7 Cara Menggali Potensi Diri Untuk Menunjang Karir

Cara Menggali Potensi Diri

Salah satu cara untuk memperoleh kesuksesan dalam berkarir adalah dengan mempunyai potensi diri yang baik. Namun, ternyata masih banyak orang yang masih belum tahu bagaimana cara menggali potensi tersebut. Sehingga, tak jarang seseorang yang bingung dengan tujuan hidupnya karena gagal menemukan potensi pada dirinya. 

Lalu, bagaimana caranya agar potensi diri ini muncul dan dapat membantu kita dalam berkarir? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Potensi Diri?

Menurut Wikipedia, self-potential atau potensi diri adalah suatu kemampuan atau kekuatan diri seseorang yang belum terwujud maupun sudah terwujud, namun tidak sepenuhnya terlihat atau dimanfaatkan sepenuhnya oleh seseorang.

Dengan kata lain, potensi diri merupakan kemampuan seseorang yang masih tersimpan dalam diri dan belum pernah digunakan sama sekali. Padahal potensi diri ini dapat dikembangkan jika ada kemauan atau usaha yang keras lho. Apalagi jika potensi tersebut dapat menghasilkan sebuah prestasi maka dapat berguna bagi karir dan masa depan. 

Jadi yang kamu butuhkan adalah kemauan. Dengan keberanian dan niat yang kuat pasti kamu dapat mencapai potensi diri yang baik dan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. 

Dilansir dari Lifehack.org, potensi dan bakat bukanlah hal yang bisa kamu tunggu kedatangannya. Akan tetapi, kamu harus menjemputnya dengan kerja keras. Tidak ada tongkat ajaib yang mampu mengeluarkan potensi dari diri kamu kecuali keinginan kamu sendiri. 

Cara Menemukan Potensi Diri

Sebenarnya potensi diri dapat ditemukan dari hal-hal kecil di sekitarmu lho. Sesuatu yang kamu yakini dan mampu untuk dikembangkan dan dikerjakan dengan baik. Coba tanya pada diri kamu sendiri, motivasi apa yang membuat kamu terdorong untuk melakukan hal tersebut secara berulang dan selalu bisa berjalan dengan baik. 

Namun, jika masih kesulitan menemukan potensi dalam diri, kamu bisa mengikuti berbagai cara untuk menggali potensi seperti berikut:

1. Belajar mengenali diri sendiri

Masih banyak orang yang belum bisa mengenali dirinya sendiri sehingga tak sadar bahwa terdapat potensi yang besar pada dirinya. Dalam berkarir, kamu perlu tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan diri kamu. Coba bertanya kepada orang lain bagaimana pandangan mereka terhadap kepribadianmu. Hal ini akan lebih membantu untuk menemukan sifat atau karakter lain yang tidak pernah kamu ketahui atau sadari sebelumnya.

Jika kamu sudah mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekuranganmu, selanjutnya kamu bisa menentukan mana yang harus kamu kembangkan dan mana yang harus kamu perbaiki lagi. 

2. Cari tahu apa yang kamu sukai

Potensi diri dapat muncul berdasarkan sesuatu yang kamu sukai dan lakukan secara terus-menerus. Dengan mengetahui hal apa yang kamu suka di awal akan membantu menemukan potensi diri lebih mudah.

Kamu bisa mencoba berbagai hal mulai dari olahraga, seni, maupun sains. Kemudian, jika sudah menemukan sesuatu yang menarik dan muncul perasaan senang ketika melakukannya, kamu bisa mulai fokus mengembangkannya agar potensi diri juga ikut berkembang dengan baik.

3. Jangan insecure

Seringkali yang membuat potensi diri tidak dapat berkembang dengan baik adalah karena terlalu insecure dengan potensi yang dimiliki. Jika kamu terlalu takut untuk tampil beda atau sering membandingkan potensi kamu dengan orang lain maka kamu tidak akan pernah menyadari betapa berharganya potensi yang kamu miliki.

Ingat, menjadi berbeda bukanlah suatu hal yang buruk. Semakin kamu berani untuk tampil beda maka kamu akan semakin yakin dengan potensi yang kamu miliki. Sehingga, kamu akan terus mengembangkannya dan menciptakan sebuah prestasi dalam berkarir.

Berhentilah membandingkan potensi kamu dengan orang lain. Jika orang lain berhasil mencapai impiannya karena potensi pada dirinya, kamu bisa jadikan itu sebagai motivasi bahwa kamu pun juga bisa mencapai impian dengan potensi yang kamu kembangkan.

4. Jangan takut gagal

Ketika kamu menghadapi kegagalan cobalah untuk menjadikan itu sebagai bahan evaluasi dan introspeksi diri. Hal ini akan membuat potensi diri kamu menjadi berkembang lebih baik lagi. Melalui kegagalan, akan banyak pelajaran yang bisa kamu ambil. Kamu menjadi tahu mana yang terbaik untuk perkembangan potensi diri.

Berbeda jika kamu memilih untuk menyerah dan tidak mau melakukannya lagi. Alhasil, potensi diri kamu akan kembali tenggelam dan terbuang sia-sia. Jadi, anggaplah kegagalan sebagai ujian dalam mencapai tujuan atau impian kamu.

5. Tentukan tujuan

Jika kamu ingin potensi diri dapat berkembang dengan maksimal, maka kamu harus mempunyai tujuan terlebih dahulu. Tidak hanya tujuan besar, namun kamu juga harus menetapkan tujuan-tujuan kecil yang nantinya dapat membantu kamu untuk meraih tujuan yang lebih besar. Baca selengkapnya tentang Menetapkan Tujuan Untuk Meningkatkan Karir Anda

Misalnya, kamu ingin menjadi Art Director yang profesional. Maka, untuk mewujudkannya kamu perlu tujuan berskala kecil seperti menguasai skill dan software desain grafis.

Dengan adanya tujuan yang jelas, maka kamu akan lebih mudah mengetahui secara spesifik apa yang kamu inginkan dan kembangkan.

6. Buat list pencapaian

Untuk menemukan potensi diri kamu bisa menulis daftar pencapaian yang selama ini telah kamu peroleh. Daftar pencapaian bisa menjadi apresiasi sekaligus motivasi untuk tujuan kamu berikutnya. Dari daftar ini juga kamu bisa menentukan mana pencapaian yang paling membuat kamu senang dan puas. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menemukan potensi diri. Ingat, potensi diri muncul dari sesuatu yang kamu senangi dan enjoy ketika melakukannya.

7. Perluas koneksi dan pengetahuan

Untuk menggali potensi diri, kamu perlu mencari tahu informasi yang berhubungan dengan hal yang kamu sukai. Kamu bisa memperoleh pengetahuan dari buku, internet, seminar, maupun senior di kantor.

Selain itu, kamu juga bisa berkumpul dengan orang-orang memiliki hobi yang sama dengan kamu. Misalnya, komunitas, kegiatan volunteer, hingga workshop. Di sini kamu akan mendapatkan banyak informasi hingga koneksi baru untuk menunjang perkembangan potensi diri. Baca juga artikel tentang
Cara Membangun Networking di Dunia Kerja.

Contoh Potensi Diri dalam Berkarir

Perlu kamu pahami bahwa potensi pribadi adalah tentang kerja keras dan strategi. Tanpa dua hal ini potensi diri tidak dapat berkembang dengan baik. Berikut adalah 5 contoh potensi diri berdasarkan jenis kemampuannya:

Kemampuan berbahasa

Seseorang yang mempunyai potensi berbahasa biasanya mampu menggunakan bahasa dengan efektif atau menguasai beberapa bahasa dari negara lain. Jika potensi ini kamu kembangkan maka kamu dapat melakukan banyak hal eksternal untuk perusahaan seperti bekerja sama dengan klien luar negeri, menjadi pembicara untuk sebuah konferensi internasional, dan sebagainya.

Kemampuan logika

Jika kamu tertarik dengan hal-hal tentang angka atau hitungan, kamu bisa menjadikannya sebagai potensi diri. Misalnya, kamu menyukai algoritma dan programming maka kamu bisa mengembangkannya dengan membuat sebuah aplikasi, website, atau hal lain yang berkaitan dengan teknologi.

Kemampuan bayang ruang

Jika kamu menyukai bidang-bidang geometris, peka terhadap ruang spasial, mampu memperkirakan ukuran dan jarak, kamu bisa mengembangkannya sebagai potensi diri. Tentu saja potensi ini dapat berguna dalam pekerjaan misalnya membuat desain ruangan atau merancang pembangunan.

Kemampuan interpersonal

Kemampuan interpersonal adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain. Seseorang dengan potensi ini biasanya mampu menyatakan pendapatnya dan meyakinkan orang lain mengenai gagasan atau idenya. Potensi interpersonal sangat berguna dalam dunia karir. Jika kamu bekerja sebagai pebisnis, sales, atau recruitment specialist maka kamu perlu mengembangkan potensi ini.

Kemampuan bermusik

Seseorang dengan kemampuan ini akan lebih mudah mengenali nada, ritme, maupun melodi. Jika kamu menyukai dan bisa membuat musik maka kamu perlu mengembangkannya sebagai potensi diri. Hal ini tentu dapat menunjang karir terutama dalam bidang musik. Misalnya, kamu tertarik bekerja sebagai komposer atau penulis lagu maka kemampuan bermusik ini harus kamu kembangkan lebih dalam.Bagaimana, sudah menemukan potensi diri kamu? Jika kamu ingin tahu kemampuan apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan yuk intip blog MyRobin.id! Ada banyak informasi menarik seputar karir dan bisnis yang bisa meningkatkan kualitas diri kamu lho, kunjungi langsung blog Myrobin sekarang juga!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!