Bagaimana Cara Menulis Deskripsi Iklan Lowongan Kerja Yang Baik?

Menulis Deskripsi Iklan Lowongan Kerja

Bagaimana Cara Menulis Deskripsi Iklan Lowongan Kerja Yang Baik? – Penulisan deskripsi iklan lowongan kerja yang Anda buat dapat menghubungkan dengan para kandidat potensial. Lagipula kesan pertama itu sangat penting. Kalimat deskripsi yang tepat, menarik, dan inklusif untuk lowongan kerja akan mendorong Anda menemukan kandidat terbaik.

Menulis Deskripsi Iklan Lowongan Kerja Yang Baik
Menulis Deskripsi Iklan Lowongan Kerja Yang Baik

Untuk menulis deskripsi iklan lowongan kerja yang baik, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini:

Gunakan Judul Pekerjaan Yang Tepat

Hindari menggunakan kata-kata yang sifatnya diskriminatif. Ganti dengan kata yang jelas maknanya. Misalnya Anda ingin cari orang untuk posisi CS, yang tugasnya adalah menerima panggilan telepon. Baca juga artikel tentang 6 Tips Menulis Deskripsi Iklan Lowongan Kerja yang Perlu Anda Coba.

Maka, apabila Anda masih menggunakan kata “Penjualan & Marketing” besar kemungkinan Anda justru akan salah pilih orang. Bahkan, bisa jadi Anda jadi kehilangan kandidat yang lebih memenuhi syarat.

Sampaikan Langsung Pada Kandidat

Iklan lowongan kerja yang efektif rata-rata bersifat profesional dan punya arti jelas. Rata-rata kandidat akan membaca deskripsi iklan lowongan kerja secara sekilas. Sehingga, jargon dan frasa membingungkan biasanya akan langsung membuat kandidat tidak dapat memahaminya.

Oleh sebab itu, sebelum diterbitkan Anda harus baca ulang iklan lowongan pekerjaan tersebut terutama bagian deskripsinya. Apakah sekiranya nyambung untuk memastikan kejelasan dan akurasinya.

Jelaskan Tentang Tugas dan Tanggung Jawab

Jelaskan Tentang Tugas dan Tanggung Jawab
Jelaskan Tentang Tugas dan Tanggung Jawab

Bantu para kandidat supaya bisa membayangkan bagaimana tugas yang akan dilakukan jika nanti ternyata diterima di perusahaan tersebut. Tuliskan tanggung jawab dalam bentuk tugas dengan paparan singkat dan jelas. Misalnya Anda sedang mencari orang yang menempati posisi “ Manajer Pemasaran Digital”. Baca juga artikel tentang cara mengiklankan lowongan kerja di facebook.

Jangan hanya menuliskan “Anda akan bertanggung jawab dalam pemasaran digital”. Ada baiknya pilih kata-kata yang memaparkan tanggung jawab pekerjaan yang lebih khusus seperti:

  • Mengelola semua media pemasaran digital (situs web, email, media sosial, dan lainnya)
  • Mengukur tingkat ROI
  • Mengelola akun media sosial perusahaan

Pastikan Anda dan manajer pemasaran saling setuju saat menentukan persyaratan posisi tersebut. Hal ini berguna untuk menghindari kebingungan dari pihak kandidat ketika proses perekrutan berlangsung.

Tawarkan Pekerjaan Anda

Kandidat butuh alasan kuat mengapa mereka harus meninggalkan pekerjaannya sekarang dan beralih melamar ke perusahaan Anda. Oleh sebab itu, saat membuat iklan lowongan kerja, ada baiknya sebutkan juga segala fasilitas dan manfaat yang didapatkan dari posisi tersebut.

Misalnya saja tempat kerja yang nyaman hingga makanan gratis. Tidak ada salahnya juga Anda beri penjelasan bagaimana kontribusi posisi tersebut dalam perkembangan perusahaan.

Iklankan Perusahaan Anda

Iklan lowongan pekerjaan yang Anda buat bisa sekaligus memberikan penjelaskan tentang budaya perusahaan itu sendiri. Dengan begitu, bisa jadi para kandidat akan tertarik untuk melamar akan kebetulan suka dengan budaya perusahaan tersebut. Anda bisa sisipkan foto aktivitas tim tentang keseruannya selama bekerja dan lainnya.

Apa Yang Harus Dihindari Ketika Menulis Deskripsi Lowongan Pekerjaan?

Apa Yang Harus Dihindari Ketika Menulis Deskripsi Lowongan Pekerjaan?
Apa Yang Harus Dihindari Ketika Menulis Deskripsi Lowongan Pekerjaan?

Diskriminasi

Bila Anda ingin menciptakan lingkungan kerja yang beragam, kesetaraan peluang adalah langkah awal yang tepat. Namun, pada umumnya, kata-kata bias yang kadang masih muncul di beberapa info lowongan kerja justru bisa merugikan kandidat kompeten Anda.

Misalnya menulis “Manajer Pemasaran Minim 15 Tahun Pengalaman”. Bisa jadi menghilangkan peluang anak-anak muda untuk melamar. Padahal bisa jadi orang tersebut punya kompetensi lebih tinggi dibanding yang sudah punya pengalaman lama.

Penggunaan alat seperti “Texio” bisa membantu Anda dalam membuat deskripsi lowongan kerja yang netral. Sudah banyak perusahaan besar yang memanfaatkan teknologi ini terutama dalam bidang perekrutan.

Menuntut Terlalu Banyak Hal

Kecuali Anda ingin memperkerjakan posisi presiden, persyaratan yang terlalu menuntut atau tidak realistis, kadang akan membuat kandidat kecewa. Lebih baik sisipkan apa saja yang dibutuhkan ketika menempati posisi tersebut di perusahaan nanti.

Misalnya dengan menuliskan keterampilan apa saja yang perlu dimiliki kandidat. Apabila Anda sudah menemukan kandidat yang dimaksud segera hubungi via email agar terlihat lebih private dan professional.

Penggunaan Kalimat Bernada Negatif

Buat daftar persyaratan kerja yang jelas namun tetap positif. Bahkan, ketika seandainya Anda menghilangkan kandidat yang dirasa kurang memenuhi syarat. Misalnya seperti kalimat “pelamar dengan pengalaman di bawah 10 tahun tidak akan diterima”.

Penggunaan tersebut terkesan tidak ramah dan kurang sopan. Bisa jadi para kandidat akan memberikan cap buruk pada perusahaan Anda. Gunakan kalimat seperti “Harap diperhatikan posisi ini diperuntukkan bagi senior, pengalaman sangat dibutuhkan”.

Jangan Lupa Tentang Struktur

Bisa jadi para kandidat pencari kerja mencari lowongan melalui ponsel. Oleh sebab itu, buat tampilan lowongan yang enak dibaca. Ada baiknya gunakan model tulisan berpoin daripada harus membuat dalam bentuk naratif. Begitu juga untuk strukturnya juga harus jelas. Harus ada perbedaan antara persyaratan, tugas, dan ketrampilan yang harus dimiliki oleh kandidat.

Memberikan Kesan Misterius

Artinya Anda harus jelas ketika memberikan persyaratan dan tanggung jawab untuk posisi pekerjaan yang diinginkan. Tulis dengan jelas, misalnya kandidat harus punya sertifikasi khusus, SIM, atau lainnya. Dengan begitu, dalam proses perekrutan nanti, Anda akan terhindar dari kemungkinan penyalahgunaan kesepakatan.

Deskripsi info lowongan pekerjaan yang baik akan membantu kelancaran proses perekrutan pegawai. Setelah Anda berhasil minat pencari kerja, tunjukkan budaya perusahaan Anda dengan cara membuat halaman website yang menarik. Saring kandidat yang paling baik dengan membuat formulir lamaran yang efektif.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian