Pertanyaan Wawancara tentang Kepemimpinan

Pertanyaan Wawancara tentang Kepemimpinan

Berikut ini merupakan contoh pertanyaan wawancara tentang kepemimpinan yang bagus untuk diajukan kepada para kandidat. Dengan pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan belajar terkait pengalaman kepemimpinan, kemampuan, serta gaya kepemimpinan.

Mengapa Harus Mengajukan Pertanyaan Wawancara tentang Kepemimpinan Kepada Kandidat?

Pertanyaan Wawancara tentang Kepemimpinan
Pertanyaan Wawancara tentang Kepemimpinan

Ketika Anda membuka lowongan pekerjaan untuk posisi tingkat senior, misalnya pemimpin tim, maka carilah soft skill pada kandidat yang mampu mencerminkan gaya kepemimpinan mereka. Hal ini mencakup kepada:

  • Motivasi: Bagaimana mereka dapat menggunakan feedback dan pengakuan untuk menginspirasi produktivitas.
  • Delegasi: Bagaimana mereka mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan para karyawan untuk memberikan tugas.
  • Komunikasi: Bagaimana mereka bisa mendorong anggota tim untuk mengungkapkan keprihatinan serta gagasan.
  • Integritas: Bagaimana cara mereka menangani informasi yang sifatnya rahasia, mengelola hubungan kerja, serta mengikuti kebijaksanaan perusahaan untuk memberikan contoh yang baik untuk tim yang dipegangnya.

Pemimpin yang baik bisa menambah nilai perusahaan dengan mendorong lingkungan kolaboratif serta mampu menyambut ide-ide baru. Pertanyaan wawancara kepemimpinan dapat membantu perekrut untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas terkait cara kerja kandidat.

Anda bisa menggunakan contoh terkait pekerjaan untuk memahami seperti apa kandidat, yaitu:

  • Mengelola atau bekerjasama dalam tim untuk mencapai suatu tujuan.
  • Memotivasi bawahan atau rekan kerja.
  • Menghadapi tantangan serta masalah yang ada di dalam tim.
  • Mampu membuat keputusan.

Pertanyaan wawancara ini juga bisa mengungkapkan potensi kepemimpinan kandidat,  bahkan ketika mereka diwawancarai untuk peran tingkat pemula. Karyawan yang memiliki kemampuan serta pengalaman kepemimpinan, cenderung bisa menunjukkan komitmen terhadap pekerjaan yang mereka miliki dan mampu mengatasi segala macam hambatan secara tepat waktu.

Contoh pertanyaan wawancara kepemimpinan ini bisa membantu Anda mengidentifikasi apakah kandidat memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

Contoh Pertanyaan Wawancara Kepemimpinan yang Bisa Diajukan Kepada Kandidat

  • Ceritakan saat Anda berjuang dengan menyeimbangkan diri bersama jadwal kerja. Apakah Anda bisa memberi solusi atas masalah yang dimiliki? Bagaimana cara Anda melakukannya?
  • Ceritakan ketika Anda menjadi pemimpin dalam suatu proyek tim. Apa hasil dari proyek yang dilakukan tersebut?
  • Ceritakan ketika Anda memiliki ide yang mampu meningkatkan perusahaan hanya dalam beberapa cara. Bagaimana Anda memastikan hal itu bisa diterapkan dengan baik?
  • Apabila ada dua karyawan yang keluar dari tim Anda sebelum tenggat waktu dalam proyek besar, bagaimana cara Anda mengubah gaya kepemimpinan agar mampu memenuhi deadline?
  • Bagaimana cara memantau kinerja anggota tim?
  • Dengan cara spesifik apa Anda bisa memberikan motivasi kepada anggota tim?
  • Bagaimana cara membuat keputusan terkait kompensasi anggota tim?
  • Bagaimana cara Anda menggambarkan gaya kepemimpinan sendiri?

Tips Menilai Kemampuan Kepemimpinan dalam Wawancara

  • Biasanya, seluruh kandidat akan mengklaim bahwa mereka memiliki keterampilan komunikasi serta motivasi yang baik. Pertanyaan wawancara terkait perilaku dan situasional akan membantu Anda untuk mengidentifikasi bagaimana mereka menggunakan keterampilan itu saat berhubungan dengan pekerjaan.
  • Kepemimpinan bukan hanya tentang pengetahuan semata. Tetapi, seorang pemimpin yang baik harus bisa berbagi nilai-nilai perusahaan dan berkontribusi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, pilihlah kandidat yang memiliki cita-cita untuk dapat tumbuh dan tertarik dalam mengembangkan karir mereka.
  • Pemimpin tim biasanya terlibat dalam proses perekrutan serta pelatihan para anggota baru. Anda bisa mengajukan pertanyaan wawancara untuk mengukur keakraban mereka melalui prosedur ini.
  • Seorang pemimpin yang baik biasanya selalu bekerja keras saat berada di masa sulit. Anda bisa menggunakan contoh kepemimpinan terkait pekerjaan agar mampu mengidentifikasi bagaimana tanggapan kandidat terhadap tantangan saat mendekati keputusan yang sulit.
  • Ajukan pertanyaan kepemimpinan yang mampu mengungkapkan kreativitas kandidat. Karyawan yang bisa membuat keputusan cepat saat segalanya tidak berjalan sesuai rencana, maka sangat dibutuhkan dan penting untuk perusahaan tersebut.

Hal-hal yang Perlu Anda Ingat

Negatif

Bagi mereka yang berada di posisi kepemimpinan, penting sekali untuk menciptakan suatu lingkungan yang positif. Kandidat yang fokus pada hal negatif atau kurang energi hanya akan membuat anggota tim lainnya mudah terpengaruh.

Jawaban yang Tidak Jujur

Jika Anda menemukan ketidakakuratan dalam jawaban yang diberikan oleh kandidat,  maka hal itu menunjukkan bahwa mereka masih kurang profesional. Pemimpin biasanya akan memainkan peran strategis dalam suatu perusahaan. Jadi, Anda bisa mencari karyawan yang jujur, beretika serta tidak ragu dalam mengakui kesalahan.

Masih Kaku

Kandidat kepemimpinan yang berpengalaman mungkin sudah terbiasa dengan cara kerja tertentu. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, calon kandidat harus bersemangat untuk menyesuaikan diri mereka dengan keadaan yang berbeda dari sebelumnya.

Angkuh

Saat menjadi pemimpin tim, Anda tidak akan mendapatkan izin untuk menjadi seseorang yang suka memerintah orang lain. Pemimpin yang efektif sudah pasti mengetahui kapan harus mengikuti saran orang lain dan menghargai beragam kontribusi dari orang lain.

Menyalahkan Orang Lain atau Membuat Alasan Tertentu

Karyawan yang ada pada posisi kepemimpinan yang tidak bertanggung jawab atas tindakannya beresiko merusak keseimbangan di dalam tim. Oleh karena itu, Anda harus mencari kandidat yang bisa dipercaya dan fokus kepada solusi daripada masalahnya sendiri.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian