Perbedaan Cover Letter dengan Surat Lamaran Kerja, Ini 6 Contoh yang Benar!

Perbedaan Cover Letter dengan Surat Lamaran Kerja

Cover letter adalah surat pengantar yang dikirim ketika seseorang ingin melamar kerja. Biasanya terletak di bagian badan e-mail atau halaman utama dokumen. Namun, tahukah Anda perbedaan cover letter dengan surat lamaran kerja?

Kedua berkas yang penting ini sering dianggap sama. Padahal dari segi tujuan hingga struktur penulisan ada perbedaan signifikan. 

Lalu apa saja perbedaan antara dua dokumen pendukung lamar kerja ini? Yuk, simak pembahasan dan contohnya, agar surat pengantar kamu tepat sasaran.

Mengenal cover letter berkas penting untuk lamar kerja

Cover letter adalah surat pengantar atau sampul yang biasa mengisi badan e-mail, saat Anda melamar pekerjaan secara daring. Namun, surat ini juga bisa digunakan untuk apply job via offline

Sekarang ini sekali perusahaan melakukan perekrutan secara online untuk meminimalkan biaya dan hemat waktu. Biasanya, pelamar diminta untuk menyertakan surat lamaran dan CV, serta wajib menuliskan cover letter di badan surat elektronik. 

Tujuannya agar e-mail pelamar bisa dilirik oleh recruiter dan terlihat profesional. Dua dokumen ini memiliki tujuan berbeda untuk mendukung kegiatan perekrutan. 

Dengan mengetahui perbedaan antara kedua dokumen ini bisa membantu kamu menentukan informasi apa saja yang ingin ditonjolkan pada cover letter dan surat lamaran.

Perbedaan cover letter dengan Surat Lamaran

Surat lamaran adalah berkas yang digunakan untuk menunjukkan ketertarikan pelamar melamar di posisi tertentu. Informasi yang disajikan lebih dalam dan detail mengenai skill dan pengalaman kerja Anda. 

Sementara cover letter adalah surat pengantar CV yang berisi rangkuman informasi singkat mengenai keterampilan, pengalaman kerja, latar belakang akademik, dan tujuan pengiriman surat.

Kedua berkas penting ini tidak bisa lepas antara satu dengan yang lain selama masa pencarian kerja. 

Meskipun demikian, banyak pelamar yang sering melakukan kesalahan fatal yaitu menyalin surat lamaran dan menjadikannya sebagai cover letter. 

Padahal menulis cover letter yang berbeda, tetapi solid dengan surat lamaran akan memudahkan berkas Anda dilihat dan dipertimbangkan oleh HRD. 

Simak penjelasan antara cover letter dengan surat lamaran secara rinci di sini.  

1. Tujuan dan fokus penulisan surat

Cover letter berisi informasi mengenai identitas Anda sebagai pengirim dan tujuan pengiriman surat. Namun, ada pula rincian singkat seputar pendidikan terakhir, skill menonjol, dan pengalaman kerja.

Sementara surat lamaran bertujuan untuk menyampaikan ketertarikan di posisi tertentu dan biasa digunakan ketika suatu lowongan pekerjaan telah dibuka. 

Di sini Anda bisa menyampaikan informasi yang lebih detail seputar kemampuan atau pengalaman organisasi semasa kuliah. 

Bisa pula sampaikan terkait tujuan karier, visi, misi, dan mengapa posisi ini dirasa cocok dengan kualifikasi Anda. 

Dilansir dari Resume Writing Lab, lewat surat lamaran Anda bisa semakin menarik recruiter dan sebagai upaya untuk mengamankan peluang wawancara. 

2. Paragraf pengenalan

Umumnya paragraf pengenalan untuk cover letter lebih ringkas dan langsung ke point utamanya. Sedangkan application letter untuk menunjukkan keinginan melamar ke posisi yang sedang dibuka. Contohnya sebagai berikut. 

Cover letter: 

“Dear Mr. Winston, perkenalkan saya Hazizah Nurma lulusan Universitas Negeri Jakarta program studi akuntansi. Melalui surat ini saya sampaikan ketertarikan saya bergabung dengan perusahaan bapak sebagai auditor. 

Selama menjalani pendidikan saya telah dibekali ilmu akuntansi dan pernah berpengalaman menjadi auditor di perusahaan retail selama 2 tahun.”

Surat lamaran:

“Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui LinkedIn Beauty Media Indonesia, saya bermaksud mengajukan lamaran sebagai customer service di perusahaan bapak/ibu.”

Pada paragraf berikutnya tertera nama pelamar, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon, pendidikan terakhir hingga alamat tinggal. 

3. Pengalaman kerja

Pengalaman kerja di bagian surat lamaran dijelaskan lebih rinci. Mulai dari waktu Anda diterima, durasi bekerja, apa saja tanggung jawab yang dipegang, dan pencapaian yang ingin ditonjolkan. 

Lantaran cover letter merupakan surat pengantar CV, biasanya informasi pengalaman kerja atau organisasi disampaikan secara singkat dan jelas.

4. Panjang surat 

Fungsi surat pengantar hanya sebagai pembuka atau intro, ketika Anda memberikan CV atau resume. Oleh karena itu, panjang surat tidak sampai berhalaman-halaman. Pembuatan cover letter yang ringkas dan jelas bisa menarik recruiter membaca dokumen lainnya. 

5. Waktu tepat mengirim

Surat lamaran dikirim ketika sudah ada lowongan pekerjaan yang dibuka. Berbeda dengan cover letter yang bisa dikirimkan kapanpun, walau belum ada posisi yang ditawarkan. Anda dapat menyampaikan ketertarikan pada posisi tertentu pada HRD di suatu perusahaan. 

Isi dalam cover letter 

Informasi yang disampaikan di dalam cover letter harus jelas, ringkas, dan padat. Dilansir dari Indeed, setidaknya 3 hal ini harus ada di dalam surat pengantar Anda. 

1. Riwayat pendidikan terbaru

Riwayat pendidikan terbaru berfungsi untuk memberi tahu recruiter dari mana asal Anda dan apakah latar pendidikan yang dijalani relevan dengan posisi yang dilamar.  

2. Pengalaman kerja

Informasi mengenai pengalaman kerja harus relevan dengan posisi yang dilamar, agar peluang dipertimbangkan semakin besar. Atau pastikan Anda memiliki pengalaman lain yang bisa menunjang Anda diterima di posisi ini. 

“Saya pernah bekerja sebagai copywriter di Tokopedia selama 2 tahun. Saya mampu membuat copy di berbagai platform yang mendorong brand awareness dan conversion hingga 50 persen.”

3. Skill yang dimiliki

Pada bagian cover letter masukkan hard skill dan soft skill pendukung yang membuat Anda menjadi kualifikasi terbaik untuk mengisi lowongan pekerjaan ini. 

Struktur penulisan cover letter bahasa Indonesia

Surat pengantar adalah berkas yang pertama kali dibaca recruiter. Oleh karena itu, penulisannya harus rapi, agar nyaman dibaca oleh HRD. 

Dilansir dari Education Washington, berikut struktur penulisan surat pengantar yang baik dan benar. 

1. Informasi tentang diri Anda

Penulisan di ruang paling atas diisi oleh informasi Anda, meliputi nama lengkap, nomor telepon, alamat e-mail yang aktif, dan tanggal penulisan surat. 

Tujuan melengkapi informasi ini adalah untuk memudahkan recruiter menghubungi Anda untuk melanjutkan proses perekrutan. Oleh sebab itu, hindari kesalahan ejaan. 

2. Alamat penerima

Masukkan alamat dan nama penerima. Anda bisa menggunakan gelar atau sapaan formal, apabila belum mengenal recruiter yang dituju. Contoh Yth bapak/ibu HRD (tambahkan nama perusahaan beserta alamat kantornya).

3. Paragraf pengenalan

Di bagian ini perkenalkan diri Anda secara formal dan jelas, seperti contoh di atas. Misalnya menuliskan asal universitas, jabatan saat ini, dan tujuan surat. 

“Saya Wiryawan Santanu, lulusan Universitas Veteran Jakarta program studi Jurnalistik. Bermaksud ingin melamar di posisi sebagai reporter di perusahaan bapak/ibu.

4. Informasi pendidikan dan pengalaman kerja

Selanjutnya jelaskan secara singkat pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan terkait dengan posisi yang dilamar. 

“Saya Hafids Guzman, lulusan Universitas Sumbawa program studi Jurnalistik. Bermaksud ingin melamar di posisi sebagai reporter di perusahaan bapak/ibu.

“Selama menjalani studi, saya dibekali dasar jurnalistik dan peliputan berita. Saya memiliki pengalaman 3 tahun sebagai wartawan di IDN Times untuk reporter Popbela.” 

5. Tanda tangan 

Bagian terakhir adalah memasukkan tanda tangan beserta nama lengkap Anda. Dokumen yang dibuat secara daring bisa menggunakan e-signature dari aplikasi.

Contoh cover letter

Meskipun telah banyak informasi seputar perbedaan cover letter dengan surat lamaran, tetapi tak sedikit pelamar yang masih bingung bagaimana cara membuatnya dengan baik. 

Nah, sebagai referensi berikut deretan contoh surat pengantar yang bisa ditiru dan dimodifikasi, agar cover letter lamaran Anda dilirik oleh recruiter

1. Contoh cover letter lamaran kerja

Apabila Anda menulis cover letter untuk ditempatkan di badan e-mail, pastikan alamat surel penerima sudah benar dan masukkan subjek agar pesan yang dikirim tidak masuk ke menu sampah. Perhatikan cara penulisan di bawah ini untuk mengisi body surat elektronik. 

Yth Bapak/Ibu HRD

Perkenalkan saya Ayudia Pradipta lulusan SMK 201 Bisnis Daring dan Pemasaran. Tujuan e-mail ini adalah untuk menyampaikan ketertarikan saya bergabung sebagai tim sales pemasaran di perusahaan bapak/ibu, sebagaimana yang ditampilkan pada iklan lowongan kerja di Instagram.

Selama menempuh pendidikan saya mempelajari ilmu seputar pemasaran produk dan bagaimana memaksimalkan platform media sosial sebagai sarana promosi untuk menjangkau lebih banyak calon customer. 

Saya aktif sebagai pembicara di organisasi OSIS yang turut membantu mengasah skill berkomunikasi dan leadership saya. 

Saya pernah bekerja sebagai sales canvasser selama 2 tahun dan mampu melakukan closing hingga 200 produk dalam seminggu. 

Berdasarkan kualifikasi yang tertera di dalam iklan, saya merasa posisi ini cocok dengan kemampuan dan pengalaman kerja saya. Dan saya yakin dengan skill yang dimiliki, saya dapat berkontribusi pada bisnis perusahaan. 

Sebagai bahan pertimbangan, terlampir CV dan portofolio terbaru saya. Apabila bapak/ibu ingin berdiskusi lebih lanjut, hubungi saya melalui nomor tertera. 

Hormat saya

Ayudia Pradipta

2. Contoh cover letter singkat part time

Cara menulis surat pengantar kerja paruh waktu yang singkat sebagai berikut. Sertakan informasi kegiatan Anda saat ini dan latar pendidikan. 

Adinda Pasha

PT Janji Jiwa 

Jalan Sukabumi Selatan, Jakarta Barat

081355627899

adindapsha.janjijiwa@gmail.com 

Dear, Ms. Adinda

Saya Yuanita Christiani seorang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi semester 6 di Politeknik Negeri Jakarta. Menanggapi lowongan PT Janji Jiwa, saya tertarik untuk melamar dan berminat mengisi posisi sebagai sosial media spesialis di perusahaan ini. 

Sebagai mahasiswa ilmu komunikasi saya memiliki bekal pengetahuan digital marketing dan bagaimana meningkatkan performa serta memaksimalkan sosial media untuk promosi brand

Saya juga pernah mengambil peran mengelola sosial media universitas dengan membuat konten seputar kegiatan mahasiswa, pentas seni yang diadakan, hingga konten membahas ilmu komunikasi. Saya tertarik mengembangkan karier di bidang sosial media spesialis terutama di sektor industri kuliner. 

Apabila Ms. Adinda ingin berdiskusi lebih lanjut dengan saya, hubungi nomor 089873737228 atau kirimkan balasan ke e-mail ini. 

Hormat saya 

Yuanita Christiani

3. Contoh cover letter bahasa Indonesia freelance

Yth bapak/ibu HRD 

PT Beauty Indonesia

Jakarta Pusat.

Perkenalkan saya Dina Aprita mahasiswa dari Universitas Terbuka, jurusan Ilmu Komunikasi tahun 2020. Berdasarkan informasi dari Instagram Beautynesia, perusahaan tengah membuka kesempatan kerja untuk posisi freelance content writer. 

Lewat e-mail ini, saya ingin menyampaikan ketertarikan untuk bisa bergabung dengan perusahaan bapak/ibu sebagai penulis lepas. 

Saya memiliki pengalaman bekerja di media online selama 2 tahun dan pernah mengambil peran sebagai freelance content writer di Gaya Sehatku dan Popbela. Saya terbiasa menulis artikel dengan kategori lifestyle, beauty, hingga fashion. 

Content writing adalah bidang yang saya minati sejak lulus dari sekolah menengah dan saya ingin terus mengembangkan kemampuan menulis di platform dengan target audience berbeda.

Saya sangat menantikan kesempatan untuk berdiskusi mengenai hal ini lebih lanjut. Sebagai pertimbangan bapak/ibu, saya turut lampirkan CV dan portofolio terbaru. 

Hormat saya

Dina Aprita. 

4. Contoh cover letter magang

Di bawah ini terlampir contoh cover letter versi document untuk melamar magang sebagai graphic designer

Yth Bapak Dharmais 

HRD Ruang Cerita 

Jakarta Selatan. 

Surat ini saya tulis untuk menunjukkan ketertarikan terhadap lowongan magang di Ruang Cerita yang ditayangkan di aplikasi Glints.com. 

Sebagai mahasiswa Desain Komunikasi Visual, saya yakin bahwa saya merupakan kandidat tepat untuk mengisi posisi design graphic intern di Ruang Cerita. 

Saya tertarik berkarier sebagai graphic designer karena sejalan dengan pendidikan dan pengalaman magang saya selama 6 bulan di perusahaan sejenis. 

Saya bertanggung jawab membuat konten visual yang sesuai dengan brand dan tone perusahaan serta membantu tim copywriter membuat desain pendukung iklan. 

Dengan pengalaman dan kualifikasi yang dimiliki, saya percaya dapat berkontribusi pada perusahaan melalui desain konten yang diinginkan. 

Saya menantikan kabar baik untuk membahas mengenai kesempatan ini lebih lanjut dengan bapak/ibu. 

Hormat saya 

Ruslan Hidayat

5. Contoh cover letter bahasa Indonesia Fresh Graduate

Salam, Bapak/Ibu HRD PT Elektronik Cipta

Perkenalkan saya Tania Agustia lulusan SMK administrasi perkantoran, bermaksud mengajukan lamaran untuk mengisi posisi sebagai admin penjualan di perusahaan bapak/ibu.

Saya mampu mengoperasikan fungsi excel dan microsoft word serta memiliki kemampuan manajemen yang baik untuk menunjang profesi sebagai admin. 

Selama masa studi, saya turut terlibat langsung membantu kegiatan administrasi di PT Alfaria Trijaya melalui program magang yang dilaksanakan selama 3 bulan. 

Saya percaya dengan skill dan pengalaman yang dimiliki, saya merupakan kandidat yang cocok untuk mengisi posisi tersebut. 

Terima kasih atas perhatiannya, demikian surat ini dibuat. Saya sangat menantikan untuk berdiskusi dengan bapak/ibu di kesempatan lainnya. 

Salah hormat

Tania Agustia

6. Contoh cover letter e-mail bahasa Inggris

Penulisan surat pengantar versi English tidak jauh berbeda. Simak contoh cover letter bahasa Inggri berikut untuk dijadikan referensi dilansir dari The Balance Careers. 

August 21, 2019

Janice Gray

Westview, New Jersey

213-222-333

janice.gray@gmail.com 

Dear Ms. Janice, I am writing this letter to inform my interest for Videographer position at Union Times Company. As requested I enclose my resume and portfolio with this e-mail. 

This role is suitable for me and I strongly believe my hard skill, soft skill, and 3 years experience in the field make me a highly candidate for this position. 

With a bachelor degree in communication visual design, I have comprehensive understanding about workflow as a videographer and editor. I able using editing software such as Adobe Premier, InShot, dan Apple Movie Maker. 

I can be reached anytime by e-mail and phone number 209-222-999. Thank you for your time and consideration. 

Sincerely

Ryan Matthew

Cara menulis cover letter bahasa Indonesia yang menarik

Desi Yuliawanti

081928773456

desi.yuliawanti@gmail.com

Agustus, 2021

Yth Bapak/Ibu HRD

PT Quality Words 

Jakarta Selatan.

Saya tertarik dengan posisi sebagai fotografer editor di PT Quality Words setelah melihat lowongan kerja yang ditayangkan melalui Glints.com. 

Saya adalah mahasiswa jurusan akuntansi dengan pengalaman sebagai auditor lebih dari 2 tahun. Saya percaya saya merupakan kandidat yang cocok untuk mengisi posisi tersebut karena kemampuan dan pengalaman kerja yang saya miliki. 

Apabila bapak/ibu ingin membahas hal lain mengenai saya, hubungi nomor telepon 0819776229339 atau via e-mail desi.yuliawanti@gmail.com.  

Nah, sekarang sudah paham perbedaan cover letter dan surat lamaran, bukan? Jadi, jangan salah lagi mengirimkan dua dokumen yang tampak mirip ini. 

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!