9 Perbedaan Manajer dan Leader – Ternyata beda Tujuan dan Tanggung Jawabnya!

Perbedaan Manajer dan Leader

Setiap perusahaan memiliki manajer yang bertugas mengarahkan pegawai dan leader yang memimpin tim atau proyek tertentu. Namun, apa perbedaan manajer dan leader?

Manajer adalah orang yang menjalankan fungsi manajerial yang mengontrol karyawan untuk mencapai goals perusahaan. Berbeda dengan leader yang cenderung membimbing tim demi meraih tujuan bersama. 

Mengetahui perbedaan dari lingkup pekerjaan dan peran antara dua jabatan di atas, bisa membantu Anda menjadi manajer sekaligus leader yang baik. Cek selengkapnya di sini. 

Perbedaan manajer dan leader

Masih banyak yang menganggap kalau manajer itu sama dengan leader. Padahal, dari tanggung jawab, fungsi, hingga tujuannya saja berbeda lho. 

Manajer merupakan jabatan formal yang ada di struktur organisasi dan tugasnya adalah mengarahkan karyawan agar menjalankan pekerjaannya untuk mencapai goals perusahaan. 

Sementara seorang leader membangun hubungan dengan tim dan mendorong anggotanya untuk meraih tujuan bersama misalnya menyelesaikan suatu proyek. Baca juga pembahasan tentang Leadership: Pengertian, Jenis, Manfaat, hingga Cara Meningkatkannya.

Seorang manajer tidak bisa Anda sebut sebagai pemimpin, jika tidak memiliki kemampuan kepemimpinan. Nah, perbedaan lainnya terangkum lewat pembahasan di bawah ini. 

1. Definisi manajer dan leader

Manajer adalah orang yang mengarahkan dan memberikan perintah ke karyawan. Biasanya memiliki tugas berbeda sesuai dengan departemen yang mereka pegang. 

Contohnya, manajer keuangan tentu akan memegang tugas yang berbeda dengan manajer operasional. Posisi formal ini biasanya ada di struktur organisasi perusahaan. 

Sementara definisi leader adalah orang yang membimbing, memotivasi, dan menjadi contoh bagi orang lain– ini berarti rekan atau anggota yang mereka pimpin. 

Menurut Key Difference, perbedaan berdasarkan definisi dari dua role ini yaitu 

  • Manajer merupakan karyawan yang bertanggung jawab pada manajemennya dan juga sebagai penghubung antara staf biasa dengan C level.
  • Leader adalah orang yang membimbing, mendorong, dan memotivasi orang lain untuk rela bekerja demi mencapai tujuan organisasi.

2. Fungsi keduanya dalam organisasi

Fungsi leader adalah memotivasi tim supaya bisa memaksimalkan performa dan kontribusi dalam menjalankan pekerjaan, sehingga dapat mencapai tujuan bersama. 

Sebaliknya, manajer menerapkan fungsi manajerial yang terdiri dari perencanaan, organizing, staffing, directing, dan pengontrolan. 

Seorang leader berfokus pada proses dan manusia, sedangkan manajer fokus pada target, tugas, dan keuntungan. 

Leader sering memanfaatkan konflik untuk mendorong keterlibatan tiap anggota dalam tim. Sementara manajer berusaha menghindarinya, agar tak berpengaruh pada kinerja pegawai. 

3. Gaya kepemimpinan

Model kepemimpinan manager atau manajer yaitu transaksional artinya berorientasi pada hasil dan target lewat pemberian hadiah dan hukuman. 

Karyawan dengan hasil pekerjaan yang bagus dan sesuai, biasanya akan mendapatkan hadiah seperti promosi, kenaikan gaji, dan bonus. 

Sebaliknya, jika kinerjanya buruk manajer juga memberikan hukuman. 

Berbeda dengan leader yang gaya kepemimpinannya transformasional. Pemimpin berorientasi pada proses demi mendorong perubahan positif dengan mengapresiasi inisiatif anggota. 

Pemimpin melibatkan diri dalam setiap proses dan mendorong anggota timnya melakukan hal serupa. Motivasi karyawan ada karena ingin meningkatkan diri. 

4. Tugas yang dipegang

Tugas seorang leader utamanya adalah memimpin anggota tim agar bekerja sesuai dengan tanggung jawab yang mereka dapatkan. 

Pemimpin memberikan arahan dengan membuat visi dan mengomunikasikan juga mendorong anggota tim untuk mencapainya. 

Di sisi lain tugas manajer yaitu merumuskan struktur organisasi dan bisa mendelegasikan tanggung jawabnya pada karyawan atau bawahannya. 

Lebih lanjut, manajer menyampaikan pesan dari pihak atas ke bawahan, mengatur beban kerja dan alurnya, menugaskan tugas pada karyawan, dan memastikan pekerjaan selesai sesuai harapan. Pelajari lebih lanjut terkait Tugas Manajer dan Fungsinya di Tiap Divisi, Wajib Pahami sebelum dapat Promosi.

5. Karakteristik anggota yang dipimpin

Leader adalah seseorang yang memiliki kharisma dan kepribadian yang bagus, sehingga staf lain rela mengikuti arahan darinya. 

Jika Anda perhatikan dengan saksama, staff atau karyawan mengikuti manajer karena deskripsi pekerjaan dan jabatannya. 

Sementara staff mengikuti pemimpin karena ada nilai di dalam dirinya yang bisa menjadi motivasi dan teladan untuk jadi panutan. 

Umumnya, pengikut seorang pemimpin sangat loyal, sedangkan bawahan manajer hanya sebatas hubungan kerja saja. 

6. Leader mengambil risiko sedangkan manajer mengontrol risiko

Perbedaan leader dan leadership yaitu pemimpin dan kepemimpinan. Orang yang membimbing staf lain adalah leader, sedangkan kegiatannya disebut leadership

Seorang leader berani mengambil risiko bahkan jika hasilnya tidak berjalan mulus. Ini karena pemimpin percaya bahwa kegagalan merupakan langkah menuju keberhasilan. 

Berbanding terbalik dengan manajer yang meminimalkan risiko, menghindari dan mengontrol masalah daripada menghadapinya.

7. Pemimpin membangun hubungan dan manajer membangun sistem

Pemimpin fokus pada orang-orang. Cara leader memenangkan hati pemangku kepentingan bisnis biasanya melalui visi, membangun loyalitas, dan kepercayaan.

Manajer fokus menciptakan struktur untuk mengatur dan meraih tujuannya. Selain itu, mereka ahli dalam menganalisis dan memastikan sistem mencapai keberhasilan. 

8. Tujuan jangka pendek vs jangka panjang

Biasanya tujuan manajer perusahaan adalah jangka pendek. Mereka menetapkan tujuan dalam durasi yang singkat untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan. 

Seorang leader biasanya sudah tahu apa yang ingin diraih dalam jangka panjang dan tetap termotivasi untuk mendapatkannya dengan melibatkan anggota tim yang solid. 

9. Jabatan di organisasi

Pernahkah Anda melihat struktur organisasi perusahaan? Umumnya yang tertera hanyalah jabatan manajer, tetapi tidak dengan leader.

Leader bisa berada di setiap struktur organisasi mulai dari lingkup kecil hingga level atas seperti CEO. Sedangkan, manajer ada di level manajer menengah saja. 

Ini juga menjadi perbedaan team leader dan supervisor. Seorang supervisor biasanya merupakan jabatan formal berbeda dengan pemimpin tim. 

10. Leader lebih banyak mengarahkan daripada memerintah

Seorang leader rela berada diantara timnya untuk memberikan arahan, cara menyelesaikan proyek dan memastikan anggota memahami tugasnya dengan baik. 

Manajer mengambil peran lebih banyak dalam mengontrol, memerintah, dan mengawasi karyawan supaya bekerja sesuai dengan tanggung jawabnya serta sesuai harapan. 

Sama halnya perbedaan leader dan boss, pemimpin cenderung membimbing tim agar berhasil, sedangkan boss dan manajer  lebih sering memerintahkan tanpa memberikan arahan. 

Simak juga artikel tentang Keterampilan yang harus Dimiliki oleh seorang Manajer.

Perbedaan tugas manajer dan leader

Perbedaan antara pemimpin dan manajer dapat terlihat dari tugas yang keduanya pegang. Secara mendetail berikut rangkuman informasinya untuk Anda. 

1. Tugas seorang leader

Dalam teori leadership tertulis bahwa salah satu tugas pemimpin adalah membimbing sehingga mendorong kemajuan pengikut atau bawahannya. 

Tugas pemimpin pada dasarnya yaitu memimpin, mengarahkan, memotivasi tim untuk bekerja dengan baik, menjadi teladan, dan membangun hubungan dengan anggotanya. 

Pemimpin yang cakap dalam segi personality dan skill, akan berpengaruh besar bagi perkembangan SDM dan kesuksesan sebuah tim. 

2. Tugas manajer

Tugas utama manajer adalah membuat perencanaan strategi, organizing, mengarahkan tim, mengawasi karyawan demi mencapai tujuan perusahaan yang telah mereka tetapkan. 

Oleh sebab itu, manajer berusaha memotivasi karyawan untuk memberikan performa terbaik dengan imbalan kenaikan gaji, promosi, maupun bonus bukan dengan pendekatan personal. 

Mengambil peran leader sekaligus manajer

Perusahaan yang punya manajer dan leader yang saling bersinergi akan membawa dampak positif bagi sumber daya manusia dan perkembangan bisnis. 

Manajer bisa menjadi leader jika memiliki kepribadian seorang pemimpin. Apabila merujuk pada Business, manajer dapat menjadi leader dengan melakukan beberapa hal seperti

  1. Mengurangi pengawasan ekstra dan mulai mempercayai karyawan menyelesaikan pekerjaan sesuai kemampuannya. Pengawasan ketat hanya membatasi daya berpikir dan kreativitas karyawan. Tak jarang menyebabkan tekanan.  
  2. Mulai membangun hubungan baik dengan karyawan sebagai pemimpin.

Apakah pemimpin dan pimpinan sama?

Walaupun leader tugasnya memimpin, tetapi jabatan pimpinan dan pemimpin berbeda. Biar nggak salah paham begini penjelasannya. 

Menurut Kubik Leadership, pemimpin tidak memiliki otoritas dan seringkali orang yang menjadi leader mengajukan diri secara sukarela tidak seperti pimpinan yang dipilih. 

Pimpinan merupakan sebuah jabatan struktural dan memegang peranan tertinggi di perusahaan. Keterampilan lebih diutamakan daripada kharisma dan citra diri. 

Tak jarang pemimpin menuntut hasil yang pasti dan tidak terlibat dalam pengarahan secara personal dengan karyawan yang mana ini dilakukan seorang leader

Itulah deretan perbedaan manajer dan leader yang harus Anda ketahui. Memilih pekerja yang mampu menjalankan fungsi manajerial, sekaligus menjadi pemimpin itu penting. 

Apabila Anda sedang mencari tenaga kerja untuk mengisi posisi manajer dan leader, Anda bisa mengunjungi MyRobin untuk temukan tenaga kerja andal berpengalaman.

MyRobin adalah platform outsourcing modern yang menawarkan tenaga kerja yang siap dan profesional untuk berbagai posisi dan industri. 

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!