Cara Menemukan Pekerjaan yang Tepat untuk Anda

Cara Menemukan Pekerjaan yang Tepat untuk Anda
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Perbedaan antara mencari pekerjaan dan cara menemukan pekerjaan yang tepat untuk Anda seringkali membutuhkan strategi yang terdefinisi dengan baik. Mengidentifikasi bagaimana ambisi, tujuan, dan kebutuhan Anda selaras dengan peluang kerja tertentu bukanlah hal yang  mudah. Namun, menguraikan faktor-faktor berikut ini sangat penting ketika anda sedang mencari pekerjaan yang ideal.

Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara menemukan pekerjaan yang tepat dan ideal untuk anda. 

Bagaimana cara menemukan pekerjaan yang tepat untuk Anda

Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda mengidentifikasi apakah suatu pekerjaan cocok untuk Anda:

Pekerjaan yang cocok untuk anda
Pekerjaan yang cocok untuk anda

1. Tentukan apa yang Anda inginkan dalam sebuah pekerjaan

Pada awal pencarian pekerjaan Anda, luangkan waktu untuk memikirkan apa yang mendorong Anda untuk mencari posisi baru. Apakah Anda tertarik untuk melakukan pekerjaan yang sama untuk atasan atau perusahaan yang berbeda? Apakah Anda ingin mengubah jalur karier? Apakah Anda baru pertama kali memasuki pasar kerja? Apakah Anda kembali dari kesenjangan pekerjaan?

Masing-masing keadaan ini menyajikan cara yang berbeda untuk mempersempit pekerjaan yang Anda inginkan.

2. Riset judul dan deskripsi pekerjaan 

Ada beberapa panduan dan tips di MyRobin untuk membantu Anda menjelajahi pilihan karir Anda. Anda dapat meninjau judul pekerjaan yang berbeda untuk lebih memahami tentang peran tertentu dan keterampilan apa yang mungkin diperlukan. Dengan meriset judul serta deskripsi pekerjaan dapat menyelaraskan dengan skill yang anda miliki juga. Baca dengan teliti deskripsi pekerjaan apakah ada tugas yang kiranya anda membutuhkan pelatihan khusus untuk itu.

Baca juga :   Apa itu Hospitality dan Apa saja Tugasnya

3. Tinjau terkait tren gaji

Lakukan riset terlebih dahulu terkait kisaran gaji untuk pekerjaan yang anda minati di daerah anda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah besaran gaji yang akan diberikan oleh perusahaan sudah sesuai dengan kebutuhan anda serta sudah sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang ada.

4. Identifikasi yang menjadi keharusan Anda

Cara lain untuk mempersempit pencarian kerja yang tepat untuk Anda adalah dengan mengidentifikasi hal-hal yang tidak dapat ditawar atau syarat wajib anda serta area di mana Anda mungkin lebih fleksibel. Setiap individu memiliki poin yang berbeda, tetapi berikut adalah beberapa contoh yang dapat Anda pertimbangkan:

Contoh faktor yang tidak dapat ditawar:

  • Industri atau disiplin yang Anda inginkan untuk bekerja
  • Upah atau gaji yang tidak bisa Anda turunkan
  • Manfaat seperti asuransi kesehatan atau cuti berbayar
  • Lokasi dan waktu perjalanan

Contoh faktor yang dapat ditawar:

  • Jabatan (rekanan, spesialis atau sebutan lain)
  • Manfaat tambahan seperti kemampuan untuk bekerja dari rumah
  • Bekerja di bisnis kecil versus perusahaan besar
  • Hari atau jam kerja

Memutuskan faktor mana yang jadi keharusan dan mana yang dapat ditawar akan membantu Anda melanjutkan lamaran dengan mantap dan lebih percaya diri.

5. Lakukan percobaan pada pencarian pekerjaan yang berbeda

Cara terbaik untuk merasakan pekerjaan yang tersedia untuk Anda adalah dengan mencoba berbagai istilah atau kata kunci pencarian. Ketika anda melakukan pencarian, maka anda berpeluang untuk menemukan pekerjaan yang terkait dengan minat dan bakat anda secara lebih tepat.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, cara terbaik adalah dengan melakukan pencarian dari istilah yang umum ke khusus, agar hasilnya lebih spesifik.

Baca juga :   Penting! Inilah Deretan Hal yang Dilakukan Sebelum Melamar Kerja

Contoh :

Anda memulai penelusuran dengan “Sales” di Jakarta Barat . Hasilnya: Tampaknya ada ribuan lowongan pekerjaan.

Selanjutnya, cari “Sales Lapangan” di Jakarta Barat . Hasilnya: Total lowongan pekerjaan mencapai ratusan.

Dalam hasil pencarian, judul-judul tertentu mungkin ditampilkan pada Anda. Anda sekarang dapat melakukan pencarian baru untuk istilah-istilah tertentu. Jika Anda menyukai hasil yang Anda peroleh dengan pencarian tertentu, Anda dapat menyimpannya atau anda bisa untuk mengatur pemberitahuan setiap ada lowongan pekerjaan serupa. Anda akan menerima posting pekerjaan baru yang cocok di email Anda setiap hari atau setiap minggu, tergantung pada preferensi Anda. Anda dapat membuat beberapa pemberitahuan pekerjaan dan menjeda atau menghapusnya kapan saja.

Hampir semua portal lowongan kerja di indonesia sudah memiliki fitur-fitur ini. Coba juga untuk menjelajahi setiap portal loker yang ada. Hal tersebut meski akan menambah banyak pilihan yang muncul akan tetapi juga peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan yang tepat semakin besar juga bukan?

6. Gunakan alat pencarian lanjutan

Langkah selanjutnya adalah mempersempit posting pencarian kerja dengan menggunakan alat pencarian lanjutan. Beberapa platform menyediakan fitur-fitur sebagai berikut:

Filter

Filter dapat mempersempit jumlah hasil berdasarkan gaji, perusahaan, lokasi, tanggal posting, dan lainnya. Dengan opsi pencarian pekerjaan lanjutan ini, Anda berpotensi dapat mengubah halaman hasil dengan ribuan pekerjaan menjadi ratusan atau puluhan saja.

Lamar dengan CV

Jika anda melamar melalui website biasanya anda tinggal mengupload CV atau resume anda ketika melamar kerja. Format lowongan lainnya biasanya menganjurkan pelamar untuk mengirim lamaran, CV, serta portofolionya melalui email. Dalam bisnis yang lebih kecil tak jarang bisnis tertentu melakukan perekrutan langsung melalui whatsapp. Namun, tetaplah waspada karena melamar melalui whatsapp biasanya tingkat keaslian atau terpercayanya rendah.

ulasan perusahaan

Melakukan riset tentang perusahaan memang sangat penting. Selain untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut benar-benar sedang membuka lowongan kerja. Tetapi juga untuk mengetahui bahwa perusahaan yang akan anda lamar memang terpercaya. Serta mungkin juga dengan meriset perusahaan anda bisa tahu apakah pekerjaan ini sudah sesuai dengan kriteria anda atau belum.

Baca juga :   Alasan dan Tips Jitu Resign dari Pekerjaan Agar Tidak Membuat Kesan Buruk

Tentukan apakah Anda memenuhi persyaratan

Saat Anda menemukan lowongan pekerjaan yang tampaknya sangat cocok untuk Anda, pastikan untuk membaca seluruh deskripsi pekerjaan dan ikuti petunjuk lamaran.

Demikian 6 Cara Menemukan Pekerjaan yang Tepat untuk anda. Jika anda seorang fresh graduate atau lulusan baru maka ada baiknya untuk tidak mematok terlalu banyak kriteria untuk pekerjaan anda. Akan tetapi fokuslah pada mencari pengalaman dan wawasan yang lebih luas. Semakin anda banyak bekerja lintas industri maka anda juga akan semakin bijak dan terlatih untuk menjalani pekerjaan dengan mudah.

Saya ingin melamar kerja

Saya ingin melamar kerja

Saya ingin merekrut pekerja

Saya ingin merekrut pekerja

Bagikan artikel ini:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Saya ingin melamar kerja
Saya ingin mencari kerja
Saya ingin merekrut pekerja
Saya ingin merekrut pekerja
Logo MyRobin

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda