Cara Menulis Motivation Letter yang Efektif, Cek 4 Contohnya di sini

Menulis motivation letter

Motivation letter sering dijadikan sebagai salah satu syarat melamar kerja, mendaftar beasiswa maupun kuliah. Namun sudahkah Anda tahu bagaimana cara membuatnya?  

Surat pernyataan berisi minat dan alasan melamar ini, juga dikenal dengan personal statement atau statement of purposes

Fungsi utamanya adalah membujuk recruiter dan panitia seleksi, agar memilih Anda untuk mengisi posisi atau program yang dilamar. 

Akan tetapi karena tidak seformal surat rekomendasi, transkrip nilai hingga CV, tak sedikit kalangan menganggap sepele isi surat. 

Nah, simak tips dan contoh surat motivasi di bawah ini untuk dijadikan sebagai referensi. 

Apa yang dimaksud motivation letter? 

Motivation letter adalah surat motivasi berisi minat, kepribadian, ketertarikan, dan alasan Anda melamar suatu posisi atau program yang sedang dibuka. 

Surat ini biasanya ditulis tidak lebih dari satu lembar dan berfungsi sebagai pengantar dokumen lain, seperti resume, ijazah, dan sertifikat akademik. 

Motivation letter lebih sering digunakan saat Anda mendaftar kuliah, beasiswa, magang dan volunteer. Namun, sangat jarang dipakai sebagai pengantar surat lamaran. 

Melalui surat motivasi, seseorang menjelaskan pada recruiter mengapa dirinya adalah kandidat yang cocok mengisi program maupun posisi tersebut. 

Walaupun motivation letter dan cover letter merupakan surat pendukung dokumen lamaran, tetapi fokus keduanya berbeda. Simak detailnya di bawah ini. 

Perbedaan motivation letter dengan cover letter

Tujuan surat motivasi yaitu untuk memberi kesempatan pada panitia maupun perekurt mengenal Anda secara personal, terlepas dari keahlian dan pengalaman yang tercantum di resume

Anda dapat menuliskan kepribadian, motivasi bekerja, belajar, dan minat yang dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak institusi.

Lewat motivation letter pula, Anda dapat menyentuh sisi emosional perekrut dan panitia. Perhatikan detail perbedaannya berikut supaya lebih jelas.  

1. Fokus surat

Fokus utama surat motivasi adalah untuk menunjukkan kepribadian dan hal bersifat personal, mengenai si pelamar yang tidak dicantumkan di dalam resume

Terkadang motivation letter bisa menjadi alasan mengapa seseorang diterima di organisasi maupun pekerjaan. 

Perekrut dapat menilai seberapa sesuai Anda dengan kesempatan yang dibuka. Tidak selalu dari segi pencapaian atau pengalaman yang dipunya. 

Sementara cover letter lebih menyoroti keahlian dan bagaimana pengalaman kerja Anda relevan dengan posisi yang dilamar. 

2. Kegunaan surat 

Berbeda fokus maka berbeda pula tujuannya. Motivation letter umum digunakan untuk melamar program beasiswa, magang, dan kerelawanan. Sementara cover letter dipakai sebagai pengantar melamar kerja. 

3. Fungsi

Keduanya bisa dikatakan sebagai surat untuk mempromosikan diri. Akan tetapi, fungsinya berbeda, surat motivasi lebih cocok dipakai oleh lulusan baru tanpa pengalaman yang ingin melamar suatu posisi. 

Cover letter lebih pas digunakan oleh pencari kerja yang sudah berpengalaman di bidangnya. 

Jadi, motivation letter adalah surat berisi informasi detail mengenai diri sendiri, meliputi kepribadian, ketertarikan di suatu bidang, prestasi, dan alasan melamar. 

Baca lebih lanjut tentang 5 Cara Menulis Cover Letter Agar Dilirik HRD, Tips dan Contoh.

Sebelum membahas contohnya, mari perhatikan format dan struktur penulisannya. 

Format penulisan motivation letter

Format motivation letter tidak jauh berbeda dengan surat formal lainnya. Harus ada judul, pembuka, isi, dan penutup. Anda perlu memastikan strukturnya agar tetap rapi. 

Gunakanlah font profesional seperti Times New Roman, Arial atau Calibri ukuran 11-12,  agar mudah dibaca. Kemudian atur jarak menjadi 1’’ di semua sisi halaman. 

Walaupun berisi informasi personal, tetapi bagian judul harus dibuat profesional dan jelas. Ini demi membantu panitia dan perekrut menemukan surat Anda. 

1. Bagian pembuka

Paragraf pertama berisi tujuan menulis surat dan perkenalan diri, kemudian dilanjutkan dengan informasi latar belakang pendidikan atau posisi Anda saat ini. 

Anda dapat menjelaskan ketertarikan di suatu bidang tertentu dan alasan kuat mengapa ingin menekuni hal tersebut pada panitia atau perekrut. 

2. Isi surat motivasi

Pada bagian isi tuliskan motif, tujuan, dan goals berkaitan dengan program atau posisi yang dilamar. Sebutkan juga mengenai kelebihan dan keahlian yang Anda miliki. 

Tuliskan beberapa alasan, target yang ingin dicapai, dan apa yang sudah dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Gunakan bahasa yang ringkas, lugas, dan jelas.

3. Penutup

Terakhir diisi dengan kesimpulan dan pernyataan yang menjelaskan mengapa Anda adalah kandidat tepat untuk mengisi posisi ini. 

Apa saja isi surat motivasi? 

Tidak ada aturan baku mengenai elemen apa saja yang harus dimasukkan di dalam surat motivasi. Anda bebas bercerita mengenai diri sendiri, tujuan, dan prestasi yang dimiliki pada perekrut. 

Lantaran bersifat personal, banyak yang kesulitan dan bingung mencantumkan informasi yang dibutuhkan di motivation letter yang efektif dan tetap profesional.

Nah, bagi Anda yang bingung ingin menulis isi surat motivasi untuk tujuan pendidikan, berikut contoh motivation letter beasiswa yang bisa disontek. 

1. Tujuan profesional

Di dalam surat motivasi tuliskan tujuan Anda dengan jelas dan ringkas. Ini ditujukan agar panitia dapat menilai, apakah Anda cocok dengan posisi dan institusi tersebut atau tidak. 

Terkadang tujuan pelamar yang sejalan dengan organisasi, institusi, dan perusahaan bisa menjadi faktor Anda diterima. Oleh sebab itu, elemen ini tidak boleh tertinggal. 

Alasan lainnya adalah tujuan yang relevan dan jelas membuat Anda, dinilai sebagai visioner, individu yang fokus dan pantang menyerah demi mencapai goals yang telah ditetapkan. 

2. Alasan mengapa menekuni bidang ini

Pada isi surat motivasi sertakan alasan kuat mengapa Anda ingin mengambil bidang atau program tersebut, seperti contoh di bawah. 

Apa yang membuat Anda tertarik dengan beasiswa dari universitas B? Atau apa alasan Anda mengambil program kesejahteraan masyarakat daripada manajemen? 

Tambahkan informasi seputar kegiatan, prestasi, dan langkah-langkah yang mendorong pernyataan Anda sebelumnya.

3. Kesimpulan dan alasan kuat mereka harus menerima Anda

Selanjutnya adalah kesimpulan dan biasa diisi dengan alasan mengapa institusi atau perusahaan harus menerima Anda di posisi itu. 

Tunjukkan kepercayaan diri dan benefit apabila mereka menerima menerima Anda. Misal meningkatkan bisnis perusahaan atau sebagainya. 

Cara membuat motivation letter

Menulis surat motivasi biasanya memerlukan waktu lama. Oleh sebab itu, pastikan batas akhir pengiriman berkas tidak mendadak. 

Satu tambahan lagi, ketika menulis surat motivasi pastikan tidak melebihi satu lembar agar memudahkan panitia membaca tulisan Anda. Ini dia tahapan membuat motivation letter. 

1. Mulai membuat outline

Menulis surat dengan paragraf panjang sekaligus bisa menyulitkan, terutama bagi yang tidak terbiasa. Cara mengatasinya adalah membuat outline lebih dulu. 

Tuliskan poin apa saja yang ingin dibahas dan pikirkan di mana tata letaknya. Jawab pertanyaan seputar:

  • Mengapa Anda tertarik dengan bidang tersebut dan ingin bergabung dengan perusahaan ini?
  • Sebutkan keuntungan apa saja yang didapat perusahaan, apabila menerima lamaran Anda.
  • Mengapa Anda tertarik dengan sekolah atau institusi ini?

Masukkan semua detail yang relevan, spesifik, dan buat referensi dari sekolah atau organisasi untuk menunjukkan seberapa qualified Anda dengan kualifikasi yang mereka cari. 

Koreksi pernyataan yang ingin ditulis ulang dan nilai tata letak. Apakah sudah pas atau perlu diubah agar mengikuti alur dan tampak lebih logis. 

2. Tulis perkenalan diri

Perkenalkan diri pada perekrut dan panitia di bagian atas. Isi motivation letter yang bagus akan sia-sia kalau tidak ada nama pemiliknya. Sertakan asal kampus dan ringkasan singkat tentang pencapaian Anda. 

3. Perluas outline yang dibuat

Outline di atas masih bisa dikembangkan agar isi surat motivasi lebih spesifik dan detail. Hal yang harus disorot adalah gunakan kata kerja tindakan untuk menulis bagian tujuan dan target. 

4. Akhiri surat motivasi 

Berikutnya adalah membuat kesimpulan dengan membuat pernyataan, nilai apa yang Anda miliki agar mereka menerima lamaran yang dikirim. Bisa diganti dengan apa yang ingin dipelajari apabila diterima di program ini. 

Perhatikan nada surat dan selalu berikan kesan positif. Jangan memasukkan kata-kata yang terdengar putus asa. 

5. Periksa tanda baca dan diksi yang digunakan

Tahap terakhir adalah mengecek kembali keselarasan bahasa, diksi, dan tanda baca yang digunakan. Anda harus memastikan tidak ada kesalahan tulis yang fatal serta jangan menggunakan bahasa kekinian. 

Kalau belum paham juga tetap tenang, My Robin telah terangkum referensi motivation letter yang dapat Anda tiru dan modifikasi sesuai kebutuhan. 

Contoh motivation letter untuk tiap keperluan

Anda baru pertama kali menulis surat motivasi dan bingung harus darimana? Cek contoh berikut dan sesuaikan dengan kebutuhan lamaran kerja atau daftar beasiswa. 

1. Contoh motivation letter untuk kerja

Jakarta, 12 Januari 2020

Kepada Yth bapak/ibu HRD,  

Saya menuliskan surat ini untuk menunjukkan minat pada posisi editor content writer di Ruang Cerita.com. Saya berpengalaman mengelola artikel di website dan menyunting tulisan sesuai dengan kaidah kebahasaaan, PUEBI, dan KBBI di media online parenting

Walaupun pengalaman saya berfokus pada topik kesehatan dan pola asuh, saya memahami kaidah, etika, dan nilai sosial dari sektor ini dan saya yakin bahwa pengalaman saya akan menjadi aset berharga bagi perusahaan. 

Tanggung jawab saya meliputi mengelola konten editorial website, membuat konten plan bulanan, dan menyunting artikel tepat waktu untuk kebutuhan platform perusahaan. 

Saya bekerja sama dengan profesional untuk membantu memberikan informasi yang valid pada target audience. Saya juga telah membantu psikologi dan spesialis anak menggunakan konten medis mereka untuk menciptakan tulisan yang ramah dan mudah dipahami. 

Pengalaman telah mengajari saya bagaimana membangun hubungan dengan semua pihak di dalam organisasi. Saya memiliki kemampuan bekerja dalam tim satu divisi maupun lintas divisi.  

Saya bekerja dengan departemen pengembangan untuk menerapkan peningkatan desain fungsional dan memantau statistik situs serta mengoptimalkan mesin pencari. 

Terima kasih atas waktu Anda. 

Srihayati Mulia

srimuliahayati.22@gmail.com

0821992002100

2. Contoh motivation letter untuk organisasi

Selanjutnya adalah contoh motivation letter kuliah untuk daftar organisasi. Format penulisannya bisa Anda modifikasi sesuai prestasi dan keahlian yang dimiliki. 

Tangerang, 10 Juli 2021

Habibah Ummu

08212220332100

habiba.hummu13@gmail.com

Kepada Yth Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pers,  

Universitas Berkeley

Jakarta

Perkenalkan saya Habibah Ummu, mahasiswi ilmu jurnalistik Universitas Berkeley. Surat ini saya tulis dengan maksud mengajukan permohonan untuk ikut berpartisipasi sebagai anggota divisi media di HIMA Pers UB kabinet NaWaSena. 

Saya tertarik dengan program ini karena saya memiliki visi untuk bersama-sama mengembangkan HMP dengan menyediakan wadah untuk para anggota terus berkarya. Saya percaya bahwa antusiasme dan keahlian saya dapat membantu HMP semakin berkembang. 

Sebagai generasi muda, saya memahami pentingnya menyuarakan opini, informasi, dan karya lewat berbagai media digital. Oleh karena itu, saya aktif mengikuti kegiatan dalam bidang jurnalisme dari studi ilmu komunikasi saya dan magang mandiri. Dari sinilah keterampilan komunikasi lisan dan tulisan saya terasah. 

Saya pun gemar dan memiliki pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dan media sosial yang sangat berguna untuk membantu departemen media dalam mencapai program kerjanya. Selain itu, saya yakin bahwa saya dapat belajar lagi melalui organisasi ini. 

Saya juga sangat tertarik dengan HMP kabinet Nawasena karena visi yang dipegang, Saya menghargai dan percaya misi kabinet ini untuk menyebabkan suara yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Demikian surat ini dibuat sejujur-jujurnya, sebagai anggota kabinet nanti saya akan memberikan kontribusi nyata untuk HMP. 

Salam hormat 

Habibah Ummu

3.  Contoh motivation letter beasiswa

Motivation letter beasiswa adalah surat motivasi yang ditujukan untuk keperluan penerimaan scholarship. Umumnya dikhususkan bagi sarjana untuk mengambil S2 atau magister yang ingin melanjutkan program Phd. 

Yth Penyelenggara Program Scholarship 

Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia

Saya Andrea Hinata menulis surat ini untuk menunjukkan ketertarikan saya pada program beasiswa magister yang dibuat oleh Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Saya telah menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Sakti Depok. 

Semenjak masuk kuliah saya menyadari bahwa isu kemanusiaan sangat penting untuk disuarakan di tanah air, terutama menyangkut dengan kesejahteraan perempuan dan anak di wilayah konflik. Tentu saja, ilmu tidak cukup untuk membawa saya melakukan perubahan besar tersebut. Oleh sebab itu, saya aktif mengikuti berbagai organisasi MUN dan AIESEC. 

Dua organisasi itu membuat saya lebih menggali ilmu mengenai bidang kesejahteraan manusia dan bagaimana menyuarakan isu-isu tersebut, agar mudah didengar dan sampai ke lapisan masyarakat berbagai level. 

Dengan bekal pengetahuan dari studi dan pengalaman, saya yakin dapat membangkitkan dan membantu menyuarakan isu kemanusiaan yang berfokus pada anak dan perempuan di tanah air yang selama beberapa tahun ini saya lakukan di lingkungan saya tinggal. 

Demi mencapai target dan tujuan untuk bisa menggabungkan permasalahan dan ketidakadilan yang dialami perempuan dan anak-anak saya bertekad untuk memperdalam pengetahuan di bidang Human Rights dan berharap KEMENRISTEK dapat mempercayai saya sebagai penerima program scholarship

Jika saya terpilih, saya akan mengalokasikan waktu, tenaga, dan ilmu untuk meningkatkan hak asasi manusia yang belakangan ini terabaikan oleh masyarakat di tanah air. 

Terima kasih atas perhatiannya,

Hormat saya

Fadya Bustomi

4. Contoh motivation letter in English

Berikut ini contoh motivation letter magang atau volunteer dalam bahasa Inggris yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan Anda. Perhatikan penggunaan kata dan grammar yang tepat.

Dear Mr. Harrington, 

My name is Jessica Lane and I am a veterinary student at Birmingham University. I am sent this motivation letter to show interest for the volunteers post on the Green East Animal Shelter Website. This opportunity attracted me because I have a passion for animal care and is relevant with my studiy.

I grew up around animals living on a farm in west Arizona. During this time, I was involved in animal care, including training and grooming animals. I also learned the importance of cleaning waste and pens to keep our creatures comfortable.

Through my veterinary studies, I have learned even more about diagnosing and treating animal diseases and how to help animals give birth.

I believe these skills, along with the experience I acquired, would be invaluable to you at Green East Animal Shelter. 

I also appreciate your shelter’s commitment to ongoing care for senior animals. These policies align with my own belief that all animals deserve the chance to live a long life no matter how long that takes.

In conclusion, I feel I would be an asset toGreen East Animal Shelter and hope you will accept my application for volunteer work. 

Yours sincerely,

Jessica Lane

Tips membuat motivation letter Indonesia

Surat tidak formal ini umum dijadikan sebagai syarat dalam pendaftaran beasiswa, magang, volunteer, hingga kerja. Jadi, nggak boleh asal dibuat perhatikan tips di sini dengan saksama ya. 

  1. Lakukan riset untuk mengetahui bisnis, fokus perusahaan, visi, dan misi perusahaan.
  2. Highlight poin penting di dalam surat motivasi.
  3. Motivasi letter ditujukan pada HRD atau panitia seleksi, cobalah tuliskan nama dan posisi orang tersebut dengan benar.
  4. Jangan menulis terlalu panjang hingga 4 lembar. 
  5. Ikuti format dan pedoman penulisan.
  6. Tulis surat dengan bahasa yang lugas, ringkas, dan tegas.
  7. Hindari memasukkan informasi palsu. 

Nah, itulah informasi seputar motivation letter dari pengertian hingga contohnya yang dapat ditiru dan dimodifikasi. Setelah berhasil membuat surat motivasi selanjutnya cari lowongan kerja dari perusahaan terpercaya lewat app.myrobin bebas biaya. Daftar sekarang!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!