PERLU TAHU! 11 Keuntungan Menjadi Seorang Akuntan

Keuntungan Menjadi Akuntan

Mungkin Anda tidak asing dengan istilah akuntan? Apa yang Anda ketahui terkait akuntan? Posisi akuntan merupakan pekerjaan yang memberikan sejumlah manfaat bagi orang-orang yang menginginkan pekerjaan tersebut. Beberapa dari banyaknya keuntungan yang ditawarkan menjadi seorang akuntan termasuk kesempatan untuk bekerja di berbagai industri, jaminan keamanan kerja dan kemampuan untuk membuka cabang dan membuka kantor akuntan untuk mengembangkan bisnis Anda sendiri. 

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari pengertian akuntan. Anda juga akan memperoleh informasi 11 keuntungan menjadi seorang akuntan, serta beberapa profesi yang dapat Anda pertimbangkan ketika memutuskan menjadi seorang akuntan. Simak penjelasannya dalam artikel ini!

Apa Itu Akuntan?

Apa yang Anda ketahui tentang akuntan? Akuntan adalah seseorang yang bekerja di bagian keuangan yang memeriksa dan menyiapkan catatan keuangan untuk keperluan perusahaan dan individu. Akuntan bekerja menyiapkan berbagai laporan keuangan dan data-data untuk membuat catatan keuangan dan menentukan kestabilan keuangan perusahaan atau individu.

Beberapa tugas umum yang harus dipahami oleh seorang akuntan sebagai berikut ini.

  • Bekerja dengan auditor eksternal dan internal untuk menyelesaikan audit.
  • Menyiapkan dan meninjau pendapatan, gaji, pengeluaran, dan anggaran untuk  perusahaan dan individu.
  • Membuat laporan laba rugi.
  • Analisis data keuangan seperti, pengeluaran dan pendapatan.
  • Siapkan entri akun.
  • Menetapkan dan menerapkan prosedur pengendalian akuntansi.
  • Memelihara database keuangan.
  • Merekomendasikan sistem perangkat lunak komputer dan sistem pengarsipan.

11 Keuntungan Menjadi Seorang Akuntan

Setelah memahami pengertian akuntan, dan mempelajari beberapa pekerjaan yang ditawarkan ketika menjadi seorang akuntan, selanjutnya Anda akan mempelajari 11 keuntungan menjadi seorang akuntan. Ada banyak pekerjaan yang ditawarkan dari profesi akuntan. Anda bisa mempelajari beberapa keuntungan utama yang akan Anda peroleh ketika berkarir sebagai seorang akuntan. Perhatikan baik-baik ya!

1. Banyak Pilihan Karier

Menjadi seorang akuntan tentu memiliki banyak pilihan karier. Mengapa? Ini karena profesi ini dibutuhkan di hampir semua perusahaan atau bisnis. Bayangkan, kalau perusahaan tanpa akuntan apakah bisa berjalan? Tentu akan kesulitan. Nah, ada beberapa pilihan karier yang dapat Anda pilih ketika memutuskan untuk menggeluti dunia akuntansi. Bidang pekerjaan yang beragam ini mencakup beberapa jabatan pekerjaan, selain jabatan dasar akuntan yang kebanyakan sudah diketahui masyarakat awam. Berikut ini profesi yang bisa Anda jadikan pilihan.

  • Akuntan staf
  • Akuntan investasi
  • Akuntan publik bersertifikat
  • Akuntan biaya
  • Akuntan forensik
  • Akuntan manajemen
  • Akuntan proyek
  • Auditor
  • Konsultan keuangan
  • Penasihat keuangan

2. Kesempatan Untuk Bekerja di Industri yang Berbeda

Menjadi seorang akuntan berarti memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai lingkungan dan industri yang berbeda. Hampir setiap perusahaan membutuhkan seorang akuntan, baik yang bergerak di bidang teknologi maupun di bidang pertanian. Akuntan memiliki fleksibilitas untuk memilih industri di mana mereka ingin berkarir. Beberapa akuntan bahkan bekerja di beberapa industri yang berbeda dalam waktu yang sama. Karena itu, bila Anda tertarik dengan posisi ini, Anda memiliki peluang karir yang luas. Anda bisa bekerja dengan beberapa perusahaan yang membutuhkan jasa Anda.

3. Spesialisasi yang Berbeda

Akuntan juga memiliki kesempatan untuk menentukan spesialisasi dalam bidang akuntansi tertentu. Bidang spesialisasi umum untuk akuntan meliputi pembukuan, pajak, layanan penggajian, dan konsultasi. Akuntan juga dapat memilih untuk bekerja dalam industri atau bidang tertentu, seperti manufaktur, keuangan, pemerintah, manajemen, atau asuransi.

4. Penghasilan Besar

Berapa gaji akuntan? Mungkin Anda pernah bertanya-tanya tentang ini. Akuntan menghasilkan pendapatan yang besar dan kisaran gaji untuk seorang akuntan seringkali kompetitif. Rata-rata gaji seorang akuntan di Indonesia adalah 3,906,170. Bahkan, di beberapa kota memiliki gaji lebih tinggi dari itu. Besarnya gaji seorang akuntan, bergantung dari pengalaman kerja, latar pendidikan, dan lokasi geografis seseorang. Karena itu, bila Anda ingin mendapat gaji yang lebih besar, Anda bisa menyesuaikan dengan kota dari perusahaan yang ingin Anda tuju. 

5. Keamanan Kerja

Setiap perusahaan dan bisnis membutuhkan akun untuk mengawasi keuangannya, sehingga posisi akuntansi selalu dibutuhkan di hampir setiap industri. Permintaan untuk seorang akuntan terus bertambah dan menawarkan karier yang menjanjikan serta keamanan kerja. Permintaan pekerjaan untuk akuntan akan terus bertambah, seiring berkembangnya perusahaan baru atau pebisnis baru yang membutuhkan akuntan.

6. Perjalanan

Beberapa akuntan memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan sebagai bagian rutin dari pekerjaan mereka. Misalnya, seorang akuntan publik yang  memiliki klien di berbagai kota dan harus melakukan perjalanan untuk bekerja dengan setiap klien. Mengutip dari laman resmi Kemenkeu, profesi akuntan publik ini cocok untuk generasi Z. Ini karena dari total 1428 akuntan publik yang terdaftar di Kementerian Keuangan, ada 54,5% yang usianya sudah di atas 50 tahun. Jadi, sudah waktunya profesi ini regenerasi. Tidak hanya itu, pertumbuhan akuntan publik juga sangat menjanjikan dari segi pendapatan. Pendapatan profesi ini rata-rata mengalami peningkatan 14% per tahun. 

7. Banyaknya Lowongan Pekerjaan

Selalu ada kebutuhan pekerjaan untuk posisi seorang akuntan, yang berarti selalu ada pekerjaan bidang akuntansi yang akan terus tersedia. Beberapa posisi akuntan yang paling diminati termasuk akuntan staf, auditor, analis keuangan, pemegang buku, dan juga pengontrol keuangan. Baca juga artikel tentang Pertanyaan Interview Supervisor Akuntansi.

8. Pemahaman yang lebih baik tentang keuangan

Akuntan memiliki pemahaman tentang keuangan yang baik. Pemahaman ini dapat berguna dalam berbagai situasi, seperti saat memilih saham apa yang akan diinvestasikan atau saat mengajukan pajak tahunan Anda. Selain itu, keterampilan yang dimiliki akuntan sering kali dapat dialihkan ke profesi pekerjaan lain jika Anda memutuskan untuk mengubah karier di masa mendatang.

9. Kemampuan untuk membuka bisnis Anda sendiri

Akuntan yang memiliki lisensi Certified Public Accountant (CPA) dapat membuka usaha sendiri. Hal ini memberikan akuntan kesempatan untuk mengejar pekerjaan lain, yang lebih berhubungan dengan kewirausahaan untuk karier dan mengeksplorasi berbagai pilihan yang berbeda dalam industri akuntansi. Kebanyakan akuntan yang membuka bisnis mereka sendiri melakukannya setelah mendapatkan beberapa tahun pengalaman di lapangan.

10. Kesempatan untuk maju

Ada beberapa peluang untuk maju untuk posisi sebagai seorang akuntan. Setelah seorang akuntan memperoleh pengalaman, mereka dapat mencari pekerjaan lain di industri keuangan. Peluang umum yang dicari akuntan setelah bekerja sebagai akuntan mencakup pekerjaan sebagai penasihat keuangan pribadi, akuntan forensik, dan aktuaris.

11. Prestise

Prestise berkenaan dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki seseorang. Prestise menjadi salah satu hal didambakan banyak orang di dalam lingkungan pekerjaan termasuk seorang akuntan. Banyak akuntan yang menikmati karier yang memberikan mereka keterampilan yang relevan yang dapat digunakan dalam berbagai profesi dan industri. Bisnis dan perusahaan sering kali menjunjung tinggi akuntan, berkat nilai-nilai inti dan keahlian para profesional ini.

Tips Memaksimalkan Keuntungan Menjadi Seorang Akuntan

Setelah memahami pengertian akuntan, serta mempelajari keuntungan yang akan didapatkan ketika memutuskan untuk berkarir sebagai seorang akuntan, selanjutnya Anda akan mempelajari beberapa tips yang perlu diingat untuk memaksimalkan karier Anda sebagai seorang akuntan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

Terus belajar

Pendidikan dan pelatihan Anda tidak boleh berakhir ketika Anda lulus dari perguruan tinggi, Anda masih butuh belajar. Karena itu, ikuti pelatihan atau seminar yang meningkatkan skill Anda di bidang akuntansi. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, semakin cemerlang karir Anda nanti. 

Ikuti jalur karier yang sesuai untuk Anda

Ada banyak posisi akuntan yang bisa Anda tekuni. Semua itu, tergantung pada pilihan Anda.. Ikuti karir yang Anda inginkan. Anda bahkan dapat membuka bisnis Anda sendiri lebih cepat daripada yang disarankan oleh lebih banyak profesional akuntansi yang pernah ada.

Temukan pekerjaan yang menawarkan peluang

Cara terbaik untuk memastikan kemajuan karier sebagai seorang akuntan dengan bekerja di perusahaan yang memiliki jenjang karier yang jelas. Jika Anda tidak yakin dengan peluang di perusahaan Anda, bicarakan dengan manajer atau supervisor untuk menentukan apa cocok untuk Anda. Sehingga Anda memiliki karir yang lebih baik.

Pekerjaan Untuk Akuntan

Setelah mengetahui apa itu akuntan, selanjutnya Anda bisa mempelajari beberapa jenis pekerjaan Akuntan. Bagi sebagian orang, akuntan hanya satu jenis saja. Nah, Anda bisa mencermati beberapa profesi ini, yang menjadi pekerjaan seorang akuntan. 

  1. Akuntan publik
  2. Spesialis hutang dagang 
  3. Analis operasi investasi
  4. Staf akuntan
  5. Analis keuangan
  6. Manajer pajak
  7. Manajer akuntansi
  8. Akuntan  biaya
  9. Kepala  bagian keuangan 
  10. Direktur keuangan

Seperti yang Anda ketahui, akuntan adalah seseorang yang bekerja di bagian keuangan yang memeriksa dan menyiapkan catatan keuangan untuk keperluan perusahaan dan individu. Akuntan bekerja menyiapkan berbagai laporan keuangan dan data-data untuk membuat catatan keuangan dan menentukan kestabilan keuangan perusahaan atau individu. Berbagai keuntungan berkarir sebagai akuntan di atas, diharapkan mampu memberikan anda gambaran terkait jenjang karier Anda selanjutnya.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!