logo myrobin

Pertanyaan Interview Sales atau Penjualan

Daftar Pertanyaan interview Sales

Contoh pertanyaan interview sales atau penjualan ini bisa membantu Anda mengevaluasi kemampuan para kandidat dan merekrut tenaga penjualan terbaik untuk perusahaan. Disini, kamu sudah mengumpulkan beragam pertanyaan interview penjualan paling umum serta mengkategorikannya berdasarkan tingkat serta posisi senioritas. Termasuk dalam manajer akun dan perwakilan di dalam toko untuk membantu Anda memilih yang paling cocok serta peran terbuka untuk Anda.

Apa Saja yang Mesti Dicari Dalam Kandidat Penjualan?

Tidak seperti profesi lain, seorang tenaga penjual dapat berasal dari berbagai latar belakang akademis dan profesional. Selain itu, penting juga untuk mereka bahwa memiliki soft skill tertentu seringkali tidak terwujud, seperti kemampuan negosiasi dan komunikasi.

Oleh sebab itu, sulit untuk melakukan evaluasi tenaga penjualan hanya berdasarkan resume serta kualifikasi tipikal mereka. Anda mesti bertemu dengan para kandidat, mempelajari minat serta kekuatan profesional mereka.

Selain itu, lihatlah bagaimana tanggapan mereka dalam skenario penjualan yang realistis. Oleh sebab itu, pertanyaan interview penjualan bisa membantu Anda dalam menemukan potensi sejati para kandidat.

Manakah Pertanyaan interview Terbaik untuk Tenaga Penjualan?

Tim penjualan merupakan pilar bagi perusahaan yang ingin meningkatkan profitabilitas mereka. Dari konsultasi penjualan, manajer penjualan regional, eksekutif penjualan, serta perwakilan penjualan lapangan, agen pusat panggilan, dan manajer akun.

Tujuan dari penjualan adalah sama, yaitu untuk mempromosikan produk serta layanan dari perusahaan, memenuhi kuota penjualan, serta mengidentifikasi peluang pasar baru. Jadi, ketika Anda memikirkan pertanyaan interview penjualan apa yang mesti diberikan kepada kandidat, maka pastikan Anda menguji seberapa baik mereka memahami industri Anda serta apakah mereka bisa memiliki mental yang giat dan bekerja keras.

Baca juga :   Sales Manager: Tugas, Skill, Peran, Tipsnya

Terlepas dari tingkat senioritas posisi pekerjaan, pertanyaan interview penjualan yang khas akan membantu Anda dalam mengidentifikasi kandidat melalui sikap berorientasi pelanggan, keterampilan komunikasi yang baik, serta dorongan untuk mencapai tujuan.

Anda juga bisa memperhatikan para kandidat yang mampu bekerja dengan baik dalam lingkungan tim serta bekerjasama dengan orang-orang berbeda.

Ketika Anda memiliki daftar kandidat dengan kualitas inti ini, maka sesuaikan pertanyaan yang dimiliki untuk mengidentifikasi siapa yang cocok dalam pekerjaan spesifik Anda. Contohnya, yaitu:

  • Pertanyaan interview penjualan tingkat pemula harus seputar visi perusahaan serta produk dan layanan yang Anda jual. Dengan cara ini, Anda bisa memilih kandidat yang tepat dan menunjukkan minat besar untuk menjual produk Anda tersebut.
  • Untuk posisi manajemen akun, Anda bisa mengajukan pertanyaan yang memungkinkan kandidat dapat menunjukkan kemampuan negosiasi serta membangun hubungan kerja.
  • Pertanyaan interview penjualan untuk senior harus menguji kepemimpinan kandidat serta kemampuan pengambilan keputusan.
  • Untuk posisi penjualan orang dalam, pertanyaan interview harus berfokus pada pengetahuan teknis serta kemampuan komunikasi.

Bagaimanapun juga, pastikan bahwa Anda bisa mengajukan pertanyaan campuran interview penjualan khusus industri serta perilaku. Sehingga, Anda bisa mengidentifikasi dan mempekerjakan tenaga penjualan yang memiliki pengetahuan memadai untuk menangani tugas-tugas mereka, tetapi juga tertarik pada karir di bidang penjualan.

Daftar Pertanyaan interview Sales

Daftar Pertanyaan interview Sales
Daftar Pertanyaan interview Sales

Pertanyaan Interview Sales Secara Umum

  • Sudahkan Anda bekerja dengan perusahaan A? Apa software CRM lain yang Anda ketahui?
  • Apakah Anda mengetahui analisis pasar? Coba jelaskan apa itu.
  • Tuntun saya untuk melalui proses penjualan yang sukses. Apa peran Anda disini?
  • Informasi apa yang dibutuhkan sebelum berkomunikasi dengan klien?
  • Coba jelaskan situasi dimana Anda gagal mencapai tujuan dari penjualan serta pengalaman apa yang bisa Anda ambil untuk dijadikan pelajaran dalam situasi tersebut?
  • Jelaskan ketika bekerjasama dengan tim Anda untuk mencapai kesepakatan. Apa saja peran Anda dalam proses tersebut?
  • Apa yang lebih penting dari dua hal ini, yaitu mencapai kuota yang diinginkan atau membuat klien puas?
  • Kapan Anda harus berhenti mengejar pelanggan, kenapa harus melakukan hal tersebut?
  • Apa saja tantangan umum yang Anda hadapi dalam posisi ini? Bagaimana Anda dapat menangani mereka?
  • Apa yang menurut Anda paling bermanfaat tentang bekerja di bidang penjualan?
Baca juga :   Sales: Pengertian, Istilah, dan Jenis Pekerjaannya

Untuk Posisi Sales Tingkat Pemula

Di Toko

  • Jelaskan pengalaman Anda dalam bisnis ritel.
  • Bagaimana cara Anda memastikan semua pelanggan puas?
  • Apakah Anda mengenal produk yang kami miliki? Mana produk yang paling Anda sukai untuk dijual dan kenapa mesti produk tersebut?
  • Bagaimana cara menangani pelanggan yang banyak mengeluh karena tidak menemukan produk yang diinginkan di toko Anda?

Call Center / Telesales

  • Apa fleksibilitas dalam bekerja yang dilakukan dalam shift berbeda?
  • Jelaskan ketika Anda berhasil menenangkan klien yang sedang marah.
  • Apa yang mesti dilakukan jika Anda tidak mengetahui jawaban atas pertanyaan pelanggan?
  • Pekerjaan seperti ini bisa dilakukan berulang kali. Bagaimana cara Anda tetap termotivasi dan apa yang Anda harapkan di posisi ini?

Untuk Posisi Manajemen Akun

  • Apabila klien memberitahu Anda bahwa mereka menyukai produk kami, tetapi harganya terlalu mahal, bagaimana cara Anda untuk mengubahnya?
  • Apa kesepakatan yang dibuat dan paling membanggakan bagi Anda, mengapa harus seperti itu?
  • Apa saja rekam jejak dalam mencapai target pendapatan dan tingkat kepuasan pelanggan Anda?
  • Bagaimana cara Anda menemukan klien baru?

Untuk Posisi Penjualan Tingkat Senior, Termasuk Penjualan Orang Dalam

  • Bagaimana cara menangani konflik di dalam tim Anda?
  • Bagaimana cara Anda mendekati perwakilan yang memiliki penjualan buruk?
  • Apa pengalaman yang Anda miliki dalam memperkirakan penjualan? Sebutkan alat maupun perangkat lunak yang bisa digunakan.
  • Jelaskan ketika tim Anda tidak berhasil mencapai kuota penjualan. Apa peran Anda di dalam pengalaman tersebut? Apa yang bisa Anda pelajari, dan apa yang bisa dilakukan secara berbeda untuk putaran kuota penjualan berikutnya?
Artikel terkait
Bagikan artikel ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Saya ingin melamar kerja
Saya ingin mencari kerja
Saya ingin merekrut pekerja
Saya ingin merekrut pekerja
Logo MyRobin

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda