New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

15 Prospek Jurusan Tata Boga dari Chef Hingga Food Stylist! 

Prospek Jurusan Tata Boga

Jurusan tata boga termasuk program studi yang cukup populer di universitas. Pasalnya, prodi satu ini menawarkan pembelajaran seputar kuliner, gizi, nutrisi, food preparation, cooking, hingga pelayanan. 

Prospek kerja jurusan tata boga juga sangat bervariasi, tidak hanya sebagai chef tetapi juga sebagai food inspektor. Nah, dalam artikel kali ini MyRobin akan memaparkan deretan karier untuk lulusan tata boga. 

Sekilas tentang jurusan tata boga

Culinary art alias jurusan tata boga adalah program studi yang mempelajari seputar hidangan, persiapan makanan, plating, presentasi, dan service food. 

Selain itu, mahasiswa program studi ini juga mempelajari seputar sanitasi, higienitas, ilmu gizi, manajemen, pengetahuan tentang dapur dan peralatannya, hingga kewirausahaan. 

Sehingga tidak heran jika banyak lulusan jurusan culinary arts yang menjadi entrepreneurship di bidang kuliner. 

Mengapa memilih jurusan tata boga

Salah satu alasan program studi ini populer adalah prospek karier jurusan tata boga yang luas. Sebagaimana dijelaskan di atas, mahasiswa tata boga tidak sebatas memahami tentang membuat makanan. Melainkan juga mengetahui teknik penyimpanan, komputer terapan, kimia terapan, pendidikan konsumen, anatomi fisiologi, serta mikrobiologi pangan. 

Di samping itu, lulusan dari culinary art memiliki kesempatan kerja yang baik. Beberapa dari mereka bekerja di hotel bintang lima, restoran mewah, hingga kapal pesiar yang tentunya memberikan gaji dan benefit yang fantastis. Oleh karena itu, jurusan tata boga tidak pernah sepi peminatnya.  

Prospek jurusan tata boga   

Deretan pekerjaan untuk jurusan tata boga di bawah ini bisa Anda pertimbangkan saat melamar pekerjaan. Beberapa pilihan karier memiliki demand yang tinggi. 

1. Sous chef 

Tugas sous chef bervariasi tergantung jenis perusahaan tempatnya bekerja. Dalam bahasa Prancis, sous chef adalah di bawah. Jika diartikan maka sous chef adalah orang kedua yang ada di dapur dan berkewajiban membuat laporan pada kepala koki. 

Seorang sous chef bertugas merencanakan dan mengawasi persiapan makanan di dapur. Selain itu, ia juga berperan dalam membuat menu yang unik, membuat jadwal untuk staf dapur, berkontribusi dalam perencanaan menu, hingga mengevaluasi kinerja staf.

2. Manager restoran

Manajer restoran bertanggung jawab terhadap keseluruhan operasional restoran, termasuk mengelola staff di dalamnya. Posisi ini biasanya terbuka bagi lulusan tata boga yang sudah memiliki pengalaman di level manajerial. 

Adapun tugas manajer restoran yaitu melakukan perekrutan, melatih staff baru, memonitor standar keamanan, mempertahankan kualitas makanan, dan menjaga lingkungan kerja tetap bersih. 

Selain itu, manajer restoran turut berkontribusi dalam pembuatan strategi untuk meningkatkan penjualan, meninjau prosedur, serta menyelesaikan pekerjaan administratif. 

3. Baker dan patissier

Koki kue dan patiseri adalah profesional yang ahli dalam membuat makanan panggang dan pastry. Tugas bake and passitery meliputi memperbarui menu makanan panggang, merancang menu baru, melatih karyawan, mengawasi staf dapur serta mendekorasi kue. 

4. Line cook 

Line cook adalah juru masak yang bertugas menyiapkan dan menyajikan hidangan. Biasanya kepala koki akan menempatkan juru masak ini di tempat tertentu. Misalnya, di area pemanggangan atau plating. 

Mereka bertanggung jawab mensanitasi dan membersihkan peralatan makan sebelum digunakan oleh koki utama. Ketika bekerja line cook bisa mengerjakan pekerjaan lain seperti membuat saus, mengolah makanan laut, maupun memotong sayuran. 

5. Private chef

Salah satu pekerjaan untuk lulusan tata boga adalah koki pribadi. Sesuai dengan namanya, juru masak ini bekerja untuk satu klien tertentu, misalnya pemilik perusahaan. Juru masak pribadi tinggal di tempat yang sudah klien sediakan seperti hotel, rumah, penthouse, tempat kerja, ataupun kapal pesiar. 

Tugas juru masak pribadi mencakup membuat rencana menu makan klien, berbelanja untuk kebutuhan memasak, mengisi lemari pendingin dengan bahan masakan, menyiapkan makanan, serta menjaga kebersihan area dapur. 

6. Barista

Jurusan tata boga bisa mengaplikasikan ilmunya dengan menjadi barista. Barista di diskotik mewah memerlukan pengetahuan luas dan skill yang mumpuni. Bahkan beberapa coffe shop dan club malam me

7. Head chef

Kepala koki merupakan jabatan yang tinggi di dapur. Tugas seorang kepala koki adalah memonitor seluruh aktivitas di dapur, seperti menambahkan menu baru, merekrut dan mengawasi pelatihan staf, membuat anggaran keuangan, memonitori prosedur keamanan pangan, serta manajemen inventaris.

Syarat menjadi kepala koki biasanya harus memiliki pengalaman di atas 5 tahun dan menguasai keahlian kepemimpinan yang kuat, komunikasi, dan pengetahuan mendalam seputar kuliner. 

8. Caterer

Caterer adalah staf yang membuat menu untuk kebutuhan pesta maupun acara. Contohnya, pada Konferensi Tingkat Tinggi G20, caterer bertanggung jawab menghidangkan menu selama acara berlangsung. 

Saat bekerja, caterer perlu membuat perencanaan menu yang akan dihidangkan, mengikuti instruksi klien, menyediakan bahan masakan, mempersiapkan, sampai menyajikan menu makanan. Sementara tugas kepala caterer adalah memastikan kualitas makanan masih segar dan sesuai standar penyelenggara sehingga menjamin kepuasan pelanggan. 

9. Food stylist

Pekerjaan bagi lulusan tata boga selain memasak adalah food stylist. Bagi Anda yang berjiwa seni bisa menjadi stylist makanan. Profesi ini jadi incaran karena demand yang tinggi dan gaji yang mahal. Food stylist dibutuhkan oleh perusahaan masalah, acara kuliner, agensi, bahkan bisnis owner kuliner. 

10. Entrepreneurship

Peluang menjadi wirausaha sangat menjanjikan, terutama jika Anda lulusan culinary arts. Pasalnya, selama pendidikan mahasiswa mempelajari seputar gizi, konsumen, manajemen, dan desain makanan. 

Pilihan usaha juga bervariasi, sebagian orang menjual produk makanan sedangkan lainnya menawarkan jasa pelatihan masak. 

11. Tenaga pendidik

Tidak tertarik menjadi juru masak atau food stylist? Anda masih bisa melamar jadi tenaga pendidik. Biasanya, lulusan tata boga mengajar di bidang yang sama di sekolah menengah. Sementara untuk mengajar di perguruan tinggi, Anda perlu menempuh pendidikan lanjutan. 

12. Staff pelayanan

Staf pelayanan atau waiting staff adalah orang yang tugasnya menerima pesan, menyajikan hidangan, dan menerima pembayaran. Selama bekerja, staf pelayanan perlu menyapa tamu, bersikap melayani, dan memeriksa kualitas menu sebelum disajikan. Pada kondisi tertentu, Anda harus cakap dalam menangani keluhan pelanggan. 

13. Researcher chef

Research chef adalah pekerjaan yang melibatkan kegiatan penelitian ilmu pangan dengan memasak. Tugas research chef adalah melakukan penelitian untuk membuat resep makanan baru. Selain itu, membuat inovasi dan meneliti metode pengawetan serta memasak yang lebih baik. 

14. Food vlogger

Di era perkembangan media sosial, profesi food vlogger menjadi peluang menjanjikan. Anda bisa memuat konten memasak maupun edukasi seputar kuliner dan gizi. Semakin banyak penonton konten Anda, peluang kerja sama dengan brand atau pelaku usaha semakin besar. 

15. Wine consultant

Tugas konsultan anggur adalah merancang menu wine di restoran dan membantu direktur wine memilih anggur. Wine consultant membantu manajer memilih wine terbaik untuk disajikan pada pelanggan restoran, pusat acara, maupun penginapan. 

Keahlian yang dibutuhkan jurusan tata boga

Tips bagi lulusan jurusan tata boga agar cepat bekerja adalah menguasai beberapa skill penting di bawah ini, yaitu: 

1. Kemampuan memimpin

Posisi manajerial dan kepala chef membutuhkan keahlian memimpin yang baik. Pasalnya, Anda tidak hanya bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri. Melainkan juga memonitori staf lainnya. Mengembangkan keterampilan leadership akan membantu karier dan pekerjaan Anda dalam menghadapi situasi bertekanan tinggi serta tidak terduga.

2. Komunikasi yang kuat

Komunikasi adalah keahlian dasar yang perlu semua orang kuasai. Pekerjaan di bidang tata boga mengharuskan Anda mengembangkan komunikasi yang kuat. 

Terutama untuk posisi kepala koki. Pasalnya, selama bekerja Anda akan mengarahkan, memberikan instruksi, dan masukan staf dapur lainnya. 

Kemampuan komunikasi yang buruk menyebabkan kesalahan pesanan dan konflik. Alhasil, lingkungan kerja jadi tidak produktif.

3. Food safety

Keterampilan food safety adalah kemampuan untuk menjaga makanan dan lingkungan yang aman bagi konsumen maupun karyawan. Pengetahuan tentang keamanan pangan sangat penting bagi kru dapur, demi menjaga kepuasan dan kualitas hidangan. 

4. Persiapan hidangan

Skill persiapan makanan membantu tim dapur mempersiapkan bahan, teknik memasak, rasa, piring, hingga memadukan makanan. 

5. Adaptability

Kemampuan beradaptasi membantu Anda berhasil di lingkungan kerja. Kemampuan ini termasuk bersikap fleksibel, menciptakan solusi yang nyaman di lingkungan yang tertekan, serta berpikir logis. Dengan keahlian ini, seseorang mudah menyesuaikan diri dengan perubahan yang muncul tidak terduga.

Gaji pekerjaan jurusan tata boga

Gaji pekerjaan di bidang tata boga sangat bervariasi, tergantung jenis pekerjaan dan perusahaan. Selain itu, pengalaman kerja seseorang dan upah minimum regional juga ikut memengaruhi. 

Di samping gaji, Anda juga perlu pertimbangkan perusahaan yang memberikan benefit, seperti menyediakan program employee wellness atau employee wellbeing. Tabel di bawah ini bisa jadi referensi dalam menentukan pekerjaan jurusan tata boga. 

PekerjaanEstimasi gaji
Sous chefRp5.000.000-Rp7.000.000
Head chefRp5.000.000-Rp9.000.000
Line cookRp5.000.000-Rp6.000.000
Pastry chefRp6.400.000
Bakery chefRp6.400.000
Manajer restoranRp5.700.000
BaristaRp4.000.000-Rp4.500.000
CatererRp7.000.000
Wine consultantRp5.000.000-Rp6.000.000
Private chefRp11.000.000-Rp12.000.000
Staff pelayananRp2.300.000-Rp3.000.000

Sementara untuk gaji entrepreneurship tergantung usaha yang Anda jalani. Namun, pengusaha yang berasal dari tata boga seringkali meraup keuntungan besar. 

Ternyata prospek kerja jurusan tata boga sangat bervariasi. Anda bisa menentukan spesialisasi sebelum mulai melamar.

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, MyRobin Super App adalah platform yang sangat sesuai untuk Anda dalam menemukan peluang pekerjaan terbaik di Indonesia. Di sana, Anda memiliki kesempatan untuk memilih dan mengajukan lamaran pekerjaan yang Anda inginkan loh. Jadi, tunggu apalagi? Segera unduh MyRobin Super App sekarang juga!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cara Menjadi Telemarketer yang Sukses

Untuk menjadi telemarketer yang sukses, anda harus tahu bagaimana berkomunikasi secara efisien dan efektif dengan klien potensial. Berikut adalah langkah-langkah untuk menjadi telemarketer:

Cepat kerja, banyak untungnya pula!