New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Integritas Dalam Bekerja: Pengertian, Nilai, Ciri-Ciri, Contoh, Hingga Manfaatnya

Integritas Dalam Bekerja

Mungkin saja kamu sering mendengar kata integritas, yaitu istilah yang diartikan sebagai suatu konsep kejujuran. Ya, memang benar orang yang berintegritas dianggap orang yang jujur. Pada dasarnya, integritas adalah salah satu karakter yang perlu dimiliki setiap orang sebagai bentuk tanggung jawab terhadap pekerjaan, tugas, dan aktivitas sehari-harinya.

Seseorang yang tidak memiliki integritas untuk hal kecil sekalipun bisa memupuk bibit awal sifat koruptif pada dirinya lho! Karena ia akan menjadi terbiasa untuk berbuat curang dan nyaman mengambil sesuatu yang bukan haknya. Untuk memahami lebih dalam apa itu integritas, Myrobin akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri, contoh, hingga manfaatnya.

Integritas Dalam Bekerja

Integritas adalah kesatuan antara pola pikir, perasaan, ucapan, dan perilaku yang selaras dengan hati nurani dan norma yang berlaku. Dalam bekerja, seseorang yang berintegritas akan berkomitmen untuk melakukan pekerjaan dengan etika dan moral yang tinggi. Hal ini menjelaskan bahwa seseorang akan selalu berusaha untuk konsisten apa yang dikatakan dengan tindakan yang dilakukannya, menjaga rahasia perusahaan, dan menghormati orang lain. Sifat ini dapat menjadi tolak ukur untuk membangun kepercayaan kepada atasan, rekan kerja serta berguna dalam upaya meningkatkan citra perusahaan. 

Nilai Integritas

Seseorang yang berkomitmen menerapkan prinsip integritas dalam hidupnya akan mengedepankan nilai-nilai yang dianut sebagai pedoman untuk melakukan pekerjaan. Beberapa nilai-nilai integritas yang penting adalah:

Kejujuran

Nilai utama yang perlu ditanamkan adalah sikap jujur. Kejujuran berarti bahwa kelurusan hati seseorang yang akan selalu berusaha untuk menjaga integritas dalam tindakannya dan tidak akan berusaha untuk menyembunyikan fakta atau menipu orang lain. Seburuk apapun tindakan, selama ia mengatakan apa yang telah dilakukan maka ia disebut jujur. Tak hanya itu, sikap ini akan dihargai dan dipercaya oleh orang lain karena mencerminkan perbuatan baik. 

Peduli

Peduli dalam nilai integritas adalah komitmen untuk memperhatikan kepentingan orang lain. Ini berarti bahwa seseorang yang memiliki nilai integritas peduli akan selalu berusaha untuk memastikan bahwa tindakannya tidak akan merugikan orang lain atau membuat keputusan yang tidak adil. Peduli juga berarti bahwa seseorang akan selalu berusaha untuk menemukan keseimbangan antara kepentingan perusahaan dan kepentingan individu serta akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik bagi semua pihak yang terlibat.

Tanggung Jawab

Seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab siap menanggung konsekuensi dari tindakan yang telah dilakukan. Nilai ini sangat penting karena dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang bertanggung jawab dan profesional.

Kerja Keras

Kerja keras berarti melakukan pekerjaan dengan sebaik mungkin dan berusaha untuk mencapai hasil yang optimal dan mengatasi hambatan yang mungkin dihadapi dalam proses kerja. Seseorang yang memiliki nilai integritas kerja keras akan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya dan tidak akan pernah berhenti belajar dan berusaha untuk meningkatkan kualitas kerja agar mencapai tujuannya. 

Mandiri

Mandiri dimaknai sebuah keadaan yang tidak bergantung pada orang lain dan dapat berdiri sendiri. Pribadi yang mandiri mampu mengatur dirinya sendiri untuk menetapkan gambaran hidup seperti yang diinginkan. 

Sederhana

Hidup sederhana bukan berarti hidup miskin atau kikir, tetapi hidup yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak berlebihan dalam menggunakan harta yang dimiliki. Dengan hidup secara minimalis ini membuat seseorang akan lebih bisa mengatur prioritas untuk menggunakan harta. 

Adil

Adil artinya sama berat, tidak memihak kepada siapapun kecuali kepada kebenaran. Bukan memihak dengan alasan persamaan suku, agama, bangsa, atau pertemanan sehingga sikap ini akan mencegah konflik kepentingan. Selain itu, seseorang yang adil tidak bertindak sewenang-wenang. 

Berani

Bukan hanya keberanian fisik, tetapi berani juga dapat berlaku dalam konteks emosional. Tindakan yang dilakukan tanpa rasa ragu-ragu dalam menghadapi suatu situasi atau permasalahan. Seseorang yang berani, tidak takut menunjukkan suatu kebenaran serta keadilan jika ia yakin bahwa yang dilakukannya benar. Sukses akan diraih oleh orang yang berani berbuat tanpa rasa takut menanggung kosekuensi dari perbuatan yang dilakukannya. 

Disiplin  

Komitmen merupakan salah satu kunci terbentuknya disiplin. Sikap disiplin artinya mengendalikan diri sendiri untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam konteks kerja, disiplin digunakan sebagai kemampuan untuk bekerja secara efektif dan mencapai target dalam waktu yang ditentukan.

Ciri-ciri seseorang yang memiliki integritas dalam bekerja 

Setiap orang pasti akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya. Seseorang yang berintegritas akan jelas terlihat seperti ciri-ciri berikut ini:

  • Melakukan hal benar sekalipun tanpa diawasi.
  • Berperilaku sesuai dengan apa yang diucapkan.
  • Seseorang yang selalu konsisten dalam tindakannya dan tidak akan berubah-ubah dalam prinsip dan nilainya. 
  • Menjaga profesionalitas dan tidak akan melakukan tindakan yang merugikan perusahaan atau rekan kerjanya.
  • Menghormati hak-hak orang lain dan tidak akan melakukan diskriminasi.
  • Menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau kelompok.
  • Terbuka dan transparan dalam tindakannya, dan tidak akan ada rahasia atau hal yang disembunyikan.

Contoh Perilaku Integritas di Lingkup Kerja

Di dalam dunia kerja integritas merupakan suatu nilai penting. Pasalnya, seseorang yang berintegritas umumnya memiliki sikap positif. Berikut contoh perilakunya;

Datang Tepat Waktu 

Kebiasaan yang paling penting adalah membiasakan diri untuk tepat waktu. Sikap ini mencerminkan komitmen dan konsistensi seseorang. Tepat waktu sama dengan menghargai waktu kamu sendiri dan waktu orang lain. Sikap seperti itu juga membuat orang-orang di sekitar percaya bahwa kamu adalah orang yang dapat dipercaya.

Bertanggung Jawab Atas Pekerjaan

Berusaha memenuhi tanggung jawab atas pekerjaan yang telah diberikan dan berusaha mencapai hasil yang maksimal tanpa melemparkan tanggung jawab kepada orang lain. 

Pemimpin Memberikan Contoh yang Baik

Masih banyak atasan menciptakan etika kerja yang harus diikuti oleh karyawan, tetapi mereka sendiri tidak bertindak sesuai dengan etika yang telah ditetapkan. Dalam hal ini, sebagai seorang atasan, harus memberikan contoh yang baik sesuai dengan apa yang diharapkan dari perusahaan. Sebagai pemimpin juga harus mendukung integritas, bukan hanya karyawan. Untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan kamu, MyRobin sudah menyediakan artikel terkait dengan Leadership yang dapat kamu baca di sini!

Hormati dan Patuh Kebijakan di Tempat Kerja

Setiap kebijakan di tempat kerja dibuat untuk memandu semua karyawan mengenai praktik terbaik misalnya berperilaku. Dengan mengikuti aturan yang ditetapkan maka sikap tersebut menunjukan integritas dan membuat keputusan berdasarkan informasi serta nilai tujuan bisnis. 

Meningkatkan Etos Kerja

Bentuk lain dari integritas yaitu meningkatkan produktivitas dengan menyelesaikan pekerjaan lebih awal. Ini bisa menjadi bentuk pengendalian kejujuran, yang menunjukkan berperilaku bermotivasi tinggi dalam bekerja.

Manfaat Integritas Dalam Bekerja

Integritas membentuk solidaritas tinggi dan dapat memberikan hasil yang sukses bagi perusahaan seperti poin berikut;

Menciptakan Reputasi Baik Bagi Perusahaan

Dalam konteks perusahaan, integritas dapat dilihat dari bagaimana perusahaan menjalankan bisnisnya dengan jujur, transparan, dan bertanggung jawab. Manfaat dari integritas bagi perusahaan yaitu akan dikenal sebagai perusahaan yang memiliki reputasi baik. Dengan reputasi baik dapat meningkatkan kepercayaan bagi pelanggan, investor, karyawan, dan masyarakat umum sekalipun. Hal ini dapat membuat perusahaan lebih bisa menarik pelanggan potensial, meningkatkan kinerja keuangan perusahaan, dan meningkatkan kualitas SDM perusahaan. 

Menciptakan Budaya Perusahaan yang Baik

Integritas dapat menjadi dasar dari budaya perusahaan yang baik karena integritas mengajarkan bahwa perusahaan harus selalu berpegang pada nilai-nilai etika dan moral dalam melakukan bisnis. 

Karyawan Dengan Etika Baik

Jika perusahaan memperlihatkan integritas dalam cara mereka menjalankan bisnis, maka karyawan akan cenderung mengadopsi nilai-nilai yang sama dalam menjalankan tugas mereka sehingga perusahaan yang memiliki karyawan dengan etika yang baik akan membuat bisnis semakin menarik di mata masyarakat. Perusahaan yang memiliki integritas ditandai dengan minimnya pergantian karyawan dan berusaha meningkatkan tenaga kerja yang bekualitas. Karyawan yang bekerja juga akan lebih merasa mendapatkan perlakuan yang adil. 

Demikian penjelasan tentang integritas dalam bekerja. Setelah mengetahui dengan jelas konsepnya, inilah saatnya menerapkan sifat integritas di kehidupan kamu ya!

Temukan informasi seputar karir, pekerjaan, informasi-informasi menarik lainnya di Blog MyRobin. Jika Anda ingin melamar pekerjaan, kunjungi App MyRobin, terdapat berbagai lowongan kerja terbaru, temukan pekerjaan impian Anda sekarang juga!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!