New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Barista: Pengertian, Tugas, dan Tips Suksesnya

tips menjadi barista yang baik

Barista adalah seorang profesional yang bertugas membuat dan menyajikan minuman seperti kopi, teh, dan minuman spesial lainnya. Mereka bertanggung jawab untuk menerima pesanan dan pembayaran pelanggan. Mereka juga membersihkan dan mensanitasi area kerja, area tempat duduk, dan peralatan/perlengkapan mereka.

Tugas & Tanggung Jawab Barista

Barista juga terkadang membuat snack untuk pelanggan serta melayani pelanggan agar mereka nyaman dan puas. Berikut ini beberapa tanggung jawab seorang barista:

  • Menyambut pelanggan saat mereka masuk
  • Menyediakan menu minuman kepada pelanggan dan menjawab pertanyaan mereka tentang bahan-bahannya
  • Menerima pesanan sambil memperhatikan detail (misalnya preferensi campuran kopi, rasio susu dan gula)

Tugas Barista

  • Sapa pelanggan saat mereka masuk
  • Berikan menu minuman kepada pelanggan dan jawab pertanyaan mereka tentang bahan-bahannya
  • Menerima pesanan sambil memperhatikan detail (misalnya preferensi campuran kopi, rasio susu dan gula)
  • Siapkan minuman berikut resepnya
  • Sajikan minuman dan makanan siap saji, seperti kue kering, kue kering, dan muffin
  • Menerima dan memproses pembayaran (tunai dan kartu kredit)
  • Jaga kebersihan area bar
  • Pertahankan stok mug dan piring bersih
  • Periksa apakah peralatan pembuatan bir beroperasi dengan benar dan laporkan kebutuhan perawatan apa pun
  • Mematuhi peraturan kesehatan dan keselamatan
  • Komunikasikan umpan balik pelanggan kepada manajer dan rekomendasikan item menu baru

Cara Menjadi Barista yang Sukses

Barista yang Sukses
Barista yang Sukses

Menjadi barista sekarang ini memang sedang tren. Tetapi menjadi barista bukan hanya sekadar pelayan pembuat kopi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti di bawah ini:

Menjadi Pendengar yang Baik

Seringkali pelanggan yang datang belum memiliki pilihan dan gambaran tentang minuman yang akan mereka pesan, terlebih jika itu adalah pengalaman pertama masuk ke kedai kopi.

Tugas Anda sebagai barista adalah mendengarkan apa yang menjadi keinginan dan preferensi pelanggan. Dengan begitu Anda dapat menyarankan minuman dan makanan yang tepat sesuai dengan kesukaan mereka.

Akrab Dengan Mesin Kopi

Seorang barista juga dituntut untuk mampu mengoperasikan mesin kopi, baik secara manual maupun digital. Hal ini dikarenakan ada beberapa kedai kopi yang masih menggunakan cara tradisional dalam menghidangkan kopi mereka.

Anda juga harus paham cara merawat mesin kopi. Pemeliharaan serta perawatan mesin kopi adalah tugas Anda. Pastikan Anda membersihkan mesin secara berkala dengan benar agar mesin awet.

Tahu Teknik Pembuatan Kopi

Anda harus paham mengenai cold brew, French press, Vietnam drip dan teknik lainnya. Hal ini tentunya merupakan hal dasar karena Anda adalah seorang barista.

Sekarang ini juga semakin marak kedai kopi yang mengutamakan barista dengan kemampuan Latte Art. Selain karena semakin banyak pengunjung yang memesan, Latte Art juga membuat minuman menjadi menarik.

Mau Terus Belajar

Segala hal tentang kopi juga terus mengalami perkembangan, termasuk cara pembuatan kopi serta variasi kopi. Sebagai seorang barista, Anda dituntut untuk mau terus belajar agar tidak ketinggalan. 

Dengan terus memperkaya diri dan mengetahui tren terkini, Anda bisa membuat menu baru yang pastinya bisa mendatangkan pelanggan. Menu baru bisa diperoleh dari hasil eksperimen sendiri maupun memodifikasi menu yang sudah ada sebelumnya.

Tips Menjadi Barista yang Baik dan Sukses

Agar bisa menjadi barista yang ahli di bidangnya, Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini:

Ikuti Pelatihan

Walaupun sudah menjadi barista, tidak ada salahnya untuk tetap menjalani pelatihan tentang kopi, terutama yang belum Anda kuasai. Sertifikasi semacam ini akan membuat kemampuan Anda dalam meracik kopi semakin baik.

Di pelatihan tersebut, selain ilmu, Anda juga bisa mendapatkan lingkungan baru yang pastinya akan membawa manfaat baru, terutama dalam hal perkopian.

Tampil Rapi dan Harum

Sebagai seseorang yang pertama berhadapan dengan pelanggan, tentu penampilan itu penting. Kesan pertama yang didapat pelanggan tentunya bukan menu di kedai tetapi sapaan Anda kepada mereka. Bahkan bisa jadi mereka datang memang untuk Anda.

Jika ingin menjadi seorang barista yang baik, maka mau tidak mau Anda harus mulai memperhatikan penampilan. Bukan berarti harus memakai pakaian yang mahal dan bermerk terkenal, tetapi yang penting adalah kerapian dan tentu saja wangi.

Gunakan Media Sosial

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini peran media sosial dalam mempromosikan sesuatu sangat dahsyat. Anda juga dapat menggunakan peluang ini untuk mempromosikan diri dan hasil karya Anda.

Unggah momen ketika Anda melayani pembeli hingga mengunggah sajian Latte Art yang Anda buat. Ini juga bisa menjadi portofolio jika nanti Anda akan melamar kerja di tempat baru.

Humoris

Sebagai salah satu posisi yang juga memegang peran sebagai customer service, Anda juga harus memiliki selera humor yang baik. Terkadang pelanggan yang datang ke kedai sedang mengalami keadaan hati yang kurang baik, namun dengan sedikit guyonan segar dari Anda bisa jadi bisa mengembalikan keceriaan mereka.

Sapa dengan senyum ramah, puji keberadaan pelanggan dan sisipkan humor ringan dapat membuat pengalaman pelanggan di kedai kopi Anda menjadi semakin berkesan.

Kualifikasi Barista 

Kualifikasi barista meliputi kombinasi pengetahuan, keterampilan, dan atribut pribadi. Berikut adalah beberapa kualifikasi yang umum diperlukan untuk menjadi seorang barista:

Pengetahuan Tentang Kopi

Sebagai barista, penting untuk memiliki pengetahuan yang baik tentang sejarah kopi, berbagai spesies kopi, proses pengolahan, dan perbedaan dalam profil rasa. Memahami asal-usul kopi dan karakteristik unik dari masing-masing spesies kopi akan membantu Anda dalam memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan dan memberikan rekomendasi yang sesuai.

Keterampilan dalam Pembuatan Kopi

Seorang barista harus menguasai teknik pembuatan kopi yang tepat, termasuk ekstraksi espresso, mengukur takaran yang tepat, membuat foam susu yang baik, dan membuat minuman kopi kreatif seperti latte art. Diperlukan latihan dan pengalaman untuk menghasilkan espresso yang konsisten dan minuman kopi yang berkualitas tinggi.

Kemampuan Komunikasi dan Pelayanan Pelanggan

Barista berinteraksi dengan pelanggan setiap hari, oleh karena itu kemampuan komunikasi yang baik dan pelayanan pelanggan yang ramah sangat penting. Anda harus dapat mendengarkan dengan baik, mengerti preferensi pelanggan, dan memberikan saran atau rekomendasi yang sesuai dengan keinginan mereka. Keterampilan interpersonal yang kuat akan membantu menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan.

Kemampuan Berbahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggris dapat menjadi keunggulan tambahan sebagai barista, terutama jika Anda bekerja di lingkungan yang banyak dikunjungi oleh turis atau pelanggan internasional. Ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan lebih baik dengan pelanggan yang berbicara bahasa Inggris dan mengatasi hambatan bahasa.

Manajemen Kebersihan

Sebagai barista, Anda harus menjaga kebersihan tempat kerja dan peralatan kopi dengan baik. Ini termasuk menjaga kebersihan mesin espresso, membersihkan area kerja, menjaga kebersihan alat-alat, dan menjaga sanitasi yang baik dalam persiapan minuman kopi. Memiliki kesadaran akan kebersihan dan mematuhi standar kebersihan yang ditetapkan adalah kualifikasi penting untuk menjadi seorang barista yang profesional.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Barista 

Sebagai seorang barista, ada beberapa kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki agar dapat sukses dalam pekerjaan. Berikut adalah beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang barista:

Keterampilan Pembuatan Kopi

Seorang barista harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang kuat dalam pembuatan kopi. Ini termasuk kemampuan untuk menguasai teknik ekstraksi espresso, membuat foam susu yang baik, dan mengolah minuman kopi seperti latte atau cappuccino dengan presisi. Memiliki pemahaman yang mendalam tentang berbagai metode penyeduhan kopi juga merupakan keuntungan.

Kepatuhan terhadap Standar

Barista harus mematuhi standar kualitas dan prosedur yang ditetapkan oleh kafe atau perusahaan tempat mereka bekerja. Ini mencakup penggunaan takaran yang tepat, waktu ekstraksi yang konsisten, pengukuran suhu yang akurat, dan menjaga kebersihan dan sanitasi yang tinggi. Kepatuhan terhadap standar ini penting untuk menciptakan minuman kopi yang konsisten dan berkualitas tinggi.

Kemampuan Komunikasi dan Pelayanan Pelanggan

Seorang barista harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat berinteraksi dengan pelanggan dengan ramah dan profesional. Mereka harus bisa mendengarkan kebutuhan dan preferensi pelanggan, memberikan rekomendasi yang sesuai, dan menjawab pertanyaan dengan jelas. Kemampuan pelayanan pelanggan yang baik akan membantu menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan.

Keterampilan Multitasking

Di lingkungan kerja yang sibuk, seorang barista perlu mampu melakukan beberapa tugas sekaligus. Mereka harus dapat mengelola pesanan pelanggan, membuat minuman kopi dengan cepat dan tepat, dan menjaga aliran kerja yang lancar di area kerja mereka. Kemampuan multitasking yang baik akan membantu mengatasi tekanan dan menjaga efisiensi dalam pekerjaan.

Pengetahuan Tentang Kopi

Selain keterampilan dalam pembuatan kopi, seorang barista harus memiliki pengetahuan yang baik tentang kopi itu sendiri. Ini mencakup pemahaman tentang berbagai spesies kopi, metode pengolahan, profil rasa, dan asal-usul kopi. Pengetahuan ini memungkinkan barista untuk memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan dan menjelaskan karakteristik dan pilihan kopi yang tersedia.

Manajemen Waktu

Efisiensi waktu adalah kunci dalam pekerjaan barista yang sibuk. Barista harus mampu mengatur waktu dengan baik, mengutamakan tugas-tugas yang penting, dan mengatasi antrian pesanan dengan efisien. Kemampuan manajemen waktu yang baik akan membantu menjaga aliran kerja yang lancar dan mencegah pelanggan menunggu terlalu lama.

Ketekunan dan Semangat Belajar

Dunia kopi terus berkembang, dan barista harus memiliki semangat belajar yang tinggi dan kemauan untuk terus meningkatkan keterampilan mereka. Mereka harus terbuka terhadap pengetahuan baru, mengikuti perkembangan tren terbaru, dan mencoba metode atau teknik baru dalam pembuatan kopi. Kemauan untuk terus belajar dan beradaptasi akan membantu barista tetap relevan dan mampu memberikan pengalaman yang terbaik kepada pelanggan.

Kreativitas

Barista yang kreatif dapat memberikan pengalaman yang unik kepada pelanggan. Mereka dapat menciptakan minuman kopi kreatif, menguasai seni latte, atau menggabungkan bahan-bahan baru dalam pembuatan kopi. Kreativitas dapat membedakan barista dari yang lain dan meningkatkan daya tarik kafe tempat mereka bekerja.

Kemampuan Menghadapi Tekanan

Pekerjaan barista dapat menjadi sangat sibuk dan menuntut, terutama pada jam-jam sibuk. Barista harus dapat menghadapi tekanan dengan baik, tetap tenang, dan bekerja efisien dalam situasi yang padat. Kemampuan untuk tetap tenang di bawah tekanan akan membantu menjaga kualitas dan konsistensi dalam pembuatan kopi.

Meningkatkan Skill Barista

Meningkatkan keterampilan sebagai barista adalah suatu proses yang berkelanjutan. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan keterampilan Anda sebagai barista:

Perbanyak Jam Terbang

Praktik adalah kunci untuk meningkatkan keterampilan apa pun. Carilah kesempatan untuk bekerja lebih banyak di kafe atau tempat latihan untuk meningkatkan jam terbang Anda. Semakin banyak Anda membuat kopi, semakin terampil Anda akan menjadi.

Menanamkan Prinsip Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya

Prioritaskan kepuasan pelanggan dalam setiap interaksi. Pelajari preferensi mereka, dengarkan umpan balik, dan berusaha memberikan pengalaman yang luar biasa. Memiliki sikap yang ramah, sabar, dan empati akan membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Tanyakan Pendapat Konsumen

Jangan ragu untuk meminta pendapat dan saran dari pelanggan tentang minuman yang Anda sajikan. Mereka dapat memberikan wawasan berharga tentang rasa, presentasi, atau variasi menu yang dapat Anda perbaiki. Terbuka terhadap umpan balik dan berusaha untuk terus belajar dan berkembang.

Menemukan Gairah sebagai Pemantik Semangat

Temukan apa yang membuat Anda bersemangat tentang kopi dan jadikan itu sebagai sumber motivasi. Apakah itu tentang pengetahuan kopi yang mendalam, seni latte, atau interaksi dengan pelanggan, fokus pada aspek yang Anda sukai dan biarkan itu memacu semangat Anda untuk terus meningkat.

Teliti dalam Meracik Kopi

Perhatikan detail dalam setiap tahap persiapan kopi, termasuk pemilihan biji kopi, penggilingan yang tepat, dosis yang konsisten, ekstraksi yang baik, dan penanganan susu dengan hati-hati. Latihan dan perhatian terhadap detail akan membantu Anda mencapai hasil yang lebih konsisten dan berkualitas.

Miliki Konsistensi

Konsistensi dalam menyajikan kopi adalah kualitas yang sangat dihargai. Pastikan Anda mengikuti prosedur yang sama setiap kali, mengukur takaran yang konsisten, mempertahankan suhu yang tepat, dan mencapai hasil yang serupa dari satu cangkir ke cangkir berikutnya. Ini akan membantu menciptakan citra profesional dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Banyak Membaca dan Bercengkrama

Tingkatkan pengetahuan Anda tentang kopi dengan membaca buku, artikel, blog, atau ikuti kursus terkait kopi. Juga, manfaatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan barista berpengalaman atau bergabung dalam komunitas kopi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Jenjang Karir Barista

Sebagai seorang barista, ada beberapa jenjang karir yang dapat Anda pertimbangkan. Berikut ini adalah beberapa jenjang karir umum dalam industri barista:

Barista Pemula

Pada tahap awal, Anda akan memulai karir sebagai barista pemula. Di sini, Anda akan belajar dasar-dasar membuat kopi, mengenal alat-alat kopi, dan menerima pelatihan dalam membuat berbagai jenis minuman kopi. Anda akan bertanggung jawab untuk mengoperasikan mesin kopi, menggiling biji kopi, menyiapkan minuman, dan memberikan pelayanan pelanggan yang baik.

Barista Berpengalaman

Setelah beberapa waktu bekerja sebagai barista pemula, Anda dapat naik ke jenjang barista berpengalaman. Pada tingkat ini, Anda akan memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang kopi dan teknik pembuatan minuman kopi. Anda akan dapat menguasai latte art, mengelola stok bahan kopi, dan mengelola mesin kopi dengan efisien. Anda juga dapat menjadi pemimpin tim dalam mengarahkan barista pemula dan memastikan operasional kafe berjalan lancar.

Manajer Kafe

Jika Anda memiliki minat dan keterampilan kepemimpinan yang kuat, Anda dapat mempertimbangkan menjadi manajer kafe. Sebagai seorang manajer, Anda akan memiliki tanggung jawab lebih luas dalam mengelola operasional harian kafe. Ini meliputi mengatur jadwal kerja karyawan, mengelola inventaris bahan kopi dan peralatan, mengembangkan strategi pemasaran, dan memastikan kualitas pelayanan pelanggan yang baik. Anda juga akan terlibat dalam mengambil keputusan bisnis dan melakukan perencanaan keuangan.

Pemilik Kafe

Jika Anda memiliki keinginan untuk menjadi pengusaha, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuka cafe sendiri. Ini akan melibatkan proses yang lebih kompleks, termasuk merencanakan konsep kafe, mencari lokasi yang tepat, mengatur peralatan, merekrut dan mengelola karyawan, mengelola inventaris, memasarkan kafe, dan mengelola aspek keuangan dan operasional lainnya. Menjadi pemilik kafe akan memberikan Anda kebebasan untuk mengembangkan bisnis Anda sendiri dan mengungkapkan kreativitas dalam industri kopi.

Alat yang Umum Digunakan oleh Barista 

Berikut adalah beberapa alat yang umum digunakan oleh barista dalam industri kopi:

Mesin Espresso

Mesin espresso adalah alat utama yang digunakan untuk mengekstraksi kopi dengan tekanan tinggi. Mesin ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan espresso yang kental dan beraroma.

Penggiling Biji Kopi

Penggiling biji kopi digunakan untuk menggiling biji kopi menjadi bubuk halus sesuai dengan kebutuhan. Ini memastikan keseragaman dan tingkat kesegaran kopi yang digunakan dalam proses ekstraksi.

Tamper

Tamper digunakan untuk meratakan dan mengompres bubuk kopi yang ada di dalam portafilter mesin espresso. Ini membantu menciptakan ekstraksi yang merata dan konsisten.

Portafilter

Portafilter adalah wadah yang digunakan untuk menampung bubuk kopi yang telah dipadatkan dengan tamper. Portafilter terhubung ke mesin espresso dan menjadi tempat proses ekstraksi espresso terjadi.

Steaming Pitcher

Steaming pitcher atau jug adalah wadah yang digunakan untuk mengukur dan mengolah susu. Ini digunakan untuk membuat busa susu untuk minuman seperti cappuccino dan latte.

Termometer

Termometer digunakan untuk mengukur suhu air dan suhu dalam proses ekstraksi espresso. Suhu yang tepat dapat mempengaruhi rasa dan kualitas minuman kopi.

Teko Air Panas

Teko air panas digunakan untuk menyediakan air panas dengan suhu yang tepat untuk menyeduh kopi pada metode seperti pour-over, aeropress, atau syphon.

Saringan atau Filter

Saringan atau filter kopi digunakan dalam metode penyeduhan seperti pour-over, french press, atau aeropress. Mereka membantu menyaring biji kopi dan mencegah partikel yang kasar masuk ke dalam minuman.

Termos

Termos digunakan untuk menyimpan kopi yang sudah diseduh agar tetap hangat dan segar saat disajikan kepada pelanggan.

Sendok Pengaduk

Sendok pengaduk digunakan untuk mencampurkan bahan seperti gula atau sirup dalam minuman kopi.

Sikat Pembersih

Sikat pembersih digunakan untuk membersihkan sisa-sisa bubuk kopi atau kerak di mesin espresso atau grinder.

Timer

Timer digunakan untuk mengontrol waktu ekstraksi dan penyeduhan yang tepat.

Gaji Barista 

Berdasarkan gaji barista di Starbucks, gaji barista terbagi menjadi dua bagian, gaji barista full time dan gaji barista part time. Menurut berbagai sumber, gaji seorang barista penuh waktu sekitar Rp 4.000.000 – 4.500.000 menurut UMK (Urban Minimum Upah) setempat.

Angka ini sendiri tidak termasuk intensif. Pada saat yang sama, barista paruh waktu dibayar dengan gaji Rp 1.500.000 hingga 2.000.000 tergantung jam kerja. Untuk barista paruh waktu, maka dihitung 4 jam kerja atau 8 jam kerja.

Seorang barista bisa dikatakan adalah tonggak terdepan dari sebuah kedai kopi. Barista yang handal akan mampu menghasilkan minuman yang pastinya akan disukai pelanggan. Jika Anda berkeinginan menjadi seorang pelanggan, maka tidak ada salahnya jika Anda mulai mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!

id_IDID