Budaya Kerja: Apa itu, Unsur, dan, Pentingnya

Budaya kerja adalah kumpulan sikap, keyakinan, dan perilaku yang membentuk suasana teratur dalam suatu lingkungan kerja.
Budaya Kerja
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Saat memutuskan hendak melamar pekerjaan dimana, kebanyakan orang mencari suasana yang menegaskan tujuan dan nilai mereka melalui budaya kerja yang sehat. Setiap tempat kerja memiliki budaya unik yang terbentuk dari waktu ke waktu melalui interaksi orang-orang yang bekerja di sana. 

Budaya kerja dapat mempengaruhi individu dan sebaliknya, jadi penting untuk mencari tempat kerja di mana anda melihat potensi pertumbuhan. Pada artikel ini, kami memberikan gambaran tentang unsur-unsur budaya kerja dan menjelaskan pentingnya budaya sehat di tempat kerja.

Apa itu budaya kerja?

Apa itu Budaya Kerja
Apa itu Budaya Kerja

Work culture atau Budaya kerja adalah kumpulan sikap, keyakinan, dan perilaku yang membentuk suasana teratur dalam suatu lingkungan kerja. Budaya tempat kerja yang sehat menyelaraskan perilaku karyawan dan kebijakan perusahaan dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan, sekaligus mempertimbangkan kesejahteraan individu. 

Budaya kerja menentukan seberapa baik seseorang menyesuaikan diri dengan lingkungan mereka di pekerjaan baru dan kemampuan mereka untuk membangun hubungan profesional dengan rekan kerja. Sikap anda, work-life balance, peluang bertumbuh, dan kepuasan kerja semuanya bergantung pada budaya tempat kerja anda.

Apa yang mempengaruhi budaya kerja?

Budaya kerja berkembang berdasarkan perilaku orang-orang di dalam perusahaan, dari manajemen hingga karyawan tingkat pemula. Perusahaan menetapkan nada untuk budaya perusahaan melalui kebijakan, manfaat, dan misi mereka. 

Manajer membentuk budaya perusahaan dari praktik perekrutan mereka, di mana mereka dapat memilih pelamar yang visi pribadinya selaras dengan budaya kerja yang sehat. Lingkungan tempat kerja juga mempengaruhi budaya, dengan banyak kantor memilih denah lantai terbuka, pencahayaan alami, dan penyertaan fasilitas seperti gym di kantor dan fasilitas ruang istirahat.

Baca juga :   Contoh Template Job Description Restaurant Manager

Unsur budaya kerja yang sehat

Budaya adalah konsep kompleks yang terus berkembang di tempat kerja berdasarkan banyak unsur. Sementara beberapa orang mungkin menghargai budaya kerja yang lebih tradisional dan yang lain menginginkan sesuatu yang lebih modern dan menyenangkan, semua budaya kerja yang sehat memiliki banyak kesamaan. Carilah tanda-tanda budaya kerja yang baik ini saat mempertimbangkan calon pemberi kerja:

  • Akuntabilitas
  • Ekuitas
  • Ekspresi
  • Komunikasi
  • Pengakuan

Akuntabilitas

Ketika setiap orang yang bekerja di suatu perusahaan bertanggung jawab atas perilakunya, itu menunjukkan lingkungan kerja yang sehat. Tempat kerja yang seimbang memungkinkan orang merasa cukup nyaman untuk menghargai ide dan kesalahan mereka. 

Akuntabilitas terbuka memungkinkan setiap karyawan untuk belajar dari tantangan daripada menghindarinya. Akuntabilitas menumbuhkan budaya kerja berdasarkan kerja tim, komunikasi terbuka, dapat dipercaya dan tanggung jawab.

Ekuitas

Perusahaan yang memperlakukan semua karyawannya sama seringkali memiliki budaya kerja yang sehat. Setiap posisi dalam sebuah perusahaan memiliki nilai, dan memberikan kesempatan kepada setiap orang akan meningkatkan semangat kerja karyawan. Favoritisme di tempat kerja adalah tanda budaya kerja yang beracun dan dapat menyebabkan perasaan tidak percaya dan kebencian di antara rekan kerja, membuat lingkungan tempat kerja yang adil penting untuk budaya kerja yang positif.

Ekspresi

Orang umumnya lebih bahagia, lebih produktif, dan lebih fokus ketika mereka merasa mampu mengekspresikan diri di tempat kerja. Jika karyawan memiliki kebebasan dalam gaya pribadi mereka dan bagaimana mereka mendekorasi ruang kerja mereka, itu menunjukkan tingkat kenyamanan dalam budaya kerja mereka.

Komunikasi

Komunikasi terbuka sangat penting untuk lingkungan tempat kerja yang produktif. Setiap orang dalam suatu perusahaan harus memahami bagaimana memberi dan menerima feedback, berbagi ide, berkolaborasi, dan memecahkan masalah.

Baca juga :   Contoh Template Job Description Baby Sitter

Semua tim terkadang memiliki konflik antarpribadi, tetapi budaya kerja yang fungsional akan memungkinkan mereka untuk menyelesaikan masalah dan bekerja sebagai tim meskipun ada tantangan. Hindari perusahaan dengan budaya kerja di mana orang merasa tidak dapat berbicara tentang konflik atau kekhawatiran, karena tidak akan ada banyak ruang untuk berkembang.

Baca juga artikel: 10 Cara Tingkatkan Produktivitas kerja Ala Benjamin Franklin

Pengakuan

Budaya kerja yang berkembang mengakui keberhasilan karyawan dan memberi penghargaan kepada orang-orang ketika mereka melakukannya dengan baik. Manajemen di lingkungan tempat kerja yang sehat akan mencari atribut positif dari setiap orang dalam tim dan mendorong penggunaan bakat mereka. Pengakuan karyawan mulai dari pujian verbal yang teratur hingga gaji yang kompetitif dapat membangun budaya kerja yang menghargai dan saling menghormati.

Pentingnya budaya kerja yang positif

Orang membutuhkan lingkungan yang sehat untuk berkembang, dan ini terutama berlaku di tempat kerja. Sikap dan perilaku yang berinteraksi dengan anda setiap hari berdampak pada perasaan anda baik di tempat kerja maupun di rumah. Budaya kerja yang berkembang mempengaruhi semua aspek bisnis dan orang-orang di dalamnya.

Berikut adalah alasan mengapa budaya kerja yang sehat itu penting:

  • Pilihan rekrutmen yang lebih baik
  • Kebahagiaan karyawan
  • Retensi karyawan
  • Kualitas kinerja
  • Reputasi

Pilihan rekrutmen yang lebih baik

Manajer di perusahaan dengan budaya kerja yang sukses tahu cara menarik dan memilih karyawan baru yang memiliki visi yang sama. anda kemungkinan besar akan tertarik pada perusahaan yang memiliki nilai yang sama dengan anda dan jenis budaya yang anda rasa nyaman. Budaya kerja yang sehat memiliki para profesional yang berpikiran sama yang kompatibel satu sama lain dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

kebahagiaan karyawan

Kepuasan anda dengan budaya di tempat kerja secara langsung mempengaruhi kebahagiaan anda dengan pekerjaan anda. Budaya tempat kerja yang berkembang membantu setiap orang menemukan makna dan kebanggaan dalam pekerjaan mereka, sementara budaya tempat kerja yang toxic dapat membuat karyawan yang paling bersemangat pun tidak bahagia di tempat kerja. 

Baca juga :   Contoh Template Job Description HRD & GA

Salah satu unsur terpenting dari budaya kerja yang kuat adalah keseimbangan antara karier dan kehidupan pribad, dan perusahaan dapat berkontribusi pada kebahagiaan karyawan mereka dengan menghargai kehidupan mereka secara keseluruhan.

Retensi karyawan

Budaya kerja yang baik memberikan stabilitas bagi karyawan berbakat dan memungkinkan mereka untuk tumbuh di dalam perusahaan, alih-alih membatasi mereka pada peran atau tingkat keberhasilan tertentu. Karyawan yang bahagia biasanya ingin bertahan di pekerjaannya, menjadikan budaya kerja sebagai kunci untuk mengurangi turnover karyawan dan menghubungkan kandidat yang memenuhi syarat dengan karir jangka panjang.

Kualitas kinerja

Karyawan yang senang masuk kerja karena budaya positif umumnya akan lebih produktif dan menghasilkan pekerjaan yang berkualitas tinggi. Suasana kerja adalah motivator hebat yang mendorong setiap orang untuk berinvestasi dalam pekerjaan mereka, terutama karena lingkungan tempat kerja yang makmur mengakui dan merayakan kerja keras dan kesuksesan.

Reputasi

Memiliki budaya tempat kerja yang sehat menciptakan reputasi yang positif dan bergengsi bagi perusahaan dan orang-orang yang bekerja di sana. Lingkungan tempat kerja yang menyenangkan merupakan aset penting untuk menarik orang-orang berbakat. 

Perusahaan yang memiliki misi semangat yang memberdayakan karyawan mereka dapat menciptakan hubungan komunitas yang positif melalui mereka.

Artikel terkait: Cara Menciptakan Learning Culture di Tempat Kerja

Demikian penjelasan tentang apa itu budaya kerja, faktor yang mempengaruhi, unsur-unsurnya, serta mengapa penting. Budaya kerja yang positif adalah impian bagi perusahaan maupun karyawan. Maka dari itu betapa pentingnya dan harus untuk menerapkannya.

Saya ingin melamar kerja

Saya ingin melamar kerja

Saya ingin merekrut pekerja

Saya ingin merekrut pekerja

Bagikan artikel ini:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Saya ingin melamar kerja
Saya ingin mencari kerja
Saya ingin merekrut pekerja
Saya ingin merekrut pekerja