Cara dan Tips Menjadi Restaurant Manager yang Baik dan Sukses

Menjadi Restaurant Manager yang Baik

Tugas utama seorang manager atau pemimpin sebuah restoran pastinya adalah mengatur, memimpin, serta mengkoordinir seluruh bawahannya agar mampu mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik.

Apa itu Restaurant manager?

Seorang restaurant manager adalah seseorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengawasi operasi harian restoran. Tugas mereka termasuk mempekerjakan dan melatih staf restoran mengikuti kebijakan perusahaan, berbicara dengan pengunjung untuk mengatasi masalah atau memecahkan masalah, dan membuat jadwal kerja untuk staf restoran.

Restaurant manager atau manajer restoran adalah sebuah posisi yang tinggi pada sebuah restoran yang bertugas untuk mengkoordinir seluruh kegiatan bawahannya agar sesuai dengan tujuan. Maka dari itu untuk bisa menjabat sebagai restaurant manager haruslah orang yang memiliki jiwa pemimpin dan tanggung jawab tinggi agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Cara menjadi Restaurant Manager yang Baik

Seorang restaurant manager tentunya sudah mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar mampu melakukan tugasnya dengan baik. Selain itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencapai kesuksesan, berikut diantaranya:

  1. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik perlu memastikan seluruh pekerjaan serta program yang sudah dibuat bisa terlaksana dengan lancar dan seluruh anggota tim bekerja dengan baik
  2. Menjadi seorang manager belum dikatakan sukses bila seluruh anggota tim atau supervisor yang ada belum kompak dan belum bisa menyatukan visi dan misi kerja, maka dari itu anda perlu memiliki kemampuan untuk menentukan mereka semua dalam satu meja kerja dan satu tujuan bersama
  3. Seorang manajer adalah pusat koordinasi yang tentunya bertugas untuk menghubungkan management pusat, supervisor, serta karyawan. Jadi anda adalah penghubung mereka semua dalam mendapatkan informasi dari pusat yang ada diteruskan kepada bawahan yang ada dengan tugasnya masing – masing
  4. Untuk mencapai kesuksesan dalam memimpin restoran ini anda harus bisa memberikan  motivasi yang baik kepada seluruh anggota. Disaat mereka terlihat down atau kurang semangat maka tugas anda harus bisa membakar semangat mereka kembali untuk bekerja dengan baik demi mencapai tujuan

Baca juga tugas dan tanggung jawab Restaurant Manager

Tips menjadi Restaurant Manager yang Baik

Menjadi Restaurant Manager yang Baik
Menjadi Restaurant Manager yang Baik

Seorang manajer restoran juga harus mengetahui cara agar menjadi seorang manager yang handal dalam melakukan tugasnya. Berikut beberapa tips menjadi seorang manajer yang baik, diantaranya:

Bertanggung jawab pada seluruh pelayanan pelanggan

Agar menjadi seorang manager restoran yang baik anda memiliki tanggung jawab pada seluruh aspek customer service. Anda harus memantau seluruh karyawan restoran terutama pelayan mampu melayani seluruh pelanggan dengan baik. Bukan hanya saat menyajikan hidangan namun juga harus bersikap baik saat mendapatkan komplain dari pelanggan

Memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik

Meski anda seorang atasan dengan posisi tinggi, harus mampu menangani dengan baik orang – orang yang ada di bawah anda.  jika anda tidak bisa bersosialisasi dengan baik, maka mustahil mampu menangani mereka semua. Maka dari itu untuk mendukung tugas antara atasan dan bawahan anda harus bisa berkomunikasi dengan mereka agar tujuan kerja bisa tercapai

Memiliki jiwa pemimpin

Seorang pemimpin haruslah memiliki jiwa pemimpin. jiwa pemimpin tersebut meliputi adil kepada seluruh bawahannya atau tidak memihak salah satu individu yang akan membuat kecembuuan kerja dan memecah belah persatuan yang ada.

Selain itu pemimpin juga harus pandai mengambil hati bawahannya, jika sekiranya karyawan merasa murung atau kurang semangat kerja mungkin membawa mereka berlibur ke suatu tempat saat weekend bisa membangkitkan semangat kerja mereka kembali.

Baca juga pertanyaan interview terkait kepemimpinan

Sabar

Meski anda seorang atasan tidak semestinya berlaku sesuka hati. Karena itu bisa membuat karyawan malas untuk bekerja dan hasilnya pekerjaan dan proyek bisa terbengkalai. Maka dari itu sebagai atasan anda juga harus memiliki sikap sabar pada tempatnya. Jika sebuah kesalahan belum melewati batas sebaiknya dibicarakan secara kekeluargaan saja tidak perlu menggunakan kekuasaan sebagai senjata untuk berlaku semaunya.

Memiliki wawasan yang luas mengenai bisnis kuliner

Salah satu untuk bisa dikatakan sebagai manager restoran yang baik adalah memiliki wawasan yang luas dalam dunia kuliner. Jadi anda bisa memberikan ide mengenai kuliner agar usaha yang sedang dijalankan bisa maju dengan pesat. Berwawasan luas juga bisa membuat anda lebih dihormati dan disegani oleh karyawan. 

Itu tadi sedikit informasi mengenai restaurant manager serta beberapa tips dan cara agar bisa mencapai kesuksesan dalam memimpin. Pada dasarnya anda harus memiliki jiwa pemimpin yang komplit agar bisa lebih maju dan sukses. Sekian.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!