WAJIB! 9 Skill Perhotelan yang Harus Karyawan Hotel Miliki

Skill Perhotelan

Skill perhotelan atau hospitality skills membantu anda membuat orang lain merasa nyaman dan memberikan pelayanan pelanggan yang sangat baik dalam segala situasi. Untuk berhasil di industri perhotelan, anda harus memiliki seperangkat soft skill yang kuat dan kemampuan untuk mempelajari keterampilan teknis apa pun yang berlaku di tempat kerja anda. 

Bahkan untuk jenis pekerjaan hotel yang tidak berfokus pada melayani tamu, dengan skill perhotelan dapat berkontribusi pada budaya perusahaan yang positif dan membantu anda membangun hubungan bisnis.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu skill perhotelan, bagaimana mengembangkannya dan langkah-langkah apa yang harus diambil untuk menunjukkan skill perhotelan anda saat melamar pekerjaan.

Apa itu skill perhotelan?

Hospitality skill atau skill perhotelan adalah semua perilaku, alat, dan pengetahuan yang memungkinkan para profesional dalam industri pelayanan mengembangkan hubungan positif antara tamu dan perusahaan atau hotel yang menjamu mereka. 

Memiliki skill perhotelan memungkinkan anda untuk memiliki komunikasi interpersonal yang positif dengan orang lain dan mengatur aktivitas anda untuk membantu memenuhi kebutuhan orang lain. Keterampilan dalam perhotelan merupakan kualifikasi penting untuk bekerja di meja depan, departemen pelayanan tamu, restoran, spa, hotel dan tempat-tempat lain di mana pengunjung berharap kebutuhan mereka terpenuhi.

Apa saja skill perhotelan yang wajib dimiliki?

anda dapat unggul dalam peran perhotelan dengan mengembangkan berbagai keterampilan untuk membantu anda berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, tetap teratur, dan menumbuhkan suasana ramah di tempat kerja anda. 

Banyak situasi mengharuskan anda untuk menggunakan beberapa skill perhotelan sekaligus, memungkinkan anda untuk menanggapi situasi yang bernuansa. Beberapa keterampilan terbaik yang dapat anda praktekkan untuk mengembangkan kompetensi perhotelan anda adalah:

Berorientasi pada detail

Perhatian terhadap detail melibatkan memperhatikan semua faktor kecil yang berkontribusi pada kepuasan tamu. Tempat yang menyediakan layanan kelas atas membedakan diri mereka dari pesaing karena mereka memperhatikan semua detail pengalaman pelanggan.

Kesabaran

Bersabar adalah keterampilan utama dalam setiap posisi layanan pelanggan atau hospitality. Profesional perhotelan harus dapat mendedikasikan diri untuk menyelesaikan masalah meskipun ada tantangan yang konsisten atau umpan balik yang membuat frustasi dari tamu. Mengkoordinasikan kebutuhan tamu dan memecahkan masalah dapat memakan banyak waktu, menjadikan kesabaran dan stamina sebagai keterampilan penting untuk menghindari kelelahan atau burnout.

Profesionalisme

Menunjukkan profesionalisme dengan mengenali dan menghormati batasan tamu adalah keterampilan perhotelan lain yang anda kembangkan dari waktu ke waktu. Sesuatu yang sederhana seperti mengetahui apa yang akan dikenakan atau menggunakan nada suara yang tepat untuk situasi tertentu dapat berdampak besar pada profesionalisme anda.

Multitasking

Seorang karyawan perhotelan mengawasi sekelompok besar tamu sekaligus dan masih harus memperlakukan setiap individu seolah-olah hanya ada prioritas mereka. Mampu melakukan banyak tugas memungkinkan anda dapat menyelesaikan tugas lebih cepat.

Orang dengan keterampilan multitasking yang kuat dapat dengan mudah menangani interupsi dan menyesuaikan kembali prioritas mereka untuk merespons situasi mendesak tanpa mempengaruhi alur kerja mereka secara umum.

Sikap Positif

Kemampuan untuk mempertahankan sikap positif dan ramah terlepas dari lingkungan anda adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan perhotelan. Pelanggan berharap diperlakukan dengan baik setiap saat, dan seseorang yang tetap positif dapat berdampak pada perilaku seluruh tim mereka.

Rasa Empati

Mampu memahami perasaan orang lain atau berempati dan kasih sayang sangat penting untuk mengenali masalah mendasar yang dihadapi tamu dan menyelesaikannya dengan cara yang paling tepat. Setiap orang memiliki kepribadian dan perspektif yang unik, dan bersikap empati memungkinkan anda memahami bagaimana setiap orang suka diperlakukan dan menyesuaikan akomodasi mereka agar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Penyelesaian masalah

Pemecahan masalah adalah salah satu bagian utama dari bekerja di perhotelan karena anda harus dapat mengidentifikasi masalah yang dialami tamu, membuat rencana tindakan untuk menyelesaikannya dan menindaklanjuti dengan tamu sesudahnya untuk memastikan kepuasan mereka.

Fleksibilitas

Peristiwa tak terduga dan situasi mendadak sering terjadi dalam pekerjaan perhotelan, jadi anda harus dapat merespons situasi yang berubah dengan fleksibilitas. Keterampilan fleksibilitas yang kuat mengharuskan anda untuk beradaptasi, memahami bagaimana memprioritaskan dan berkomunikasi dengan orang lain saat anda beralih dari satu tugas ke tugas berikutnya.

Kerja tim

Keterampilan kerja tim membantu anda berkolaborasi dengan tim untuk memberikan pengalaman positif kepada tamu saat mereka menginap di bisnis anda. Bekerja secara efisien sebagai tim memungkinkan anda mencapai lebih dari yang dapat anda lakukan sebagai individu, memberikan perhatian dan perhatian 24/7 yang konsisten kepada tamu.

Cara meningkatkan skill perhotelan

Beberapa orang secara alami cocok untuk industri perhotelan atau bisa dikatakan berbakat di bidang perhotelan, tetapi siapa saja dapat mengembangkan skill perhotelan mereka melalui latihan, refleksi diri, dan disiplin. Di tempat kerja, anda dapat menunjukkan hospitality yang luar biasa dengan menggunakan teknik berikut:

  1. Baca umpan balik pelanggan. Banyak pengusaha di bidang perhotelan mengumpulkan umpan balik pelanggan melalui survei atau kartu saran. Dekati manajer anda dan mintalah untuk membacakan umpan balik yang berlaku untuk anda sehingga anda dapat melakukan penyesuaian. Umpan balik membantu anda mengidentifikasi mana yang perlu anda tingkatkan dan memahami apa yang sudah anda lakukan dengan baik, memungkinkan anda memberikan layanan terbaik kepada tamu.
  2. Melatih pola pikir yang berorientasi pada pelanggan. Sebelum membantu pelanggan, berlatihlah berempati dengan situasi mereka dan pikirkan perspektif mereka. anda mungkin harus bekerja dengan pelanggan yang kasar atau pasif-agresif, dan menjaga pola pikir yang berorientasi pelanggan dapat mencegah anda menjadi terlalu frustasi untuk memberikan layanan yang baik. Memahami sudut pandang orang lain memberi anda wawasan tentang perilaku mereka, memungkinkan anda untuk mempersonalisasi solusi untuk masalah mereka.
  3. Buat checklist. Peran perhotelan harus menyeimbangkan beberapa prioritas sekaligus, dan dengan adanya checklist bisa sangat membantu agar tetap teratur. Buatlah checklist untuk memandu alur kerja reguler anda dan perbarui di awal setiap shift. Membiasakan untuk mengikuti checklist anda dapat membantu anda menginternalisasi kegiatan yang paling penting sampai anda terbiasa akan hal itu.
  4. Cobalah peran yang berbeda. Bantu kolega anda di berbagai departemen untuk mengembangkan skill perhotelan anda dalam konteks yang berbeda. Sebagian besar skill perhotelan dapat ditransfer ke situasi baru, dan menantang diri sendiri dengan tugas-tugas baru dapat membantu anda menjadi lebih kompeten dalam posisi utama anda.

Skill perhotelan di tempat kerja

Skill perhotelan yang tepat yang anda gunakan di tempat kerja akan bergantung pada peran dan tanggung jawab spesifik anda. Misalnya, manajer hotel dan pembantu rumah tangga keduanya merupakan peran kunci dalam industri perhotelan, tetapi mereka menekankan keterampilan yang berbeda saat memberikan layanan terbaik. 

Terlepas dari peran yang anda miliki, ada beberapa praktik terbaik untuk menunjukkan keramahan kepada pelanggan dan klien. Saat anda sedang bekerja, manfaatkan hospitality skill anda dengan mengingat beberapa tips:

  • Berkomunikasi dengan rekan kerja. Memberikan keramahan yang luar biasa kepada para tamu membutuhkan berbagai posisi untuk bekerja sama secara efisien sebagai sebuah tim. Berkomunikasi dengan rekan kerja anda tentang harapan mereka, status tugas yang berbeda dan apa yang anda rencanakan untuk dilakukan setiap hari akan membantu semua orang tetap pada jalurnya. Berada dalam komunikasi yang konstan dengan orang lain yakin bahwa tidak ada yang secara tidak sengaja mengabaikan detail kecil atau lupa membantu tamu di tengah hari yang sibuk.
  • Bekerja lebih cepat dari jadwal. Sebagian besar posisi perhotelan melibatkan melayani sejumlah besar pelanggan dengan kebutuhan mereka sepanjang hari, dan anda mungkin tidak dapat memprediksi semua permintaan mereka saat merencanakan prioritas anda. Jadwalkan waktu dalam hari anda yang dapat anda dedikasikan untuk menangani masalah yang tidak terduga. Bekerja lebih cepat dari jadwal setiap harinya memberi anda ruang bernapas jika tamu membutuhkan bantuan ekstra, tugas membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan, atau orang lain di tim anda membutuhkan bantuan.
  • Tetap konsisten dan dapat diandalkan. Bersikaplah realistis tentang janji yang anda buat di tempat kerja sehingga anda dapat secara konsisten memenuhi harapan orang. Profesional perhotelan tahu bahwa tamu mengandalkan mereka untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa, dan bekerja keras untuk menjadi sumber yang dapat diandalkan untuk mendapatkan bantuan. Perlakukan semua tamu dengan standar rasa hormat yang sama dan bertujuan untuk menyelesaikan masalah sendiri atau membantu tamu menemukan orang yang tepat yang dapat membantu mereka, terlepas dari apakah itu tanggung jawab anda.
  • Jaga sikap positif. Bersikap ramah dan berpenampilan menarik sangat membantu dalam industri perhotelan. Tetap tersenyum bahkan dalam situasi frustasi untuk membuat tamu merasa nyaman. Kepositifan membantu tamu mempercayai kemampuan anda untuk menyelesaikan masalah mereka dan bersikap optimis tentang masalah apa pun yang mereka hadapi.
  • Selalu tepat waktu. Manajemen waktu sangat penting dalam pekerjaan perhotelan apa pun. Tamu tidak suka terus menunggu ketika mereka mengharapkan layanan pada waktu tertentu, dan keterlambatan dapat menyebabkan rekan kerja anda mengatur ulang jadwal mereka untuk menutupi tanggung jawab anda, mengurangi kualitas layanan yang dapat mereka berikan. Berusahalah ekstra untuk datang lebih awal dari kewajiban anda sehingga jika terjadi sesuatu, anda akan tetap tepat waktu. Membuat tamu menunggu dapat menyebabkan kemarahan dan frustasi, jadi tepat waktu akan membuat interaksi anda lebih menyenangkan bagi anda dan tamu anda.
  • Perhatikan bahasa tubuh. Pelajari nuansa perilaku tamu dengan mencoba menafsirkan bahasa tubuh mereka selama interaksi. anda juga dapat menggunakan bahasa tubuh untuk memprediksi kebutuhan tamu sebelum didekati. Misalnya, seseorang meremas-remas tangan mereka, menggeser berat badan mereka dan melihat-lihat di lobi mungkin memerlukan bantuan dari staf tetapi tidak yakin harus bertanya kepada siapa. Menanggapi bahasa tubuh seseorang sebelum mereka mengungkapkan kebutuhannya dapat membantu tamu merasa diperhatikan dan membuat mereka rileks.

Bagaimana menonjolkan skill perhotelan

Karena industri perhotelan sangat fokus pada layanan dan presentasi, setiap bagian dari proses lamaran kerja menekankan pada skill perhotelan anda. Untuk menonjolkan skill perhotelan  anda kepada pemberi kerja dan membuat lamaran anda menonjol, ikuti saran berikut:

Skill perhotelan dalam resume

Saat melamar posisi di industri perhotelan, resume anda harus menunjukkan kemampuan anda untuk memberikan layanan pelanggan yang sangat baik dan bekerja di lingkungan yang serba cepat. Di bagian pengalaman resume anda, nyatakan dengan jelas semua tanggung jawab berbeda yang anda pegang di setiap posisi untuk menunjukkan fungsi dan kemampuan anda untuk melakukan banyak tugas. 

Jika anda memiliki statistik yang relevan tentang bagaimana anda berperan di tempat kerja anda, seperti tingkat kepuasan pelanggan atau peringkat kinerja, sertakan statistik tersebut untuk memberikan bukti kuantitatif kepada calon pemberi kerja tentang keterampilan perhotelan anda. Jangan lupa cantumkan sertifikasi hospitality yang anda miliki.

Skill perhotelan dalam surat lamaran

Dalam surat lamaran anda, anda akan memiliki kesempatan untuk mengkomunikasikan lebih mendalam tentang mengapa anda ingin bekerja di bidang perhotelan. Cara yang bagus untuk menunjukkan keahlian perhotelan anda dalam surat lamaran anda adalah untuk menggambarkan pengalaman yang anda miliki di mana anda menunjukkan keunggulan dalam situasi keramahan, seperti mampu meredakan konflik atau mengkoordinasikan jadwal yang sangat kompleks. 

Jelaskan tindakan yang anda ambil, pengaruh perilaku anda, dan bagaimana pengalaman itu membantu menumbuhkan hasrat anda terhadap perhotelan sebagai karier untuk menunjukkan bagaimana motivasi anda mendorong pengembangan skill perhotelan anda.

Skill perhotelan dalam interview kerja

Membuat kesan yang baik pada calon majikan anda dalam wawancara kerja adalah bagian penting untuk mendapatkan posisi di industri perhotelan karena banyak pekerjaan perhotelan menghadap ke depan dan bergantung pada karyawan yang memiliki sikap ramah dan profesional. Pilih dengan hati-hati pakaian wawancara profesional dalam warna-warna netral, perhatikan detail seperti warna yang serasi dan menekan kerutan. Tiba di wawancara sebelumnya untuk menunjukkan kepada atasan anda bahwa anda akan datang tepat waktu dan menyelesaikan semua tugas sesuai jadwal.

Selama wawancara, cobalah untuk tersenyum secara alami untuk menunjukkan bahwa anda mampu menjaga sikap positif saat berinteraksi dengan pelanggan. Perhatikan bahasa tubuh anda dan hindari gelisah untuk menunjukkan bahwa anda mampu menjaga ketenangan dan menunjukkan ketenangan bahkan di bawah tekanan. Ucapkan terima kasih kepada pewawancara anda atas waktunya saat wawancara berakhir, dan pastikan untuk menindaklanjuti dengan ucapan terima kasih atau email untuk menunjukkan bahwa anda memiliki inisiatif dan dorongan untuk melampaui posisi tersebut.

Itulah penjelasan lengkap terkait apa itu skill perhotelan. Dengan menerapkan skill perhotelan untuk anda yang akan atau sudah bekerja di industri perhotelan harapannya anda dapat melaksanakan semua tugas dengan baik. Dan pada akhirnya akan menunjang pengembangan karir anda dan menjadi karyawan hotel yang berhasil.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!