Pengertian, Kelebihan, Hingga Tips Bekerja Di Coworking Space yang Perlu Kamu Tau!

Coworking Space

Semenjak adanya sistem kerja dari rumah atau work from home membuat seseorang dapat bekerja dimana saja dan kapan saja. Sehingga, ketika mereka merasa bosan di rumah mereka akan mencari tempat lain untuk bekerja. Salah satu tempat yang sering dituju para pekerja saat tidak bekerja di kantor adalah coworking space. 

Coworking space ini menjadi tempat yang paling cocok bagi pekerja yang ingin meeting atau bekerja dengan suasana yang kondusif dan tenang. Namun sebenarnya apa sih coworking space itu? Mengapa saat ini banyak perusahaan, cafe, atau coffee shop yang menyediakan layanan coworking space? Daripada penasaran, yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Coworking Space?

Coworking space merupakan sebuah tempat bekerja dimana banyak individu dari berbagai kalangan pekerja atau perusahaan yang menempatinya untuk bekerja maupun berdiskusi. 

Sebenarnya coworking space tidak hanya untuk perorangan saja, namun terkadang ada startup yang menyewa coworking space untuk dijadikan tempat kerja mereka dalam jangka waktu yang panjang. Sebab, mereka hanya beranggotakan sedikit pekerja dan membutuhkan tempat yang kecil untuk bekerja.

Desain coworking space sendiri mengusung tema open space atau transparency. Dengan kata lain tidak ada sekat yang memisahkan meja maupun tempat mereka bekerja. Hal ini tentu dapat membuat setiap pekerja di dalamnya menjadi lebih mudah untuk berinteraksi, aktif berkolaborasi, dan meningkatkan produktivitas.

Coworking space ini biasanya disediakan oleh pihak penyedia seperti perusahaan coworking dalam tiga macam yaitu ruangan khusus perusahaan/startup, ruangan meeting yang disewakan untuk umum, dan common room yang dapat digunakan secara bebas dengan membayar sewa harian.

Namun sekarang sudah banyak cafe atau coffee shop yang juga menyediakan layanan coworking space untuk umum baik perorangan maupun kelompok. Selain dapat bekerja di ruangan yang nyaman, para pengguna coworking space juga dapat memesan menu makanan dan minuman yang ada di cafe atau coffee shop tersebut.

Fasilitas yang kamu dapatkan dari coworking space berbeda-beda. Akan tetapi sebagian besar coworking space pasti menyediakan ruangan kedap udara, AC, papan tulis, proyektor, Wi-Fi, toilet, hingga mushola. Jadi kamu sudah tidak perlu khawatir untuk membayar internet, memperkerjakan cleaning service, atau menyediakan pantry.

Kelebihan Bekerja Di Coworking Space

Ada beberapa benefit yang bisa kamu dapatkan dengan bekerja di coworking space lho. Berikut adalah kelebihannya:

  1. Fleksibilitas

Salah satu alasan mengapa seseorang bekerja di coworking space adalah karena mereka bisa lebih fleksibel. Kamu bisa bebas memilih tempat duduk dan datang kapanpun. Sebab saat ini sudah banyak coworking space yang buka 24 jam sehingga kamu bisa menentukan kapan akan datang ke tempat kerja.

Tidak hanya itu saja, harga sewa untuk coworking space terbilang cukup murah. Jadi, kamu bisa menempati ruangan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. 

  1. Meningkatkan produktivitas

Jika kamu merasa kurang semangat dalam bekerja, cobalah untuk mengubah suasana kerja dengan bekerja di coworking space. Berkumpul dengan orang-orang yang serius dan fokus bekerja dalam satu ruangan yang sama akan membuat kamu menjadi lebih bersemangat untuk bekerja. Secara tidak langsung mereka memberikan kamu energi positif untuk mengerjakan tugas.

Dengan suasana yang begitu tenang dan kondusif akan membuat kamu fokus kembali untuk bekerja. Sehingga produktivitas pun akan semakin meningkat. 

  1. Memperluas networking

Orang-orang yang bekerja di coworking space rata-rata mempunyai latar belakang pekerjaan yang berbeda dengan kamu. Tidak menutup kemungkinan kamu bisa berkesempatan untuk bekerja sama dengan mereka. Kamu juga bisa mendapatkan perspektif yang baru dan berbeda dari mereka untuk permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Terkadang mempunyai koneksi di bidang yang berbeda tentu akan memberikan peluang yang lebih besar. Kamu bisa bekerja sama dengan mereka untuk membantu pekerjaanmu dari berbagai lini atau bagian. Berbeda jika kamu mempunyai koneksi di bidang tertentu saja, maka mereka hanya bisa membantu kamu dari satu sisi saja. 

Jadi jangan terlalu menutup diri ketika ada yang ingin berkenalan atau berkomunikasi dengan kamu di coworking space. Sebab bisa saja mereka akan menjadi peluang untuk kamu mempelajari hal baru atau membantu kamu dalam pekerjaan.

  1. Meningkatkan kreativitas

Keuntungan bekerja dengan banyak orang dalam satu ruangan adalah kamu bisa mendapatkan masukan atau feedback dari mereka secara langsung. Kamu juga dapat bertukar pikiran, mengumpulkan perspektif baru, hingga mengamati bagaimana orang lain bekerja serta menyelesaikan masalah dapat membantu kreativitas kamu menjadi meningkat. 

Sebab, secara tidak langsung kamu akan selalu belajar dan memperbaiki pekerjaanmu. Dengan begitu kamu mempunyai banyak referensi untuk pekerjaanmu. Jadi jangan heran jika kamu bekerja dengan sistem seperti kamu menjadi lebih cepat berkembang.

  1.  Keamanan dan kenyaman terjamin

Penyedia coworking space pasti sudah menyiapkan ruangan yang aman dan nyaman untuk penggunanya. Sehingga orang yang bekerja di dalamnya dapat lebih fokus dan tenang ketika bekerja. Apalagi dengan fasilitas yang diberikan seperti Wi-Fi, colokan, meja yang luas, ruangan yang bersih dan ber-AC dapat membuat pengguna menjadi nyaman dan bahkan akan menyewa lagi jika ada kepentingan. 

Tidak hanya itu saja, hampir semua coworking space saat ini sudah ada penjaga atau satpam untuk memastikan keamanan di area coworking space. Jadi kamu tidak perlu pusing memikirkan tentang keamanan dan kenyaman dari coworking space, karena sudah pasti terkendali.

Tips Bekerja Di Coworking Space

Mengingat pengguna coworking space dari berbagai kalangan pekerja, maka kamu harus menyiapkan beberapa hal untuk bisa nyaman bekerja di tempat tersebut. Berikut adalah tips yang bisa kamu ikuti jika ingin bekerja di coworking space:

  1. Membawa charger dan kabel rol

Walaupun di dalam ruangan sudah tersedia colokan, namun kamu harus selalu siap sedia kabel rol untuk mengantisipasi jika meja yang kamu tempati terlalu jauh dari colokan atau sedang digunakan oleh orang lain. Apalagi sebagian besar pengguna coworking space pasti bekerja menggunakan laptop.

Jangan lupa juga untuk selalu membawa charger atau pengisi daya baik untuk semua device yang kamu gunakan. Sebab, tidak semua orang mempunyai charger yang sama dengan milikmu dan mereka juga pasti membutuhkannya. Jadi, pastikan untuk menyiapkannya sebelum berangkat ke coworking space.

  1. Membawa headphone/earphone

Mengingat coworking space merupakan fasilitas bersama, jadi jangan sampai kamu mengganggu ketenangan dan kenyamanan pengguna lain. Gunakan headphone/earphone jika saat itu kamu ada meeting online atau ingin mendengarkan musik ketika bekerja dan sebisa mungkin jangan berbicara terlalu kencang. 

  1. Membawa air minum

Biasakan membawa air minum sendiri dari rumah untuk menjaga konsentrasi serta memberikan cairan bagi tubuh. Sebab, saat bekerja kamu perlu fokus dan konsentrasi yang tinggi. Jika coworking space yang kamu tempati ada fasilitas minum seperti teh atau kopi, kamu bisa memanfaatkannya.

  1. Pastikan tersedia tempat untuk bekerja

Untuk mengantisipasi coworking space fully booked, kamu bisa menghubungi pihak pengelola coworking space untuk menanyakan ketersediaan ruang atau tempat untuk kamu bekerja. Jika perlu kamu bisa melakukan reservasi terlebih dahulu jika takut tidak mendapatkan tempat. 

  1. Periksa koneksi internet

Sebelum mulai bekerja pastikan koneksi internet coworking space yang kamu gunakan lancar. Sebab koneksi yang lambat akan menghambat pekerjaanmu. Jika koneksi tidak stabil kamu bisa menghubungi pihak pengelola atau pindah ruangan. 

Rekomendasi Coworking Space untuk Bekerja

Tidak semua coworking space menyediakan tempat yang nyaman untuk bekerja. Sehingga kamu harus pintar memilih coworking space yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut adalah beberapa rekomendasi coworking space di berbagai kota yang cocok untuk bekerja:

  1. Jakarta
  • CoHive: Jalan H. R. Rasuna Said Kav C11-14, Karet Kuningan, Jakarta Selatan & Jalan Tulodong Atas No.28, Senopati, Jakarta Selatan.
  • GoWork: Chubb Square, Jalan M.H. Thamrin No.10, Jakarta Pusat.
  • WeWork: Scbd, Jl. Jend. Sudirman No.52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190.
  1. Bandung
  • Eduplex: Jl. Ir. H. Djuanda 84, Dago.
  • Ruangréka: Jl. Raden Patah 28.
  • Bandung Digital Valley: Jl. Gegerkalong Hilir 47
  1. Surabaya
  • Regus: Gedung Pakuwon Center Office Tower lantai 23.
  • EasyOffices: Gedung Pakuwon Center lantai 23 & Gedung Sinarmas Land Plaza lantai 12 A.
  • Sub Co: Jl Darmo Harapan no 1, Jl. Mayjen Yono Soeyono Kav 3, & Kompleks Whiz Residence unit 301.
  1. Yogyakarta
  • 3G Power Computer: Jl Prof, Dr Yohanes No. 73 Sagan.
  • Jogja Digital Valley: Jl. Kartini no 7 Terban
  • Genius Idea: Jl. Magelang no 32-34 Cokrodiningrat, Jetis, Yogyakarta.
  1. Malang
  • The Bros Coffee & Coworking: Jalan Buring, Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang
  • Ruang Perintis: Jalan Candi Sawentar, Mojolangu, Lowokwaru, Kota Malang.
  • Ruang Millenial: Jalan Sunan Muria, Dinoyo, Lowokwaru, Kota Malang.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai coworking space yang banyak digunakan oleh pekerja di Indonesia. Jika kamu ingin bekerja di coworking space coba cari terlebih dahulu tempat yang cocok untuk kebutuhan kamu. Ingin tahu informasi menarik lainnya seputar pekerja dan karir? Yuk, langsung kunjungi laman myrobin.id/blog sekarang juga!

===============

Sumber:

https://cohive.space/blogs/lifestyle/mengenal-lebih-dalam-apa-itu-coworking-space-cohive/
https://www.ekrut.com/media/coworking-space-surabaya
https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/coworking-space-jakarta-terbaik/
https://www.linkedin.com/pulse/7-tips-bekerja-di-co-working-space-budi-wijayarto/?originalSubdomain=id

Deskripsi: Bosan bekerja di rumah terus? Yuk, coba bekerja di coworking space! Ada banyak kelebihan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan lho! Langsung baca penjelasannya di bawah ini ya!

Keyword: Coworking space

LSI: Pengertian coworking space, Kelebihan coworking space, contoh di berbagai kota, Tips bekerja di coworking space

PAA: fungsi co working space, co working adalah, coworking space medan, coworking space surabaya, fasilitas coworking space, coworking space semarang, contoh coworking space, coworking space jakarta

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!