Istilah SPG yang merupakan singkatan dari Sales Promotion Girl pasti sudah tak asing di kalangan masyarakat, khususnya para pengusaha. Bisa dibilang SPG adalah salah satu “senjata pamungkas” para pengusaha agar strategi marketing yang mereka jalankan berhasil dan dapat mencapai target penjualan yang diharapkan. Oleh karena itu, terkait proses perekrutannya, pengusaha tak bisa asal memilih penyedia Outsourcing SPG. Harus yang terpercaya.
Nah, lalu bagaimana dong caranya memastikan penyedia jasa SPG mana yang terpercaya? Jangan bingung! Pada artikel ini kami telah menyiapkan informasi tips memilih penyedia jasa SPG yang terpercaya hanya untuk Anda. Baca sampai selesai ya!
Pengertian SPG
Pertama-tama sebelum membahas tentang tips, kita pahami dulu yuk pengertian SPG. Secara umum, SPG dapat diartikan sebagai wanita yang berprofesi memasarkan produk di lapangan. Memasarkan disini artinya tidak terbatas pada mengenalkan dan menjual produk saja, tetapi juga menemani, melayani dan memastikan konsumen tahu tentang kualitas produk, serta menjaga kebersihan dan kerapihan area penjualan agar konsumen tetap nyaman.
Terdengar mudah ya, tetapi dalam prakteknya sulit sekali lho. Terlebih SPG sering disebut sebagai “ujung tombak” atau “wajah” perusahaan. Sungguh bukan profesi yang mudah.
Tips Memilih Penyedia Outsourcing SPG Terpercaya
Setelah memahami pengertian SPG, berikut ini setidaknya ada 3 tips memilih penyedia jasa SPG yang dapat Anda coba.
- Pastikan Info Kontak Jelas
Penyedia SPG yang terpercaya tentu memiliki info kontak, seperti alamat kantor, alamat e-mail dan nomor telepon yang jelas. Bahkan saat ini sudah banyak pula yang memiliki website. Agar pelanggan lebih mudah mencari informasi tentang mereka. Jadi, pastikan info kontak penyedia jasa SPG yang Anda pilih jelas ya!
- Jenis SPG Bervariasi
Selain info kontak yang jelas, penyedia jasa SPG terpercaya biasanya memiliki variasi jenis SPG. Ini menandakan bahwa mereka memang profesional.
Adapun jenis-jenis SPG antara lain :
- SPG Event
SPG Event hanya bekerja pada acara tertentu, contohnya pameran dan bazar. Sifatnya tidak tetap. Jadi, setelah acara selesai, kontrak kerja pun selesai.
Tugas utamanya biasanya menyebarkan brosur. Upah nantinya tergantung pencapaian target minimum berapa brosur yang disebar per hari. Jika berhasil menjual produk, mereka akan mendapat bonus.
- SPG Reguler
Berbeda dengan SPG Event, SPG Reguler bisa dibilang pegawai tetap di sebuah toko. Jangka waktu kontrak kerjanya panjang dan tugasnya lebih berat dibandingkan SPG Event karena mencakup mendata produk yang dijual, menata display toko, menjaga kebersihan toko dan kualitas pelayanan konsumen.
Selain itu, jam kerja dan istirahat sesuai aturan UU Ketenagakerjaan. Untuk upah, umumnya ada gaji pokok per bulan.
Kriteria SPG Baik
Kriteria Outsourcing SPG yang baik adalah sebagai berikut.
- Penampilan Menarik
SPG yang baik harus berpenampilan menarik (tentunya sesuai norma). Hal ini dapat dilihat dari wajah cantik, tubuh yang proporsional, ditunjang make up dan busana yang sesuai.
- Kemampuan Komunikasi yang Baik
SPG yang baik harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar konsumen tidak salah memahami produk yang ditawarkan. Selain itu juga, agar dapat lebih mudah meyakinkan konsumen untuk melakukan pembelian produk.
- Keahlian Menjual
SPG yang baik harus ahli dalam menjual. Hal ini dibuktikan dengan data keberhasilannya dalam mencapai target penjualan.
- Mampu Menjaga Sikap
SPG yang baik harus mampu menjaga sikap. Sopan, ramah dan dapat menjaga emosi saat menghadapi konsumen adalah kewajiban.
- Product Knowledge
SPG yang baik harus punya product knowledge (pengetahuan atas produk yang dijual) secara detail dan menyeluruh. Jika tidak, jangankan menjual, mempromosikan produk kepada konsumen pun pasti akan sulit.
Sekian artikel kami kali ini. Semoga ketiga tips di atas dapat membantu Anda memilih penyedia SPG yang terpercaya. Kunjungi laman MyRobin dan temukan serta berbagai pekerja berkualitas lainnya. Konsultasikan kebutuhan perekrutan Anda sekarang!