12 Cara membuat Tanda Tangan Digital via Word dan Aplikasi Gratis Lainnya, Cek Di sini!

Cara membuat Tanda Tangan Digital

Semenjak pandemi, perusahaan mulai beralih menggunakan e-signature untuk keperluan legalitas dokumen kerja. Oleh sebab itu, Anda harus tahu cara membuat tanda tangan digital. 

Kalau dahulu karyawan harus menandatangani kontrak dengan tanda tangan basah. Kini, hanya perlu membuat versi digital melalui word, website, dan aplikasi gratis. 

E-signature merupakan tanda tangan elektronik yang menjadi alternatif karena terpercaya, unik, mudah divalidasi, dan praktis. 

Cara membuat tanda tangan digital 

Tanda tangan digital memiliki fungsi yang sama dengan signature basah yakni sebagai bukti keabsahan suatu perjanjian antara dua orang atau lebih. 

Jadi, kontrak atau kesepakatan yang telah bertanda tangan digital, punya kekuatan di mata hukum. Namun, Anda perlu bijak dalam memilih platform atau aplikasi e-signature

Pasalnya, menurut Hukum Online, tanda tangan elektronik yang memenuhi syarat harus dari aplikasi bersertifikat maupun website kredibel. 

Nah, selain bahas cara membuat tanda tangan digital, di sini kita akan ulik deretan rekomendasi aplikasi dan situs untuk buat e-signature

1. Microsoft Word

Microsoft menyediakan berbagai aplikasi untuk memudahkan pengguna, salah satunya adalah Word. Perangkat lunak yang biasa untuk mengelola surat, teks, dan laporan ini juga bisa Anda gunakan membuat tanda tangan digital. 

Cara membuat tanda tangan digital di Word tidak begitu sulit. Pertama Anda buat dahulu tanda tangan basah di kertas, lalu foto dan simpan di komputer atau laptop. 

Langkah berikutnya seperti di bawah ini. 

  • Buka Microsoft Word.
  • Klik tab “Insert” dan pilih menu “Pictures”.
  • Pilih foto tanda tangan yang ingin Anda tempel di dokumen.
  • Kemudian, ketuk foto signature dan klik opsi “Color”. 
  • Pilih warna hitam dan putih.
  • Jika sudah, arahkan kursor ke “Wrap Text” 
  • Selanjutnya, klik pilihan “Behind Text”.
  • Sesuaikan posisi tanda tangan agar lebih rapi dengan format. 

2. Cara membuat tanda tangan digital di PDF Reader

Perusahaan biasanya mengirimkan dokumen dalam versi word, tetapi lebih sering PDF. Ini karena format tulisannya akan tetap sama, walau Anda buka dengan device berbeda.

Nah, kalau bagian personalia meminta Anda, tanda tangan berkas dalam PDF bisa memanfaatkan aplikasi PDF reader

Cara membuat tanda tangan digital di PDF Reader sederhana. Pertama-tama unduh di Playstore, lakukan registrasi, dan login. Lanjut ikuti langkah berikut ini. 

  • Klik ikon File, lalu pilih open dan berkas yang ingin Anda tanda tangani.
  • Berikutnya, ketuk menu Annotate kemudian signature
  • Pada menu Create pilih Write untuk buat tanda tangan manual atau Picture untuk memasukkan gambar signature.
  • Kalau sudah tekan OK dan sesuaikan posisi tanda tangan di space yang tersedia. 
  • Jangan lupa ketuk Save As untuk simpan perubahan permanen. 

3. Cara membuat tanda tangan digital barcode

Berbagai aplikasi untuk membuat tanda tangan digital makin ramai di Playstore, sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. 

Namun, pilih yang telah bersertifikat seperti Privy.id yaitu aplikasi sekaligus website digital signature berbasis QR code. Selain terpercaya juga user friendly. 

Sebelum menggunakan layanan, Anda wajib melakukan registrasi lebih dulu dengan memasukkan foto KTP dan nama lengkap. 

Tak perlu khawatir data disalahgunakan karena perusahaan tersebut telah terjamin di situs Kominfo. Apabila telah mendaftar, begini cara membuat tanda tangan digitalnya. 

  • Masuk ke menu Setting di pojok kanan atas bagian profil.
  • Pilih Tanda Tangan dan klik Add Signature.
  • Kemudian, Anda bisa menuliskan nama atau menggambar tanda tangan di kolom yang tersedia.
  • Terakhir simpan dan signature akan tersimpan. 

4. Tanda tangan digital gratis di Google Docs

Cara membuat tanda tangan digital di Word memang tidak begitu sulit, tetapi tahukah Anda yang ada lebih mudah lagi yakni menggunakan Google Docs. 

Menurut situs CNet, pengguna dapat memanfaatkan fitur ini secara gratis di Google Docs jika ingin buat digital signature tanpa unduh aplikasi. 

  • Masuk ke akun Google Docs, lalu buka dokumen yang ingin Anda tanda tangani. 
  • Pilih menu sisipkan atau insert. 
  • Kemudian, klik opsi gambar > buat baru.
  • Klik menu scribble atau coretan, lalu silakan gambar tanda tangan. 
  • Kalau sudah selesai, ketuk menu simpan dan tutup.
  • Tanda tangan akan muncul otomatis di dokumen. 

5. Adobe Fill and Sign

Cara tanda tangan digital di HP selanjutnya mengunduh aplikasi Adobe Fill and Sign. Lewat aplikasi ini Anda bisa membuat paraf dan signature sekaligus. 

Menariknya lagi, hanya sekali buat signature Anda bisa pakai untuk tandatangani beberapa dokumen. Jadi, nggak perlu membuat berulang kali. 

  • Tahap pertama adalah registrasi akun. 
  • Kemudian, ketuk ikon pena di bagian atas sebelah kiri. 
  • Pilih salah satu antara Initial atau Signature
  • Selanjutnya, gambar tanda tangan atau paraf Anda, klik done atau selesai. 
  • Tanda tangan otomatis tersimpan dan silakan masukkan dokumen yang ingin Anda isi. 
  • Ketuk ikon pena > signature
  • Terakhir tinggal sesuaikan tanda tangan dengan space yang ada. 

6.  Menu add on Google Docs

Cara membuat tanda tangan digital di Android, menggunakan Google Docs yaitu ketuk menu add on. Lalu pilih aplikasi seperti Signature Extension, Docusign, dan Simple Signature. 

Melalui ketiga aplikasi tersebut Anda bebas membuat beberapa jenis tanda tangan untuk jadi simpanan, sehingga tinggal drag and drop signature di dalam dokumen. 

7. Cara membuat tanda tangan digital di iPhone

Membuat signature aplikasi di iOS ada 3 cara, memindai tanda tangan basah pakai kamera, membuat secara manual menggunakan trackpad, dan menghubungkan iPhone dengan Macbook. 

Apabila merujuk pada support Apple, begini tata cara membuat tanda tangan digital menggunakan markah, khusus pengguna iPhone. 

  • Tentukan dokumen yang akan Anda tandatangani.
  • Klik bar alat Markah atau ikon spidol. 
  • Selanjutnya, tekan ikon + atau tambahkan. 
  • Gambar tanda tangan Anda dengan rapi di layar menggunakan jari. 
  • Ketuk selesai agar tersimpan dan bisa langsung Anda sesuaikan. 

8. Microsoft Excel

Cara membuat tanda tangan digital di Excel tak jauh berbeda dengan versi Word. Langkah pertama Anda buat tanda tangan basah di kertas, kemudian scan atau foto. 

Pindahkan foto ke laptop maupun komputer dan buka aplikasi Excel. Jika sudah, pilih menu sisipkan. Klik gambar dan masukkan foto tanda tangan yang tadi. 

Apabila Anda menggunakan kertas berwarna saat tanda tangan, hapus latar belakangnya lebih dulu agar rapi dan pertahankan perubahan. 

9. Signaturely

Cara membuat tanda tangan di HP berikutnya lewat situs Signaturely. Ketuk tautan di samping ini signaturely.com untuk registrasi akun gratis. 

Setelah mendaftar dan masuk, ketuk menu Draw Your Signature. Kemudian, input tanda tangan ke kolom yang tersedia.

Sesuaikan warna, ketebalan, dan kemiringan signature sebelum klik menu unduh untuk menyimpan digital signature Anda. 

10. Signeasy

Jobseeker butuh aplikasi Signeasy untuk membuat tanda tangan digital, agar keperluan melamar hingga finalisasi kontrak makin mudah. 

Aplikasi Signeasy bisa Anda download di Playstore gratis. Pengguna yang ingin memakai layanan ini, diminta untuk mendaftar lebih dulu dan login

Baru mulai menggambar tanda tangan dengan cara:

  • Ketuk tiga garis di pojok kiri atas, temukan menu tanda tangan dan inisial.
  • Pilih salah satu jika Anda ingin buat paraf maka klik inisial, sedangkan kalau ingin buat signature pilih tanda tangan. 
  • Gambar tanda tangan dengan rapi, lalu jika sudah tekan centang. 
  • Tambahkan dokumen yang ingin Anda isi, ketuk di mana saja hingga muncul menu.
  • Pilih tanda tangan yang tadi sudah Anda buat. 
  • Terakhir sesuaikan ukuran dengan space yang tersisa. 

11. Create Mysignature

Cara membuat tanda tangan yang bagus pakai Create Mysignature, sudah pernah coba? Website ini menawarkan tampilan interface yang menarik dan tools yang mudah. 

Pada halaman utama pilih menu Draw My Signature, lalu gambar tanda tangan Anda atau dengan mengetikkan nama saja. Hasil tanda tangan bisa langsung Anda unduh dalam format PNG. 

 12. Tanda tangan di PDF Adobe Acrobat

Cara tanda tangan di PDF terakhir melalui aplikasi Adobe Acrobat Reader. Pengguna hanya butuh setidaknya 3 menit untuk membuat digital signature. Cek langkahnya di sini.

  • Tentukan PDF yang akan Anda isi.
  • Ketuk Fill and Sign pada menu toolbar.
  • Pilih Sign kemudian tanda tangan. 
  • Selanjutnya, klik menu Draw dan gambar tanda tangan menggunakan jari atau bantuan stylus pen. 

Sederhana bukan, cara membuat tanda tangan digital dengan memanfaatkan website hingga aplikasi gratis. Nah, Anda bisa temukan berbagai informasi menarik seputar karier dan tips lainnya dengan mengunjungi app.myrobin.id

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!