Cara Menjadi Freelancer Pemula yang Sukses untuk Anda Praktekan

Cara Menjadi Freelancer

Dewasa ini, pekerjaan freelancer memiliki banyak peminat karena sistem kerja yang fleksibel. Anda dapat bekerja tanpa terikat waktu, kapan saja dan dimana saja sesuai keinginan. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk bekerja sebagai freelance, maka bisa ikuti beberapa cara menjadi freelancer pemula berikut ini.

5+ Cara Menjadi Freelancer Pemula yang Wajib Anda Pahami

Menjadi Freelancer
Menjadi Freelancer

Ada banyak alasan kenapa seseorang lebih memilih untuk menjadi seorang freelancer, salah satunya adalah bisa menjadi bos untuk diri sendiri. Dengan kata lain, Anda dapat bekerja sesuai aturan yang dibuat sendiri, dimana aturan tersebut akan membuat Anda menjadi lebih nyaman.

Tak hanya itu, pekerjaan freelance juga rata-rata dapat dikerjakan dimana dan kapan saja, sesuai jangka waktu yang ditentukan.

Jika Anda masih pemula dalam dunia freelance, maka bisa ikuti beberapa cara menjadi freelancer pemula supaya sukses di masa depan nanti.

Tentukan Kategori Pekerjaan yang Anda Kuasai

Niche merupakan topik atau segmentasi khusus yang menjadi keahlian paling Anda kuasai. Misalnya, Anda memiliki keahlian di bidang desain, menulis konten, pemasaran maupun membuat website. Nah, keahlian itu dapat Anda jadikan sebagai niche pekerjaan yang akan membantu Anda menemukan banyak project nantinya.

Meskipun begitu, Anda tetap bisa menjadi freelancer tanpa perlu menentukan niche tertentu. Namun, ketika Anda mampu membatasi segmen tertentu, maka Anda akan lebih mudah dalam membangun personal branding nantinya.

Sehingga, tarif jasa yang Anda tawarkan dapat lebih tinggi, apalagi jika portofolio yang dimiliki sangat baik dan menarik. Bahkan, Anda juga akan mendapatkan banyak tawaran pekerjaan dari berbagai perusahaan.

Menjelaskan Keahlian yang Anda Tawarkan dengan Baik

Jika Anda sudah menentukan niche pekerjaan sesuai yang dikuasai, maka cara menjadi freelancer pemula berikutnya adalah menjelaskan keahlian yang ditawarkan.

Misalnya, Anda memilih niche kepenulisan dan bekerja sebagai content writer. Anda dapat menjelaskan terkait jenis tulisan apa yang dikerjakan. Apakah artikel, script Youtube, ebook, penulisan buku dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga harus menjelaskan topik yang Anda paling kuasai. Apakah di bidang teknologi, pendidikan, ekonomi, gaya hidup, kesehatan maupun lainnya. Apabila Anda menguasai teknik SEO, maka hal ini pun bisa Anda masukkan sebagai salah satu kelebihan.

Dengan semua detail yang Anda berikan, maka pihak klien pun akan tertarik untuk menawarkan pekerjaan kepada Anda.

Menentukan Target Pasar

Dalam dunia freelancer, menentukan target pasar sangat penting untuk Anda lakukan. Hal ini menjadi cara utama yang harus Anda kuasai saat menjadi seorang freelancer pemula.

Sebagai contoh, jika Anda menawarkan jasa desain grafis, maka Anda harus tahu siapa target klien yang Anda tuju. Apakah seorang pemilik blog, developer website dan aplikasi atau perusahaan advertising?

Apabila sudah mengetahui target pasar yang Anda tuju, maka Anda dapat menentukan portofolio desain apa yang mesti dibuat. Dengan begitu, promosi yang Anda buat pun bisa lebih jelas dan tepat sasaran.

Menentukan Tarif Sesuai untuk Keahlian Anda

Banyak freelancer pemula yang belum bisa menentukan tarif sesuai dengan keahliannya sendiri. Jika mematok tarif tinggi, takutnya malah susah dalam mendapatkan klien. Namun, jika harga terlalu rendah, justru freelancer tidak mendapatkan untung yang sepadan.

Dalam menentukan tarif harga sesuai keahlian, ada beberapa hal yang bisa freelancer pertimbangkan, yaitu:

  • Pelajari jenis project yang akan Anda kerjakan, apakah sulit atau mudah. Selain itu, bedakan juga harga untuk klien pribadi dan perusahaan, sebab budget yang mereka miliki sudah pasti berbeda.
  • Tentukan apakah pekerjaan yang Anda sediakan akan dibayar per project atau per bulan.
  • Lakukan riset standar tarif freelancer pada niche yang Anda kuasai.
  • Anda dapat memasang tarif yang pasti, namun bisa juga melakukan negosiasi sesuai budget yang dimiliki oleh klien.

Dengan beberapa pertimbangan di atas, Anda pasti bisa menentukan tarif harga untuk pekerjaan yang dikuasai.

Buat Portofolio Menarik

Cara menjadi freelancer pemula berikutnya adalah membuat portofolio yang dapat menarik para klien untuk menggunakan jasa Anda.

Supaya portofolio Anda mudah diakses dan terlihat menarik, maka bisa membuatnya dengan menggunakan website. Tentunya, portofolio dalam bentuk website akan membuatnya bisa tampil pada halaman pertama  Google.

Selain itu, klien juga akan mudah menemukan Anda dengan fitur chat Whatsapp yang tersedia di website tersebut.

Lakukan Promosi

Setelah melakukan beberapa cara di atas, kini saatnya Anda mempromosikan keahlian tersebut. Tentunya, ada banyak pilihan untuk melakukan promosi, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Bagi para freelancer pemula, Anda dapat melakukan promosi secara gratis terlebih dahulu. Misalnya, melalui media sosial seperti Facebook, LinkedIn, Instagram, Twitter dan masih banyak lagi.

Meningkatkan Skill yang Anda Miliki

Seorang freelancer wajib untuk meningkatkan skill yang mereka miliki dengan baik, Tujuannya supaya banyak klien yang semakin tertarik dengan keahlian Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki keahlian di bidang penulisan, maka ada baiknya Anda mengasah kemampuan SEO dengan baik. Terutama jika project yang didapatkan termasuk dalam penulisan artikel blog. Pasalnya, sebagian besar klien menginginkan artikel mereka bisa masuk ke halaman pertama Google.

Tak hanya itu, perkembangan SEO sangat pesat akhir-akhir ini. Sehingga, Anda harus update seputar algoritma Google, supaya tidak ketinggalan informasi seputar SEO.

Di sisi lain, Anda juga bisa mengasah kemampuan di bidang copywriting lain. Sebab, tawaran pekerjaan di bidang ini sangat banyak. Sehingga ketika ada klien yang menawarkan pekerjaan di bidang penulisan tertentu, Anda sudah pasti dapat menguasainya.

Artikel terkait: Hard Skill dan Soft Skill: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya

Daftar di Situs Freelancer Terbaik dan Terpercaya

Cara menjadi freelancer pemula terakhir adalah Anda bisa mulai mendaftar di berbagai situs freelancer terbaik dan terpercaya. Tujuannya adalah supaya Anda dapat mendapatkan klien lebih cepat sesuai dengan bidang atau keahlian yang Anda kuasai.

Tentunya, di Indonesia sudah banyak situs freelancer yang bisa Anda gunakan. Mulai dari Sribulancer, Projects.co.id, Freelancer, UpWork, 99design dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa cara menjadi freelancer pemula yang bisa Anda lakukan dengan baik dan tepat. Sehingga, impian Anda untuk menjadi freelancer sukses dan profesional pun dapat terwujud dalam waktu yang tidak lama.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!