New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Wajib Tahu! Fakta Menarik tentang Kenaikan UMP DKI Jakarta Tahun 2024

Kenaikan UMP DKI Jakarta Tahun 2024

Pada tanggal 21 November 2023, Heru Budi Hartono, yang menjabat sebagai pejabat Gubernur DKI Jakarta, mengumumkan peningkatan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang telah lama dinantikan untuk tahun 2024, menjadikan Jakarta sebagai pemimpin UMP tertinggi di Indonesia. 

Perundingan penetapan UMP DKI 2024, melibatkan pemerintah provinsi, perwakilan bisnis, dan serikat pekerja. Sebelum penetapan UMP, Dewan Pengupahan mengadakan sidang pada 18 November 2023, dengan partisipasi pejabat pemerintah daerah, pemangku kepentingan bisnis, serikat pekerja, dan akademisi. Sayangnya, sidang tersebut tidak mencapai kesepakatan karena tiga komponen Dewan Pengupahan mengusulkan angka UMP yang berbeda. 

Maka, Perwakilan bisnis (Apindo DKI) dan Pemprov DKI mengusulkan kenaikan sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Pengupahan.

Fakta Menarik tentang Kenaikan UMP DKI Jakarta Tahun 2024

Berikut adalah fakta menarik tentang kenaikan UMP DKI Jakarta:

Peningkatan Signifikan

Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta untuk tahun 2024 mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 3,38%, mencapai angka Rp5.067.381. Hal ini mencerminkan komitmen Pemerintah Provinsi untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di wilayah tersebut.

Keputusan Berdasarkan Peraturan Resmi

Kenaikan UMP tersebut tidak terjadi begitu saja, melainkan merupakan hasil dari Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 818 Tahun 2023. Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan formula yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023, menunjukkan bahwa kenaikan UMP didasarkan pada ketentuan resmi.

Alpha Sebagai Patokan Tertinggi

Pemerintah DKI Jakarta menetapkan alpha (bilangan indeks penyusun UMP) tertinggi, yaitu alpha 0,3 sesuai dengan PP Nomor 51 Tahun 2023. Hal ini menunjukkan adanya perhitungan matematis yang cermat dalam menetapkan kenaikan UMP.

Pertimbangan Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi

Keputusan kenaikan UMP juga memperhitungkan faktor inflasi dan pertumbuhan ekonomi di Ibu Kota. Pendekatan ini menunjukkan respons Pemprov DKI Jakarta terhadap dinamika ekonomi yang berlangsung.

Kewajiban Pengusaha untuk Menyusun Struktur Upah

Pemerintah Provinsi tidak hanya fokus pada kenaikan UMP, tetapi juga menegaskan kewajiban pengusaha untuk menyusun struktur dan skala upah di perusahaannya. Langkah ini diambil untuk memberikan pedoman yang jelas bagi pekerja atau buruh dengan masa kerja satu tahun atau lebih.

Pengawasan dan Sanksi bagi Pengusaha

Pemprov DKI Jakarta tidak main-main dalam menjalankan aturan tersebut. Mereka berkomitmen untuk melakukan pengawasan dan memberikan sanksi kepada pengusaha yang tidak mematuhi kewajiban menyusun struktur dan skala upah.

Dukungan Luas untuk Kesejahteraan Pekerja

Selain kenaikan UMP, Pemprov DKI Jakarta juga memberikan perhatian terhadap aspek non-upah. Langkah ini tercermin dalam kebijakan pemberian Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) yang memberikan berbagai manfaat kepada pekerja dengan kriteria tertentu.

KPJ sebagai Inovasi Kesejahteraan

Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) tidak hanya menjadi identifikasi, tetapi juga membawa berbagai manfaat seperti bantuan layanan transportasi, akses pangan bersubsidi, keanggotaan JakGrosir, dan bantuan biaya pendidikan anak. Inisiatif ini menunjukkan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan dukungan luas bagi kesejahteraan pekerja di berbagai aspek kehidupan mereka.

Dengan kenaikan UMP Jakarta sebesar 3% ini, bukan hanya menjadi pemimpin UMP tertinggi di Indonesia, tetapi juga menunjukkan komitmen untuk terus mengatasi tantangan ekonomi dan memberikan dukungan bagi para pekerja dalam menjalani kehidupan sehari-hari mereka. 

Semoga langkah-langkah ini tidak hanya meningkatkan daya beli pekerja, tetapi juga memberikan dampak positif yang luas terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Jakarta.

Jika Anda sedang mencari lowongan pekerjaan, Anda dapat mengunduh MyRobin Super App. Di sana Anda dapat memilih dan melamar pekerjaan yang Anda inginkan. Tunggu Apalagi? Unduh MyRobin Super App sekarang juga!

Temukan wawasan yang berharga untuk meningkatkan produktivitas dan kesuksesan Anda. Kunjungi blog MyRobin sekarang dan tetap terhubung dengan berita terkini yang akan memberikan dampak positif bagi karir ataupun bagi bisnis Anda!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!

id_IDID