Seringkali karyawan melupakan bahwa visibilitas dalam dunia kerja itu penting. Banyak diantara mereka yang memilih untuk tidak terlihat menonjol dan nyaman menjadi orang dibalik layar. Hal ini sering terjadi terutama ketika mereka yang bekerja secara remote atau work from home (WFH). Padahal dengan mempunyai visibilitas yang baik, seorang karyawan dapat lebih produktif dan memperoleh banyak pencapaian di tempat kerja. Ingin tahu bagaimana cara meningkatkan visibilitas di tempat kerja yang efektif? Yuk, simak selengkapnya di sini!
Pengertian Visibilitas dalam Dunia Kerja
Visibilitas merupakan suatu kondisi dimana seseorang memperoleh pengakuan karena kontribusi serta keterlibatannya pada kegiatan perusahaan. Anda mungkin menguasai semua keterampilan dan kualifikasi yang dibutuhkan dalam pekerjaan Anda, namun jika Anda tidak dikenal oleh orang-orang penting di perusahaan Anda, maka kemungkinan besar Anda akan kehilangan peluang seperti promosi jabatan. Itulah mengapa sangat penting untuk meningkatkan visibilitas Anda di tempat kerja, bisa saja Anda mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan orang penting, memimpin tim, dan hal-hal lainnya yang berguna di masa mendatang.
Dengan diterapkannya sistem kerja remote atau work from home (WFH), membuat visibilitas seseorang di tempat kerja semakin menurun. Sebab, interaksi satu sama lain menjadi kurang efektif dan kesempatan bertatap muka secara langsung juga sangat minim. Sehingga, hal ini membuat seorang karyawan sering merasa tersisihkan dan kurang menonjol diantara karyawan lainnya. Lalu bagaimana cara meningkatkan visibilitas di tempat kerja?
Cara Meningkatkan Visibilitas Di Tempat Kerja
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan visibilitas di tempat kerja:
Aktif saat rapat
Salah satu momen yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan visibilitas di tempat kerja adalah ketika rapat bersama anggota tim dan atasan perusahaan. Cobalah untuk aktif selama rapat berlangsung, misalnya memberikan ide atau pendapat. Namun, pastikan sebelum rapat Anda sudah mengerti agenda atau topik yang akan dibahas dalam rapat tersebut. Tujuannya adalah agar Anda mengetahui apa yang harus disampaikan atau bagikan dan meminimalisir kesalahan.
Cara ini dapat membuat seluruh peserta rapat menyadari kehadiran Anda dan melihat potensi Anda dalam bekerja serta bersosialisasi. Menurut beberapa orang tentu hal ini tidak mudah, mereka harus mempunyai kepercayaan diri yang tinggi untuk memberikan pendapat. Jika Anda kurang percaya diri, maka berlatihlah bagaimana menjadi pembicara yang baik dan bisa meninggalkan impresi. Kemampuan komunikasi dan public speaking Anda di sini akan dinilai oleh semua orang. Oleh karena itu, persiapkan sebaik mungkin apa yang ingin Anda sampaikan saat rapat nanti dengan jelas serta ringkas.
Berpartisipasi dalam proyek
Selain aktif dalam rapat, Anda bisa ikut berpartisipasi dalam proyek tim untuk meningkatkan visibilitas di tempat kerja. Tidak harus proyek besar, jika masih awal cobalah untuk berpartisipasi dalam proyek kecil berisi 5-6 orang. Bekerja dalam kelompok tentu banyak yang harus dilakukan, Anda harus membagi tugas secara adil, bertukar ide dan pikiran, menemukan solusi, dan sebagainya. Namun, melalui cara ini Anda bisa mengenal setiap anggota dan menunjukkan keterampilan yang Anda miliki. Jika hasil kerja Anda bagus, maka Anda pun akan dilihat dan dikenali oleh atasan, apalagi Anda menjadi ketua tim dalam proyek tersebut.
Terlibat dalam percakapan
Sebenarnya tidak hanya rapat besar dengan para pemimpin perusahaan saja, Anda juga bisa terlibat dalam berbagai percakapan kecil pada diskusi sehari-hari. Misalnya sesama rekan kerja yang ingin membahas hasil campaign kemarin, atau rencana launching produk baru, dan lain sebagainya. Bahkan, Anda juga bisa ikut dalam pembicaraan ringan seputar kehidupan pribadi dengan mereka. Selain dapat mempererat hubungan teman kerja, namun Anda juga dapat memperoleh informasi positif dari diskusi-diskusi tersebut. Akan tetapi, untuk obrolan di luar pekerjaan Anda tetap harus membatasi agar tidak mengganggu pekerjaan.
Jika Anda bekerja jarak jauh, Anda bisa ikut terlibat dalam obrolan yang sedang berlangsung di aplikasi komunikasi kantor Anda. Berikan respon atau reaksi yang tepat namun tidak berlebihan. Akan lebih baik jika Anda mencari sebanyak mungkin informasi dari topik yang dibicarakan, sehingga Anda bisa “nyambung” dengan mereka.
Manfaatkan keterampilan sebelumnya
Salah satu cara efektif untuk meningkatkan visibilitas Anda adalah dengan meminta penugasan yang lebih bertanggung jawab. Sebenarnya cara ini berlaku jika pekerjaan utama Anda tidak terlalu sulit dan banyak. Lihatlah beberapa keterampilan dari posisi sebelumnya yang mungkin kurang Anda manfaatkan di posisi Anda saat ini. Dengan begitu, Anda akan terlihat menonjol sebagai karyawan yang mampu melakukan banyak hal dengan baik. Sebagai contoh, Anda saat ini bekerja sebagai digital marketing manager yang lebih banyak memberikan membuat rencana dan memimpin campaign promosi brand. Nah, Anda bisa juga terlibat dalam pembuatan konten media sosial untuk meningkatkan kemampuan copywriting yang sempat Anda kuasai sebelumnya.
Jadilah aset bagi perusahaan Anda
Pastikan untuk selalu meningkatkan keterampilan Anda dan memiliki catatan kinerja yang baik secara konsisten. Jangan ragu untuk membagikan kontribusi dan pencapaian Anda kepada anggota perusahaan. Sebutkan nama-nama orang yang telah membantu Anda selama ini, sehingga mereka akan merasa dihargai dan melihat Anda sebagai seseorang yang kompeten. Pada saat yang sama, berikan juga penghargaan kepada orang lain untuk membangun relasi yang baik.
Bangun hubungan baik dengan para atasan
Cara lainnya untuk meningkatkan visibilitas di tempat kerja adalah membangun hubungan baik dengan atasan. Ketika Anda mempunyai pendapat, masukan, atau keluhan, coba sampaikan kepada atasan untuk membantu meningkatkan perkembangan bisnis atau proyek yang sedang dijalankan. Beri tahu juga bahwa Anda saat ini sedang berusaha untuk lebih aktif dalam pekerjaan, agar mereka bisa membantu. Jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan atasan, maka visibilitas Anda pun akan bertambah.
Buat batasan
Meskipun Anda ingin terlihat menonjol dan mendapat pengakuan dari atasan, namun Anda harus mempunyai batasan yang wajar. Hal ini bertujuan agar Anda bisa tetap fokus pada tugas dan tanggung jawab utama Anda dalam bekerja. Seimbangkan diri kapan harus “show off” dan kapan harus fokus pada pekerjaan. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar visibilitas di tempat kerja dapat seimbang adalah sebagai berikut:
- Bicara 101 dengan manajer ketika ada kendala atau kesulitan dalam bekerja
- Gunakan waktu istirahat dengan baik untuk mengembalikan tenaga yang terkuras karena bekerja
- Jangan memaksakan diri untuk membantu orang lain, jika memang keadaan Anda tidak memungkinkan
- Jaga kesehatan fisik dan mental, serta luangkan waktu untuk melakukan hobi agar tidak terlalu stres
- Cobalah untuk mencari tujuan dan esensi untuk menciptakan motivasi dalam bekerja
Jadilah perwakilan tim
Ketika bekerja dalam tim, cobalah untuk menjadi perwakilan tim saat melakukan presentasi, pertemuan dengan pihak eksternal, atau rapat antar divisi. Sebagai volunteer, Anda bisa berpartisipasi secara aktif misalnya menawarkan diri menjadi moderator, menyumbangkan ide atau solusi, dan lain sebagainya. Dengan menghadiri sesi-sesi seperti ini, Anda akan dikenal oleh banyak orang sehingga visibilitas di tempat kerja pun secara tidak langsung meningkat.
Terlibat dalam berbagai acara
Selain rapat atau kegiatan internal, cobalah untuk meningkatkan visibilitas dengan cara melibatkan diri dan berpartisipasi dalam acara besar perusahaan seperti konferensi, acara amal, launching produk, atau bahkan pesta akhir tahun. Cara ini akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk bertemu orang-orang baru dan menjalin relasi dengan mereka. Dorong diri Anda untuk berinteraksi dengan mereka, memperkenalkan diri, hingga berbagi informasi terkait pekerjaan.
Tunjukkan komitmen Anda
Jika ingin visibilitas Anda di tempat kerja meningkat, tunjukkan komitmen Anda untuk terus belajar. Mintalah pendapat, bimbingan, atau bantuan dari para senior untuk mengembangkan kemampuan diri dan mempelajari hal baru ketika bekerja. Ikuti seminar, workshop, maupun pelatihan yang diadakan oleh perusahaan untuk menunjukkan antusiasme Anda dalam belajar di lingkungan kerja. Bagikan ilmu baru yang Anda peroleh kepada siapapun dan aplikasikan dalam proyek atau pekerjaan Anda.
Apresiasi keberhasilan orang lain
Ketika ada teman kerja yang berhasil mencapai target atau tujuan tertentu, Anda harus mengapresiasi pencapaiannya tersebut. Anda bisa membahasnya saat rapat internal atau diskusi personal bersama atasan. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda merupakan seseorang yang suportif dalam bekerja.
Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan visibilitas di tempat kerja secara efektif. Waktunya untuk berhenti menjadi “bayang-bayang” dan tunjukkan keterlibatan serta kemampuan Anda dalam bekerja.
Jika Anda sedang mencari lowongan pekerjaan, Anda dapat mengunduh MyRobin Super App. Di sana Anda dapat memilih dan melamar pekerjaan yang Anda inginkan. Tunggu Apalagi? Unduh MyRobin Super App sekarang juga!
Ingin tahu informasi menarik lainnya seputar karir? Yuk, kunjungi langsung blog MyRobin sekarang juga!