navigasi baik. Sehingga dapat langsung kirim resume dalam beberapa langkah saja.

Berikut cara terbaik untuk meningkatkan tampilan desain halaman karir Anda:

  • Sederhanakan navigasi, apabila halaman karir Anda terletak jauh pada situs website, atau membutuhkan lebih dari satu klik untuk menemukannya, kemungkinan besar kandidat akan lari. Halaman karir harus diletakkan lebih mencolok pada situs perusahaan.
  • Gunakan font dan warna yang nyaman secara visual, misalnya untuk tulisan warnanya gelap bisa dipilih warna terang untuk latar belakang, sehingga mudah dibaca. Gunakan juga font netral, supaya pembaca tetap fokus pada konten.
  • Tambahkan Grafik, daripada menambahkan teks terlalu banyak Anda bisa berikan saja foto karyawan dan tempat kerja Anda. Buat video pendek tentang aktivitas karyawan, atau tambahkan beberapa grafik sederhana untuk menampilkan secara sekilas tentang budaya perusahaan Anda.
  • Usahakan untuk bisa diakses pada perangkat selular. Buat kandidat supaya lebih mudah mengakses halaman karir, walaupun sedang bepergian. Sebutkan formulir yang ringkas, bahasa mudah dipahami, serta beberapa visual yang menarik. Selain itu, usahakan untuk meminimalkan kecepatan loadingnya untuk menghindari adanya gangguan akses.

Haruskan Anda Membuat Halaman Karir Yang Mobile-Friendly?

Betul, karena menurut studi yang dilakukan oleh Glassdoor tahun 2014 menyebutkan jika 9 dari 10 kandidat lebih suka menggunakan perangkat seluler untuk kebutuhan mencari kerja. Dari jumlah tersebut, sekitar 39% terbukti menggunakan ponsel untuk mengakses halaman karir.

Berikut ini beberapa cara untuk membuat halaman karir Anda menjadi mobile-friendly

  • Atur desain yang responsif, halaman karir yang responsif akan secara otomatis menyesuaikan ukuran layar sehingga dapat diakses melalui banyak gadget. Baik itu komputer, tablet, atau ponsel.
  • Perhatikan UX, selain itu Anda juga harus menyederhanakan navigasi. Hilangkah pautan dan jendela top up yang dirasa tidak perlu.
  • Atur teks dalam halaman karir, usahakan untuk menulis teks yang terstruktur sehingga pembaca lebih nyaman. Buat dalam bentuk daftar menggunakan kata-kata yang mudah dipahami, serta tambahkan gambar dan grafik jika memang diperlukan.

Apa Yang Harus Ditulis Di Halaman Karir Anda?

Halaman karir ini bisa Anda isi ulasan tentang perusahaan Anda. Berikut ini hal-hal yang perlu ditulis pada halaman karir Anda:

  • Sejarah perusahaan: kandidat mungkin ingin tahu perjalanan perusahaan Anda hingga berkembang sampai saat ini. Setelah itu, mereka bisa jadi mulai berpikir bagaimana cara membantu perusahaan untuk makin tumbuh.
  • Misi perusahaan: tentang tujuan utama berdirinya perusahaan. Sedangkan orang ingin bekerja di perusahaan yang dapat menginspirasi mereka. Oleh sebab itu, selain misi ada baiknya Anda sisipkan juga visi. Isinya adalah apa yang ingin dicapai perusahaan, serta langkah apa yang dilakukan untuk mendukung tujuan tersebut.
  • Nilai perusahaan: nilai-nilai yang dicantumkan pada halaman karir akan mempengaruhi kepribadian perusahaan Anda. Bagian ini yang membuat perusahaan menjadi unik. Usahakan untuk menulis nilai perusahaan tentang kualitas utama yang dimiliki oleh perusahaan. Misalnya kerja tim yang solid, terintegrasi, dan masih banyak lagi.
  • Karyawan Anda: Perusahaan dapat berkembang tentu karena kerja keras dari para karyawan. Ulas tentang karyawan Anda pada halaman karir perusahaan. Perkenalkan siapa saja tim beserta manajernya di salah satu bagian halaman karir tersebut.
  • Keseharian di perusahaan: kandidat tentu ingin melihat seperti apa bekerja di perusahaan Anda. Dengan melihat halaman karir mereka bisa membayangkan jika suatu hari menjadi bagian dari tim Anda.
  • Ruang kerja Anda: Kandidat juga ingin tahu bagaimana rupa ruang kerja mereka di masa depan jika diterima. Jadi, beritahu lokasi perusahaan Anda, berikut desainnya. Termasuk ruang rapat, dan ruangan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menginformasikan teknologi apa saja yang saat ini digunakan di perusahaan.

Haruskah Menyertakan Video Pada Halaman Karir?

Jawabannya tentu saja iya, sebab video dapat membuat halaman karir Anda menjadi lebih hidup. Jangan buat konten video yang isinya tulisan-tulisan saja. Lebih baik video diisi dengan konten-konten seperti:

  • Tour kantor virtual yang bisa menunjukkan beberapa ruang kerja Anda.
  • Perkenalan anggota tim
  • Pencapaian karyawan
  • Video acara perusahaan
  • Deskripsi misi dan sejarah perusahaan
  • Langkah-langkah untuk melamar kerja di perusahaan tersebut.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat akan membuat video untuk disisipkan pada halaman karir adalah:

  • Perhatikan waktu video dimuat. Terlalu banyak menyisipkan video, membuat halaman karir Anda semakin lambat untuk dimuat. Sehingga kandidat akan bosan dan meninggalkan laman tersebut karena dinilai terlalu memakan waktu. Selalu periksa kecepatan loading video Anda, pilih video-video pendek saja yang akan disisipkan.
  • Pangkas biaya dengan mengandalkan metode DIY. Membuat video professional mungkin bisa dilakukan namun butuh perangkat lunak yang mahal. Anda mau membuatnya ke para ahli juga biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Maka, Anda gunakan saja tools edit video yang sederhana dan murah seperti VSDC Free Video Editor dan Lightworks.
  • Seimbangkan antara video dengan teks. Audience mungkin dapat membaca teks hanya dengan melihat poin-poinnya saja. Namun video sulit diringkas jika tidak melihatnya mulai awal sampai akhir. Maka tetap sisipkan beberapa video bagaimana kerja tim, tur kantor, atau acara perusahaan. Sementara untuk nilai-nilai perusahaan Anda dapat tampilkan dalam bentuk tulisan.

Tools Apa Yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Halaman Karir Terbaik?

Saat membuat website terbaik mulai dari proses awal, sebetulnya Anda sangat membutuhkan keahlian dari developer serta desainer. Namun jika Anda tidak punya sumber daya tersebut, ada beberapa tools yang bisa diandalkan untuk membantu membuat sekaligus mengembangkan website halaman karir, diantaranya adalah:

  • Software Editing Untuk Photo/video : Gunakan alat seperti Photoshop atau Befunky untuk edit gambar dan VSDC Free Video Editor atau Lightworks untuk mengedit video.
  • Media Sosial: Para pencari kerja diketahui cukup aktif di media sosial. Platform seperti LinkedIn, Facebook, dan Twitter memungkinkan Anda membuat akun bisnis yang didedikasikan untuk karier (mencari kandidat mengisi posisi tertentu sekaligus mempromosikan budaya perusahaan).
  • Sistem pelacakan pelamar: Jika Anda menggunakan ATS seperti Workable, Anda dapat dengan mudah mengatur halaman karir berkualitas untuk menampung lowongan pekerjaan Anda bersama dengan detail tentang perusahaan Anda.

Branding atau membuat citra perusahaan terbaik adalah cara paling tepat untuk menarik kandidat. Gunakan Workable untuk membuat halaman karir berkualitas Anda. Anda dapat mencobanya sekarang juga.

Bagaimana cara membuat halaman karir di Facebook?

Anda dapat membuat bagian karir di halaman bisnis Facebook Anda atau mendesain halaman baru yang sepenuhnya didedikasikan untuk kepentingan pencarian kandidat. Perusahaan multinasional yang lebih besar dapat mempertimbangkan untuk membuat halaman terpisah untuk setiap lokasi kantor.

Berikut panduan langkah demi langkah panduan buat Anda yang ingin membuat halaman karier Facebook dari awal:

  1. Mulailah dengan membuat halaman bisnis
  2. Pilih kategori “Perusahaan, Organisasi atau Institusi”, pilih industri Anda dari menu drop-down dan isi nama perusahaan Anda. Jika Anda membuat halaman karir eksklusif, pilih nama seperti “Company Careers”, “CompanyJobsIdn”, atau “Careers At Company” sehingga orang dapat dengan mudah menemukan halaman Anda.
  3. Lengkapi bagian “Tentang” dengan informasi mengenai bisnis Anda, termasuk detail kontak dan deskripsi singkat tentang perusahaan, produk/layanan, dan tim Anda.
  4. Tambahkan foto profil dan foto sampul. Sertakan logo Anda, sehingga orang dapat mengenali merek Anda. Hindari menggunakan foto dari internet. Sebaliknya, gunakan gambar karyawan dan kantor Anda untuk membangun branding perusahaan Anda yang lebih pribadi.
  5. Anda sekarang dapat mulai menambah konten halaman Anda dengan memposting berita perusahaan dan berbagi gambar dan video dari lingkungan kerja Anda.
  6. Untuk menjangkau audiens yang lebih luas, undang karyawan, mitra, dan klien untuk “like” halaman Anda. Anda juga dapat menggunakan opsi promosi Facebook untuk mengiklankan halaman karir perusahaan Anda tersebut.
  7. Pelajari bagaimana orang menemukan halaman Anda bersama dengan metrik. (misalnya, jumlah klik pada tautan dan penayangan video Anda) dengan melacak history halaman Anda.

Perhatikan bahwa jika Anda ingin menambahkan bagian karier ke halaman bisnis Facebook yang ada, Anda dapat menambahkan tab khusus sehingga orang dapat dengan mudah menavigasi ke kategori terkait pekerjaan Anda.

Bagaimana Anda Menggunakan Halaman Karir Anda di Facebook?

Dengan jumlah 2 miliar pengguna bulanan, Facebook dapat secara efektif menghubungkan Anda dengan kandidat potensial.

Gunakan halaman karir Facebook Anda untuk:

Mengiklankan Lowongan Pekerjaan

 Buat dan bagikan deskripsi lowongan pekerjaan singkat dan arahkan kandidat ke halaman karir Anda untuk informasi lebih lanjut serta formulir aplikasi. Facebook juga menawarkan opsi penyesuaian untuk halaman perusahaan Anda.

Ambil contoh seperti halaman karir Facebook Unilever memiliki dua tab terpisah, untuk ” pemula” dan “profesional,” sehingga memudahkan 1,2 juta pengikutnya untuk menemukan lowongan pekerjaan yang paling relevan.

Menunjukkan Budaya Perusahaan Anda

Karyawan Anda bisa menjadi pendukung terbaik Anda. Posting video keseharian di kantor Anda atau minta karyawan berbagi pengalaman mereka bekerja dengan Anda. Seperti salah satu perusahaan di US yaitu Taco Bell menggunakan Facebook untuk menampilkan budaya perusahaannya dan merayakan pencapaian karyawan.

Bersosialisasi Dengan Kandidat

Gunakan Facebook untuk membangun jaringan dengan kandidat. Setelah itu, bangun hubungan dengan calon karyawan di masa depan. Setelah Anda membuat halaman karir, Anda harus memiliki setidaknya satu pengelola yang bisa menanggapi pertanyaan orang dan terlibat dengan mereka secara teratur.

Bagaimana cara membuat halaman karir di LinkedIn?

LinkedIn adalah jaringan sosial profesional yang membantu Anda terhubung dengan pencari kerja. Halaman perusahaan LinkedIn adalah tempat di mana Anda dapat membagikan lowongan pekerjaan dan menjelaskan budaya perusahaan kepada calon karyawan.

Untuk membuat halaman perusahaan di LinkedIn, ikuti langkah-langkah berikut:

1.Klik “work” di bagian kanan atas profil Anda. Lalu pilih menu “Create a company page”.

2.Isi kolom yang meminta nama perusahaan Anda dan URL halaman Anda (contohnya: www.linkedin.com/company/[nama_perusahaan_anda])

3.Verifikasi akun Anda (dengan alamat email bisnis.)

4.Edit akun Anda dengan menambahkan gambar (sebaiknya logo perusahaan) dan informasi tentang bisnis Anda.

Gunakan halaman karir LinkedIn untuk mengiklankan lowongan pekerjaan Anda kepada audiens yang diinginkan. Anda juga dapat membeli fitur LinkedIn tambahan untuk membantu Anda meningkatkan halaman karir Anda, termasuk testimoni karyawan, video dan gambar untuk menarik calon karyawan.

Cara mengoptimalkan halaman karir Anda

Bagaimana Anda bisa mengukur tingkat konversi halaman karir Anda?

Tingkat konversi halaman karir akan mengukur seberapa banyak kandidat yang melamar lowongan kerja yang dipasang setelah mengunjungi halaman karir Anda.

Untuk jangka waktu tertentu (misalnya satu bulan), bagi jumlah pengunjung halaman karir Anda dengan jumlah aplikasi yang Anda terima. Misalnya, jika 1.000 pencari kerja mengunjungi halaman karier Anda dalam sebulan dan 120 di antaranya melamar pekerjaan Anda, tingkat konversi bulanan Anda adalah 120/1.000 = 12%.

Tingkat konversi halaman karir % = Jumlah pengunjung / Jumlah aplikasi yang diterima x 100

Untuk melacak pengunjung halaman karir Anda dan perilaku mereka (misalnya di mana mereka mengklik dan berapa lama mereka berada di halaman Anda) gunakan Google Analytics.

Bagaimana cara meningkatkan tingkat konversi halaman karir Anda?

Fungsionalitas dan desain yang baik adalah kunci menuju situs website karir yang sukses. Berikut adalah beberapa langkah terbaik untuk meningkatkan tingkat konversi halaman karir Anda:

  • Tampilkan lowongan pekerjaan Anda. Bantu kandidat melihat daftar pekerjaan Anda dengan menambahkan tombol yang menonjol contohnya seperti “Lihat lowongan saat ini”. Gunakan filter yang memungkinkan kandidat mencari berdasarkan lokasi atau bidang keahlian.
  • Rancang formulir aplikasi yang sederhana dan cepat. Gunakan form aplikasi singkat dan lugas dengan beberapa pertanyaan kualifikasi relevan dan ringkas. Pertimbangkan untuk menyertakan fitur seperti LinkedIn Apply, yang memungkinkan pelamar menggunakan data LinkedIn mereka untuk melamar pekerjaan.
  • Tunjukkan tim dan budaya Anda. Tunjukkan mengapa pencari kerja harus mempertimbangkan iklan lowongan dan tempat kerja Anda. Gunakan foto dan video untuk menggambarkan budaya dan kepribadian perusahaan Anda.
  • Presentasikan keunggulan Anda. Sebutkan manfaat dan keunggulan Anda yang berguna dan penting bagi kandidat.
  • Perkenalkan karyawan Anda. Sertakan testimoni dari karyawan untuk membuat halaman karir Anda lebih menarik. Pertimbangkan untuk menautkan ke akun Twitter pribadi mereka sehingga kandidat dapat mengetahui siapa mereka di luar pekerjaan.
  • Buat halaman karir yang mobile-friendly. Halaman karir yang dapat diakses melalui perangkat ponsel akan memudahkan pencari kerja melihatnya walaupun sedang bepergian.

Jika Anda sudah memiliki halaman karir yang mencakup karakteristik di atas, tetapi Anda masih ingin meningkatkan tingkat konversi Anda, pertimbangkan hal berikut:

Minta karyawan untuk mencoba halaman Anda. Minta orang-orang di perusahaan Anda untuk menelusuri halaman karir Anda dan mengirimkan aplikasi tiruan. Karyawan dari departemen yang berbeda dapat mengidentifikasi bila ada bagian yang perlu perbaikan.

Tanyakan pendapat dari pengunjung baru. Mereka lebih cenderung mengunjungi halaman karir Anda baru-baru ini. Pelajari bagaimana mereka mengakses halaman Anda, apa bagian favorit mereka dan apakah halaman Anda mempengaruhi keputusan mereka untuk melamar di perusahaan Anda dan menerima tawaran pekerjaan.

Gunakan umpan balik dari kandidat. Survei pengalaman kandidat mungkin memberi banyak informasi tentang pendapat mereka terkait halaman karier Anda: Apakah ada kekurangan informasi penting? Apakah ada konsistensi antara apa yang mereka baca dan apa yang mereka dengar/lihat saat wawancara?

Bagaimana cara membuat halaman karir yang lebih menarik?

Halaman karir seharusnya tidak hanya informatif. Namun juga harus menarik minat kandidat potensial di perusahaan Anda. Berikut cara membuat situs karir Anda lebih menarik:

·         Tunjukkan jangan hanya bercerita. Jangan hanya menuliskan betapa hebatnya perusahaan Anda melalui teks. Lebih baik beri pandangan yang realistis tentang kehidupan kerja perusahaan Anda. Tambahkan gambar dan tulisan dari acara perusahaan atau bagikan tur kantor Anda untuk membantu kandidat memvisualisasikan diri mereka sebagai bagian dari tim.

·         Tetap buat teks tapi yang ringkas. Orang cenderung membaca sekilas teks yang panjang. Maka, buat konten yang menyenangkan secara visual dan mudah dibaca, menggunakan judul menarik, dan ditambahkan dengan beberapa komentar dari karyawan.

·         Tambahkan ciri khas perusahaan. Tampilan halaman karir harus sama uniknya dengan perusahaan Anda. Misalnya dengan menambahkan foto karyawan Anda sendiri, bukan mengambil dari internet. Tulis juga ulasan apa saja yang membuat perusahaan Anda unik dari yang lain. Ada baiknya lengkapi dengan tautan ke media sosial.

Bagaimana cara meningkatkan jumlah pelamar melalui halaman karir Anda?

Berikut adalah beberapa ide yang akan membantu Anda menjangkau berbagai kandidat melalui halaman karir Anda:

Rangkul Semua Kalangan Yang Memungkinkan Untuk Diterima

Dorong semua kelangan untuk sama-sama punya kesempatan diterima di perusahaan Anda. Tidak peduli dari ras apa, jenis kelamin, dari latar belakang apa, atau usia mereka. Ini akan membuat semakin banyak yang ingin mencoba melamar pekerjaan di perusahaan Anda.

Hindari Kata-Kata Bias Dalam Teks

Waspadai penggunaan kata-kata bias dalam deskripsi pekerjaan atau halaman karir Anda. Sebisa mungkin hindari kata seperti “suka tantangan”, atau “ambisius”. Misalnya, Anda menulis “butuh tenaga kerja wanita yang suka tantangan”, dan lainnya. Kini, Anda bisa menggunakan tools seperti Textio agar mampu menganalisis tulisan dan membantu Anda menghindari kata-kata bias yang tidak disadari.

Gunakan Foto Untuk Mempromosikan Tempat Kerja Anda Sebagai Bukti Keberagaman

Gunakan gambar dan video dari tempat kerja Anda untuk membuktikan bahwa keragaman adalah tujuan nyata perusahaan Anda. Gunakan data dan infografis untuk menunjukkan bahwa Anda melakukan upaya sadar untuk memerangi ketidaksetaraan.

Apa Saja Kesalahan Yang Umum Dilakukan Saat Membuat Halaman Karir?

Halaman karir akan meningkatkan branding perusahaan Anda dan memberi Anda kandidat yang lebih baik, asalkan dirancang dengan baik. Halaman karir tidak efektif jika:

·         Sulit ditemukan. Pastikan halaman karir Anda mudah diakses dari situs perusahaan Anda. Pencari kerja harus dapat akses ke sana dalam satu klik. Juga, beri label teks tautan laman karir Anda dengan jelas, dengan kata-kata seperti “Karier,” “Kami sedang merekrut” atau “Bekerja dengan kami.”

·         Sudah ketinggalan jaman. Perbarui halaman karir Anda secara teratur. Ini adalah langkah bagus yang berguna untuk meningkatkan pengalaman kandidat Anda. Anda juga akan berhenti menerima lamaran jika posisi yang dicari telah diisi.

·         Tidak berfungsi. Tautan rusak, formulir aplikasi yang terlalu panjang, dan desain yang tidak responsif sangat membuat kandidat tidak nyaman. Pastikan kandidat memiliki pengalaman positif saat mengunjungi halaman karir Anda dan dapat dengan mudah mengakses semua bagian.

·         Kurang imajinatif. Jangan hanya mencantumkan deskriptif lowongan pekerjaan Anda. Soroti juga apa yang membedakan Anda dari perusahaan lain. Hindari gambar yang diambil dari internet dan pilih gambar aktual karyawan yang bekerja di kantor Anda.

Apa saja contoh halaman karir perusahaan yang bagus?

Berikut adalah beberapa contoh halaman karir terbaik yang kami temukan secara online dan dapat Anda gunakan sebagai inspirasi ketika membangun portal karir Anda sendiri:

BambooHR adalah pakar Manajemen Sumber Daya Manusia dan semua itu mereka tampilkan dalam halaman karir perusahaan. Di dalamnya mencakup fitur-fitur seperti judul yang kuat, konten informatif, tombol ajakan bertindak yang jelas, dan alat bantu visual yang menarik.

Carrot Creative, sebuah agensi digital, berhasil menarik perhatian kandidat dengan menggunakan kombinasi video dan grafik gerak. Situs karir perusahaan tersebut memiliki slogan “Ayo bekerja bersama kami” di bagian atas halaman, diikuti dengan ilustrasi tunjangan karyawan. Anda bisa mencontohnya jika mau buat halaman karir sendiri.

Onfido, sebuah perusahaan perangkat lunak mengisi halaman karir dengan mempromosikan nilai-nilai perusahaan dan semangat timnya. Pencari kerja dapat dengan mudah menavigasi di antara bagian Tim, Budaya, Fasilitas, dan Pekerjaan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bekerja di Onfido.

Starbucks adalah contoh bagus dari situs karier yang dioptimalkan untuk seluler. Desain responsifnya memudahkan navigasi, terlepas dari ukuran atau orientasi layar.

Selain contoh-contoh tersebut, masih banyak perusahaan yang membuat halaman karirnya seefektif mungkin. Ini bisa jadi contoh Anda untuk menarik kandidat lebih banyak sesuai posisi yang tepat.

 

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian