logo myrobin

Langkah dan Tips Mengembangkan Soft Skill

Pentingnya mengasah soft skill dalam dunia karir, berikut ini beberapa tips mengembangkan soft skill yang bisa andda praktekkan
Tips Mengembangkan soft skill

Mungkin anda sedang ingin mengembangkan soft skill anda. Lalu mencari sumber daya untuk mengetahui bagaimana cara serta tips mengembangkan soft skill itu. Hampir semua pekerjaan menuntut individu untuk memiliki soft skill, baik komunikasi, interpersonal maupun kreativitas. Soft skill memudahkan para profesional untuk bekerja dengan individu lain secara kolaboratif dan efektif, dan soft skill yang baik dapat membantu Anda maju dalam karir Anda. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi apa itu soft skill, beberapa cara untuk mengembangkan soft skill dan tips untuk pengembangan soft skill.

Apa itu soft skill?

Soft skill adalah atribut pribadi, sifat karakter atau kemampuan lain yang mendukung kemampuan Anda untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Keterampilan ini dianggap sebagai kemampuan non-teknis dan biasanya tidak dipelajari di ruang kelas atau melalui pelatihan di tempat kerja atau jenis pelatihan lainnya. Beberapa soft skill dapat dipelajari, seperti komunikasi dan keterampilan mendengarkan, sementara yang lain melekat pada individu.

Soft skill seringkali sulit diukur dan tidak mudah diukur seperti hard skill. Namun, soft skill ini sama pentingnya dengan hard skill dan dibutuhkan untuk menjadi efektif di hampir semua pekerjaan.

Beberapa soft skill paling umum yang diperhitungkan di perusahaan meliputi:

  • Kemampuan bekerja sama (Teamwork)
  • Kemampuan berkomunikasi
  • Keterampilan mendengarkan
  • Manajemen waktu
  • Kemampuan beradaptasi
  • Inovasi
  • Kreativitas
  • Skill kepemimpinan
  • Keterampilan delegasi
  • Etos kerja
  • Keterampilan memecahkan masalah
Kemampuan Komunikasi
Kemampuan Komunikasi

Bagaimana mengembangkan soft skill Anda

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan soft skill dan lebih efektif di tempat kerja. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengasah soft skill Anda antara lain:

1. Prioritaskan soft skill mana yang ingin kamu kuasai

Ada banyak soft skill yang berbeda, tetapi bekerja untuk mengembangkan semuanya sekaligus itu menjadi tantangan tersendiri. Sangat penting untuk memilih satu atau dua soft skill untuk fokus pada satu waktu. Luangkan waktu untuk mempelajari soft skill mana yang kurang dikuasai atau yang perlu ditingkatkan dan buat daftar keterampilan tersebut. Jika Anda tidak yakin dengan keterampilan yang harus Anda kuasai, pertimbangkan untuk saran dari rekan kerja atau supervisor. Anda juga bisa menentukan soft skill yang dibutuhkan untuk profesi Anda dan memilih satu atau dua untuk mulai ditekuni.

Baca juga :   Tugas Admin Gudang dan Skill yang harus dimiliki

2. Luangkan waktu untuk mengerjakan setiap soft skill

Dibutuhkan waktu dan komitmen untuk mengembangkan soft skill, jadi penting untuk memutuskan kapan dan di mana Anda akan mengerjakan soft skill Anda sebelum memulai. Bahkan hanya beberapa menit setiap hari dapat menambah dan membantu Anda menjadi lebih baik pada soft skill tertentu. Tentukan hari, waktu, dan durasi yang tepat Anda akan mengerjakan setiap soft skill dan memasukkannya ke dalam jadwal Anda. Misalnya, Anda dapat memilih untuk mengerjakan keterampilan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat dari pukul 17:30 hingga 18:00

3. Tentukan sumber daya apa yang akan Anda gunakan

Ada beberapa sumber daya yang tersedia untuk membantu mengembangkan soft skill Anda. Beberapa cara paling populer untuk mempelajari keterampilan baru meliputi:

  • Podcast: Ada banyak podcast yang tersedia yang dapat membantu Anda mengembangkan soft skill. Sebagian besar podcast menampilkan tamu yang ahli dalam topik atau keterampilan tertentu dan memberikan wawasan serta langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan keterampilan yang Anda pelajari.
  • Video online: Beralih ke video online, seperti yang tersedia di YouTube, adalah cara yang bagus untuk mempelajari atau memperkuat soft skill. Ini adalah alat yang sangat berguna bagi individu yang belajar lebih baik secara visual dibandingkan membaca atau menulis.
  • Kursus online: Ada beberapa kursus online yang dapat Anda ikuti untuk memperkuat soft skill. Banyak kursus online gratis, tetapi beberapa memerlukan biaya untuk berpartisipasi. Banyak kursus juga menawarkan sertifikasi setelah selesai, yang merupakan sesuatu yang dapat Anda masukkan ke dalam resume pekerjaan Anda.
  • Artikel blog: Beberapa artikel blog menawarkan saran tentang cara mengembangkan soft skill. Cari artikel blog yang mendalam dan didukung oleh penelitian dan berikan langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti yang dapat Anda ambil dalam hal mengasah keterampilan. Anda juga harus memastikan blog yang Anda baca diterbitkan oleh sumber yang kredibel dan menampilkan konten dan data berkualitas tinggi yang mendukung klaim apa pun.
  • Buku dan eBook: Buku dan eBook adalah cara hebat lainnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang keterampilan tertentu dan cara meningkatkannya. Anda dapat menyewa buku dan eBook dari perpustakaan lokal secara gratis, atau Anda dapat membelinya untuk dimiliki. 
  • Konten yang dikurasi: konten yang dikurasi mengacu pada publikasi, langganan, atau keanggotaan yang terkait langsung dengan keterampilan yang ingin Anda tingkatkan. Meskipun ini sering kali membutuhkan biaya, ini biasanya sepadan dan memberikan topik atau tips baru untuk meningkatkan keterampilan secara berkala.
Baca juga :   Kemampuan Komunikasi Nonverbal: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

4. Pertimbangkan untuk menggunakan pelatih

Jika Anda memiliki beberapa soft skill yang ingin Anda tingkatkan, pertimbangkan untuk menyewa seorang pelatih untuk membantu Anda mempelajari dan menerapkan soft skill dengan cepat. Pelatih dapat menyesuaikan pendekatan mereka dengan kebutuhan dan preferensi spesifik Anda dan bekerja satu lawan satu dengan Anda untuk memastikan Anda mencapai tujuan Anda. Jika Anda tidak ingin menyewa seorang pelatih, pertimbangkan untuk mencari seorang mentor yang dapat Anda cari dan mintalah saran dalam hal pengembangan soft skill.

5. Latihan

Keterampilan hanya dikembangkan ketika itu dipraktekkan secara teratur. Mintalah seorang teman, anggota keluarga atau kolega untuk melatih soft skill dengan Anda. Misalnya, mungkin Anda bisa menjadi lebih baik dalam komunikasi verbal. Mintalah seorang teman atau rekan untuk melakukan percakapan reguler dan interaktif dengan Anda untuk menguji kemampuan Anda berkomunikasi secara verbal dengan orang lain secara efektif. Anda juga dapat bermain peran dengan orang lain. Misalnya, Anda dapat memiliki rekan kerja sebagai supervisor Anda dan Anda dapat mempresentasikan proposal dan memainkan bagaimana hal itu akan terjadi dalam kehidupan nyata.

6. Pantau kemajuan Anda

Tidak peduli soft skill mana yang Anda pilih untuk ditingkatkan, penting untuk mengukur kemajuan secara teratur. Anda dapat melakukan ini dengan beberapa cara, salah satu cara paling efektif adalah dengan meminta masukan secara teratur dari orang lain tentang kemajuan Anda. Misalnya, mintalah mentor Anda menghadiri rapat kerja yang Anda selenggarakan dan mintalah feedback segera setelah rapat selesai. Baca juga artikel tentang tips melamar kerja agar lebih mudah diterima.

Tips Mengembangan soft skill

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diingat ketika sedang mengembangkan soft skill Anda:

  • Bersikaplah terbuka untuk keluar dari zona nyaman Anda. Mempelajari keterampilan baru terkadang menantang dan tidak nyaman, jadi penting untuk bersiap keluar dari zona nyaman Anda. Misalnya, jika Anda ingin menjadi lebih baik dalam berbicara di depan umum, kemungkinan besar Anda akan merasa sangat tidak nyaman saat pertama kali berbicara di depan umum. Tapi, itu akan menjadi lebih mudah setiap kali dipraktekkan secara terus menerus, dan pada akhirnya, Anda akan menjadi ahli dalam keterampilan ini.
  • Perhatikan orang lain. Jika Anda melihat seseorang di tempat kerja yang sangat ahli dalam keterampilan yang ingin Anda tingkatkan, perhatikan mereka dengan cermat dan perhatikan bagaimana mereka menangani diri mereka sendiri dalam situasi tertentu. Perhatikan perilaku, tindakan dan kata-kata mereka dan bagaimana mereka menyelesaikan tugas dan berinteraksi dengan orang lain. Cobalah untuk memasukkan apa yang Anda lihat dari yang mereka lakukan itu ke dalam pekerjaan Anda sehari-hari.
  • Sadar diri selama interaksi. Beberapa keterampilan diperlukan untuk interaksi yang sukses dengan orang lain. Keterampilan umum yang dibutuhkan untuk interaksi yang efisien meliputi keterampilan komunikasi, keterampilan interpersonal, dan keterampilan mendengarkan. Cara yang bagus untuk lebih mengasah keterampilan ini untuk menjadi sadar diri selama interaksi Anda dengan orang lain dan melihat kesulitan yang Anda alami dalam menyampaikan informasi dan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain.
Artikel terkait
Bagikan artikel ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Saya ingin melamar kerja
Saya ingin mencari kerja
Saya ingin merekrut pekerja
Saya ingin merekrut pekerja
Logo MyRobin

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda