Pendaftaran Prakerja Gelombang Terbaru, Cek Sekarang untuk dapat Insentif

Pendaftaran Prakerja Gelombang Terbaru

Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik, jumlah pengangguran di tanah air mencapai 8,4 juta per Februari 2020. Salah satu alasan tingginya angka pengangguran yakni terbatasnya lowongan kerja dan minimnya skill dari individu tersebut. 

Oleh karena itu, pemerintah memberikan kesempatan bagi lulusan SMK hingga sarjana yang masih menganggur untuk meningkatkan keterampilan melalui program kartu prakerja.

Cek estimasi jadwal pendaftaran prakerja gelombang terbaru di sini, agar Anda tidak ketinggalan informasi dan bisa gabung gelombang berikutnya. 

Sekilas tentang program prakerja

Kartu prakerja adalah program pemerintah untuk membantu mengembangkan kompetensi di berbagai industri yang ditujukan bagi pencari kerja, buruh yang terkena PHK, atau lulusan baru yang butuh peningkatan skill. Ketahui lebih lanjut terkait Perbedaan PHK dan Pengunduran Diri.

Apabila ditinjau lebih dalam, salah satu faktor adanya pengangguran adalah kurangnya keahlian individu atau tidak sesuai kebutuhan perusahaan. 

Oleh sebab itu, adanya program prakerja ini diharapkan bisa memberikan kesempatan masyarakat tertentu memperoleh ilmu dan pengembangan skill tanpa biaya. 

Melalui program prakerja, peserta mendapatkan uang pelatihan sebesar Rp1.000.000 untuk membeli kelas daring dari berbagai platform. 

Setelah program selesai, Anda wajib menuliskan ulasan tentang pelatihan yang Anda ambil sebagai syarat pencairan insentif. 

Lulusan SMA maupun SMK yang belum kuliah bisa mendaftar program ini melalui website prakerja.go.id. Lakukan pendaftaran lalu gabung gelombang yang sedang dibuka. 

Peserta yang gagal di tahap seleksi pertama berhak bergabung kembali di gelombang yang sedang selanjutnya. Anda bisa terus mencoba hingga berhasil. 

Pendaftaran prakerja gelombang terbaru

Pendaftaran prakerja gelombang 43 baru saja ditutup pada Rabu, 31 Agustus 2022. Tahap selanjutnya adalah seleksi dan pemilihan pelatihan. 

Proses pendaftaran dibuka selama seminggu dan seleksinya berlangsung selama 2-7 hari kerja. Bagi peserta yang lolos, Anda bisa melanjutkan pilih pelatihan di beberapa platform. 

Sementara bagi yang gagal Anda bisa menunggu gelombang selanjutnya dibuka. Hingga kini belum ada informasi kapan gelombang 44 dibuka. Namun, Anda bisa memperkirakannya melalui pola yang ada. 

Pendaftaran gelombang baru biasanya dibuka setelah 5 hari pasca penutupan gelombang sebelumnya. 

Jadi, jika gelombang 43 tutup pada Rabu, 31 Agustus kemarin, estimasi pendaftaran gelombang 44 di mulai pada 4-5 September 2022. 

Anda bisa mempersiapkan berkas persyaratannya sekarang untuk melakukan pendaftaran. Contohnya nomor KTP dan kartu keluarga, e-mail, serta nomor telepon. 

Informasi mengenai tanggal aslinya bisa Anda dapatkan lewat sosial media prakerja resmi. Adapun persyaratan daftarnya terangkum di pembahasan berikut. 

Syarat mendaftar program prakerja

Program kartu prakerja ditujukan bagi pencari kerja, ibu rumah tangga, UMKM, pemilik bisnis, lulusan baru, pengangguran, dan korban PHK meningkatkan skill tanpa khawatir biaya mahal. 

Biaya pelatihan sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah melalui dana Rp1.000.000 yang dibayarkan sekali saja. 

Dengan jumlah segitu Anda bisa mengikuti dua hingga tiga kelas sesuai jenis pelatihan dan harga di platform. Cek syaratnya di bawah ini. 

1. Berusia 18 tahun

Syarat pendaftaran paling utama adalah berusia 18 tahun dan berkewarganegaraan Indonesia, bukan asing. Hal ini dibuktikan oleh kartu tanda penduduk dan kartu keluarga. 

Peserta wajib melampirkan nomor identitas atau foto KTP sebagai bukti pada platform yang disediakan. Setiap peserta yang mendaftar harus sudah lulus dari pendidikan formal. 

2. Peserta adalah orang dengan kategori tertentu

Deretan peserta yang mendaftar adalah pencari kerja, lulusan baru, buruh korban PHK akibat pandemi maupun non-pandemi, pekerja yang dirumahkan, dan pemilik UMKM yang butuh peningkatan skill.

Sementara mahasiswa atau murid yang masih menempuh pendidikan formal tidak diperbolehkan mendaftar. 

3. Tidak pernah mendapatkan bantuan saat Covid-19

Program kartu pekerja merupakan bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19 meningkatkan skill sekaligus mendapat insentif yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. 

Dana insentif sebesar Rp600.000 yang dibayarkan berangsung selama 4 kali bisa dipakai untuk membeli barang konsumtif. 

Oleh karena itu, peserta yang pernah menerima bantuan pemerintah selama Covid-19 juga tidak disarankan mendaftar. Tujuannya agar program bantuan bisa merata ke beberapa lapisan.

4. Anggota pejabat tidak boleh mendaftar

Kategori orang yang dilarang mendaftar selanjutnya adalah anggota pejabat. Bagi Anda yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil, anggota kepolisian maupun partai tidak berhak mendapat bantuan dari program prakerja. 

5. Jumlah yang terdaftar dalam satu KK maksimal 2 orang

Dalam satu KK yang sama hanya 2 orang saja yang bisa mendaftar program prakerja. Misalkan Anda dan pasangan atau kakak.  

Apabila Orang tua Anda sudah pernah mengikuti seleksi dan terpilih, maka Anda tidak bisa mendaftarkan diri karena masih dalam satu KK yang sama. 

Tata cara mendaftar program prakerja

Pendaftaran program prakerja tidak sulit. Anda hanya perlu membuka website resminya lalu mendaftar dengan memasukkan data diri, seperti nomor KTP, KK, dan e-mail aktif. 

Prosedurnya dilakukan secara bertahap mulai dari pendaftaran, seleksi, pemilihan pelatihan, mengikuti pelatihan, pemberian ulasan, lalu pencairan insentif. Seperti ini tata cara daftarnya. 

1. Mengakses website resmi

Langkah pertama adalah mengunjungi website resmi pendaftaran prakerja gelombang terbaru di https://www.prakerja.go.id/ lalu klik menu daftar atau login bagi yang sudah pernah mendaftar dan ingin gabung gelombang selanjutnya.

Pastikan selama proses berlangsung, Anda memiliki koneksi internet yang kuat sehingga tidak terkendala saat upload berkas dan data diri. 

2. Mengisi data diri

Pada halaman berikutnya Anda perlu memasukkan e-mail aktif dan membuat password baru. Selanjutnya, cek e-mail dari prakerja dan lakukan verifikasi. 

Setelah berhasil verifikasi, silakan login dengan akun yang sudah Anda buat. Persiapkan pula E-KTP asli, kartu keluarga, no HP aktif untuk melanjutkan proses pendaftaran. 

3. Melengkapi profil

Anda akan diarahkan ke bagian profil untuk melakukan verifikasi KTP dan KK. Masukkan 16 digit NIK, nomor kartu keluarga, dan tanggal lahir lalu klik lanjutkan. 

  • Lengkapi data diri Anda sesuai KTP dan KK seperti nama lengkap dan ibu kandung, status perkawinan, jenis kelamin, status bekerja, pendidikan terakhir, serta tanggungan keluarga.  
  • Pilih topik pelatihan yang Anda minati. 
  • Tuliskan alamat tempat tinggal yang sama dengan KTP atau mengikuti alamat baru. 
  • Unggah foto KTP dengan jelas dan scan wajah masing-masing. 
  • Selanjutnya, cantumkan nomor telepon yang aktif, klik kirim kode OTP.
  • Verifikasi nomor telepon Anda, kemudian masukkan kode rahasia. 

Anda wajib mengisi pernyataan pendaftaran peserta, mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar, tujuannya untuk menilai intelektual Anda.

4. Bergabung gelombang

Langkah berikutnya adalah bergabung ke gelombang 44 atau yang sedang dibuka. Klik ikon ‘gabung’ lalu tunggu hingga beberapa hari. Proses seleksi ini bisa memakan waktu lebih lama dari estimasi. Oleh sebab itu, cek secara berkala di dashboard status Anda. 

5. Menunggu hasil seleksi

Peserta yang telah mengikuti tahap-tahap di atas, hanya perlu menunggu proses seleksi. Biasanya jika Anda lolos muncul notifikasi di dashboard atau e-mail. 

Pastikan memilih pelatihan sesuai minat dan pekerjaan Anda agar keterampilan tersebut bisa berguna dan Anda aplikasikan. 

Itulah estimasi jadwal pendaftaran prakerja gelombang terbaru beserta persyaratannya. Dana insentif bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau membeli kelas lainnya. 

Kalau skill sudah meningkat dan punya sertifikasi, maka Anda tinggal mencari pekerjaan. Melalui sertifikat pelatihan Anda memiliki nilai tambah di mata perekrut. 

Buka app.myrobin.id untuk temukan berbagai lowongan pekerjaan terpercaya dari perusahaan ternama di Indonesia. Lamar sekarang!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!