Referensi 5 Pertanyaan Exit Interview Sebagai Sarana Evaluasi Perusahaan

pertanyaan exit interview

Keluar masuknya karyawan merupakan hal yang lumrah terjadi dalam suatu perusahaan. Apabila ada karyawan yang menyatakan resign, ada baiknya perusahaan menanyakan sejumlah pertanyaan exit interview kepada karyawan tersebut karena tidak ada yang lebih mengetahui lingkungan kerja perusahaan dibanding karyawan itu sendiri.

Pertanyaan yang diajukan dapat menjadi sarana evaluasi untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dari sistem yang berlaku di perusahaan, dan memperbaikinya di masa depan.

Apa itu Exit Interview?

Exit Interview adalah wawancara yang dilakukan perusahaan kepada karyawannya yang memutuskan untuk resign. Exit interview bertujuan untuk mendapatkan feedback dari karyawan mengenai pengalamannya bekerja di perusahaan tersebut.

Manfaat Exit Interview

Terkadang Exit Interview tidak selalu dilakukan karena karyawan yang bersangkutan menyimpan perasaan kecewa terhadap perusahaan. Namun apabila karyawan yang memutuskan resign berjumlah besar, perusahaan sebaiknya melakukan exit interview untuk mengetahui apa yang salah di dalam perusahaan dan memperbaiki masalah tersebut.

Melalui Exit Interview, Anda akan mendapatkan wawasan baru mengenai perspektif karyawan yang selama ini tidak Anda ketahui sehingga Anda dapat memperbaiki sistem dan lingkungan kerja yang berujung pada berkurangnya angka turnover di tubuh perusahaan.

Exit Interview untuk Mempertahankan Karyawan

Apabila ada karyawan yang memiliki performa bagus memutuskan resign, Anda dapat menanyakan alasan mereka resign, dan menawarkan sesuatu untuk mempertahankannya.

Anda dapat mulai dengan pertanyaan “Apakah ada yang dapat kami lakukan agar Anda mengubah niat Anda untuk keluar dari perusahaan ini?” Dengan cara tersebut Anda berkemungkinan untuk mendapatkan informasi yang menjadi akar masalah dari karyawan tersebut, seperti kurangnya gaji, lingkungan kerja yang tidak nyaman, hingga beban job desk yang dirasa terlalu berat.

Contoh Pertanyaan Exit Interview

Berikut ini merupakan contoh pertanyaan exit interview yang dapat Anda gunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Mengapa Anda memutuskan resign?
  2. Dapatkah Anda menjelaskan apa yang tidak anda sukai dari perusahaan ini?
  3. Apakah perusahaan Kami berhasil membantu Anda berkembang?
  4. Bagaimana hubungan Anda dengan rekan kerja dan atasan Anda saat ini?
  5. Dapatkah Anda menceritakan suka dan duka Anda selama bekerja di perusahaan ini?

Demikian artikel mengenai Referensi 7 Pertanyaan Exit Interview Sebagai Sarana Evaluasi Perusahaan. Untuk informasi terkait dengan karir, bisnis, lowongan kerja, hingga merekrut pekerja dengan mudah hanya di MyRobin.ID

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima beres! rekrut hingga penggajian