CV Fresh Graduate tanpa Pengalaman yang bisa Menarik HRD beserta Contohnya

Cv Fresh graduated

Menulis curriculum vitae bisa sangat membingungkan bagi lulusan baru. Apalagi jika tidak memiliki pengalaman kerja atau organisasi. Lalu, bagaimana membuat CV fresh graduate yang menarik, walau hanya sebagai pelajar yang unggul dari segi akademik?

CV fresh graduate bisa dibuat jadi lebih detail dan informative, sehingga mampu menarik perhatian HRD. Bahkan menciptakan kesan positif setelah membaca kualifikasi Anda. Simak tips di sini hingga habis untuk menonjolkan kemampuan di curriculum vitae atau resume. 

Apa itu CV? 

CV adalah dokumen penting yang memuat informasi, mengenai riwayat pendidikan formal, non formal, pengalaman kerja, organisasi, pencapaian, serta kontak detail seseorang.

Surat ini biasa digunakan pada saat melamar kerja untuk menunjukkan kualifikasi diri dan meyakinkan HRD, bahwa Anda adalah kandidat yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan. 

CV juga ibaratkan senjata utama yang berfungsi menarik perhatian HRD, agar memilih Anda sebagai calon kandidat daripada pelamar lainnya.

Dokumen ini merupakan berkas yang digunakan perekrut untuk menilai, seberapa sesuai kemampuan yang dimiliki dengan posisi yang dibuka, sebelum Anda menjalani tahap interview. 

Oleh karena itu, isi yang dicantumkan di dalam CV harus menarik dan menonjolkan pencapaian, selama menempuh masa pendidikan maupun bekerja. 

Informasi yang tersaji harus disampaikan dengan tata bahasa yang baik dan benar, terstruktur, serta lengkap. Cek pembahasannya di bawah ini.

Apa saja isi CV fresh graduate

Informasi di dalam CV lulusan baru tidak jauh berbeda dengan para pencari kerja lainnya. Dilansir dari The Balance Career, ada kontak yang bisa dihubungi, alamat, latar pendidikan, pengalaman kerja, hingga prestasi. Berikut penjelasan lengkapnya. 

1. Kontak pelamar

Di bagian kontak meliputi nama pelamar kerja, nomor telepon aktif, e-mail, alamat, dan sosial media. Anda juga bisa menambahkan tautan ke portofolio. 

Informasi ini diletakan di paling atas, agar mudah dibaca oleh perekrut. Posisinya berada di tengah dan penulisannya di tebalkan. 

Khusus informasi alamat, hindari menuliskan data yang lengkap, seperti nama kelurahan, kecamatan, nomor RT/RW, dan nomor rumah. 

Tuliskan saja nama kota dan provinsi. Misalnya, Kota Tangerang Selatan, Banten. Penulisan alamat yang detail bisa disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

2. Riwayat pendidikan

Latar belakang pendidikan yang dimasukkan adalah yang paling terbaru. Anda tidak perlu menuliskan pendidikan dari TK hingga kuliah. 

Cukup yang baru atau relevan dengan posisi yang dilamar. Cantumkan saja pendidikan SMA/SMK atau kuliah. Tuliskan pula gelar, jurusan yang diambil, aktivitas yang dijalani, dan prestasi semasa studi. 

3. Pengalaman kerja

Bagi Anda yang pernah terlibat dalam program magang atau kerja, bisa mencantumkan pengalaman tersebut di dalam CV. Pilih pengalaman yang terbaru hingga yang paling lama. 

Jika Anda memiliki lebih dari 5 pengalaman kerja, pilih yang paling baru dan relevan dengan lowongan pekerjaan yang sedang dilamar. 

Di bagian ini jelaskan dengan detail mengenai tanggung jawab dan job desk yang dijalani serta result yang dihasilkan, ketika Anda memegang posisi tersebut. 

4. Pengalaman organisasi

Apabila Anda adalah mahasiswa yang aktif berorganisasi, pengalaman selama menjabat sebagai ketua, wakil, bendahara, sekretaris atau di departemen apapun, bisa dicantumkan di dalam CV

Ceritakan pada recruiter apa saja project yang pernah dijalankan dan berikan hasilnya. Buat list supaya tampilannya makin rapi. 

Misalnya, mampu memimpin 50 anggota BEM untuk mensukseskan kegiatan orientasi mahasiswa baru di universitas dengan 7 program kegiatan. 

5. Pencapaian

Pencapaian yang relevan dengan lowongan pekerjaan yang dilamar, dapat membuka peluang diterima makin besar. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menambahkan prestasi di bidang akademik maupun non akademik. 

6. Keterampilan yang dimiliki

Keterampilan menjadi satu hal yang digunakan oleh HRD untuk menilai, apakah Anda mampu memegang job desk di pekerjaan yang dilamar atau tidak. 

Misalnya Anda melamar posisi graphic designer, umumnya skill yang dimiliki adalah penggunaan software seperti Adobe premiere, Adobe photoshop, hingga Procreate. 

Selain hard skill, tidak masalah mencantumkan soft skill yang menunjang posisi graphic designer nantinya. 

Struktur penulisan CV fresh graduate tanpa pengalaman

Salah satu hal yang umum terjadi pada CV fresh graduate adalah tampilan dokumennya terlihat kosong, sehingga minim informasi yang bisa dibaca oleh HRD. 

Walaupun tidak memiliki pengalaman kerja, Anda masih bisa memasukkan informasi lainnya mengenai diri sendiri. Berikut format CV lulusan baru dilansir dari Prospect UK

1. Judul

Bagian paling atas adalah judul. Silakan gunakan nama lengkap Anda sebagai judul, alih-alih menuliskan Curriculum Vitae. Penulisan yang tepat yaitu kombinasikan huruf biasa dengan kapital, ukuran font sedang, dan berikan penebalan. 

2. Detail kontak

Tepat di bagian bawah nama, masukkan nomor telepon aktif, alamat tinggal, e-mail, tautan portofolio, dan sosial media. 

3. Deskripsi diri

Deskripsi diri di CV merupakan bagian yang diisi dengan informasi berupa posisi, gelar, keterampilan, dan tujuan karier di masa depan

Lewat kolom deskripsi diri, pelamar dapat menonjolkan kelebihan dan pengalaman yang membuat mereka tampak unggul, dibanding kandidat lain.

4. Pendidikan

Pendidikan yang ditulis adalah yang paling baru, misal sarjana atau diploma .Buat list bullet untuk membuat pencapaian makin stand out. 

Selain memasukkan informasi nama kampus, IPK, tahun kuliah hingga lulus, serta prodi, tuliskan pula kegiatan apa saja yang dilakukan selama studi. 

5. Riwayat pekerjaan

Pernah ikut magang ketika kuliah atau SMK? Masukkan informasi ini secara detail di dalam CV untuk menarik HRD. Tips mencantumkan riwayat pekerjaan adalah menuliskan jabatan dan tanggung jawab apa saja yang dilakukan dalam bentuk poin-poin. 

Dilansir dari Indeed, pelamar bisa menggunakan persentase, nomor, dan jumlah untuk mengukur hasil yang diberikan atas pekerjaan yang telah dilakukan. 

Contohnya sebagai berikut, “Bertanggung jawab membuat 20 copy untuk keperluan campaign brand dan bekerja sama dengan 3 tim graphic designer yang berhasil menaikan engagement rate sebesar 30 persen dalam waktu 3 minggu.”

6. Pencapaian

Apabila belum pernah magang, part time, atau freelance Anda bisa mengganti dengan bagian pencapaian. 

Prestasi tidak harus dalam skala nasional. Bisa tuliskan keberhasilan akademik, seperti 

  • meraih peringkat pertama,
  • berhasil lulus ujian sertifikasi kejuruan,
  • menyelesaikan project kelompok,
  • memenangkan debat pada ujian akhir nasional, dan
  • menjadi lulusan terbaik seangkatan. 

Contohnya adalah “Berhasil meraih score TOEFL 650 pada ujian sertifikasi bahasa Inggris dengan masa pembelajaran 1 bulan.”

7. Sertifikat 

Lisensi atau sertifikat profesional bisa dimasukkan sebagai informasi tambahan yang menunjang pekerjaan nantinya. 

Mulai dari sertifikasi bootcamp, webinar, kelas daring, dan mini school. Apabila pernah menganggur setelah lulus, informasi ini dapat menunjukkan bahwa ada kegiatan lain yang pernah Anda lakukan selama masa pencarian kerja. 

Di samping itu, sertifikasi juga berguna untuk menunjukkan seberapa mahir atau kompeten Anda di suatu bidang. 

Misal, wartawan atau reporter mengambil ujian sertifikasi dari media ternama dan mendapatkan hasil lulus atau kompeten. 

8. Interest

Ketertarikan Anda pada bidang tertentu dapat dicantumkan di dalam CV. Ini berfungsi untuk memberi tahu recruiter posisi mana saja yang ingin ditekuni. Sebagai contoh copywriter, storytelling, dan UI/UX writer.  

Berikut ini adalah deretan contoh CV fresh graduate bahasa Indonesia yang sesuai dengan struktur penulisan di atas. Perhatikan dan coba terapkan pada curriculum vitae Anda. 

Daftar contoh CV fresh graduate

Pengalaman organisasi dan kerja yang masih minim jadi faktor utama, mengapa tampilan CV fresh graduate tampak kosong. Padahal, informasi menarik tentang diri sendiri bisa dimasukkan di dalam berkas untuk lamaran ini. 

Perhatikan contoh berikut demi memudahkan pembuatan CV yang benar berdasarkan lulusan, meski nggak ada pengalaman. 

1. Contoh CV fresh graduate SMK

Contoh CV fresh graduate SMK bisa dimasukkan pengalaman, ketika terlibat praktek kerja lapangan. Walaupun dilaksanakan dalam durasi singkat, tetapi Anda pernah terlibat langsung di dunia industri. 

Ananda Reza Pramulya

Jakarta barat | 081923667892 | ananda.reza1pramulya@gmail.com 


Lulusan baru yang tertarik berkarier sebagai editor video dan memiliki pengalaman kerja di PT Vindens Indonesia selama 3 bulan. Mampu mengoperasikan software editing dan motion graphic


Education 

SMK Negeri 20 – Jakarta Barat 2017-2019

Fresh graduate Multimedia

  • Berhasil menyelesaikan pendidikan tepat waktu dengan nilai akhir 90 dan menjadi lulusan terbaik angkatan tahun 2017/2018.
  • Mengikuti program praktik kerja lapangan di industri selama 3 bulan dan mendapatkan sertifikasi kompeten.
  • Berkontribusi dalam pembuatan video graduation untuk angkatan 2017/2018 yang diunggah di sosial media SMKN 20 Jakarta. 
  • Bertanggung jawab sebagai koordinator kelompok dalam perumusan desain logo dan memastikan semua anggota mendapatkan porsi yang jelas dalam penyelesaian tugas.
  • Bekerja sama dengan 6 anggota kelompok untuk membuat desain logo brand makanan dan skincare lokal dengan memperhatikan tone brand tersebut. 
  • Tergabung sebagai tim desain yang mewakili sekolah di ajang perlombaan desain logo dan re-branding  tingkat provinsi dengan membawa predikat sebagai runner up ke 2. 

Work experience  

Praktik kerja lapangan | PT Vindens Indonesia April 2021-Juli 2021

  • Terlibat dalam pembuatan video iklan berdurasi 5 menit untuk 7 small business brand kecantikan dalam waktu sebulan. 
  • Mengoperasikan software Adobe Photoshop dan Photopea dalam pembuatan logo merek dengan memperhatikan tone dan voice brand. 
  • Berkontribusi memberikan ide dalam menentukan model desain untuk animasi sosial media client dengan menghasilkan 2 desain akhir.
  • Mengoperasikan Adobe Ilustrator untuk pembuatan ilustrasi buku anak-anak dengan 2 konsep berbeda. 

Hard skill 

  • Mengoperasikan software editing Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Procreate, Photopea, Adobe Premiere Pro, dan Motion Graphic.
  • Menggunakan device kamera DSLR dan Mirrorless camera untuk membuat video cinematic. 

Soft skill

  • Kepemimpinan dan kerja sama
  • Manajemen waktu
  • Professionalism
  • Kemampuan komunikasi
  • Berpikir kritis

2. Contoh CV fresh graduate SMA

Wirda Natasia Nasution

Tangerang, Indonesia | 089528991029 | wirdannasution 44@gmail.com

Education 

SMA Negeri 10 – Jakarta Barat 2018-2021

Fresh graduate IPS

  • Berhasil menyelesaikan pendidikan tepat waktu dengan nilai akhir 95 dan menjadi lulusan terbaik seangkatan.
  • Bertanggung jawab sebagai koordinator kelompok dalam perumusan konsep logo untuk mata pelajaran seni rupa dan memastikan semua anggota mendapatkan porsi yang jelas dalam penyelesaian tugas.
  • Menjadi anggota debat yang mewakili kelas dalam perlombaan antar kelas mata pelajaran bahasa Indonesia dan berhasil mendapatkan penghargaan sebagai pemenang pertama. 

Work experience  

Magang Admin Legal | PT Aditama Internusa 2019-2020

  • Bertanggung jawab input inventaris data pedagang di area Pasar Senen periode 2019-2020. 
  • Berkontribusi memastikan proses administrasi berjalan efektif dan sesuai dengan prosedur. 

Part time Admin | Gerai ASAP 2020-2021

  • Berkontribusi dalam kelancaran operasional administrasi perusahaan melalui input dan integrasi data tepat waktu. 
  • Bertanggung jawab dalam pengemasan dan pendistribusian paket tepat waktu untuk menjamin kepuasan pelanggan. 
  • Berhasil menyelesaikan 20 lebih transaksi elektronik dan memantau kinerja keuangan perusahaan lewat pembuatan rekap dan catatan puluhan data transaksi rutin. 

Part time Barista | AAHHH Drink Store November 2021-Juli 2022

  • Mengingat lebih dari 20 minuman dan membuat 50 pesanan per shift sesuai kustomisasi pelanggan.
  • Bertanggung jawab mencatat order termasuk menawarkan 7 jenis menu makanan dan promosi mingguan. 
  • Bertanggung jawab dalam pengelolaan arus kas operasi harian dengan omzet Rp300 ribu per hari. 

Soft skill: Kepemimpinan dan kerja sama, manajemen waktu, professionalism, kemampuan komunikasi, berpikir kritis.

3. Contoh CV fresh graduate S1

Anggiartha Widya 

Tangerang Selatan, Indonesia | 089628391069 | widyaanggiartha234@gmail.com.Saya adalah lulusan baru yang tertarik berkarier di bidang kepenulisan dan kreatif. Terbiasa membuat konten tulisan dan membuat copy di berbagai platform media sosial dan pernah berhasil meningkatkan engagement rate hingga 20 persen.

Education 

Universitas Gunadarma | Depok, Indonesia 2018-2022

Sarjana Ilmu Komunikasi – IPK 4.00

  • Berhasil menyelesaikan pendidikan tepat waktu dengan IPK 4.00 dan mendapat penghargaan sebagai lulusan summa cum laude seangkatan.
  • Menjadi koordinator kelompok dalam perumusan konsep sosial media untuk tugas digital marketing dan memastikan semua anggota mendapatkan peran yang jelas dalam penyelesaian tugas.
  • Berperan aktif sebagai anggota pers mahasiswa untuk kampus dengan bertanggung jawab menyajikan berita aktual dan terkini lewat peliputan dan tulisan. 

Work experience  

Magang Content Writer | IDN Times Februari 2018-Agustus 2018 

  • Bertanggung jawab membuat 20 konten artikel di website dengan menerapkan SEO guideline untuk menarik traffic. 
  • Meningkatkan jumlah viewers dengan selalu menganalisis kata kunci utama yang akan dijadikan bahan tulisan. 
  • Memastikan konten bebas typo dan plagiarisme dengan melakukan checking menggunakan tools plagiarism checker. 
  • Berkontribusi menyajikan konten harian dengan penggunaan tata bahasa yang user friendly dan sesuai dengan pedoman penulisan bahasa Indonesia yang benar. 

Organization experience  

Koordinator Publikasi Depok Komputer Expo 2018 

  • Mengoptimalkan publikasi event pada setiap saluran media dengan target 10.000 pengunjung.

Hard skill: Pemahaman SEO, editing, analisis, dan copywriting. 

Soft skill: Kepemimpinan dan kerja sama, manajemen waktu, kemampuan komunikasi.. 

4. Contoh fresh graduate tanpa pengalaman kerja

Di bawah ini adalah contoh CV fresh graduate pdf untuk lulusan akuntansi. Jika tidak ada pengalaman organisasi, maka soroti pengalaman magang dan aktivitas di perkuliahan. 

Kharisma Ramadhania

Jakarta Pusat, Indonesia | 089629783372 | kharismarama.dhania@gmail.com


Saya lulusan baru yang tertarik berkarier di bidang akuntansi khususnya auditor. Terbiasa menggunakan software akuntansi seperti Myob, spreadsheet, dan excel. Pernah magang selama 6 bulan dan sering mengikuti kompetisi akuntansi nasional.


Education 

Universitas Budi Luhur | Jakarta Selatan, Indonesia 2018-2022

Sarjana Ilmu Akuntansi – IPK 3.00

  • Berhasil menyelesaikan pendidikan tepat waktu dengan IPK 3.00 dan mendapat penghargaan sebagai lulusan cum laude seangkatan.
  • Mengikuti National Accounting Challenge 2021 di STAN dan berhasil membawa predikat runner up pertama. 
  • Berkontribusi menjadi perwakilan tim untuk mengikuti Airlangga Accounting Competition 2021.

Work experience  

Magang Auditor | KPMG Februari 2019-Agustus 2020 

  • Membantu membuat audit checklist untuk memudahkan auditor mengingat hal yang ingin ditanyakan.
  • Terlibat dalam mempersiapkan audit tahunan dan jadwal pelaksanaan audit secara rinci. 
  • Bertugas melaksanakan investigasi menyeluruh terhadap risiko kecurangan di bagian keuangan.
  • Bertanggung jawab memeriksa laporan keuangan dan dokumen yang bersifat kritikal.

Magang Kejaksaan Agung Republik Indonesia Maret 2021 – Juli 2021

  • Melakukan pencatatan laporan keuangan kejaksaan terperinci. 
  • Berkontribusi dalam kelancaran operasional perusahaan lewat pengarsipan surat masuk dan keluar. 

Skill 

Analisis, berpikir logis, sistematis, komunikasi, manajemen, fasih berbahasa Inggris, detail oriented, mentoring dan koordinasi, leadership, teamwork. 

5. Contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman dalam bahasa inggris

Contoh CV fresh graduate document dalam bahasa Inggris ini, khusus bagi Anda yang tidak memiliki pengalaman organisasi. Kuncinya adalah menonjolkan pengalaman PKL, part time, magang, atau freelance

Tiara Aprita Handayani

North Jakarta, Indonesia | 089629783372 | tiara.apritah@gmail.com


I am a content writer with a 1+ year experience at Media Online and recently I take a role as a freelancer and ghostwriter. I implement SEO Guidelines on articles to make them easy to read for audience and generate viewer traffic in search engines


Education 

SMK 43 Jakarta – Jakarta, Indonesia Mar 2017 – May 2020

High School Diploma in Business online and marketing, 8.50/100.00

  • Completed vocational high school on time with final score 85 and received the title as a graduate with the best grades in a major. 
  • Undergo an internship program in the retail industry for 3 months and get a “good” certificate.
  • Take the TOEIC English test at the Ministry of Education and Culture.
  • Successfully got a score of 605 when taking the VIERA English test from the International Test Center Indonesia. 
  • Participated as a team member at Teen Red Cross competition at University of Jakarta.

Work experience  

Freelance Writer | Klik Riset Februari 2022 – Juni 2022

  • Created articles for Hermina Hospital and increased content production at the official website.
  • Analysis of main and secondary keywords using search volume tools.
  • Write 5-20 articles for different clients and niches with a minimum deadline.
  • Minimize typo and avoid plagiarism by checking content with plagiarism detector before publication.

Skill and Interest

  • Interest: Social Media Specialist, Copywriting, SEO, dan Content Writing.
  • Soft Skills: Content Creating, Copywriting, basic SEO, Editing Article, Storytelling, Analysis, Communication, Time Management.

Tips membuat CV fresh graduate SMA

Membuat CV yang baik dan bisa menarik perhatian HRD memang cukup menantang. Namun, Anda bisa menerapkan tips di bawah ini, agar tampilan curriculum vitae mudah dibaca dan dilirik recruiter dilansir dari Prospect UK.

1. Aplikasikan font dan margin yang tepat

Tujuan pembuatan CV adalah untuk memamerkan kualifikasi Anda pada perekrut. Selain dari informasi yang detail dan relevan, pencari kerja wajib memperhatikan penggunaan font dan mengatur margin dokumen. 

Hindari memilih jenis huruf yang sulit dibaca dan menggunakan margin custom yang justru membuat tampilan tampak berantakan. 

Pengalaman kerja dan pendidikan yang rinci akan sia-sia, kalau bentuk CV tidak terstruktur. Recruiter bisa melewatkan membaca resume Anda dan beralih ke kandidat lain. 

2. List aktivitas dan pencapaian selama studi

Bagi lulusan baru Anda mungkin belum memiliki pengalaman kerja yang bisa dicantumkan di dalam CV. Atau punya experience, tetapi tidak relevan dengan job yang dilamar. 

Nah, cara menyiasatinya adalah menuliskan pengalaman saat mengerjakan tugas atau project kuliah. Pencapaian yang telah diraih juga bisa Anda highlight. 

3. Hindari kesalahan ejaan

Kesalahan ejaan juga umum terjadi dalam pembuatan CV. Oleh karena itu, sebelum mengirim selalu membaca ulang dan pastikan tidak ada typo

Ini karena kesalahan ejaan di kalimat tertentu, bisa menyebabkan kesalahpahaman yang berdampak buruk, bagi citra Anda sebagai pencari kerja. 

Apabila Anda membuat CV berbahasa Inggris, cek penggunaan grammar yang benar. Melalui aplikasi atau lewat peramban. 

4. Jangan memasukkan informasi yang tidak relevan 

Tips berikutnya adalah jangan memasukkan data yang tidak relevan. Misal hobi, agama, status pernikahan, dan gaji terakhir. 

Curriculum vitae profesional hanya terdiri dari latar pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, sertifikasi, dan kontak. Informasi seputar gaji terakhir bisa dibahas saat interview kedua dilakukan. 

5. Buat lebih ringkas

Menurut The Balance Career, CV yang baik tidak lebih dari 2 lembar. Jika memungkinkan Anda bisa menuliskan semua informasi dalam satu lembar kertas. 

Ini karena tak semua recruiter memiliki banyak waktu untuk membaca informasi di dalam CV. Di samping itu dalam sekali perekrutan, ada ratusan bahkan ribuan CV yang sampai ke meja HRD. 

Jadi dengan membuat CV yang ringkas, tetapi detail Anda telah membantu menghemat waktu HRD. 

6. Tidak boleh menulis informasi hoax 

CV dibuat memang untuk mengesankan HRD, tetapi jangan sampai Anda memasukkan informasi hoax, agar bisa lolos jadi kandidat atau diterima kerja. 

Umumnya, pencari kerja menuliskan informasi hoax di bagian pengalaman dan riwayat pendidikan. Apabila terbukti melakukan kebohongan, nama Anda bisa dimasukkan ke daftar hitam dan berpotensi sulit mendapat pekerjaan lain. 

7. Gunakan CV builder

Jika membuat curriculum vitae mandiri terlalu menyulitkan, silakan gunakan CV builder yang bisa diakses via peramban. Cara menggunakannya hanya tinggal ketik atau drop di template yang telah disediakan. 

Siapkan informasi yang ingin dicantumkan dalam curriculum vitae. Selanjutnya, sesuaikan posisi dan unduh dalam pdf atau word. 

8. Personalisasikan CV sesuai job yang dilamar

Terakhir adalah membuat CV khusus, berdasarkan pekerjaan yang dilamar. Jika Anda apply untuk posisi admin, maka pengalaman kerja atau sertifikasi yang dicantumkan harus relevan dengan kegiatan admin. Begitu pula jika melamar sebagai akuntan atau video editor. 

CV fresh graduate ATS vs kreatif

Ada 2 jenis curriculum vitae yang umum digunakan pencari kerja yaitu ATS dan kreatif. Untuk CV fresh graduate tanpa pengalaman, sebaiknya pilih yang mana? 

CV ATS adalah curriculum vitae yang dibuat agar ramah dengan software applicant tracking system. 

Perangkat lunak ini digunakan oleh bagian personalia untuk mengumpulkan, membaca, menyaring, dan memilih CV yang paling sesuai dengan persyaratan lowongan. 

Tampilan CV tidak berwarna dan hanya berupa tulisan. Jadi, tidak ada foto Anda ataupun ornamen desain. 

Sementara CV kreatif adalah curriculum vitae yang identik dengan tampilan desain warna-warni dan ramai. Baca lebih lengkap tentang 5 Perbedaan CV ATS dan CV Kreatif.

Kedua CV tersebut bisa dipakai untuk melamar kerja. Namun, jika Anda fresh graduate dan ingin melamar di perusahaan besar, pilih versi ATS daripada kreatif.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Prospek Kerja Jurusan Perhotelan

Sebelum buru-buru tergiur atau meremehkan pekerjaan di bidang perhotelan, ada baiknya kamu memahami dulu nih serba-serbi industri ini dan apa saja prospek kerja yang bisa kamu lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!