Lamaran Kerja via E-mail, Ini Tips, Cara, dan Contoh Suratnya

Lamaran kerja via Email

Lamaran kerja via e-mail sama seperti melamar secara langsung ke perusahaan atau mengirim berkas melalui pos, harus ada langkah-langkah dan susunan lampiran yang tepat. Hal ini untuk memudahkan recruiter mengenali dan memproses lamaran Anda. 

Di era yang modern ini, melamar pekerjaan lebih sering dilakukan via daring demi menghemat waktu dan biaya. Nah, bagi Anda yang baru pertama melamar kerja lewat surat elektronik, wajib simak pembahasan berikut agar lamaran diterima dengan baik oleh HRD. 

Sekilas tentang lamaran kerja via E-mail

Kalau dahulu melamar kerja dilakukan dengan mengirimkan berkas langsung ke perusahaan atau lewat pos, kini pencari kerja hanya perlu mengirimkan lamaran melalui gadget saja. 

Semakin berkembangnya teknologi, nyatanya turut berdampak pada proses pencarian kerja yang dari awalnya offline, kini beralih jadi daring. 

Tak sedikit pula lowongan pekerjaan yang diunggah di platform media sosial atau portal job, sehingga makin mudah diakses secara online oleh pencari kerja. 

Ditambah adanya pandemi, hampir rata-rata perusahaan melakukan perekrutan lewat e-mail atau sosial media seperti LinkedIn. 

Perekrutan secara daring dinilai lebih efisien dan efektif, pelamar tidak perlu membeli perangko atau amplop, sehingga irit biaya. 

Di samping itu, hanya bermodalkan gadget dan jaringan internet Anda sudah bisa melamar ke pekerjaan yang diinginkan. Nah, simak susunan lamaran kerja melalui surel di bawah ini. 

Susunan lamaran kerja via E-mail

Walaupun dilakukan melalui gadget, susunan berkas lamaran kerja harus dipersiapkan dengan rapi, agar mudah dibaca oleh perekrut. 

Sebenarnya, berkas yang dibutuhkan tidak jauh berbeda ketika Anda apply job dengan cara konvensional. Berikut daftar dan penjelasan lengkapnya. 

1. Daftar riwayat hidup

Berkas paling penting untuk lamaran kerja adalah CV atau curriculum vitae. Melalui dokumen ini, perekrut dapat melihat background pendidikan, pengalaman, dan kemampuan Anda. 

CV juga menjadi alat bagi perekrut untuk menilai seberapa cocok Anda dengan posisi yang dilamar. Biasanya daftar riwayat hidup ditampilkan dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 1 mb. 

Jenis CV juga harus disesuaikan dengan tipe pekerjaan, misalkan Anda melamar sebagai akuntan atau teller bank, sebaiknya gunakan yang ATS friendly daripada kreatif. 

2. Surat lamaran

Surat lamaran wajib ada ketika apply job ke perusahaan. Fungsinya agar perekrut tahu tujuan pengiriman surat tersebut dan untuk mengenal diri Anda lebih dalam sebagai kandidat. 

Apabila melamar lewat daring, surat lamaran bisa dibuat dalam versi pdf atau Word dokumen. Namun, sebagian hanya menuliskan langsung di badan surel, agar lebih praktis. 

3. Pas foto dan KTP

Pas foto dan KTP digital dikirim apabila perusahaan meminta pelamar menyertakan berkas tersebut.  Biasanya pas foto dibutuhkan untuk pekerjaan seperti kasir, frontliner, dan teller bank. Sementara KTP digunakan untuk melanjutkan proses lamaran, jika pelamar terpilih sebagai kandidat. 

4. SKCK

Surat keterangan catatan kepolisian ini berfungsi untuk menunjukkan, bahwa Anda tidak pernah terlibat dalam proses hukum dan berkelakuan baik. SKCK bisa didapatkan dari Polres setempat. 

5. Scan ijazah terbaru dan portofolio

Berkas terakhir adalah scan ijazah terbaru untuk menunjukkan bahwa Anda pernah menjalani pendidikan formal. 

Nah, bagi pelamar yang apply di bidang kreatif, portofolio mungkin dibutuhkan untuk meyakinkan kemampuan di bidang terkait, contohnya portofolio graphic designer.

Cara mengirim lamaran kerja lewat e-mail di HP

Keunggulan lamar kerja via e-mail adalah bisa dilakukan melalui smartphone maupun laptop dan hanya diperlukan koneksi internet yang lancar untuk kirim berkas. 

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar kerja lewat daring, ikuti tata cara di bawah ini agar surel terkirim dan diterima pihak HRD.  

1. Persiapkan berkas lampiran

Setelah mengetahui susunan berkas lamar kerja, persiapkan lampiran tersebut. Pastikan telah dijadikan dalam satu file dan ukurannya tidak lebih dari 1 mb. Ini karena berkas dengan ukuran besar bisa memakan penyimpanan dan membuat recruiter malas membuka lamaran. 

2. Tulis alamat e-mail tujuan

Berikutnya adalah menuliskan e-mail tujuan. Biasanya di lowongan pekerjaan yang diunggah, tertera alamat surel perusahaan atau HRD. Selain itu, tulis subjek surel agar berkas lamaran tidak masuk ke menu sampah karena dianggap spam oleh sistem. 

3. Membuat cover letter

Apabila Anda membuat surat lamaran kerja Word dokumen dan dijadikan satu dengan berkas pendukung, pastikan membuat cover letter untuk mengisi badan surel. 

Sebagai pelamar yang baik dan profesional, body e-mail tidak boleh kosong. Biarkan perekrut tahu tujuan Anda mengirimkan surel dan lamaran.

Tips lamaran kerja via e-mail

Walaupun lebih memudahkan proses perekrutan, nyatanya masih banyak yang mengalami kendala, ketika lamar kerja via surel. Ini dikarenakan sudah terbiasa melamar secara langsung atau justru baru pertama kali cari kerja. 

Namun, tak perlu khawatir dengan mengikuti tips yang terangkum di bawah ini, proses penulisan hingga pengiriman berkas kerja bisa lebih mudah. 

1. Gunakan alamat surat elektronik formal

Surat elektronik bisa dikatakan sebagai identitas pengirim. Demi memudahkan perekrut mengenali Anda, gunakan nama e-mail yang profesional dan formal. 

Hindari membuat e-mail dengan nama samaran, alias, atau nama panggilan yang terkesan alay. Kombinasikan nama belakang, nama depan atau tengah serta huruf untuk dijadikan sebagai alamat surel, misalnya ayudiaputri@gmail.com dan medianahafizah21@gmail.com. 

2. Mengisi subject e-mail

Subject e-mail lamaran kerja sangat penting untuk membuat berkas lamaran Anda diterima HRD. Pasalnya, e-mail tanpa subjek bisa dikategorikan sebagai spam oleh sistem dan dibuang ke tempat sampah. Alhasil, berkas yang dikirim jadi sia-sia. 

Tips menulis subject e-mail adalah mencantumkan posisi yang sedang dilamar dan tambahkan nama Anda di belakangnya, seperti Lamar Editor Video – Mutiara Alfadya. 

3. Membuat cover letter di badan e-mail lamaran kerja

Surat lamaran yang dibuat dalam format pdf atau Word dokumen dan dijadikan satu dengan lampiran lainnya, harus dibuatkan surat pengantar atau cover letter yang akan diletakan di badan e-mail. 

Contoh body e-mail lamaran kerja fresh graduate memuat informasi seputar identitas diri, tujuan mengirim surat, latar pendidikan, dan pengalaman kerja maupun magang apabila ada. 

4. Menyiapkan lampiran dokumen

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan lampiran sebagai syarat lamaran kerja mulai dari CV, surat lamaran kerja, portofolio, SKCK, KTP, Pas foto, ijazah, maupun keterangan medical check up. 

5. Periksa dan kirim surat lamaran

Cara mengirim e-mail lamaran kerja supaya diterima dan dibaca HRD adalah kirim di jam operasional kantor. Umumnya, dari Senin-Jum’at di jam 09.00 WIB, 12.00 WIB, dan 15.00 WIB. 

Di samping itu, selalu pastikan tidak ada typo di surel maupun lampiran lamar kerja, terutama di alamat e-mail HRD. 

Contoh lamaran kerja via e-mail

Surat lamaran terdiri dari 3 susunan paragraf, pertama adalah salam, kalimat pembuka, isi, dan penutup. Nah, Anda bisa memperhatikan deretan contoh di bawah ini sebagai referensi. 

1. Contoh lamaran kerja lewat e-mail bahasa Indonesia

To : Flipfastfood@corp.com

Subject : Surat Lamaran Kerja Kasir – Winda Zahra

Dear Ms. Zelina 

HRD Flip Fast Food

Jakarta Barat, 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama : Winda Zahra

Tempat tanggal lahir : Jakarta, 21 Maret 2001

Usia : 21

Pendidikan terakhir : Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Administrasi Kantor

Status : Lajang

Nomor telepon : 0819228330308

Alamat rumah : Jalan Panjang Cidodol, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. 

Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan permohonan kerja di perusahaan bapak/ibu sebagai kasir. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berkas pendukung diantaranya

  1. Curriculum vitae terbaru
  2. Scan e-KTP
  3. Ijazah pendidikan terakhir
  4. SKCK dan surat keterangan sehat
  5. Pas foto 3×4 dalam format PNG

Demikian surat lamaran yang saya buat, apabila bapak/ibu memiliki pertanyaan mengenai pengalaman kerja dan background pendidikan, saya bisa siap meluangkan waktu untuk berdiskusi mengenai kesempatan ini lebih lanjut. 

Terima kasih atas waktunya. 

Hormat saya

Winda Zahra

2. Lamaran kerja via e-mail bahasa Inggris

To: zararecruiter@fashionlineapril

Subject: Copywriter – Daisy Ortis

Dear Hiring Manager:

Your job posting on Myrobin.id app for an copywriter piqued my interest. Your description of the work responsibilities for the copywriter role closely matches my experience, and I am excited to submit my resume to you for your consideration.

In my position as an Copywriter for Her Jewelry Company, I wrote articles for the company website, edited and posted articles, managed their social media copy, and wrote and sent weekly email newsletter to subscribers.

My resume and portfolio are attached. I can provide you with further information on my qualifications, just let me know through this e-mail.

Thank you for your consideration.

Sincerely,

Daisy Ortis

Daisy.ortis@gmail.com

199-277-3768

3. Contoh surat lamaran kerja via e-mail freshgraduate S1

To : hrd.lukianhar@ruangcerita

Subject : Surat Lamaran Kerja editor content writer – Shareefa Hestiani

Dear Mr Luki Anhar

HRD Ruang Cerita

Jakarta Barat, 

Melalui informasi yang saya dapatkan melalui portal lowongan kerja, perusahaan tengah membuka posisi sebagai editor content writer untuk Ruang Cerita Jakarta. Untuk itu, izinkan saya,

Nama : Shareefa Hestiani

Tempat tanggal lahir : Depok, 22 April 1998

Usia : 24

Pendidikan terakhir : Sarjana Jurnalistik Institute Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Status : Lajang

Nomor telepon : 089830027918

Alamat rumah : Jalan Cidodol Barat, Sukabumi Selatan, Depok. 

Mengajukan permohonan kerja di perusahaan bapak/ibu sebagai editor penulis konten dengan lampiran berkas pendukung sebagai bahan pertimbangan diantaranya

  1. Curriculum vitae terbaru
  2. Scan e-KTP
  3. Ijazah pendidikan terakhir
  4. Pas foto 3×4 
  5. Surat keterangan kerja

Demikian surat lamaran yang saya buat, apabila bapak/ibu memiliki pertanyaan mengenai pengalaman kerja dan background pendidikan, saya siap meluangkan waktu untuk berdiskusi mengenai kesempatan ini lebih lanjut. 

Terima kasih atas waktunya. 

Hormat saya

Shareefa Hestiani

4. Contoh lamaran kerja lewat e-mail operator produksi

To : hrd.lukianhar@indofood

Subject : Surat Lamaran Kerja Operator Produksi – Zalfan Guntoro

Dear Mr Luki Anhar

HRD Indofood

Jakarta Utara, 

Melalui informasi yang saya dapatkan melalui portal My Robin App, perusahaan tengah membuka posisi sebagai operator produksi untuk Indofood Jakarta. Untuk itu, izinkan saya,

Nama : Zalfan Guntoro

Tempat tanggal lahir : Bandung, 11 Mei 1997

Usia : 25

Pendidikan terakhir : Sarjana Administrasi Bisnis

Status : Lajang

Nomor telepon : 08983299302

Alamat rumah : Jalan Babakan Siliwangi, Bandung, Jawa Barat. 

Ingin mengajukan permohonan kerja di perusahaan bapak sebagai operator produksi Indofood area Jakarta Utara. Sebagai pertimbangan, saya lampirkan berkas pendukung diantaranya

  1. Curriculum vitae terbaru
  2. Scan e-KTP
  3. Ijazah pendidikan terakhir
  4. Pas foto 3×4 
  5. Surat keterangan kerja
  6. SKCK 
  7. Keterangan medis

Demikian surat lamaran yang saya buat, saya siap meluangkan waktu untuk berdiskusi mengenai kesempatan ini apabila bapak tertarik dengan kualifikasi saya. 

Terima kasih atas waktunya. 

Hormat saya

Zalfan Guntoro

Itulah deretan cara, tips, hingga contoh surat lamaran kerja via e-mail yang bisa Anda tiru. Selain melalui surel, Anda juga bisa melamar pekerjaan yang terpercaya dari berbagai perusahaan besar di Indonesia lewat app.myrobin.id. 

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!