New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Lead Time Manufacturing: Kunci Efektivitas Industri Manufaktur

Lead Time Manufacturing

Dalam industri manufaktur, lead time adalah waktu yang dibutuhkan untuk membuat produk, mulai dari awal hingga sampai ke tangan konsumen. Lead time dimulai dari pengadaan bahan baku, produksi, hingga pengiriman.

Lead time dapat bervariasi karena tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis produk, kompleksitas produk, dan kapasitas produksi. Lead time yang singkat lebih baik daripada lead time yang lama, karena dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Nah dalam artikel ini MyRobin akan membahas lebih dalam mengenai lead time, seperti tips atau metode untuk mengurangi lead time, dan juga contoh penerapannya. Simak selengkapnya disini!

Cara Menghitung Lead Time

Lead time dapat dipecah menjadi beberapa komponen yang berbeda, yaitu waktu pra-pemrosesan, waktu pemrosesan, dan waktu pasca-pemrosesan. Rumus umum untuk menghitung lead time adalah:

Lead Time = Waktu Pra-Pemrosesan + Waktu Pemrosesan + Waktu Pasca-Pemrosesan

Untuk perusahaan manufaktur, waktu pra-pemrosesan adalah tahap pengadaan di mana bahan baku diperoleh dan diantarkan ke markas manufaktur atau pabrik pemrosesan. Waktu pemrosesan adalah tahap manufaktur itu sendiri. Waktu pasca-pemrosesan adalah tahap pemrosesan pesanan dan pengiriman produk akhir kepada pelanggan.

Lead Time untuk Perusahaan Manufaktur = Waktu Pengadaan (untuk bahan baku) + Waktu Manufaktur + Waktu Pengiriman

Misalkan ada sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi furniture. Untuk menghitung lead time perusahaan tersebut, perusahaan perlu memperhatikan tiga komponen utama:

Waktu Pra-Pemrosesan: Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan bahan baku seperti kayu dan bahan lainnya. Misalnya, ini mungkin memerlukan 2 minggu.

Waktu Pemrosesan: Waktu yang diperlukan untuk memproduksi furniture tersebut mungkin memerlukan 3 minggu.

Waktu Pasca-Pemrosesan: Waktu yang dibutuhkan untuk memproses pesanan dan mengirimkan produk furnitur kepada pelanggan, seperti pengemasan dan pengiriman mungkin memakan waktu 1 minggu.

Maka, Lead Time untuk perusahaan manufaktur tersebut adalah:

Lead Time = 2 minggu (Waktu Pra-Pemrosesan) + 3 minggu (Waktu Pemrosesan) + 1 minggu (Waktu Pasca-Pemrosesan) = 6 minggu.

Mengapa Semakin Singkat Lead Time Semakin Baik?

Waktu pemrosesan yang singkat sangat penting karena dapat berdampak pada aspek keuangan, emosional, dan operasional suatu perusahaan serta hubungannya dengan pelanggan.

Berikut adalah alasan mengapa semakin singkat waktu lead time, maka akan semakin baik bagi industri manufaktur.

Membuat Pelanggan Lebih Bahagia

Pada dasarnya, waktu pemrosesan adalah konsep untuk mengantarkan produk kepada pelanggan dengan secepat mungkin. Setelah pelanggan melakukan pemesanan, mereka biasanya tidak ingin menunggu terlalu lama.

Ketika waktu pemrosesan cenderung singkat, pelanggan akan mendapatkan produknya lebih cepat, dan kemungkinan besar pelanggan akan lebih puas dengan pengalaman belanja mereka.

Dapat Mengurangi Risiko Barang Usang

Barang dengan waktu pemrosesan yang lama berisiko menjadi usang pada saat mereka selesai diproduksi.

Ketika produk memiliki jendela waktu produksi yang singkat, perusahaan menghadapi risiko lebih kecil bahwa produk tersebut tidak lagi diminati oleh pasar pada saat selesai.

Dapat Mengurangi Biaya Tenaga Kerja

Jika perusahaan memprioritaskan peninjauan proses manufaktur internalnya, mereka dapat menghilangkan ketidakefisienan dan mengurangi jam kerja yang tidak perlu.

Hal ini akan menyebabkan biaya yang dibutuhkan menjadi lebih rendah, dan penggunaan tenaga kerja yang lebih efisien.

Dapat Menghasilkan Lebih Banyak Pesanan

Jika calon pelanggan menyadari bahwa suatu perusahaan memiliki waktu pemrosesan yang lebih singkat, perusahaan tersebut mungkin mendapatkan lebih banyak pesanan, terutama jika permintaan atas produknya tinggi.

Jika semua faktor lainnya sama, dan dua perusahaan memiliki produk serupa, pelanggan mungkin lebih cenderung memilih perusahaan yang dapat menyediakan produk lebih cepat.

Dapat Mengoptimalkan Pemanfaatan Modal

Ketika uang terikat dalam bahan baku, uang tersebut harus menunggu untuk diproses menjadi produk jadi dan dijual sebelum bisa kembali menjadi uang tunai.

Semakin lama proses ini berlangsung, semakin lama perusahaan tanpa modal yang bisa digunakan untuk memperluas operasi atau tumbuh secara strategis.

Jenis-Jenis Lead Time

Terdapat tiga jenis lead time yang perlu dipertimbangkan untuk menetapkan ekspektasi keseluruhan dalam proses manufaktur.

Ketiga jenis lead time ini sering diakumulasikan menjadi jenis keempat yang disebut sebagai waktu pemrosesan terakumulasi. Untuk lebih detailnya simak penjelasannya di bawah ini:

Waktu Pemrosesan Pelanggan

Lead time ini adalah waktu yang berlangsung dari saat pelanggan memesan produk hingga saat pelanggan menerimanya.

Waktu ini mencakup proses pemesanan online, konfirmasi pemesanan oleh perusahaan, serta keseluruhan proses manufaktur, pengiriman, dan pengantaran produk ke tempat pelanggan.

Waktu Pemrosesan Material

Lead time ini adalah waktu di saat perusahaan menyadari kebutuhan akan bahan baku hingga bahan-bahan tersebut benar-benar diterima.

Waktu ini dipengaruhi oleh pesanan, pengiriman, pengantaran, dan pemenuhan oleh pemasok.

Waktu Pemrosesan Produksi

Setelah bahan diterima, waktu pemrosesan produksi dimulai. Waktu ini adalah periode antara saat perusahaan memiliki semua sumber daya yang diperlukan untuk memproduksi produk hingga proses manufaktur selesai.

Berbeda dari jenis waktu pemrosesan lainnya, waktu ini sepenuhnya dapat dikelola secara internal dan bergantung pada faktor-faktor internal seperti pemborosan, tenaga kerja, efisiensi peralatan, ketersediaan peralatan pelindung diri, dan waktu henti mesin.

Waktu Pemrosesan Terakumulasi

Waktu pemrosesan di atas dapat dijumlahkan untuk menciptakan jenis keempat, yaitu waktu pemrosesan yang terakumulasi.

Perusahaan mungkin ingin melacak berbagai waktu pemrosesan yang terakumulasi, seperti waktu pemrosesan internal, yang mencakup periode dari pengadaan bahan baku hingga produksi produk akhir.

Cara Mengurangi Lead Time

Meskipun seluruh proses manufaktur dan distribusinya sangat kompleks dan banyak tahapan, perusahaan dapat mengambil tindakan untuk mengurangi waktu pemrosesan dan memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk setiap prosesnya. Simak cara mengurangi lead time berikut ini:

Hapus Proses yang Tidak Perlu

Cara termudah untuk memotong waktu pemrosesan adalah dengan menghilangkan langkah atau prosedur yang tidak diperlukan untuk memudahkan penjualan. Mungkin juga Anda perlu mengorbankan banyak tinjauan kontrol kualitas atau menilai efisiensi proses manufaktur.

Pantau Metode Transportasi

Dalam suatu waktu, beberapa metode transportasi dapat lebih baik dari metode yang lain. Namun semua ini tidak abadi.

Suatu hal yang mungkin ideal pada bulan ini mungkin harus berubah karena keadaan yang tak terduga seperti kekurangan tenaga kerja, bencana alam, atau peraturan pemerintah.

Perusahaan harus selalu memantau metode pengiriman yang digunakan olehnya dan juga pemasoknya, serta melihat apakah ada metode yang lebih baik yang tersedia.

Berikan Insentif untuk Layanan yang Lebih Baik

Dengan memberikan insentif kepada pihak eksternal seperti vendor atau pihak internal seperti karyawan, waktu pemrosesan dapat dikurangi dengan menetapkan target/harapan dan memberikan penghargaan kepada mereka yang mencapai target tersebut.

Hal ini dapat mengakibatkan biaya tambahan bagi perusahaan, namun peningkatan potensial dalam jumlah penjualan mungkin dapat mengimbangi pembayaran insentif atau bonus yang diperlukan untuk memindahkan produk lebih cepat.

Pengadaan dengan Cara yang Berbeda

Beberapa pemasok bertindak lebih cepat daripada yang lain; beberapa pemasok mungkin juga berlokasi lokal dan memerlukan ekspektasi pengiriman yang lebih singkat.

Ketika mencoba mengurangi waktu pemrosesan, perusahaan harus mengevaluasi pemasok-pemasoknya saat ini dan melihat di mana efisiensi yang bisa diperoleh.

Simpan Persediaan yang Lebih Banyak

Di satu sisi, menyimpan lebih banyak persediaan menghasilkan biaya penyimpanan, keamanan, dan asuransi yang lebih tinggi dan memiliki risiko pencurian atau barang usang yang lebih besar.

Pesan Lebih Sering

Jika Anda tidak ingin menyimpan lebih banyak persediaan, pertimbangkan untuk melakukan pesanan bahan yang lebih sering.

Hal ini bisa mengakibatkan bahan-bahan sudah dalam perjalanan sebelum Anda menyadari bahwa Anda akan memerlukannya.

Meskipun Anda berisiko memiliki terlalu banyak persediaan, solusi alternatifnya adalah merencanakan tingkat persediaan berlebih secara preventif.

Promosikan Pembelajaran Internal.

Proses manufaktur internal hanya efisien jika pekerja memahami proses tersebut. Dengan memprioritaskan pelatihan lintas dan kesempatan belajar, perusahaan mungkin memiliki tenaga kerja yang lebih kuat dengan staf yang lebih berpengetahuan dan terampil tentang proses tersebut.

Gunakan Outsourcing

Outsourcing dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan lead time manufaktur. Dengan outsourcing, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, kapasitas produksi, dan fleksibilitas produksi. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan lebih cepat dan efisien.

MyRobin merupakan perusahaan outsourcing dan BPO on-demand yang dapat menyalurkan pekerja dari berbagai bidang dan profesi secara end-to-end sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan dukungan teknologi dan jaringan talent pool yang luas, serta tim rekruter yang mumpuni. MyRobin dapat membantu menyederhanakan proses staffing Anda, mulai dari absensi, manajemen kontrak, hingga payroll. Sehingga Anda dapat lebih fokus pada inti bisnis, dan mengoptimalkan lead time. Tunggu apa lagi? Hubungi MyRobin sekarang!

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Lead Time

Dalam menganalisis rumus waktu pemrosesan untuk perusahaan manufaktur, faktor-faktor yang mempengaruhi waktu pemrosesan dapat dibagi menjadi tiga kategori: faktor-faktor pengadaan, faktor-faktor manufaktur, dan faktor-faktor pengiriman.

Faktor-Faktor Waktu Pemrosesan Pengadaan

Faktor-faktor waktu pemrosesan pengadaan berkaitan dengan pengadaan bahan baku untuk produksi.

Perusahaan yang sudah mapan dengan hubungan yang kuat bersama pemasok mungkin kurang terpengaruh oleh faktor-faktor ini.

Namun, ketika bergantung pada perusahaan eksternal, selalu ada risiko bahwa waktu pemrosesan terganggu akibat kegagalan eksternal dalam pengiriman.

Faktor-faktor waktu pemrosesan pengadaan yang dapat meningkatkan waktu pemrosesan meliputi:

  • Perusahaan belum tahu bahan baku apa yang dibutuhkan.
  • Perusahaan lambat dalam mengajukan permintaan pembelian.
  • Perusahaan tidak memiliki pemasok yang dipilih untuk bahan baku tertentu.
  • Perusahaan ingin negosiasi harga atau syarat pembelian.
  • Perusahaan memiliki proses pemeriksaan yang rumit untuk barang yang diterima.

Faktor-Faktor Waktu Pemrosesan Manufaktur

Faktor-faktor waktu pemrosesan manufaktur sebagian besar dapat dikendalikan oleh perusahaan.

Tahap internal dalam proses penjualan ini berarti perusahaan dapat mengubah proses, personil, atau peralatan untuk memperbaiki atau memperburuk waktu pemrosesan.

Berbeda dengan dua faktor waktu pemrosesan lainnya, perusahaan seharusnya memiliki kendali penuh atas faktor-faktor waktu pemrosesan manufaktur.

Faktor-faktor ini yang dapat mengakibatkan waktu pemrosesan yang lebih lama meliputi:

  • Tata letak atau lokasi pabrik pengolahan yang tidak efisien.
  • Perusahaan memiliki pasokan daya atau layanan utilitas yang tidak memadai.
  • Perusahaan kesulitan memiliki tenaga kerja yang memadai dan terampil.
  • Perusahaan tidak mampu mengalihkan produk jadi ke gudang untuk distribusi dengan efisien.
  • Perusahaan menghadapi regulasi pemerintah yang menghambat atau memperlambat proses manufaktur.
  • Kegagalan peralatan atau perawatan berkala yang diperlukan memperlambat proses produksi.
  • Perusahaan harus mengulang produk karena kurangnya kualitas.

Faktor-Faktor Waktu Pemrosesan Pengiriman

Ketika produk jadi dikirim kepada pelanggan, banyak faktor berada di luar kendali perusahaan. Meskipun perusahaan dapat mengontrol seberapa cepat suatu item keluar dari jalur produksi dan dikirim melalui alat pengiriman, perusahaan sering kali bergantung pada metode pengiriman yang mereka pilih.

Faktor-faktor ini meliputi:

  • Perusahaan memilih metode pengiriman yang lebih lambat namun lebih hemat biaya.
  • Kondisi alam atau cuaca menghambat proses pengiriman.
  • Perusahaan gagal mengumpulkan informasi pembayaran yang akurat dan harus mengalihkan pengiriman secara tidak efisien.
  • Perusahaan salah dalam penanganan pengiriman dan harus mempersiapkan pengiriman yang lebih aman dan terjamin.
  • Faktor eksternal seperti gangguan dalam manajemen rantai pasokan menyebabkan masalah transportasi secara umum.

Demikian artikel mengenai lead time manufacturing. Simak artikel menarik la

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian