Mengenal Motivasi Kerja Karyawan dan Cara Meningkatkannya

Motivasi Kerja Karyawan

Setiap karyawan pasti pernah mengalami penat serta jenuh dalam menghadapi rutinitas kerja sehari-hari. Semakin banyak pekerjaan dan deadline yang diberikan, maka hal itu akan menjadi beban bagi para karyawan. Tentu saja, rutinitas itu akan menurunkan tingkat motivasi kerja karyawan.

Sebenarnya, motivasi kerja akan Anda temukan saat proses wawancara kerja. Dalam hal ini, Anda harus bisa menjawabnya dengan tepat dan menumbuhkan motivasi tersebut dalam pekerjaan nanti.

Apabila Anda masih bingung terkait motivasi kerja, maka bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Motivasi Kerja Karyawan Menurut Para Ahli

Pandji Anoraga

Pandji Anoraga menyatakan bahwa motivasi kerja merupakan suatu kemauan kerja yang timbul dalam diri karyawan karena terdapat dorongan dari dalam pribadi karyawan yang bersangkutan. Hal ini sebagai hasil integrasi keseluruhan diri pribadi, pengaruh lingkungan fisik, serta sosial. Dimana kekuatannya tergantung dari proses pengintegrasiannya itu sendiri.

Ernest J.McCormick

Ernest J.McCormick mengungkapkan bahwa motivasi kerja merupakan suatu kondisi yang berpengaruh dalam membangkitkan, mengarahkan serta memelihara perilaku yang masih berhubungan dengan lingkungan kerja.

Berelson dan Steiner dalam Siswanto Sastrohadiwiryo

Dalam Siswanto Sastrohadiwiryo, dijelaskan bahwa Berelson dan Steiner menyatakan bahwa motivasi kerja merupakan keadaan kejiwaan serta sikap mental seseorang yang memberikan energi, mendorong atau menggerakkan kegiatan serta mengarahkan atau menyalurkan perilaku ke arah untuk mencapai suatu kebutuhan. Tentunya yang dapat memberikan kepuasan maupun mengurangi ketidakseimbangan.

Dari pengertian motivasi kerja karyawan menurut para ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja merupakan suatu hal yang dapat mendorong pribadi seseorang, baik dari dalam maupun luar, sehingga seseorang itu akan memiliki semangat, keinginan serta kemauan tinggi untuk melaksanakan beragam aktivitas kerjanya.

Tujuan Motivasi Kerja

Motivasi kerja memiliki beberapa tujuan untuk meningkatkan kerja keras dan semangat karyawan, yaitu:

  • Untuk mendorong gairah serta semangat kerja para karyawan terutama dalam perusahaan
  • Meningkatkan moral serta kepuasan kerja dari karyawan
  • Meningkatkan produktivitas kerja para karyawan
  • Mampu mempertahankan loyalitas serta kestabilan karyawan
  • Para karyawan menjadi lebih disiplin, sehingga masalah absensi menjadi turun
  • Untuk menciptakan suatu hubungan kerja yang baik
  • Untuk meningkatkan daya kreatifitas serta partisipasi karyawan
  • Untuk membuat para karyawan memiliki sikap tanggung jawab tinggi terhadap pekerjaan yang mereka ambil

Contoh Jawaban Motivasi Kerja Karyawan

Saat Anda diundang dalam sesi interview kerja, biasanya pihak HRD atau perekrut akan menanyakan terkait motivasi kerja apa yang Anda miliki untuk bergabung di perusahaan bersangkutan. Jika Anda mendapatkan pertanyaan ini, maka jawablah dengan jujur, selalu cerita terkait motivasi kerja karyawan yang Anda miliki.

Berikut ini merupakan contoh dari jawaban motivasi kerja karyawan saat proses interview.

Motivasi Kerja untuk Memberikan Pelayanan yang Baik Kepada Para Klien

Motivasi kerja terbesar yang saya miliki saat ini adalah ingin memberikan pelayanan terbaik kepada para klien. Saya selalu ingat dengan cerita orang tua saya, bahwa saya memiliki tendensi untuk mengayomi serta peduli terhadap orang-orang terdekat. Sehingga, saya tumbuh sebagai individu yang selalu peduli terhadap sekitar. Dan sifat ini telah membuat saya menjadi seorang supervisor di tempat kerja sebelumnya selama tiga tahun.

Motivasi agar Memiliki Kemampuan Manajerial

Di pekerjaan sebelumnya, saya pernah mendapatkan tanggung jawab untuk membentuk serta memimpin satu divisi tim yang baru. Disana, saya diwajibkan untuk mengatur, membuat jadwal serta membangun tim yang solid. Sehingga, saya memiliki motivasi kerja agar mampu mendapatkan kemampuan manajerial dan diterima oleh tim, kemudian menjadi seorang manajer yang baik.

Motivasi kerja agar Mampu Mencapai Sebuah Hasil yang Sesuai

Saya sangat termotivasi dengan hasil kerja. Saya selalu bersemangat untuk bekerja saat tujuannya jelas dan terukur, sehingga saya dapat membuat strategi terbaik agar mencapai hasil yang telah ditentukan.

10 Kata-kata Motivasi Kerja Karyawan Singkat

Bagi Anda yang membutuhkan kata-kata motivasi kerja singkat untuk para karyawan, maka bisa simak ulasannya berikut.

  1. Mulai berlomba-lomba dalam usaha dan kerja keras supaya dapat menjadi karyawan paling terbaik, demi membahagiakan keluarga.
  2. Banyak orang gagal bukan karena mereka tidak mampu untuk melakukan suatu hal, melainkan tidak memiliki komitmen dalam diri mereka sendiri.
  3. Ingatlah bahwa kecerdasan bukan satu-satunya yang dapat membuat seseorang sukses, semuanya butuh kerja keras yang maksimal.
  4. Suatu keberhasilan dalam kehidupan hanya bisa dicapai dengan kerja keras.
  5. Keberhasilan seseorang dapat terlihat dari seberapa besar perjuangan yang sudah mereka lakukan.
  6. Jangan membandingkan proses yang Anda miliki dengan milik orang lain, sebab semua orang memiliki proses berbeda dan jalannya masing-masing.
  7. Jika salah, Anda masih bisa memperbaikinya, begitu pula dengan gagal, Anda masih dapat mengulanginya. Namun, jika sudah menyerah, maka semuanya akan selesai.
  8. Saya ada disini karena saya tidak dilahirkan untuk menjadi orang biasa-biasa saja.
  9. Ingatlah bahwa semua manusia tentu memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.
  10. Ayo bekerja dengan baik agar Anda ditemukan dengan orang-orang yang baik pula.

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan dalam Perusahaan

Apabila Anda adalah seorang pemilik perusahaan dan melihat bahwa karyawan mengalami penurunan motivasi saat bekerja, maka segera lakukan cara untuk meningkatkan kembali motivasi kerja para karyawan dalam perusahaan tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan seorang pemimpin perusahaan dalam meningkatkan motivasi kerja bagi para karyawannya di perusahaan, yaitu:

Mengenal Karyawan Serta Tim yang Bekerja

Anda dapat meluangkan waktu untuk bisa mengenal para karyawan secara individual untuk mengindikasi para karyawan yang memiliki demotivasi lebih cepat. Dalam hal ini, Anda pasti akan sadar terkait perubahan sikap para karyawan. Mereka akan merasa dihargai, didengar, serta berkontribusi dengan tepat. Terutama jika pemimpinnya sangat mementingkan orang-orang yang bekerja di perusahaannya.

Mengkomunikasikan Ekspektasi serta Memberikan Apresiasi yang Baik Atas Pekerjaan Karyawan

Cobalah untuk mengkomunikasikan ekspektasi Anda terhadap pekerjaan karyawan, sebab pekerjaan atau kontribusi karyawan bisa berdampak kepada tujuan akhir perusahaan. Selain itu, Anda pun bisa memberikan apresiasi atas hasil kerja keras karyawan dengan baik.

Walaupun terlihat sederhana, namun cara ini dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan dalam sebuah perusahaan dengan baik.

Mengenal dan Membantu Para Karyawan yang Memiliki Kesulitan

Ketika Anda melihat bahwa target yang diberikan mundur dari timeline, maka Anda bisa menganalisis penyebabnya. Cobalah untuk mendengar kesulitan apa yang dimiliki oleh para karyawan, serta memberikan solusi yang tepat agar bisa mengembalikan semangat mereka.

Memberikan Perkembangan Karir Beserta Kompensasi Sesuai

Cara meningkatkan motivasi kerja para karyawan berikutnya adalah Anda bisa memberikan perkembangan karir serta kompensasi sesuai. Melalui hal ini, para karyawan akan terus bersemangat dan menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik.

Cerita Perusahaan Besar dalam Memberikan Motivasi Kerja Terhadap Para Karyawan

Salah satu perusahaan startup terbesar di dunia, yaitu Facebook selalu memberikan tunjangan cukup besar agar meningkatkan motivasi kerja para karyawannya. Beberapa hal yang dilakukan oleh Facebook adalah memberikan makan gratis, kantor yang pet-friendly, lingkungan kerja nyaman, cuti berbayar, asuransi jiwa, rencana pensiun, cuti melahirkan, serta bonus berdasarkan performa.

Demikian informasi terkait motivasi kerja karyawan yang bisa Anda ketahui dengan baik. Setelah mengetahui pembahasannya, maka bisa disimpulkan bahwa motivasi kerja sangat penting dimiliki oleh karyawan, supaya performa kerja mereka tetap bagus dan memberikan hasil terbaik kepada perusahaan.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!