Perkembangan digital marketing saat ini memang begitu pesat, terutama social media marketing. Sebab, sosial media merupakan salah satu tempat yang sangat efektif untuk memasarkan suatu produk atau jasa. Sehingga hal ini pun juga membuka kesempatan kerja baru bagi banyak orang. Apalagi untuk berkarir di bidang ini tidak harus memiliki latar belakang tertentu. Nah, apa saja sih prospek karir dari social media marketing yang bisa kamu coba? Yuk, simak infonya di sini!
Apa Itu Social Media Marketing?
Social media marketing merupakan cara pemasaran suatu produk atau jasa melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok secara organik maupun berbayar. Dengan metode marketing seperti ini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan, mendapatkan feedback dari mereka, serta membangun komunitas pelanggan.
Sosial media bisa dibilang menjadi tempat yang paling ampuh untuk menarik perhatian orang terhadap suatu brand atau produk. Melalui konten-konten yang kamu sajikan secara konsisten maka akan mampu meningkatkan brand awareness maupun user engagement.
Strategi yang sering dilakukan oleh seseorang untuk memasarkan produk di media sosial yaitu mulai dari mempelajari selera audiens, menentukan platform yang akan digunakan, membuat konten yang menarik, memposting konten sesuai jadwal hingga melakukan evaluasi.
Fungsi Social Media Marketing
Social media marketing mempunyai banyak manfaat serta fungsi bagi bisnis maupun perusahaan. Dengan besarnya antusiasme orang di media sosial, maka melakukan pemasaran di platform ini dapat memberikan keuntungan tersendiri. Berikut adalah beberapa fungsi dari social media marketing:
1. Meningkatkan brand awareness
Banyak pengguna sosial media mampu memberikan peluang kepada brand untuk memperkenalkan produk atau jasanya kepada publik. Dengan konten atau iklan yang menarik, maka produk akan mudah dikenali dan diingat oleh pengguna sosial media. Bentuk ketertarikan mereka bisa melalui likes, views, comments, maupun tag.
2. Membangun hubungan dengan pelanggan
Komunikasi yang terjalin di media sosial secara tidak langsung akan menciptakan hubungan dan interaksi dengan pelanggan. Bentuk komunikasi ini bisa kamu dapatkan jika kamu sering memberikan pertanyaan kepada audiens, membalas komentar mereka, atau menyelesaikan keluhan yang mereka alami. Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih tahu apa yang mereka inginkan dan mendapatkan kepercayaan dari mereka.
3. Mengetahui prospek keberhasilan iklan
Dengan mengetahui performa dari hasil kerja memang dapat membuat kita menjadi lebih memahami apa yang harus dilakukan kedepannya. Dalam social media marketing kamu dapat menganalisis keberhasilan konten atau iklan yang kamu buat melalui tools seperti Instagram Insight, Facebook Analytic, dan Twitter Analytic.
4. Mempelajari kompetitor
Melalui social media marketing kamu bisa mengetahui serta mempelajari strategi hingga inovasi produk yang mereka keluarkan. Kamu bisa menjadikan strategi tersebut sebagai referensi atau bahan pembelajaran untuk mengembangkan bisnis yang kamu kelola.
Prospek Karir Bidang Social Media Marketing
Untuk melakukan social media marketing tentu banyak yang harus dipersiapkan. Mulai dari analisis target pasar, membuat konten, bekerja sama dengan influencer, dan lain sebagainya. Maka dari itu, dibutuhkan banyak ahli untuk melakukan hal ini. Berikut adalah beberapa prospek atau jenjang karir dari social media marketing yang bisa kamu coba:
1. Social Media Specialist
Social media specialist adalah seseorang yang mempunyai tugas untuk membuat serta membagikan konten digital yang menarik dan kreatif di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.
Selain itu, social media specialist juga harus mampu membangun audiens, brand awareness, serta mendapatkan leads melalui konten yang dibuat. Biasanya profesi ini tidak akan bekerja sendiri, social media specialist akan berkolaborasi dengan tim digital marketing lainnya seperti digital marketing strategist, copywriter, maupun graphic designer. Tujuannya adalah untuk menentukan strategi pemasaran media sosial yang tepat dalam meningkatkan brand awareness maupun engagement audiens.
Beberapa tugas dan tanggung jawab seorang social media specialist yaitu:
- Membuat perencanaan dan kalender editorial media sosial.
- Menciptakan konten yang menarik dan mempunyai value di semua platform social media.
- Mengelola postingan media sosial dengan volume tinggi.
- Berinteraksi dengan para followers di media sosial melalui direct message atau kolom komentar.
- Mendistribusikan konten ke berbagai platform.
- Berkoordinasi dengan divisi lain mengenai pengumuman atau promosi produk.
- Menganalisis data dan membuat laporan performa media sosial.
- Bekerja sama dengan copywriter dan graphic designer mengenai konten.
Skill yang harus kamu miliki untuk menjadi social media specialist yaitu:
- Menguasai berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Youtube, dan TikTok.
- Mempunyai keterampilan copywriting.
- Riset dan analisis data.
- Customer-centric.
- Mampu mengoperasikan tools analitik sosial media seperti FB Creator Studio dan Tweetdeck.
- Memahami atau berpengalaman dalam channel marketing seperti SEO, social media ads, dan lain sebagainya.
- Komunikatif secara lisan maupun tulisan.
Untuk gaji seorang social media specialist bisa dibilang cukup besar. Dilansir dari laman Indeed, rata-rata gaji pokok social media specialist di Indonesia adalah Rp 4.715.197 per bulannya. Gaji tertinggi posisi ini bisa kamu dapatkan di kota Jakarta dengan gaji sebesar Rp 5.526.210 per bulan.
Selain itu, perusahaan yang memberikan gaji paling besar dibandingkan yang lain adalah Gojek dengan range gaji sebesar Rp 15.000.000 – Rp 16.000.000 per bulan, disusul dengan Traveloka sebesar Rp 10.000.000 – Rp 11.000.000 per bulan.
2. Copywriter
Copywriter adalah seseorang yang ahli merangkai kata untuk mempromosikan produk atau jasa suatu brand. Profesi ini bisa dibilang menawarkan produk lewat tulisan atau caption promosi. Copywriter harus mampu membujuk pembaca untuk melakukan suatu aksi sesuai dengan tujuan pemasaran seperti membeli produk, berlangganan, membuat akun, atau mendaftar komunitas.
Hasil tulisan seorang copywriter harus singkat, persuasif, menarik, serta unik. Sebab, biasanya copywriter akan menulis untuk caption, slogan, hingga script iklan. Maka dari itu, perlu dibuat tulisan yang singkat namun langsung dapat dipahami oleh audiens dalam waktu 3 detik saja.
Copywriter ini akan sering bekerja sama dengan graphic designer mengenai desain atau visual konten yang dibuat. Terkadang copywriter juga terlibat dalam perencanaan ide dan konsep konten yang akan dibuat. Maka dari itu, seorang copywriter juga harus memahami tren dan kebutuhan konsumen untuk membuat tulisan yang relevan.
Copywriter sendiri terbagi menjadi beberapa jenis tergantung dari pekerjaan yang dilakukannya seperti marketing copywriter yang membuat tulisan mengenai informasi produk untuk meningkatkan awareness. Kemudian juga ada brand copywriter yang sering menulis slogan atau tagline untuk membangun citra dan identitas brand. Namun, pada bidang social media marketing sendiri lebih mengutamakan posisi social media copywriter untuk membantu memasarkan produk melalui tulisan di sosial media.
Berikut adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang copywriter:
- Menulis materi iklan dan pemasaran di berbagai platform
- Membuat copy yang menarik
- Mengembangkan ide dan konsep konten
- Berkolaborasi dengan graphic designer, social media specialist, product marketer, dan lainnya
- Melakukan riset terhadap produk
Beberapa skill yang harus kamu kuasai untuk bisa menjadi seorang copywriter:
- Memahami format atau konsep penulisan copywriting seperti AIDA, ABT, PAS, dan semacamnya
- Mampu menulis kreatif
- Memahami buyer persona
- Memahami berbagai platform iklan seperti social media ads, google ads, dan lainnya.
- Riset dan analisis
Untuk rata-rata gaji seorang copywriter menurut Indeed bisa mencapai Rp 3.591.457 per bulannya. Di kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta gaji copywriter lebih tinggi yakni Rp 4.606.025 per bulan. Nominal ini biasanya untuk entry atau junior level, untuk posisi yang lebih tinggi berdasarkan laman CakeResume bisa mencapai Rp 15.000.000 per bulan.
3. Community Manager
Prospek karir di bidang social media marketing yang bisa kamu coba adalah community manager. Profesi ini bisa disebut sebagai penghubung antara perusahaan dan audiensnya. Community manager akan menggunakan community support, distribusi konten, dan engagement digital untuk membantunya dalam membangun kepercayaan serta hubungan dengan pelanggan terhadap brand.
Jadi, community manager ini merupakan jembatan penghubung antara perusahaan dengan orang-orang yang menjadi target pasar maupun pelanggan tetap perusahaan. Community manager memanfaatkan berbagai platform sosial media untuk berinteraksi dengan para audiens dan membentuk komunitas atau grup pelanggan.
Di bawah ini adalah peran dari seorang community manager dalam perusahaan:
- Membangun hubungan dengan customer maupun calon customer.
- Mencari saran dan feedback dari pelanggan melalui obrolan, pesan, atau interaksi.
- Mempelajari informasi mengenai pelanggan, kebiasaan, karakteristik, ekspektasi, serta kebutuhannya.
- Meningkatkan interaksi customer, konversi, dan penjualan melalui komunitas yang dibangun.
- Menyampaikan brand value dan memberikan solusi kepada audiens.
Untuk bisa menjadi seorang community manager yang profesional ada beberapa skill yang kuasai, yakni:
- Mampu berkomunikasi dengan orang banyak
- Kemampuan menilai atau judgement
- Analisis audiens
- Pengetahuan seputar brand dan produk perusahaan
- Multitasking
Jika kamu bertanya berapa gaji community manager di Indonesia, maka jawabannya adalah sekitar Rp 6.506.874 per bulan. Sedangkan menurut Indeed, rata-rata gaji seorang community manager bisa mencapai Rp 9.238.887 per bulan. Jumlah ini cukup besar melihat posisinya sebagai manager di perusahaan. Akan tetapi jika untuk level associate atau junior gaji yang diperoleh sebesar Rp 47.571.543 per tahun atau sekitar Rp 3.964.295 per bulannya.
4. Public Relation Specialist
Public relation specialist adalah seseorang yang bertugas untuk meningkatkan reputasi serta branding perusahaan melalui pemberitaan, kerjasama dengan pihak luar, maupun event perusahaan. Dengan upaya tersebut, public relation specialist dapat menarik target market baru serta menambah lead generation untuk jangka panjang maupun pendek.
Selain itu, ketika perusahaan mengalami masalah public relation specialist akan membantu untuk menyelesaikannya dengan melakukan diskusi internal. Profesi ini akan membantu menengahi permasalahan yang dialami oleh perusahaan untuk meningkatkan kredibilitas.
Berikut merupakan beberapa pekerjaan yang sering dilakukan oleh seorang public relation specialist:
- Merencanakan publikasi untuk siaran pers atau pengumuman tertentu.
- Mengadakan event dan promosi baik secara online maupun offline.
- Melakukan analisis media sebagai sarana untuk menyampaikan informasi.
- Membantu menjaga citra dan identitas perusahaan.
- Mengevaluasi opini publik melalui sosial media.
- Meningkatkan visibilitas dan pengaruh perusahaan terhadap publik, investor, karyawan, serta afiliasi bisnis dengan menggunakan sosial media.
- Menganalisis sentimen perusahaan dan menerjemahkannya menjadi komunikasi strategis yang menguntungkan.
Sebelum berkarir menjadi public relation specialist, kamu harus mempersiapkan berbagai skill seperti berikut:
- Komunikasi
- Pemahaman isu terkini
- Membangun dan membina relasi
- Manajemen waktu
- Kemampuan menulis dan editing
Untuk gaji seorang public relation specialist, kamu bisa mendapatkannya sebesar Rp 54.208.336 per tahun atau setara Rp 4.517.361 per bulan. Sedangkan untuk kelas manager, kamu bisa memperoleh gaji sebesar Rp 17.192.212 per bulannya.
5. Performance Marketer
Performance marketer merupakan sebuah profesi yang membantu merencanakan serta menerapkan kampanye iklan berbayar untuk perusahaan. Jenis pemasaran yang digunakan pun bermacam-macam seperti affiliate marketing, native marketing, konten social media ads, social media marketing, dan Search Engine Marketing (SEM). namun, biasanya perusahaan hanya akan menggunakan satu jenis pemasaran saja.
Untuk bidang social media marketing, profesi ini akan menggunakan platform social media untuk menjangkau audiens dan meningkatkan brand awareness. Metrik yang diukur berupa engagement like, follow, klik, dan penjualan. Selain itu, target kampanye yang paling umum digunakan oleh performance marketer adalah cost per sales, cost per leads, cost per click, dan cost per x.
Beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh performance marketer adalah sebagai berikut:
- Mengoptimasi hasil dari metrik yang digunakan.
- Mengembangkan strategi marketing di channel berbayar seperti social media ads.
- Mendorong pasar untuk mencapai Return on Advertising Spend (ROAS) dan KPI.
- Melakukan scale-up atau A/B Testing untuk optimasi kampanye.
- Bertanggung jawab atas kinerja performance marketing secara end-to-end.
- Melakukan pengujian dan pengoptimalan ROI.
- Menganalisis performa dan mengambil keputusan berdasarkan data
Berikut adalah skill yang harus kamu miliki untuk menjadi seorang performance marketer:
- Kemampuan analisis
- Kemampuan decision making
- Kolaborasi
- Berpikir strategis
- Keahlian tools seperti Social animal, HubSpot, GetSocial, hingga BuzzSumo
- Komunikasi verbal dan tulis
Untuk rata-rata gaji seorang performance marketer menurut glassdoor yaitu Rp 6.069.583 per bulan. Beberapa perusahaan besar di Indonesia menawarkan gaji yang sangat tinggi yakni Happy Fresh dengan gaji sebesar Rp 15.000.000 – Rp 16.000.000 per bulan untuk posisi performance marketing specialist, Gojek dengan gaji sebesar Rp 14.000.000 – Rp 16.000.000 per bulan untuk posisi yang sama, dan yang terakhir Ruangguru untuk posisi performance marketer dengan gaji mencapai Rp 14.000.000 – Rp 15.000.000 per bulannya.
6. KOL Specialist
Profesi ini bisa dibilang sedang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Sebab, saat ini banyak konsumen yang melihat review KOL sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Maka dari itulah, perusahaan mulai mengembangkan pemasarannya dengan bekerja sama melalui Key Opinion Leader (KOL) dan membutuhkan seseorang yang dapat menangani hal ini.
KOL specialist merupakan seseorang yang bertugas untuk mengelola kinerja para KOL mulai dari mencari influencer yang tepat, mengatur hasil marketing campaign yang harus dicapai KOL, hingga penawaran gaji.
KOL specialist harus mampu menyampaikan brief dan konsep konten yang akan dikerjakan oleh KOL dengan jelas. Tujuannya agar kinerja kampanye dapat berjalan sesuai dengan perjanjian.
Berikut ini adalah daftar tanggung jawab yang harus dilakukan oleh KOL specialist:
- Menciptakan hubungan yang baik dengan media, KOL, dan manajemen pihak ketiga untuk berkolaborasi bersama dalam kampanye.
- Mengidentifikasi KOL di berbagai platform sosial media untuk membangun brand experience yang kuat.
- Mengevaluasi dan memantau kinerja KOL.
- Melakukan negosiasi budget untuk jasa KOL dengan tepat dan menguntungkan kedua belah pihak.
- Berkoordinasi dengan KOL mengenai persyaratan, timeline serta hasil kerjanya.
Beberapa skill yang akan kamu butuhkan untuk menjadi KOL specialist adalah sebagai berikut:
- Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan
- Public speaking dan presentasi
- Problem solving
- Kerjasama dan kolaborassi
- Riset dan analisis
- Kemampuan negosiasi
- Keterampilan interpersonal yang baik
Untuk gaji seorang KOL specialist berdasarkan laman karir.com bisa mencapai >Rp 5.000.000 per bulan untuk pengalaman kerja minimal satu tahun. Kamu bisa mendapatkan gaji lebih dari jumlah tersebut jika sudah mendapatkan posisi yang lebih tinggi,
Nah, itulah beberapa prospek karir di bidang social media marketing yang perlu kamu tahu jika tertarik untuk bekerja di sini. Kamu bisa memilih sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Kamu juga bisa lebih mengembangkan kemampuan tersebut dengan mengikuti berbagai course atau pelatihan online.
Bingung mencari lowongan pekerjaan yang cocok untuk kamu? Tenang aja, langsung kunjungi aja app.myrobin.id dan temukan pekerjaan impianmu di sini!