Cara Membuat CV ATS Friendly Terbaik dan Lengkap

ATS atau Applicant Tracking System yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti sebagai Sistem Pelacakan Pelamar. Sistem ATS merupakan suatu aplikasi atau software yang dapat membantu perusahaan.
CV ATS Friendly
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Saat ini, banyak perusahaan yang meminta pelamar kerja untuk menggunakan CV ATS Friendly supaya proses recruiter dapat berjalan dengan optimal. Tentunya, hal ini akan memudahkan perusahaan dalam menyeleksi ribuan pelamar kerja hanya dalam waktu singkat.

Namun, bagi pelamar yang belum mengetahui terkait CV ATS, maka wajib untuk mencari tahu terlebih dahulu. Berikut ini terdapat penjelasan mengenai CV ATS Friendly beserta cara membuatnya dengan tepat dan lengkap.

Baca juga artikel tentang Apa Itu Curriculum Vitae? Pengertian dan Manfaat CV

Apa Itu ATS?

ATS atau Applicant Tracking System yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti sebagai Sistem Pelacakan Pelamar. Sistem ATS merupakan suatu aplikasi atau software yang dapat membantu perusahaan. Terutama dalam mempercepat proses seleksi kandidat yang akan masuk ke dalam perusahaan bersangkutan.

Sistem Pelacakan Pelamar ini dapat membantu proses kegiatan perekrutan secara menyeluruh. Mulai dari postingan lamaran kerja secara online sampai tahap memberikan penawaran kerja.

Sistem ATS mampu mengolah data secara praktis dengan ketentuan yang sudah terkonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan.

Manfaat Menggunakan ATS untuk Perusahaan Saat Proses Perekrutan

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan perusahaan saat menggunakan sistem ATS, yaitu:

Mempercepat Proses Perekrutan

Dalam sistem ATS, terdapat Artificial Intelligence (AI) yang merupakan kecerdasan buatan untuk mencocokkan kriteria semantik, penguraian efektif dan pencarian secara cerdas. Hal ini membuat ATS dapat menilai apakah CV yang Anda buat sesuai dengan kriteria lowongan atau tidak.

ATS dapat menyeleksi setiap CV masuk hanya dalam waktu milidetik tanpa terpengaruh seberapa banyak database kandidat yang masuk. Sehingga, dalam waktu beberapa detik saja, recruiter bisa memiliki daftar lengkap para kandidat yang sudah ATS sarankan.

Biaya Lebih Rendah untuk Proses Perekrutannya

Penggunaan ATS memungkinkan perusahaan dapat mengurangi pekerjaan manual dari tim perekrutan. Sehingga, ATS menjadi alat all in one yang lebih ekonomis.

Baca juga :   3 Contoh Lamaran Kerja Profesional & Contoh CV Yang Benar

Eksistensi Jauh Lebih Menonjol

ATS memiliki fitur utama, yaitu platform pencarian kerja beragam. Ketersediaan software yang ada di media sosial membuat perusahaan memperoleh keuntungan, sehingga bisa menjadi lebih eksis.

Pasalnya, kandidat sendiri selalu mencari lowongan pekerjaan melalui media sosial. Sehingga, sistem ATS memiliki fitur supaya dapat terintegrasi dengan beragam media sosial, seperti Facebook, LinkedIn dan lainnya.

Siapa Saja yang Berhak Menggunakan ATS?

Anda pasti penasaran siapa saja yang dapat menggunakan sistem ATS ini, bukan? Oleh sebab itu, simak informasinya berikut.

HRD atau Bagian SDM Perusahaan

SDM pada suatu perusahaan pasti menggunakan sistem ATS untuk melakukan pelacakan pelamar, supaya mendapatkan kandidat terbaik. Pasalnya, mencari talenta yang tepat dengan keinginan perusahaan sangat sulit ditemukan.

Sehingga, divisi SDM mesti beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada, yaitu sistem ATS. Melalui ATS, pihak HRD dapat menemukan SDM yang tepat, evaluasi kinerja, menilai potensi, membuat penawaran hingga proses akhir, yaitu perekrutan.

Agensi Kepegawaian

Banyak agensi yang kesulitan menemukan pelamar kerja yang tepat. Namun, melalui sistem ATS, agensi dapat memilah secara tepat kandidat yang akan diterima bekerja.

Proses penyaringan para pelamar secara otomatis, tentu dapat menghemat waktu yang ada. Selain itu, perusahaan juga dapat mengurangi penggunaan kertas serta memulai dengan penggunaan software.

Bagaimana Ciri-ciri CV ATS Friendly?

Bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan ke perusahaan besar, pastikan untuk menggunakan CV ATS Friendly. Sebelum itu, Anda harus tahu terlebih dahulu ciri-ciri dari CV ATS Friendly, yaitu:

Penggunaan Jenis dan Ukuran Huruf

Ciri CV ATS Friendly adalah penggunaan jenis serta hurufnya standar alias tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Bahasa yang Digunakan

Ciri CV ATS Friendly berikutnya adalah penggunaan bahasa yang digunakan rata-rata adalah bahasa Inggris. Pasalnya, penggunaan bahasa Inggris membuat CV lebih mudah teridentifikasi.

Meskipun begitu, Anda tetap bisa menggunakan template CV ATS Friendly bahasa Indonesia, jika tidak terlalu mahir bahasa Inggris. Selain itu, Anda juga bisa membuat CV dengan bantuan kamus, translator online dan lainnya.

Kata Kunci yang Tepat

Kata kunci yang Anda sisipkan dalam CV ATS Friendly harus sesuai dengan posisi yang akan Anda lamar. Bagian ini merupakan ciri utama sebuah CV dengan sistem ATS Friendly, sehingga CV Anda akan masuk ke dalam daftar kandidat yang melamar pekerjaan pada posisi tersebut.

Desain Sederhana

Ciri CV ATS Friendly berikutnya adalah memiliki tampilan desain yang sederhana, tanpa logo, tanpa foto dan tidak menggunakan warna mencolok.

Mengapa CV yang ATS Friendly Sangat Penting?

Saat Anda melamar pekerjaan ke perusahaan besar, maka yang pertama kali melihat dan menentukan Anda lolos pada tahap screening bukanlah HRD, melainkan mesin ATS. Sehingga, penting sekali untuk Anda membuat CV yang ATS Friendly supaya CV bisa lolos ke tahap berikutnya.

Cara Membuat CV ATS Friendly Secara Lengkap dan Mudah Dipahami

Bagi Anda yang akan membuat CV ATS Friendly, maka bisa ikuti cara-caranya berikut ini.

Baca juga :   Macam-Macam Outsourcing dan Manfaatnya

Jangan Gunakan Desain CV ATS Friendly yang Mencolok

Perlu Anda ketahui bahwa sistem ATS hanya peduli dengan data yang diterimanya saja. Saat Anda menggunakan desain CV ATS Friendly yang mencolok, hal ini hanya akan menghalangi sistem untuk memproses serta membaca isi penting dalam CV.

Walaupun desain CV yang cantik dapat memanjakan mata, namun sistem ATS Friendly hanya menyukai desain yang polos serta rapi. Semakin CV Anda membosankan dan kaku, maka sistem ATS akan semakin mudah untuk membacanya.

Pilih Layout CV ATS Friendly yang Sederhana

Supaya CV milik Anda lolos standar ATS Friendly, maka usahakan layout yang Anda gunakan rapi serta sistematis dengan desain minim.

Dalam hal ini, ada beberapa hal yang mesti Anda hindari saat membuat CV ATS Friendly, yaitu:

  • Grafik, gambar atau tabel
  • Text box
  • Font tidak umum atau terlalu kecil (kurang dari 11 pt).

Pastikan Melamar Satu Posisi Pada Perusahaan Sama

Tugas dari sistem ATS adalah merangkum semua data yang masuk. Saat CV Anda lolos standar ATS Friendly, petugas HRD tetap akan memeriksa semua data yang diberikan sistem. Jika Anda melamar ke semua posisi dalam satu perusahaan, maka pihak HRD akan menemukan CV milik Anda tersebut.

Tentu saja, hal ini membuat pihak recruiter berpikir bahwa Anda kurang minat atau tidak fokus kepada satu posisi pekerjaan.

Gunakan Kata Kunci dalam CV ATS Friendly

Sistem ATS akan menyaring para pelamar dengan mencari kata kunci tertentu. Hal ini membuat kata kunci yang relevan pada CV ATS Friendly dapat menarik perhatian sistem, sehingga Anda akan memperoleh skor yang lebih tinggi.

Misalnya, saat mencari CV untuk posisi staff administrasi, mesin ATS akan mencari kata kunci “Pembukuan”, “Teliti”, “Microsoft Word” serta lainnya pada CV Anda.

Dengan kata lain, apabila Anda memasukkan kata kunci tersebut, maka mesin ATS akan mudah dalam menemukan CV Anda serta memberikan skor lebih tinggi nantinya.

Ada beberapa tips untuk memasukkan kata kunci pada CV ATS Friendly, yaitu:

  • Masukkan kata kunci relevan atau tertera pada deskripsi pekerjaan
  • Jangan memasukkan singkatan sebuah kata saja, tetapi masukkan juga kepanjangannya. Misalnya, MS Word dan Microsoft Word.

Gunakan Simbol Angka atau Poin dalam CV ATS Friendly

CV ATS Friendly sangat menyukai tampilan yang rapi, sederhana dan sistematis. Saat Anda menggunakan simbol poin (bullet) maupun angka (numberings), maka CV akan mudah dibaca oleh sistem ATS.

Simpan CV ATS Friendly Pada File yang Tepat

Jangan sampai Anda menggunakan tipe file seperti PNG, JPEG maupun JPG. Pasalnya, sistem tidak dapat membaca tulisan dalam bentuk foto. Lebih baik, Anda menggunakan template CV ATS-friendly dengan format word maupun PDF. Sehingga, sistem dapat membaca isi CV secara jelas.

Gunakan Format CV ATS Friendly yang Benar

Anda harus bisa membedakan format CV biasa dengan CV ATS Friendly. Dimana CV ATS harus bisa mudah dibaca oleh manusia maupun mesin.

Seperti halnya manusia, mesin juga membaca CV mulai dari kiri ke kanan serta dari atas ke bawah. Sehingga, usahakan tata letak penulisan profil pribadi dapat dimulai dari kiri atas dan diikuti oleh bagian lain ke bawahnya.

Baca juga :   Kemudahan Bekerja dengan Pekerja Lepas Bagi Bisnis Anda

Jangan menggunakan hiasan-hiasan atau desain berlebihan dan tetap mengutamakan kerapian serta kesederhanaan dalam tampilan CV.

Aplikasi untuk CV ATS Friendly Maker

Saat ini, ada banyak aplikasi maupun website pembuat CV ATS Friendly secara online dan gratis. Tentunya, CV ATS Friendly yang tersedia sudah lengkap dengan template unik, kreatif serta menarik secara free.

Tak hanya itu, CV ATS yang tersedia bisa Anda download ke dalam format PDF dan dibagikan secara online melalui link.

Nah, bagi Anda yang penasaran cara buat CV ATS Friendly melalui aplikasi atau website online penyedia CV, maka bisa ikuti langkah-langkahnya berikut.

Pilih CV ATS Friendly Template Free

Dalam aplikasi atau situs pembuat CV ATS Friendly, Anda dapat memilih template yang unik dan menarik secara gratis. Pilih salah satu format atau template CV ATS sesuai keinginan Anda. Pastikan bahwa desain CV sederhana dan tidak memiliki desain yang berlebihan, ya.

Drag dan Drop Layout serta Modifikasi CV

Apabila Anda tidak puas dengan template CV ATS Friendly yang sudah ada, maka bisa melakukan custom CV milik sendiri. Caranya dengan menarik serta menaruh layout dari pilihan yang Anda inginkan.

Download Template CV ATS Friendly Format PDF

Apabila Anda sudah melengkapi template CV ATS Friendly, maka bisa memeriksanya kembali dari awal sampai akhir. Jika semua data sudah terisi dengan tepat, maka saatnya untuk download CV ATS-friendly menggunakan format PDF.

Setelah berhasil terunduh, maka template CV ATS Friendly milik Anda sudah bisa digunakan untuk melamar ke berbagai perusahaan sesuai dengan posisi yang Anda cari.

Contoh CV ATS Friendly

Bagi Anda yang penasaran dengan contoh CV ATS Friendly, maka bisa simak informasinya berikut ini.

Contoh CV ATS Friendly untuk Fresh Graduate dalam Bahasa Indonesia

Berikut ini merupakan contoh CV ATS Friendly untuk fresh graduate dalam bahasa Indonesia, yaitu:

Contoh CV ATS Friendly Mahasiswa Bahasa Indonesia

Selain CV ATS Friendly untuk fresh graduate, berikut ini merupakan contoh template CV ATS Friendly untuk mahasiswa dengan bahasa Indonesia, yaitu:

Contoh template CV ATS Friendly bahasa Indonesia di atas dapat menjadi acuan bagi Anda yang ingin membuat CV sesuai format standar ATS Friendly. Dengan format tersebut, CV Anda akan mudah terbaca oleh sistem ATS, sehingga memiliki skor tinggi dan masuk ke dalam daftar kandidat yang dipilih oleh perusahaan.

Demikian informasi seputar cara membuat CV ATS Friendly lengkap dengan template terbaiknya. Kini, Anda sudah mengetahui CV yang sesuai ATS-friendly dan bisa membuatnya sekarang juga secara cepat. Sebab, Anda hanya perlu download template CV ATS Friendly secara gratis, selalu melengkapinya sesuai dengan kebutuhan. Kalau sudah berhasil, maka Anda dapat langsung melamar pekerjaan pada bidang atau posisi yang Anda inginkan.

Saya ingin melamar kerja

Saya ingin melamar kerja

Saya ingin merekrut pekerja

Saya ingin merekrut pekerja

Bagikan artikel ini:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel lainnya

Saya ingin melamar kerja
Saya ingin mencari kerja
Saya ingin merekrut pekerja
Saya ingin merekrut pekerja
Logo MyRobin

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda