Metode SMART Goal: Pengertian dan Contohnya untuk Mencapai Tujuan Karier

SMART Goal

Setiap orang pasti memiliki impian dan untuk mewujudkannya ada berbagai cara yang bisa Anda tempuh, salah satunya dengan metode SMART Goal. 

SMART Goal merupakan akronim dari specific, measurable, achievable, relevant, dan time bound. Metode ini umum digunakan untuk menetapkan rencana karier ataupun bisnis agar berhasil mencapai targetnya.  

Dalam membuat SMART goal setting, Anda patut mengikuti beberapa hal agar rencana tidak bias. Simak langkah-langkah menyusun perencanaannya di sini.

Mengenal tentang SMART Goal

SMART Goal adalah kerangka kerja untuk menetapkan tujuan atau bisa dikatakan sebagai panduan yang akan memudahkan seseorang mencapai target, tujuan, dan impiannya. 

Metode SMART menggabungkan beberapa aspek penting dalam mencapai sebuah target yaitu harus spesifik, terukur (measurable), achievable (bisa dicapai), relevan, dan time based (ada tenggat waktu). 

Melalui perencanaan tujuan dengan mengadopsi elemen-elemen di atas, seseorang lebih mungkin mencapai impiannya daripada yang tidak membuat goal setting. 

Tambahan lagi dari Indeed, framework ini bisa Anda kembangkan untuk mencapai tujuan yang realistis, menghindari penetapan tujuan yang tidak jelas, dan tidak tepat waktu. 

Penetapan tujuan karier maupun bisnis yang tidak realistis berisiko menyebabkan stress atau demotivasi, sehingga kesulitan menggapai impian. 

Metode SMART Goal 

SMART goal adalah metode untuk menyusun tujuan dan roadmap karier maupun bisnis sehingga lebih mudah Anda capai tepat waktu. 

Seseorang yang tidak memiliki perencanaan yang baik, cenderung gampang terdistraksi dan kehilangan motivasi dalam menggapai tujuan. 

Oleh sebab itu, SMART goal ini merupakan strategi efektif yang dapat Anda coba dalam menentukan rencana yang spesifik, dapat dilacak, dan membantu memfokuskan sumber daya demi mencapai tujuan tersebut.

Secara umum metode SMART terbagi menjadi 5 aspek yaitu 

  • Specific artinya tujuan didefinisikan dengan jelas dan tidak ambigu.
  • Measurable alias terukur. Artinya harus ada tolok ukur untuk melihat progres atau kemajuan rencana. 
  • Achievable buatlah tujuan atau target yang bisa Anda capai sesuai kapasitas diri. 
  • Relevan: apakah target sudah sesuai dengan tujuan karier dan masa depan Anda? 
  • Time base yakni tenggat waktu, kapan Anda ingin mencapai tersebut sebulan atau 6 bulan lagi? 

Penjelasan lebih lengkap mengenai masing-masing aspek dan contohnya bisa Anda perhatikan di bawah ini. 

1. Specific

Salah satu komponen SMART Goal adalah spesifik. Cobalah menetapkan tujuan atau rencana karier jangka panjang yang jelas, tidak ambigu, dan bisa jadi fokus utama. 

Sebagai contoh tujuan yang jelas yaitu “Saya ingin mendapatkan keanggotaan dari komunitas menulis di lingkungan tempat tinggal dan rutin mengirimkan artikel 2 hari sekali, agar meningkatkan kemampuan menulis sehingga bisa menjadi penulis konten yang baik.” 

Berdasarkan Corporate Finance Institute, dalam menentukan tujuan spesifik Anda bisa jawab beberapa pertanyaan meliputi:

  • Siapa yang terlibat dalam tujuan ini?
  • Apa yang ingin Anda capai?
  • Di mana tujuan ingin Anda capai?
  • Kapan Anda ingin mencapai tujuan ini?
  • Mengapa Anda ingin mencapai tujuan tersebut? 

2. Measurable

Salah satu cara memotivasi diri dalam mencapai target adalah menentukan kriteria untuk mengukur dan melacak sejauh mana kemajuan Anda.

Tujuan yang terukur membantu Anda tetap pada rencana dan tidak mudah teralihkan. Misalnya menentukan indikator apa yang jadi penentu Anda disebut berhasil atau gagal. 

Sebagai contoh apabila Anda ingin menguasai bahasa asing mandarin dan Inggris. Maka Anda bisa mengukur kemajuan melalui penyelesaian ujian dan tes yang berhasil.

Begitu pula jika ingin menjadi UX writer di perusahaan rintisan, maka Anda bisa mengukur sudah berapa banyak lamaran yang Anda kirim sejak tujuan pertama kali dibuat. 

3. Achievable

SMART merupakan panduan dan kerangka kerja dalam membantu Anda mencapai target karier, pendidikan, bisnis, maupun project tim. 

Bagaimana mencapai tujuan kalau ternyata goals tersebut tidak dapat Anda capai? Bisa karena kurangnya fasilitas atau tidak adanya sumber daya yang memadai? 

Salah satu komponen di dalam SMART Goal adalah achievable. Tujuan yang telah Anda tetapkan harus realistis dan memiliki kemungkinan untuk dicapai, sehingga Anda bisa menemukan cara untuk mewujudkan goals tersebut. 

Sebagai contoh ingin menjadi digital marketing manager, maka cari tahu apa saja persyaratan yang diperlukan dan kapan Anda ingin mewujudkan tujuan. 

Alternatif membuat tujuan yang dapat Anda capai yaitu dengan menjawab pertanyaan seperti:

  • Apakah Anda memiliki kemampuan untuk mencapai target?
  • Apakah Anda memiliki sumber daya yang dibutuhkan?
  • Apakah ada yang pernah berhasil mencapai tujuan tersebut? 

4. Relevan

Metode dalam SMART goal setting berikutnya adalah relevan, tetapi ada pula yang menyebutnya realistis. 

Target yang Anda buat harus realistis atau relevan dengan kebutuhan masa depan Anda. 

Contohnya yaitu “Untuk menggapai tujuan sebagai manajer pemasaran digital, saya akan mengikuti pelatihan khusus yang relevan dengan posisi ini, sehingga saya dapat melamar ke dua posisi terbuka untuk digital marketing manager di perusahaan rintisan.”

Memastikan tujuan yang relevan berguna untuk menghindari kehabisan waktu dalam menyelesaikan tujuan yang sebenarnya tidak dibutuhkan bagi kemajuan Anda. 

5. Time base

Cara cepat mencapai tujuan adalah menetapkan tenggat waktu. Misalkan, ingin jadi editor penulis konten, maka tentukanlah kapan Anda ingin mewujudkannya. 

Apakah 6 bulan lagi atau tahun depan. Sebaiknya, tuliskan waktu yang spesifik yaitu bulan atau bahkan hari terakhir Anda merealisasikan target tersebut. 

Dengan adanya tenggat waktu, dapat memaksimalkan dan memotivasi Anda untuk tetap bertahan dan fokus demi mencapai impian.

Tujuan SMART Goal 

Metode SMART Goal pertama kali muncul pada 1918 oleh George T Doran dan sudah dipakai lebih dari banyak orang untuk membantu merealisasikan tujuan mereka.

Selain untuk kebutuhan personal seperti karier dan tujuan pendidikan. Konsep perencanaan SMART turut berguna bagi pengembangan bisnis dan tim dalam sebuah proyek. 

Menurut berbagai sumber, metode menggunakan perencanan ini memiliki sejumlah manfaat antara lain: 

1. Perencanaan jadi lebih jelas dan terarah

SMART Goal memberikan petunjuk bagi seseorang untuk tetap berada di jalur dan fokus pada tujuan agar memberikan hasil yang Anda inginkan. 

Ketika Anda tidak mengetahui dengan jelas tujuan yang ingin dicapai, Anda cenderung kesulitan  memulai dari mana dan menentukan langkah selanjutnya, sehingga menghabiskan waktu yang Anda punya. 

Sementara dengan adanya perencanaan dengan SMART ini, tujuan jadi lebih jelas, bisa diukur, dan Anda pun dapat memaksimalkan waktu serta sumber daya untuk merealisasikan target. 

2. Memotivasi Anda mencapai target

Tidak dapat dimungkiri kalau tujuan yang jelas mampu memotivasi seseorang bekerja lebih giat. Contohnya ketika perusahaan sedang mempromosikan posisi sebagai product manager. 

Tentunya, jika ingin mendapatkan posisi itu, Anda perlu berusaha mencari tahu bagaimana cara untuk mencapai target dan berapa lama durasinya. 

Walaupun ada halangan dalam proses mencapainya, tetapi Anda tetap termotivasi karena tujuannya jelas, terukur, dan memang bisa diwujudkan. 

3. Mencapai tujuan tepat waktu

Target ataupun tujuan semakin sulit dan lama tercapai kalau Anda tidak memiliki tenggat waktu yang pasti. 

Adanya deadline membuat seseorang makin tertantang untuk melakukan segala hal dan tetap fokus, agar impian berhasil direalisasikan tepat waktu.

Sisi positif dari deadline yaitu Anda jarang terdistraksi oleh kesenangan semata dan selalu ingat bahwa jika menunda satu langkah saja bisa berpengaruh pada tujuan. 

4. Mengevaluasi dan melakukan perbaikan

Adanya tolok ukur berguna untuk mengevaluasi tujuan dan langkah-langkah yang sudah dibuat dan Anda jalankan. Apakah langkah untuk mewujudkan tujuan tersebut sudah sesuai atau perlu ditingkatkan lagi 

Pentingnya SMART Goal untuk mencapai tujuan karier

Prinsip SMART yaitu membuat perencanaan tujuan yang spesifik, terukur, dapat Anda capai, relevan, dan memiliki tenggat waktu. 

Pada dunia pendidikan, biasanya siswa menggunakan metode SMART untuk menilai apakah jadwal belajar untuk ujian sudah sesuai atau belum, sekaligus memilih universitas untuk masa depan. 

Sementara bagi karyawan, metode SMART digunakan untuk meningkatkan jenjang karier, menempati posisi baru, mendapat pekerjaan atau gaji sesuai yang diinginkan. Ketahui lebih lanjut terkait cara Menetapkan Tujuan Untuk Meningkatkan Karir Anda.

Perencanaan target yang jelas dan terukur, membuat Anda lebih fokus, termotivasi, memberikan hasil yang lebih cepat, mengidentifikasi masalah potensial, dan mengevaluasi langkah dari rencana yang perlu Anda perbaiki lagi. 

Melalui konsep SMART, Anda juga lebih sedikit membuang waktu untuk menjalankan tugas yang tidak relevan dalam pencapaian goals Anda. 

Selain itu, banyak SMART goal generator yang mudah Anda gunakan untuk membedah tujuan dan cara menggapai impian Anda. 

Contoh SMART Goal 

Jadi, apakah Anda sudah memahami perencanaan menggunakan metode ini? Kalau belum, coba perhatikan SMART goal example untuk berbagai situasi di bawah ini sebagai referensi. 

1. Contoh SMART goal mahasiswa

Seorang mahasiswa dapat membuat perencanaan menggunakan SMART untuk lulus tepat waktu dengan nilai tinggi, sebagai contoh:

  • Spesifik : Saya ingin lulus dengan IPK 3,80 dan mendapat predikat cumlaude. 
  • Measurable : Saya perlu mendapatkan setidaknya IP 3,00 di setiap semester.
  • Achievable : Saya akan meningkatkan IP 3,00 menjadi 3,40 di semester depan.
  • Relevan : Saya akan meningkatkan IP 3,00 menjadi 3,40 di semester depan dan saat ini saya telah memiliki teman belajar dan bahan ajar digital untuk bisa mendapatkan IPK 3,80 dan lulus cumlaude. 
  • Time based : Pada September 2026 saya akan lulus dengan IPK 3,80 dan mendapat predikat cumlaude dari universitas.

2. Contoh SMART goal bisnis

Melunasi debitur Rp50 juta rupiah selama 24 bulan.  

  • Spesifik : Melunasi debitur Rp50 juta rupiah
  • Terukur : Mengukur progres lewat pemantauan akun kas dan kondisi keuangan bisnis keseluruhan
  • Achievable : Menekan pengeluaran untuk pengembangan dan mengalihkan biaya untuk pelunasan biaya ke vendor.
  • Relevan : Membayar debitur merupakan tanggung jawab
  • Time base : Dalam waktu 24 bulan hutangnya akan lunas. 

3. SMART goal example for career 

Berikut ini 5 langkah menetapkan target untuk jadi SEO specialist menggunakan strategi SMART. 

  • Spesifik : Saya ingin bergabung dengan perusahaan rintisan sebagai SEO Specialist. 
  • Measurable : Saya perlu membangun portofolio di beberapa perusahaan dalam 2 pekerjaan. 
  • Achievable : Saya harus bekerja selama dua tahun di posisi yang sama untuk mendapatkan pengalaman 4 tahun bekerja. 
  • Relevan : Pekerjaan yang saya ingin pilih sebelum bergabung dengan perusahaan rintisan harus sejalan dan diakui di industri ini. 
  • Time based : Saya ingin melamar ke perusahaan rintisan dalam waktu 5 bulan setelah lulus. 

SMART Goal merupakan strategi jitu untuk memudahkan Anda selangkah lebih dekat dengan impian dan mewujudkan rencana karier. 

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, kunjungi app.myrobin.id. Di sini tersedia berbagai lowongan pekerjaan terpercaya dari perusahaan ternama di Indonesia. Lamar sekarang!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!