Cara dan Tips Menjadi Head Chef yang Baik dan Sukses

Cara dan Tips Menjadi Head Chef yang Baik dan Sukses

Anda berminat untuk menjadi head chef atau sedang bekerja sebagai head chef? Berikut ini beberapa tips menjadi head chef yang baik dan sukses yang bisa anda ikuti. Menjadi seorang pemimpin memang tidaklah mudah apalagi di dalam lingkungan kerja yang dituntut untuk bekerja cepat namun juga tepat.

Untuk menjadi head chef yang baik tentunya anda harus memiliki beberapa skill yang harus dimiliki disamping skill kepemimpinan. Sebelum kita pelajari bagaimana caranya agar sukses menjadi head chef, mari kita pahami dulu apa itu head chef?

Apa itu Head Chef?

Chef adalah juru masak profesional. Chef dapur profesional, dan bahkan koki pribadi yang disewa oleh sebuah keluarga atau seleb, sering menghabiskan waktu bertahun-tahun dalam program kuliner atau sekolah kuliner untuk menguasai teknik dan mengasah gaya khusus mereka. 

Keunikan setiap restoran menunjukkan bakat atau spesialisasi tunggal kokinya, menjadikan dunia makanan sangat beragam di mana chef dapat menyoroti keterampilan memasak masing-masing dan rasa tertentu.

Head chef atau chef de cuisine atau Kepala koki adalah seorang pemimpin di dapur bertugas mengawasi tim sous chef, pastry chefs, and line cook untuk memastikan bahwa resep, konsistensi, dan kualitas tetap terjaga. Seorang chef eksekutif menjalankan tugas manajerial dapur, dan koki pos lainnya bertanggung jawab atas bagian tertentu dari dapur, seperti sauciers dan pâtissiers. Beberapa koki mungkin menjalankan restoran mereka, atau mereka mungkin dipekerjakan sebagai artis andalan atau artis tamu di tempat tertentu.

5 Tanggung Jawab Utama Seorang Head Chef

Tips menjadi head chef yang baik dan sukses
Tips menjadi head chef yang baik dan sukses

Chef memiliki beberapa tanggung jawab layanan makanan. Deskripsi pekerjaan chef de cuisine mungkin mencakup tugas-tugas seperti:

  1. Mempekerjakan juru masak : Tergantung pada ukuran dapur, koki akan menangani perekrutan prep cooks, sous chefs, dan personel dapur lainnya. Koki kepala ini akan menilai pengalaman, referensi profesional, dan pengetahuan tentang gaya makanan restoran yang berbeda sebelum membuat keputusan perekrutan .
  2. Staf pengawas : Semua pekerja dapur menjawab pertanyaan koki, artinya keterampilan manajemen penting untuk memimpin dapur dengan sukses.
  3. Sumber bahan : Bahan mempengaruhi hasil hidangan, jadi koki akan meneliti peternakan dan sumber makanan mereka secara menyeluruh, mengambil sampel bahan untuk rasa dan kualitas.
  4. Membuat menu : Dari makanan pembuka hingga makanan penutup, koki akan menyajikan menu sesuai dengan gaya mereka, kebutuhan restoran, dan preferensi pelanggan. Ini juga berarti bahwa koki meracik resep dan penataan hidangan, yang mungkin memerlukan verifikasi di atas piring sebelum hidangan meninggalkan dapur. Koki akan menyesuaikan menu secara musiman atau tahunan dan mendiktekan menu spesial berdasarkan bahan yang tersedia.
  5. Memastikan keamanan pangan : Sebagai bagian dari pengawasan seluruh dapur, kepala koki juga akan mengesahkan keamanan pangan, memastikan bahan-bahan digunakan sebelum rusak, pengiriman untuk makanan segar berjalan sesuai rencana, dan hidangan dimasak dengan benar untuk konsumsi yang aman.

Cara menjadi head chef sukses

Posisi head chef tidak dapat diperoleh begitu saja tanpa pengalaman dalam bidang kuliner. Tidak semua orang bisa sampai pada posisi ini, karenanya jangan sia-siakan dan jadilah yang terbaik dengan cara:

  1. Tekun dan bekerja keras. Banyak chef sukses mencapai posisi ini meskipun tidak memiliki pendidikan formal bidang kuliner yang tinggi. Mereka dapat memperoleh posisi ini karena kerja keras bekerja bertahun-tahun di dapur dimulai dari posisi terendah.
  2. Yakin dalam bertindak dan bersungguh-sungguh. Beratnya tanggung jawab menjadi head chef membuat Anda harus bekerja dengan sungguh-sungguh jika ingin menjadi head chef yang sukses. 
  3. Good leader. Menjadi leader untuk membentuk tim yang solid dalam menjalankan tugas sehari-hari. 

Tips menjadi head chef yang baik

Sebelum mencapai posisi head chef, Anda melalui tahapan dari bawah. Saat berada di jenjang bawah pastinya Anda merasakan bagaimana dipimpin seorang head chef. Tipe head chef seperti apa yang mampu membuat tim bekerja dengan solid. Dari pengalaman tersebut Anda dapat menilai mana yang dapat Anda jadikan contoh. Tips menjadi head chef yang baik berikut juga dapat Anda ikuti.

Membuat tim yang solid

Head chef akan bekerja membawahi tim dapur yang terdiri dari chef dengan berbagai kemampuan. Head chef harus membuat tim tersebut solid sehingga dapat bekerja sama dengan baik. Penting pula untuk memberikan posisi dan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan personal bukan karena hal lainnya.

Menerapkan kerja disiplin dan tepat waktu

Sebagai leader, seorang head chef perlu menerapkan cara kerja dengan sikap disiplin serta tepat waktu. Hal tersebut agar tidak mengecewakan pelanggan jika ada pekerja yang tidak disiplin. Setiap individu dalam tim harus tahu tugas dan perannya serta menjalankannya dengan kedisiplinan.

Time management termasuk hal penting dalam urusan memasak. Setiap chef harus tahu kapan saatnya proses ini dan proses itu dimulai. Jika tidak, makanan tidak dapat tersaji di waktu yang tepat.

Sabar menghadapi bawahan yang salah

Menjadi leader pastilah dituntut untuk membimbing bawahan. Hal ini tidak mudah apalagi jika berkaitan pada chef yang baru belajar. Satu atau dua kali kesalahan pasti terjadi namun sebagai kepala sebaiknya Anda tidak terlalu murka. Peringatkan dan tunjukkan bagaimana yang seharusnya dilakukan. Ingat, Anda pernah di posisi bawah tersebut sebelum menjadi sukses sebagai head chef.

Sabar di sini tidak berarti Anda membiarkan kesalahan begitu saja. Sebagai head chef Anda bertugas melatih dan mengembangkan kemampuan staf dapur.

Menciptakan suasana kerja yang menyenangkan

Menerapkan kerja yang disiplin bukan berarti bekerja dengan suasana menakutkan. Pentingnya menciptakan suasana kerja di dapur menjadi menyenangkan agar setiap chef dan staf tidak mudah capek. Menciptakan suasana nyaman di dapur hanya dapat dilakukan head chef sebab staf yang lain hanya bekerja di bawah perintahnya.

Bekerja di restoran sering kali tidak mengenal hari libur. Sebab restoran justru semakin ramai saat hari libur. Karenanya perlu suasana yang menyenangkan saat bekerja.

Membangun komunikasi yang baik

Bekerja secara tim sudah pasti harus memiliki komunikasi yang baik. Tidak hanya untuk head chef dengan bawahan namun juga antar chef dan staf dapur lainnya. Akan lebih baik pula jika sebagai head chef Anda bersedia mendengarkan masukan dari bawahan. Misalkan terkait kreasi menu yang dapat disajikan atau bahkan masukan dalam menciptakan suasana kerja.

Dengan memiliki kemampuan leadership dan mampu mengorganisir staf, Anda dapat menjadi head chef yang baik. Pastikan pula makanan yang disajikan tim Anda disukai pelanggan.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Prospek Kerja Jurusan Perhotelan

Sebelum buru-buru tergiur atau meremehkan pekerjaan di bidang perhotelan, ada baiknya kamu memahami dulu nih serba-serbi industri ini dan apa saja prospek kerja yang bisa kamu lakukan

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!