New Logo MyRobin

Perbedaan Cleaning Service In House Vs Outsourcing, Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan Cleaning Service In House Vs Outsourcing, Mana yang Lebih Baik?

Jasa outsourcing menjadi pilihan utama bagi sebuah perusahaan ketika mereka ingin melakukan penghematan biaya, termasuk masalah pembersihan atau cleaning service kantor.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini banyak perusahaan yang mengalihdayakan pembersihan kantor ke jasa outsourcing profesional daripada harus mempekerjakan cleaning service sendiri.

Namun sejatinya, baik cleaning service internal (in-house) dan outsourcing cleaning service memiliki kelebihannya masing-masing loh. Kira-kira apa bedanya ya? Yuk, cari tahu di sini!

Mengenal Apa Itu Cleaning Service

Sebenarnya cleaning service itu sama tidak sih dengan office boy? Tentu saja berbeda! Cleaning service merupakan jasa pelayanan kebersihan untuk area atau ruangan kantor, apartemen, atau tempat-tempat umum lainya. Secara umum, area yang dibersihkan mencakup ruangan kerja, lobby, lorong, toilet, hingga taman. Biasanya seseorang yang memberikan jasa ini terikat oleh suatu perusahaan dan memang telah terlatih serta ahli dalam membersihkan area tertentu. 

Lalu bagaimana dengan office boy? Sedikit berbeda dengan cleaning service, office boy ini memberikan pelayanan kebersihan kepada perorangan atau individu secara langsung dan biasanya lebih bertugas untuk menyediakan minuman dan makanan, atau membantu segala kebutuhan karyawan seperti fotocopy, membeli peralatan, dan sebagainya. 

Okey, kembali ke pembahasan cleaning service. Untuk jenis layanan yang diberikan oleh cleaning service bisa berbeda-beda tergantung dari kebutuhan klien. Ada beberapa jenis jasa cleaning service, yaitu:

  • Commercial cleaning → Layanan khusus area komersial seperti perkantoran, hotel, restoran,dll.
  • General cleaning → Layanan yang digunakan pada waktu tertentu saja atau ketika dibutuhkan. 
  • Specialized cleaning → Layanan yang fokus untuk membersihkan material tertentu seperti keramik, sofa, dsb.
  • Home cleaning → Layanan khusus untuk hunian pribadi.

Tugas Cleaning Service

Berikut ini adalah beberapa tugas dari cleaning service secara umum:

1. Membersihkan gedung bagian dalam

Untuk bagian dalam gedung, biasanya cleaning service akan membersihkan seluruh ruangan, lorong, tangga, maupun lift. Dalam tugas ini, mereka harus menyapu dan mengepel lantai, mengelap kaca, membuang sampah, dan lain sebagainya. 

2. Membersihkan area luar gedung

Selain bagian dalam, cleaning service juga harus membersihkan area luar gedung yang meliputi bagian pintu, tiang atap, area parkir, hingga taman. Bagian ini tentu sama penting dengan ruangan dalam, sebab area luar gedung adalah area yang pertama kali dilihat oleh orang.

3. Membersihkan lantai

Tugas yang satu ini memang termasuk bagian dalam gedung, namun untuk perawatannya cleaning service harus menggunakan alat-alat tertentu seperti vacuum cleaner, floor polishing machine, dsb. Staf cleaning service juga harus mengetahui jenis lantai atau keramik yang digunakan. Sebab, beda jenis lantainya maka berbeda pula cara perawatannya. 

4. Menjaga kebersihan area toilet

Untuk toilet, stat cleaning service biasanya akan rutin membersihkan lantai, wastafel, hingga kloset. Dengan begitu, toilet akan selalu wangi, bersih dari bakteri serta kuman, dan tidak menimbulkan bau tidak sedap.

5. Merawat taman

Taman adalah area luar gedung yang juga harus diperhatikan. Untuk membuat taman yang indah, cleaning service biasanya menanam tanaman hias, memotong rumput, dan menyirami tanaman setiap hari. Biasanya untuk bagian ini, staf cleaning service harus membutuhkan keahlian khusus agar taman bisa terawat dengan baik. 

6. Memelihara fasilitas dan aksesoris kantor

Fasilitas kantor seperti sofa, meja kerja, karpet, maupun hiasan dinding tentu harus dibersihkan juga. Staf cleaning service harus bisa merawatnya dengan baik, misalnya mencuci karpet sebulan sekali, mengelap hiasan, atau deep cleaning sofa menggunakan hand vacuum. 

Cleaning Service In House Vs Outsourcing

Umumnya, suatu perusahaan akan mempekerjakan cleaning service jenis commercial untuk membersihkan area perkantorannya. Namun, ternyata pembersihan, perawatan, dan pengelolaan fasilitas kantor ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal inilah yang membuat beberapa perusahaan memilih untuk mengalihdayakan peran cleaning service kepada jasa outsourcing dibandingkan mempekerjakan secara internal. 

Berikut ini adalah perbedaan antara cleaning service in house dan cleaning service outsourcing:

1. Cleaning service in house

Dengan mempunyai layanan kebersihan internal, perusahaan dapat memperoleh keuntungan dalam beberapa hal, diantaranya yaitu:

  • Pelatihan konsisten

Tentu saja perusahaan harus melakukan perekrutan, pelatihan, hingga pendampingan (mentoring) sendiri untuk mempunyai cleaning service in house. Dari pertama bekerja, para staf cleaning service ini akan mendapatkan pelatihan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), wawasan dan budaya perusahaan, dan informasi lainnya yang juga diterima oleh karyawan lainnya di perusahaan tersebut. Dengan demikian, perusahaan dapat menciptakan ekosistem kerja yang lebih koheren karena semua karyawan mempunyai pemahaman yang sama.

  • Keamanan

Dari segi keamanan, perusahaan biasanya lebih mempercayakan tugas pengamanan gedung kepada cleaning service in house dibandingkan dengan cleaning service outsourcing yang notebenenya orang luar perusahaan. Dengan mempekerjakan staf sendiri, perusahaan dapat lebih nyaman dengan keamanan gedung kantor, sebab semua keputusan tergantung dari perusahaan sendiri. 

  • Penjadwalan

Jika perusahaan mempunyai staf cleaning service sendiri, tentu saja mereka bisa mengatur jadwal atau shift sesuai dengan kebijakan atau kondisi yang ada di lapangan. Hal ini secara tidak langsung perusahaan meminimalisir adanya kecelakaan kerja akibat jam kerja yang terlalu panjang. 

2. Cleaning service outsourcing

Dengan mengalihdayakan tugas cleaning service kepada jasa outsourcing, perusahaan dapat memperoleh manfaat sebagai berikut:

  • Hemat biaya

Sebagian besar perusahaan ketika ingin melakukan penghematan biaya tentu akan menggunakan jasa outsourcing, begitu juga dengan cleaning service. Perusahaan dapat menghemat biaya dan waktu untuk perekrutan, pelatihan, asurasi, hingga tunjangan karyawan. Tidak hanya itu saja, pengalihdayaan ini juga dapat membantu perusahaan untuk lebih fokus pada bisnis utama yang juga terkadang membutuhkan dana besar. 

Maka dari itulah, cleaning service dari jasa outsourcing menjadi solusi bagi perusahaan untuk dapat mengontrol pengeluaran serta menghemat biaya perawatan dan pemeliharaan fasilitas kantor. Tidak hanya itu saja, perusahaan juga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih untuk peralatan kebersihan dan pembelian bahan pembersih habis pakai.

  • Pengalaman dan kemampuan

Dari segi pengalaman dan kemampuan dalam hal membersihkan, tentu saja staf outsourcing lebih unggul. Sebab, mereka sudah dibekali oleh pelatihan dan mempunyai pengalaman bertahun-tahun di lapangan terlebih dahulu sebelum direkrut oleh klien.

Dengan begitu, perusahaan dapat memperoleh layanan kebersihan yang berkualitas tinggi, spesifik (misalnya pembersihan dalam, kantor, atau karpet), dan lebih memuaskan. 

  • Tanggung jawab

Sebelum mengalihdayakan tugas kebersihan kantor kepada pihak outsourcing, perusahaan akan menandatangani kontrak terlebih dahulu. Dengan begitu, beberapa tanggung jawab seperti asuransi atau jaminan keselamatan kerja pun akan dikelola oleh pihak outsourcing tersebut.

Jadi, jika terjadi kecelakaan kerja atau masalah pada staf cleaning service, perusahaan tidak perlu berurusan dengan asuransi dan hukum, sebab semuanya telah ditanggung oleh pihak outsourcing.

Jadi… Mana yang Lebih Baik?

Secara umum, bisnis yang lebih kecil seperti startup cenderung akan mempekerjakan cleaning service secara internal. Sebab, area kantor yang dibersihkan lebih mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu. Berbeda halnya dengan perusahaan besar yang gedungnya luas dan mempunyai banyak lantai, tentu saja mereka akan lebih memilih untuk menggunakan jasa cleaning service dari outsourcing.

Selain untuk menghemat biaya, namun juga biasanya perusahaan besar membutuhkan staf ahli untuk membersihkan area atau material tertentu, seperti karpet, hiasan dinding, hingga sofa. 

Nah, itulah perbedaan dari cleaning service in house atau internal dengan cleaning service dari jasa outsourcing. Tertarik untuk menggunakan jasa cleaning service dari outsourcing? Dapatkan layanan cleaning service dengan kualitas terbaik dari MyRobin.ID!

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian