logo myrobin

Manfaat LinkedIn untuk Mengembangkan Karir

Manfaat LinkedIn

LinkedIn merupakan salah satu tempat yang bisa Anda gunakan untuk menunjukkan profesionalitas penggunanya, terutama di bidang karir dan pekerjaan. Tentunya, hal ini sangat penting bagi para mahasiswa untuk mempermudah karir dan pekerjaan kedepannya. Tak hanya itu, manfaat LinkedIn juga bisa Anda dapatkan dari segi bisnis yang sedang dijalani.

Untuk lebih lengkapnya terkait manfaat LinkedIn dalam mengembangkan karir mahasiswa maupun bisnis, maka bisa simak ulasan berikut ini.

Manfaat LinkedIn Bagi Mahasiswa

Ada beberapa manfaat LinkedIn bagi mahasiswa, yaitu:

Tempat Memperluas Relasi Kerja

Para pengguna LinkedIn tersebar di penjuru dunia, sehingga Anda dapat memilih perusahaan dimana saja, baik di Indonesia maupun luar negeri. Hal ini sangat penting untuk mahasiswa supaya dapat memperluas relasi.

Tak hanya sebagai wadah diskusi perihal bidang karir yang ditekuni, Anda juga bisa mendapatkan gambaran seputar karir kedepannya.

Tempat untuk Belajar Mengenal Dunia Kerja dan Upgrade Diri

Manfaat LinkedIn bagi mahasiswa berikutnya Anda bisa mengenal dunia kerja melalui postingan dari para pengguna profesional LinkedIn. Pasalnya, para profesional selalu membagikan seputar tips, trik, maupun cerita dunia kerja sesuai bidang yang ditekuni.

Baca juga :   Hindari Kesalahan Saat Wawancara Kerja

Apabila Anda terhubung dengan mereka, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan banyak ilmu baru serta mulai mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Wadah untuk Mempromosikan Diri

LinkedIn juga bermanfaat untuk Anda supaya dapat melakukan personal branding alias mempromosikan diri sendiri. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan pendidikan, prestasi yang pernah dicapai, pengalaman kerja serta portofolio.

Kalau profil LinkedIn Anda menarik, maka HRD sudah pasti akan melirik dan merekrut Anda ke perusahaannya.

Mengetahui Informasi Terkait Organisasi, Volunteer, serta Tempat Magang

Mencari banyak pengalaman sebelum lulus dari title ‘mahasiswa’ sangat penting Anda lakukan. Melalui LinkedIn, Anda dapat mencari tempat untuk organisasi serta volunteer yang ingin diikuti. Tenang saja, Anda bisa mendapatkan banyak informasi seputar magang atau volunteer disana.

Menariknya, lowongan magang, organisasi maupun volunteer dapat disesuaikan dengan bidang yang Anda tekuni. Apabila Anda terhubung dengan HRD yang ada di suatu perusahaan, maka akan mudah bagi Anda untuk mendapatkan informasi terkini.

Namun, Anda juga bisa mencari informasi melalui keyword di kolom pencarian, ya.

Mencari informasi Perusahaan yang Diimpikan

Manfaat LinkedIn bagi mahasiswa berikutnya adalah Anda dapat mencari informasi seputar lowongan perusahaan yang diimpikan. Aktifkan mode notifikasi supaya ketika perusahaan itu membuka lowongan, Anda dapat langsung mengetahuinya.

Bahkan, Anda pun dapat bertanya seputar pekerjaan yang ingin dituju kepada perusahaan secara langsung.

Manfaat LinkedIn untuk Bisnis

Selain untuk mahasiswa, LinkedIn juga memiliki manfaat untuk bisnis, yaitu:

Tempat untuk Membagikan Lowongan Pekerjaan

Sebuah bisnis dapat menggunakan LinkedIn untuk membagikan lowongan pekerjaan serta mencari pekerja profesional yang tepat. Melalui LinkedIn, pemilik bisnis dapat menemukan karyawan serta rekan kerja yang dapat membantu perkembangan bisnis untuk mencapai target secara tepat.

Baca juga :   Cara Memposting Lowongan Kerja di LinkedIn

Employer Branding Perusahaan

Employer branding adalah istilah yang merujuk terhadap suatu brand perusahaan maupun bisnis tempat bekerja. Komponen penting dari employer branding yaitu, visi dan misi, budaya perusahaan, hingga seluruh pekerjanya.

LinkedIn akan menjadi penghubung untuk bisnis dalam mengkomunikasikan setiap nilai-nilai perusahaan kepada para pencari kerja. Apabila bisnis itu dapat melakukannya dengan konsisten, maka brand bisnis pun akan terbentuk secara positif.

Menjadi Talent Pool Perusahaan

Persaingan bisnis membuat berbagai perusahaan ingin mendapatkan tenaga kerja yang profesional di bidangnya. Oleh sebab itu, LinkedIn dapat memudahkan perusahaan dalam menyeleksi para calon pekerja. Tentunya, melalui fitur pendukung yang sudah disediakan oleh LinkedIn.

Media Pelaksanaan Marketing B2B

Manfaat LinkedIn bagi bisnis berikutnya adalah sebagai media pelaksanaan marketing B2B. Pasalnya, perusahaan menyadari bahwa marketing B2B sangat penting, terutama di LinkedIn ada banyak sekali pengguna aktif yang profesional.

Beberapa pemilik bisnis selalu menggunakan iklan untuk menjangkau target pasar yang sesuai dengan produk maupun jasa mereka tawarkan. Tak hanya lewat iklan, perusahaan pun melakukan taktik marketing B2B melalui unggahan status. Bahkan, ada beberapa yang langsung mengirimkan pesan pribadi kepada pengguna aktif tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan LinkedIn

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan LinkedIn, yaitu:

Kelebihan LinkedIn

  • Media untuk mengasah kemampuan
  • Dapat melamar pekerjaan dengan mudah dan cepat
  • Mampu memperluas jaringan pertemanan secara profesional
  • Bisa mendapatkan rekomendasi pekerjaan dari teman

Kekurangan LinkedIn

  • Masih ada beberapa lowongan fiktif yang beredar
  • Pengguna mesti membayar untuk mendapatkan fitur premium
  • Profil terlihat monoton

Cara Menggunakan LinkedIn untuk Mahasiswa

Bagi mahasiswa yang sudah daftar atau login LinkedIn, Anda dapat mengikuti beberapa cara menggunakan LinkedIn berikut ini.

Gunakan Identitas Asli

Perlu Anda ketahui bahwa LinkedIn bukan platform media sosial seperti Facebook, Instagram maupun Twitter. Sehingga, Anda harus mencantumkan identitas asli, salah satunya nama lengkap.

Baca juga :   Manfaat Gabung Komunitas Untuk Pengembangan Karir

Apabila diharuskan untuk mencantumkan email, maka pastikan bahwa email yang Anda cantumkan tidak jauh dari nama asli.

Gunakan Foto Profil Profesional

Cara menggunakan LinkedIn untuk mahasiswa berikutnya Anda harus menggunakan foto profil yang lebih profesional. Pasalnya, LinkedIn banyak digunakan oleh perusahaan untuk mencari tenaga kerja profesional, sehingga Anda tidak boleh memasukkan foto profil sembarangan.

Usahakan untuk mengunggah foto profil dengan pakaian formal esrta berkualitas tinggi. Sehingga, profil yang Anda miliki dapat terlihat jelas oleh banyak orang.

Tulis Hal Menarik Tentang Diri Anda

Di kolom ‘about’, Anda dapat mengisinya dengan beberapa kelebihan yang dimiliki. Jangan lupa untuk mencantumkan minat, bakat serta tujuan dalam berkarir nanti.

Kalau masih bingung, Anda bisa mencari contoh menyusun kolom rangkuman profesional dengan melihat profil orang lain yang sudah meniti karir di suatu perusahaan.

Cantumkan Riwayat Pendidikan

Mencantumkan riwayat pendidikan, seperti nama kampus, jurusan dan lainnya sangat penting Anda lakukan. Pasalnya, para pencari kerja kebanyakan menilai calon karyawan dari riwayat pendidikan, terutama jurusan yang diambil.

Masukan Pengalaman Organisasi dan Portofolio

Kebanyakan mahasiswa belum memiliki pengalaman kerja, sehingga Anda bisa memasukkan pengalaman organisasi untuk membangun karir. Anda juga dapat mengunggah karya berupa tulisan, desain, ilustrasi, serta karya-karya lainnya untuk memperkaya portofolio.

Contoh Akun LinkedIn

Di bawah ini merupakan contoh akun LinkedIn yang menarik untuk para mahasiswa, yaitu:

Demikian informasi seputar manfaat LinkedIn bagi mahasiswa maupun perusahaan atau bisnis. Jadi, bagi Anda yang ingin mencari pekerjaan atau sedang mencari pekerja, maka daftar LinkedIn dapat menjadi salah satu solusi terbaik.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Logo MyRobin

Selamat Datang di MyRobin.id

job-search (2)

Ingin Melamar Kerja?

Dapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat yang Anda miliki

Saya ingin melamar kerja
Saya ingin mencari kerja
Saya ingin merekrut pekerja
Saya ingin merekrut pekerja