New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Mengapa Menggunakan Jasa Outsourcing Cleaning Service untuk Perusahaan?

Mengapa Menggunakan Jasa Outsourcing Cleaning Service untuk Perusahaan

Salah satu alasan perusahaan menggunakan outsourcing adalah menurunkan pengeluaran untuk merekrut staf internal. Berdasarkan statistik dari Find Stack, sekitar 70% perusahaan memanfaatkan jasa alih daya untuk pengurangan biaya, terutama untuk pekerjaan non-core seperti cleaning service

Peran outsourcing dalam pertumbuhan dan daya saing bisnis sangat penting. Perusahaan dapat fokus menjalankan bisnis utama, sekaligus membuka akses pada sumber daya dan teknologi yang canggih, agar bisa unggul daripada kompetitor. 

Melalui pembahasan di sini akan dibahas mengapa perusahaan sebaiknya menggunakan jasa outsourcing cleaning service dan perbedaannya apabila merekrutnya secara in-house

Sekilas tentang cleaning service

Cleaning service masuk kategori pekerjaan blue collar yang bertanggung jawab memberikan layanan kebersihan untuk area tertentu, seperti apartemen, kantor, lobby, toilet, taman, maupun tempat umum lainnya. 

Jenis cleaning service pun terbagi menjadi 4 yaitu:

  • Commercial cleaning, menyediakan layanan kebersihan di area komersial seperti kantor, mall, dan hotel
  • Home cleaning artinya jasa bersih-bersih hanya dilakukan di rumah pribadi saja
  • Specialized cleaning menawarkan jasa membersihkan barang-barang tertentu misalnya sofa dan keramik
  • General cleaning dilakukan untuk kondisi tertentu saja 

Peran cleaning service di perusahaan juga tidak kalah penting yakni untuk memberikan suasana yang nyaman karena area kerja bersih, sehingga meningkatkan produktivitas karyawan. 

Selain itu, lingkungan kantor yang terawat pun akan berpengaruh pada citra perusahaan dan memberikan kesan baik ketika pengunjung ataupun klien berkunjung. 

Perusahaan dapat menggunakan jasa outsourcing cleaning service untuk menekan pengeluaran dan menghemat waktu sehingga dapat mengalokasikan tenaga dan sumber daya pada bisnis utama. 

Bedanya office boy dan cleaning service? 

Pekerjaan cleaning service di perusahaan bervariasi, mulai dari membersihkan ruangan pekerja, meeting room, toilet, lobby, hingga area taman sekitar. 

Meskipun sama-sama ada di perusahaan, nyatanya office boy dan cleaning service punya peran yang berbeda. Cleaning service bertanggung jawab menjaga kebersihan seluruh area kantor. 

Sementara area cakupan yang office boy bersihkan lebih kecil misalnya pantry. Selain itu, office boy maupun office girl juga bertugas menyediakan makanan dan minuman, serta memfotokopi dokumen. 

Perbedaan lainnya cleaning service menyediakan layanan pada kantor, sedangkan office boy bekerja untuk perorangan atau individu. 

Mengapa outsourcing cleaning service

Sekarang ini banyak perusahaan outsourcing cleaning service tersebar di beberapa kota untuk memenuhi kebutuhan pasar. Contohnya, outsourcing cleaning service Solo, outsourcing cleaning service Jakarta, outsourcing cleaning service Surabaya, dan outsourcing cleaning service Medan.

Bagi perusahaan besar, menyewa outsourcing jasa cleaning service sangat membantu meningkatkan efisiensi waktu. Sebagai pertimbangan berikut alasan mengalihdayakan peran layanan kebersihan pada pihak ketiga. 

1. Menurunkan biaya 

Faktor pendorong mengapa perusahaan menggunakan alih daya cleaning service adalah menurunkan biaya untuk membayar gaji karyawan. Perusahaan hanya perlu membayar layanan pihak ketiga berdasarkan kesepakatan di awal. 

Perusahaan dapat menggunakan dan membayar layanan sesuai kebutuhan, sehingga tidak harus mempekerjakan cleaning service tetap. 

Outsourcing menyediakan tenaga kerja profesional yang bisa bekerja sesuai permintaan. Lantaran dipegang orang yang ahli maka tidak ada overtime dan perusahaan bebas dari kewajiban membayar upah lembur. 

Di samping itu, perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk merekrut, melatih, dan mempersiapkan seragam, serta tunjangan tenaga kerja. 

Gaji outsourcing cleaning service sendiri bervariasi, tergantung UMP dan kebijakan perusahaan alih daya. Setelah kesepakatan dibuat, perusahaan hanya membayar biaya yang tertera di kontrak. 

2. Ditangani tenaga kerja profesional

Outsourcing jasa tenaga kerja cleaning service memberikan staff profesional yang sudah terlatih dan memiliki pengalaman, sehingga hasil pekerjaannya pun berkualitas. 

Mengalihdayakan tugas bersih-bersih pada pihak ketiga maka Anda telah memastikan kebersihan kantor dan fasilitas tetap terjaga. 

Cleaning service dari perusahaan alih daya biasanya sangat cepat dan memahami teknik membersihkan yang tidak karyawan internal ketahui. 

3. Hemat waktu 

Perusahaan yang menggunakan jasa outsourcing mendapat keuntungan yaitu hemat waktu karena tidak perlu melakukan proses rekrutmen dan seleksi yang panjang serta pelatihan. Selain itu, perusahaan juga dapat mengalokasikan waktu untuk menjalankan pekerjaan utama. 

Apabila kantor memutuskan menggunakan outsourcing cleaning service di jakarta, pastikan perusahaan alih daya sudah memiliki legalitas dan kualitas terbaik dalam hal pelayanan. 

4. Fokus pada pekerjaan utama

Alokasi waktu dan sumber daya sangat penting bagi bisnis yang ingin unggul dari kompetitor.  Dengan mengalihdayakan pekerjaan non core, perusahaan punya lebih banyak waktu untuk membuat strategi agar bisnis tetap terdepan di tengah persaingan. 

5. Meringankan kewajiban membayar asuransi 

Outsourcing jasa cleaning service meringankan beban perusahaan membayar asuransi dan tunjangan yang karyawan berhak terima. 

Tergantung industri perusahaan, proses membersihkan area kantor juga memiliki risiko kecelakaan, sehingga perusahaan harus melindungi tenaga kerja dari risiko tersebut. 

Salah satunya dengan asuransi kecelakaan dan tenaga kerja. Melalui pihak ketiga, perusahaan jadi dibebaskan dari kewajiban ini. 

6. Berpotensi menurunkan beban kerja

Bagi pemilik usaha kuliner, memanfaatkan cleaning service dari outsourcing mampu menurunkan beban kerja. Anda dapat fokus menjalankan bisnis tanpa dipusingkan mengurus masalah kebersihan. 

Karyawan pun bisa fokus memberikan pelayanan pada pelanggan, tanpa khawatir area restoran terlihat kotor dan tidak nyaman.

7. Alokasi biaya untuk kebutuhan lain 

Menjaga kebersihan kantor atau restoran perlu peralatan memadai. Jika merekrut cleaning service in-house, artinya perusahaan wajib menyediakan alat kebersihan. 

Peralatan bersih-bersih bisa bermacam-macam dengan harga yang bervariasi. Apabila peran ini tidak dialihkan, pengeluaran yang sebenarnya bisa ditekan dapat bertambah. 

Outsourcing selain menyediakan tenaga kerja profesional, turut memiliki beragam alat kebersihan yang menunjang pekerjaan stafnya. Jadi, perusahaan tidak perlu investasi untuk suplai alat pembersih. 

8. Outsourcing mampu beradaptasi dengan perubahan

Outsourcing cleaning service profesional memahami bagaimana menangani masalah kebersihan. Seringkali, perusahaan tidak menyadari bahwa ada perubahan yang perlu dilakukan demi mempertahankan kualitas fasilitas dan kebersihan area kantor. 

Ketika muncul masalah baru berkaitan dengan kebersihan, outsourcing dapat menyarankan solusi sehingga efektif dan efisien. 

9. Mudah mengatur jadwal

Keuntungan menggunakan jasa outsourcing cleaning service yaitu Anda dapat berdiskusi dengan pihak ketiga untuk mencocokan jadwal kebersihan. Misalnya, perusahaan ingin pembersihan menyeluruh di akhir pekan atau hari tertentu saja. 

Pertimbangan memilih outsourcing cleaning service

Perusahaan yang tertarik menggunakan outsourcing cleaning service Jogja maupun di lokasi lainnya, harus memperhatikan hal-hal di bawah ini untuk jadi pertimbangan. 

1. Legalitas

Pertimbangan pertama adalah legalitas agar perusahaan tidak terkena masalah hukum yang dilakukan pihak ketiga. Izin usaha harus jelas dan mengikuti ketentuan pemerintah. Pastikan pilih jasa perusahaan alih daya yang berbentuk badan hukum dan terpercaya.

2. Review klien 

Melihat testimoni sangat penting dalam memilih vendor. Misalnya, perusahaan ingin menggunakan outsourcing cleaning service di Surabaya, cobalah mengulas review klien yang menggunakan jasa dari perusahaan tersebut. Tujuannya untuk mengetahui kualitas dan hasil pekerjaan dari staff cleaning service perusahaan alih daya. 

3. Layanan 

Semakin bervariasi layanan dari perusahaan alih daya tawarkan, makin mudah Anda memilih mana yang sesuai kebutuhan. Apabila memutuskan outsourcing cleaning service Jakarta Selatan, perhatikan jenis layanan dan tarif yang diberikan.  

4. Harga 

Harga outsourcing cleaning service tergantung vendor dan jenis layanan yang ada. Dalam memilih jasa pihak ketiga, utamakan kualitas daripada tarif. Biasanya, perusahaan alih daya profesional menawarkan paket dan biaya yang bervariasi. 

Berbeda jika merekrut cleaning service tetap, perusahaan harus mengelola gaji, tunjangan, asuransi karyawan, serta mempersiapkan alat penunjang pekerjaan. 

Menggunakan outsourcing cleaning service sangat berpengaruh pada produktivitas perusahaan dan alokasi waktu serta sumber daya. 

Berikut ini adalah panduan lengkap memilih perusahaan outsourcing terpercaya untuk bisnis Anda. Baca selengkapnya disini

Untuk mempermudah alih daya peran cleaning service, hubungi platform MyRobin. Setiap talent yang disalurkan telah lolos verifikasi dan seleksi ketat, sehingga kualitas tenaga kerja sangat diperhatikan. 

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian

id_IDID