Cleaning Service: Pengertian dan Tugasnya

Cleaning Service

Cleaning Service, pengertian, tugas serta keuntungan yang didapatkan ketika memilih memakai jasa kebersihan ini. Jadi untuk menciptakan suasana nyaman , aman dan sangat bersih, maka jasa pembersih ini sangat penting dan dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Seperti rumahan, kantoran dan sebagainya. Untuk memahami seperti apa jasa kebersihan ini, kemudian tugasnya juga keuntungan yang didapatkan bisa memahaminya dengan baik.

Cleaning Service: Pengertian dan Tugasnya
Cleaning Service: Pengertian dan Tugasnya

Adapun untuk memahami bagaimana pengertian dari jasa kebersihan ini maka yang perlu dipahami adalah tentang sasaran kerjanya. Dimana semua pekerjaan yang ada tersebut berhubungan dengan kebersihan pelanggan.  Juga lingkungan sekitar yang ada dimana kebersihan menjadi hal yang utama dalam pemanfaatan lingkungan kerja.

Untuk bisa menciptakan kenyamanan ini maka ada sistem yang membuka layanan kebersihan untuk segala kebutuhan. Seperti gedung, sekolah, kepentingan umum dan layanan lainnya juga membutuhkan  percepatan untuk bisa bersih dalam satu kali waktu. Hal ini yang menjadikan pekerjaan utama dari jasa kebersihan untuk berkembang dan memberikan fasilitas bersih secara menyeluruh.

Selanjutnya, jasa kebersihan ini juga memberikan layanan terbaik untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggannya. Dari maintenance gedung, memulai kebersihan dari luar, dalam hingga hal detail lainnya. inilah yang membuka peluang kepada banyak perusahaan, perkantoran atau perumahan untuk bisa mendapatkan layanan terbaik dalam mewujudkan kebersihan.

Pengertian Cleaning Service

Cleaning service adalah jasa yang diberikan oleh agen untuk bertugas membersihkan ruangan kantor, apartemen, atau tempat – tempat umum. Seseorang yang telah memberikan jasa tersebut telah terlatih dan handal dalam membersihkannya. Mereka terikat pada suatu perusahaan, sehingga jasa yang mereka berikan membawa nama baik perusahaan.

Saat ini, jasa tersebut banyak dibutuhkan di beberapa tempat di kawasan perkantoran, hotel, apartemen, rumah sakit atau tempat umum lainnya. Jasa ini sangat piawai dan ahli dalam mengurus kebersihan area dimana mereka ditempatkan. Mereka membawa nama perusahaan yang menaunginya, terutama yang memberinya pelatihan dan keterampilan.

Macam Jasa Cleaning Service

Tidak dapat dipungkiri, bahwa jasa cleaning service memang sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak, dalam ruang lingkup komersial ataupun pribadi. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan akan lingkungan yang bersih dan higienis, namun waktu dan tenaga tidak memadai.

Menggunakan jasa kebersihan merupakan alternatif solusi paling praktis dan tepat untuk menjaga kondisi bangunan agar tetap bersih dan nyaman. Namun, sebelum menggunakan layanan jasa cleaning service, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis jasa kebersihan agar lebih mudah memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Commercial Cleaning

Jasa kebersihan komersial merupakan layanan yang dikhususkan untuk membersihkan area komersial, seperti perkantoran, hotel, restoran, sekolah, dan sebagainya. Hingga sekarang, commercial cleaning merupakan jenis layanan paling dicari oleh berbagai kalangan.

Seperti diketahui, membersihkan bangunan besar dan luas sudah pasti menguras tenaga dan sulit dilakukan oleh satu orang saja. Oleh sebab itulah, biasanya pemilik gedung akan mempercayakan kebersihan gedung kepada penyedia jasa kebersihan komersial.

General Cleaning

Jenis general cleaning adalah layanan yang digunakan pada suatu waktu tertentu, misalnya jasa kebersihan disewa khusus untuk membersihkan gedung setelah sebuah pameran diselenggarakan. Jadi, jasa kebersihan hanya digunakan saat dibutuhkan saja.

Specialized Cleaning

Seperti namanya, specialized cleaning merupakan layanan kebersihan yang fokus pada permintaan sesuai kebutuhan pengguna. Berbeda dengan general cleaning, specialized cleaning membutuhkan keterampilan dan pembersih khusus untuk membersihkan material tertentu.

Beberapa jenis properti yang membutuhkan layanan specialized cleaning diantaranya adalah, membersihkan keramik, sofa, hiasan / pajangan rumah, karpet, kaca, dan sebagainya.

Home Cleaning

Jasa kebersihan yang ditujukan khusus untuk hunian pribadi ini bisa dikatakan merupakan layanan favorite di kota-kota besar. Jadwal sibuk membuat banyak orang tidak sempat membersihkan rumah, dan solusi mengatasinya adalah memanggil layanan home cleaning.

Dengan menggunakan jasa home cleaning, maka tempat tinggal akan dibersihkan secara mendetail, bahkan hingga area yang sulit dijangkau. Jadi, rumah selalu bersih dan nyaman.

Meskipun jenis jasa cleaning service dikategorikan menjadi 4 macam, namun secara umum tujuannya sama, yakni membuat lingkungan atau ruangan tetap bersih, higienis, dan nyaman. Hanya saja, untuk mendapatkan hasil optimal, maka Anda harus bisa memilih jenis layanan yang tepat.

Setelah memahami seperti apa cleaning service dan berbagai macamnya, selanjutnya pahami terkait tugas dan tanggung jawab dari jasa kebersihan. Jadi dengan tugas yag jelas juga bisa memahami bagian mana yang harus terselesaikan dari jasa cleaning tersebut.

Tugas Dari Cleaning Service

Adapun tugas dari jasa cleaning ini berkaitan pula dengan pelayanan yang diberikan oleh jasa kebersihan. Dimana tugasnya yang paling utama yaitu melanjutkan berbagai macam pekerjaan dan bagian yang ada saat ini juga.

1. Memelihara Gedung Bagian Dalam

Untuk bisa mewujudkan kebersihan untuk seluruh lingkungan maka bisa dimulai dari kebersihan gedung, ruangan atau kantor pada bagian dalam. Hal ini menyangkut bagian ruang, tangga, kaca dan bagian dalam lainnya. Dimana setiap bagiannya perlu adanya kebersihan dan perawatan yang penting hingga tidak ada yang terlewat.

Selanjutnya bagian dalam ini juga menyangkut bagian yang harus dibersihkan secara detail dengan berbagai macam cara. Seperti menyapu, mengepel dan membersihkan semua bagiannya secara totalitas. Sehingga semuanya bisa menghasilkan totalitas dan kesempurnaan yang sangat nyaman dan bersih.

2. Membersihkan Bagian Luar

Dengan membersihkan bagian luar maka menyangkut bagian luar utama gedung. Hal ini juga termasuk bagian pintu, tiang atap dan sebagainya untuk bisa optimalisasi dibersihkan secara menyeluruh oleh cleaning service. Jadi tidak hanya bagian dalam saja yang harus diperhatikan, bagian luar pun membutuhkan bagian yang sama untuk pembersihan.

Itulah kenapa bagian luar juga sama pentingnya untuk dilakukan pembersihan secara menyeluruh. Jadi semua bagian gedung, perkantoran, perumahan dan sebagainya yang membutuhkan jasa kebersihan ini akan tampak nyaman baik bagian luar ruangan maupun bagian dalam. Bagian luar juga menyangkut halaman dan sekitarnya untuk semakin nyaman.

3. Kebersihan dan Pemeliharaan Lantai

Tidak hanya bagian gedung dalam atau luar tapi juga kebersihan secara menyeluruh dengan memprioritaskan kebersihan lantai. Untuk memaksimalkan kebersihan lantai  bisa dengan menggunakan alat pel, vacuum cleaner dan alat kebersihan lainnya. Sehingga seluruh kegiatan dalam membersihkan lantai ini harus detail dan mencangkup banyak hal.

Pemeliharaan lantai juga bisa menghasilkan kebersihan dan perawatan lantai secara menyeluruh. Dengan berbagai kepentingan ini dan mencangkup seluruh bagian lantai gedung yang ada. Jadi saat jasa service ini memulai pekerjaannya dengan membersihkan seluruh lantai gedung maka akan sangat maksimal hasilnya.

4. Menjaga Kebersihan Area Toilet

Area toilet ini merupakan area yang penting dalam bagian gedung atau bangunan, dimana area ini harus bersih dan nyaman. Kenapa? Karena area yang sangat mengandung bakteri serta dinilai kotor ini harus tetap tampil prima dan bersih. Maka tugas dari cleaning service untuk menjaga kebersihan toilet agar bersih, wangi serta nyaman digunakan.

Apalagi toilet-toilet yang ada di tempat umum, hal ini sangat penting dalam menghasilkan kebersihan secara menyeluruh. Selanjutnya dengan memaksimalkan kinerja, maka akan tercipta kebersihan toilet, tentunya lebih efektif serta efisien ketika jasa kebersihan ini mulai menanganinya.

5. Aksesoris Kantor Menjadi Bagian Kebersihan

Selain adanya bagian gedung luar maupun gedung dalam maka aksesoris kantor menjadi bagian kebersihan juga. Misalnya saja sofa, lemari, meja, dan barang lainnya yang memenuhi ruangan bagian dalam kantor atau gedung. Dimana ini merupakan detail pada saat melakukan pembersihan selanjutnya hal detail ini bisa menciptakan kebersihan secara menyeluruh.

Untuk bisa memberikan kesan keindahan yang lebih baik pada bagian aksesoris tersebut, maka penting adanya perawatan. Biasanya untuk merawat dan membersihkan bagian aksesoris ini yang harus detail harus menambahkan alat seperti lap, kemoceng hingga beberapa alat detail lainnya. Jadi akan mendukung untuk membersihkan aksesoris bagian dalam ruang.

6. Perawatan Tanaman

Tidak hanya aksesoris saja, gedung bagian luar dan dalam juga menjadi sasaran selanjutnya ada juga perawatan tanaman. Dimana perawatan tanaman ini juga dilakukan oleh jasa kebersihan juga dalam mewujudkan keindahan sekaligus kerapihan yang ada saat ini.

Selanjutnya untuk bisa mewujudkan halaman tanaman yang lebih indah, maka perlu adanya perawatan menyeluruh. Dimana tanaman yang ada juga dilakukan reporting dan jenis perawatan lainnya. Hal ini juga mencangkup tugas dari jasa kebersihan dan memastikan sekitar tanaman bersih terawat juga penyiraman setiap hari.

Itulah beberapa tugas yang harus dipahami ketika menggunakan jasa kebersihan untuk menghasilkan kenyamanan dan keindahan. Selanjutnya keuntungan apa yang bisa didapatkan ketika memanfaatkan cleaning service untuk berbagai kebutuhan kebersihan dan perawatan?

Keuntungan Menggunakan Cleaning Service

Adapun keuntungan yang bisa didapatkan saat menggunakan jasa kebersihan mengenai hal terbaik yang ada saat ini. Inilah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika mengoptimalkan penggunaan jasa kebersihan.

1. Lebih Fokus Pada Pekerjaan Utama

Saat menggunakan jasa service maka, penggunanya bisa lebih fokus pada pekerjaan lainnya. Jadi pekerjaan yang berhubungan dengan kebersihan dan perawatan menjadi tugas dan kewajiban yang harus ada oleh jasa service tersebut. Baca juga artikel tentang 3 Tips Memilih Penyedia Outsourcing SPG Terpercaya.

2. Hasil Kerja Berkualitas

Selanjutnya, hasil kerja yang ada dan dihasilkan oleh cleaning service juga lebih berkualitas dan sangat maksimal. Sehingga bisa bermanfaat untuk menghasilkan kebersihan yang sesuai dengan standar operasional. Hal ini yang membedakan pekerjaan dilakukan oleh ahlinya dibandingkan dikerjakan oleh sendiri.

3. Hemat Waktu dan Biaya

Selanjutnya dari segi biaya dan waktu juga bisa lebih hemat dan bisa menekan biaya pengeluaran dalama pelayanan gedung atau kantor. Hal ini tentu memberikan keuntungan untuk pengguna dalam mewujudkan kebersihan dan perawatan untuk area gedung atau kantor dan lainnya.

Itulah beberapa keuntungan jika menggunakan cleaning service dalam melakukan perawatan serta pelayanan secara menyeluruh. Sehingga penggunanya bisa dengan mudah menikmati kebersihan serta kenyamanan yang ada dilingkungan sekitarnya. 

Beda Office Boy, Cleaning Service dan Housekeeping

Banyak yang belum mengetahui apa perbedaan antara cleaning service, office boy, dan housekeeping. Selain dari namanya yang sudah jelas berbeda, dari segi pelayanan, pekerjaan dan spesifikasi pun berbeda. Berikut 4 penjelasannya:

1. Layanan

Perbedaan pertama adalah dari sisi layanan. Cleaning service memberikan layanan dalam bentuk jasa pembersihan pada area perkantoran. Sedangkan peranan office boy adalah memberikan pelayanan kepada individu (perseorangan) atau karyawan yang berada di area perkantoran tersebut. Namun, housekeeping akan melayani jasa kebersihan secara holistik (keseluruhan) dengan standar hotel berbintang, termasuk detail kebersihan dan monitoring.

2. Jumlah Pekerja

Umumnya, jumlah pekerja cleaning service, office boy, dan house keeping tidak ada ketetapan khusus atau bersifat fleksibel. Hal ini dikarenakan jumlah pekerja disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, sangat mungkin jika penempatan jumlah office boy yang dibutuhkan sama jumlahnya dengan cleaning service dan housekeeping, dikarenakan area perkantoran tersebut memiliki banyak karyawan. 

3. Jenis Pekerjaan yang Dilakukan

Aktivitas cleaning service cukup luas, seperti membersihkan keseluruhan area ruangan dari gedung perkantoran seperti ruangan kerja, toilet, lantai hingga lift. Sedangkan aktivitas pekerjaan office boy umumnya lebih banyak berada di area lingkup pekerjaan yang lebih kecil seperti pantry kantor, menyediakan minuman bagi para karyawan, hingga membantu kebutuhan karyawan secara umum, seperti fotokopi dan lainnya. Sedangkan housekeeping merupakan sebuah departemen operasional di dalam sebuah hotel. Dimana tanggung jawabnya adalah menjaga kebersihan, perawatan, keindahan ruangan-ruangan, area publik, area belakang dan sekitarnya

4. Peran Kerja Berdasarkan Gender

Pengelompokan aktivitas pekerjaan berdasarkan gender, terkadang diperlukan dalam lingkup pekerjaan cleaning service. Sebagai contoh, petugas cleaning service wanita sangat dibutuhkan untuk membantu membersihkan area kamar mandi wanita, begitupun dengan petugas cleaning service pria yang dibutuhkan untuk membantu area kamar mandi pria.Sama halnya dengan housekeeping. Sedangkan pada aktivitas pekerjaan office boy, tidak ada perbedaan yang signifikan terkait hal ini.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima beres! rekrut hingga penggajian