Wajib Tahu! Ini 10 Cara Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Cara Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Dalam dunia pekerjaan, problem solving adalah salah satu soft skill yang wajib dimiliki oleh para karyawan hingga eksekutif perusahaan. Hal ini disebabkan karena kemampuan problem solving akan banyak digunakan dalam berbagai situasi dan masalah dalam pekerjaan. Maka dari itu, kemampuan ini penting sekali untuk kamu tingkatkan.

Arti Problem Solving

Kemampuan problem solving atau memecahkan masalah adalah kemampuan mengidentifikasikan suatu masalah dan menentukan solusi yang efektif untuk menyelesaikannya.

Dalam proses problem solving, kamu harus mampu menemukan sumber dari masalahnya dengan cara melakukan riset/penelitian hingga menganalisis penyebabnya terlebih dahulu. Baru setelah itu kamu dapat menentukan mana solusi yang tepat untuk masalah tersebut. Tidak hanya berhenti di situ saja, namun kamu harus mengevaluasi solusi yang telah diterapkan apakah sudah efektif menyelesaikan masalah atau belum.

Tidak dapat dipungkiri, dalam bekerja kamu akan sering dihadapkan dengan suatu permasalahan yang menyangkut pribadi maupun tim. Misalnya, ketika penjualan menurun, tidak tercapainya target pekerjaan, hingga teamwork yang buruk. 

Untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan ini kamu tidak hanya membutuhkan kemampuan problem solving saja, namun juga berbagai kemampuan lain seperti komunikasi, meriset, menganalisa, teamwork, dan pengambilan keputusan.

Maka dari itu, agar kemampuan problem solving kamu dapat maksimal dalam bekerja perlu adanya tindakan untuk meningkatkannya. Apa saja harus dilakukan?

Cara Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Perlu kamu ketahui bahwa dengan memiliki kemampuan problem solving kamu akan menjadi lebih mudah dan siap jika ada masalah dalam pekerjaan. Kemampuan ini akan membantu kamu berpikir strategis dan kritis sebelum bertindak. 

Untuk menguasai hal tersebut, kamu harus meningkatkan kemampuan problem solving dalam diri kamu agar dapat menjadi problem solver yang andal. Berikut adalah 10 cara yang dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam memecahkan masalah:

1. Ubah mindset

Jangan melihat suatu masalah sebagai beban yang berat. Cobalah mengubah mindset atau pola pikir seperti ini. Jika kamu tetap dengan pola pikir seperti ini maka selamanya kamu tidak akan berani menghadapi sebuah masalah dan cenderung akan menghindarinya. 

Ingat, lari dari masalah bukanlah solusi. Dalam keadaan apapun kamu harus berani untuk menghadapinya. Mulai sekarang coba tanamkan mindset bahwa masalah merupakan suatu proses untuk kamu bertumbuh. Cara ini akan membuat kamu menjadi lebih rileks dan mudah menentukan solusi yang tepat.

2. Jangan “negthink” dulu!

Ketika ada masalah yang datang kamu harus berpikir positif terlebih dahulu. Kamu harus yakin bahwa setiap masalah pasti akan ada jalan keluarnya. Jika kamu selalu diliputi pikiran negatif, maka kamu akan susah menemukan solusi dari permasalahan.

Dengan berpikir positif, kamu akan lebih tenang dan yakin dalam mengambil langkah berikutnya untuk menyelesaikan masalah. Jika hal ini kamu latih terus menerus maka selanjutnya kamu akan menjadi terbiasa berpikir positif ketika menghadapi masalah.

3. Berlatih memecahkan masalah

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan problem solving adalah dengan berlatih memecahkan masalah secara rutin. Semakin kamu sering berlatih semakin terbiasa kamu ketika dihadapkan oleh suatu masalah.

Kamu bisa latihan dengan membaca buku-buku tentang problem solving atau novel-novel yang bercerita tentang detektif. Berikut adalah buku-buku yang bisa mengasah skill problem solving kamu:

  • Problem Solving 101 (karya: Ken Watanabe)
  • Stop Guessing: The 9 Behaviors of Great Problem Solvers (karya: Nat Greene)
  • Solve It!: The Mindset and Tools of Smart Problem Solvers (karya: Dietmar Sternad)

Selain buku, kamu juga bisa melatih kemampuan problem solving dengan mencoba memecahkan skenario-skenario kasus secara online seperti “Bagaimana cara menghadapi customer yang permintaannya aneh-aneh?” atau “Bagaimana cara menyikapi teman kerja yang egois?”, dan sebagainya.

4. Belajar dari orang lain

Dengan melihat dan mempelajari langsung cara problem solving dari orang lain akan membantu meningkat kemampuan problem solving lho! Cara ini dinilai paling ampuh karena strategi yang digunakan oleh rekan kerja kamu dapat menjadi contoh jika kamu menghadapi masalah yang serupa.

Kamu juga bisa bertanya langsung kepada mereka bagaimana caranya menemukan akar masalah hingga menentukan solusi yang tepat. Coba bertanya pada senior atau atasan kamu di kantor, karena biasanya mereka lebih mempunyai pengalaman problem solving yang lebih banyak dan beragam.

Sehingga, kamu bisa mengetahui tips dan strategi yang tepat untuk kamu jadikan inspirasi maupun referensi dalam sebuah permasalahan. Semakin banyak strategi yang kamu tahu semakin siap pula kamu dalam menghadapi suatu masalah.

5. Ikut terlibat dalam berbagai proyek

Tidak hanya berdasarkan teori dan menganalisa saja, namun dengan kamu ikut terjun langsung dalam berbagai proyek tim akan membantu mengembangkan skill problem solving kamu. Hal ini karena di setiap proyek pasti terdapat sebuah masalah yang harus diselesaikan. Nah, inilah kesempatan kamu untuk berlatih untuk memecahkan masalah.

Sumbangkan ide dan pendapat kamu, akan tetapi jangan berkecil hati jika ditolak oleh tim. Jadikan bahan pembelajaran dan evaluasi diri mengapa ide atau pendapat kamu tidak digunakan oleh tim. 

6. Gunakan teknik mind mapping

Bagi yang belum tahu, mind mapping adalah sebuah metode yang digunakan untuk menyatukan, memetakan, atau mengelompokkan ide-ide ke dalam satu kerangka. Tujuannya adalah untuk membantu mengingat dan menganalisis suatu masalah.

Dengan menggunakan teknik ini, kamu akan menjadi lebih mudah memahami permasalahan, mengembangkan ide, hingga menemukan solusi yang tepat. Kamu bisa menggambar secara manual atau menggunakan tools seperti Coggle, MindMeister, Ayoa, MindNode, ClickUp, dan Microsoft Visio.

7. Perdalam pengetahuan

Jangan lupa untuk memperbanyak pengetahuan secara teori maupun teknis di bidang pekerjaan kamu. Misalnya pada bidang akuntansi, kamu harus mengetahui bagaimana cara mengelola data korporasi yang berbasis internet. Sehingga, kamu perlu belajar mengenai programming dan algoritma. 

Coba selalu ikuti tren-tren terkini di bidang profesi kamu atau daftar kursus untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan. Jika kamu banyak mempelajari pengetahuan khususnya di bidang pekerjaan, maka kamu akan semakin mudah dan cepat dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

8. Bermain permainan asah otak

Meskipun hanya game, namun cara ini ternyata dapat mengasah skill problem solving kamu lho! Selain itu, permainan asah otak ini juga mampu meningkatkan daya ingat, membentuk pola pikir baru, dan melatih kesabaran serta konsentrasi. 

Beberapa game asah otak yang bisa kamu mainkan untuk meningkatkan kemampuan problem solving adalah Kahoot!, catur, sudoku, dan masih banyak lagi. JIka kamu ingin mengasah kemampuan problem solving dengan cara yang seru dan menyenangkan kamu bisa mencoba bermain game-game ini.

9. Berlatih berkomunikasi

Dalam memecahkan sebuah masalah, kamu perlu berkomunikasi dengan orang lain seperti meminta saran atau pendapat, menjelaskan sumber masalahnya, hingga berdiskusi untuk menemukan solusi. Jika cara berkomunikasi kamu tidak benar maka orang lain pun akan susah untuk mengerti dan membantu menyelesaikan masalah.

Maka dari itu, perbanyak latihan berkomunikasi dengan cara belajar berbicara di depan umum, aktif mendengar, sering meminta feedback dari orang lain, dan sebagainya. Ingat, tanpa adanya komunikasi masalah kamu tidak akan terselesaikan dengan baik.

10. Brainstorming

Cara yang terakhir untuk meningkatkan kemampuan problem solving adalah melalui brainstorming atau bertukar pikiran. Brainstorming merupakan kesempatan yang bagus untuk menuangkan ide-ide yang kamu miliki. Di sini kamu juga bisa bertanya tentang sesuatu yang belum kamu pahami dan mencatat ide dan jawaban dari anggota tim. Itulah 10 cara yang bisa kamu terapkan agar kemampuan problem solving kamu bisa meningkat. Semakin banyak yang kamu kuasai semakin andal kamu sebagai problem solver. Mau tau kemampuan atau skill lain yang dibutuhkan oleh perusahaan? Tenang aja, kamu bisa langsung kunjungi myrobin.id/blog sekarang juga!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!